Aksara Murda dan Pasangannya Lengkap Beserta Contoh !

Aksara murda lan pasangane – Bagi kalian yang mengaku orang Jawa pastinya sudah pernah mendengar istilah aksara jawa kan, tapi bagaimana dengan aksara murda? Ya, jadi mungkin masih asing dan bahkan ada yang belum mengetahui sebelumnya. Nah, pada artikel bagiinfo kali ini saya akan mencoba membahas apa sih itu aksara murda? Dan apa saja aksara yang termasuk di dalamnya.

aksara murda lan pasangane

Sumber : buahhati.co.id

Pengertian Aksara Murda

Aksara Murda atau yang juga disebut dengan Aksara Jawa Murda adalah beberapa aksara khusus yang terdapat di aksara jawa keseluruhan. Adapun aksara tersebut terdiri atas 8 macam huruf yaitu Na, Ka, Ta, Sa, Pa, Nya, Ga dan Ba.

Fungsi Aksara Murda

pengertian aksara murda

Setelah mengetahui beberapa huruf yang termasuk di dalamnya, sekarang mungkin muncul pertanyaan untuk apa aksara murda itu? Jadi fungsi aksara murda di sini sebenarnya sama seperti huruf kapital, maksudnya aksara tersebut digunakan untuk menuliskan nama orang penting atau terkenal dan bisa juga untuk menyebutkan tempat maupun nama suatu daerah.

Selain itu penulisan aksara murda ini bisa hanya ditempatkan di depan saja (sebagai huruf depan) atau bisa juga di keseluruhan huruf dari nama orang ataupun nama tempat yang dituliskan. Apabila kita lihat dari gaya penulisan, sebenarnya aksara murda ini memiliki kekerabatan dengan aksara Bali.

Pada jaman dahulu di tanah Jawa semua menggunakan aksara Jawa namun sejak diperkenalkannya huruf latin oleh Belanda pada abad ke 19, maka secara berangsur-angsur aksara jawa tersebut mulai tergantikan hingga jarang digunakan seperti sekarang ini.

Huruf Aksara Murda Lan Pasangane

Seperti yang telah dijelaskan di atas, aksara murda terdiri atas 8 huruf yang mana untuk lebih tepatnya bisa lihat gambar di bawah ini.

 

Aksara Murda Lan Pasangan

 

Jadi ke-8 huruf tersebut biasa digunakan untuk menuliskan nama seseorang maupun menuliskan sebuah tempat. Adapun aksara tersebut lengkap dengan pasangannya yang berguna untuk mematikan huruf konsonan dan melanjutkan dengan konsonan lainnya. Misalnya saja seperti tulisan “Jakarta”, maka penulisannya Ja-Ka-Ra(diberi pasangan dari Ta).

Baca juga : Mengenal Instrumen Gamelan Jawa

Contoh Tulisan Aksara Murda

Jadi misalkan kita di sini akan menuliskan nama negara yaitu Indonesia. Penulisan normal dalam aksara jawa bisa ditulis :

contoh penulisan aksara murda

 

Maka bisa ditulis dengan aksara murda seperti berikut ini.

aksara murda Indonesia

 

Atau ada contoh lain juga misalnya menuliskan nama benua Eropa, jika secara aksara jawa normal tulisannya seperti ini :

Penulisan aksara murda Eropa

Maka bisa juga ditulis menggunakan aksara seperti di bawah ini.

contoh aksara murda eropa

Untuk penggunaan aksara murda sendiri tidak harus selalu ditempatkan di awal huruf, karena bisa jadi kata yang akan kita tulis huruf awalnya tidak termasuk dalam aksara murda. Nah, jika kita mendapati hal demikian maka kita bisa menempatkannya di huruf selanjutnya. Seperti kata=Indonesia, baru memiliki murda di huruf=Ne. Sedangkan kata=Eropa baru memiliki murda diĀ  huruf=Pa.

Belajar Menulis Aksara Murda & Contohnya

Jadi apabila kita ingin bisa menulis dengan menggunakan aksara jawa, maka ada baiknya kita juga harus belajar memahami tentang aksara yang satu ini, karena bagaimanapun dalam sebuah tulisan kita harus memathui kaidah EYD seperti halnya dalam bahasa Indonesia. Nah, jadi begitu juga yang harus diberlakukan dalam penulisan bahasa jawa.

Semoga dengan ulasan di atas, kalian bisa lebih memahami apa itu aksara murda dan terlebih lagi diharapkan juga mampu menulis bahasa jawa menggunakan aksara jawa dengan baik dan benar agar kebudayaan jawa bisa tetap kita lestarikan.

Leave a Reply