Cara Beternak Bebek Pedaging Agar Cepat Besar

Cara Ternak Bebek Pedaging – Jika kita berbicara mengenai dunia wirausaha saat ini sepertinya memang sudah merata dan telah masuk di hampir semua sektor, tidak terkecuali pada sektor peternakan. Ya, seperti beternak bebek pedaging misalnya, mereka para peternak memiliki pangsa pasar tersendiri untuk menjual hasil panen dan pangsa pasarnya juga masih terbuka lebar. Oleh karena itu tidak heran jika saat ini kita kerap menjumpai tempat peternakan baik ayam, itik maupaun bebek untuk di ambil telur maupun dagingnya.

Cara Ternak Bebek Pedaging

Sumber : azollamagelang.blogspot.com

Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara beternak bebek pedaging yang benar agar bisa cepat besar dan bisa cepat di panen. Sebenarnya hal utama yang harus kalian miliki adalah pemahaman dasar mengenai tata cara beternak serta ketelatenan dalam menjalankan satu usaha, apabila kedua hal tersebut sudah anda pegang maka keberhasilan dalam berwirausaha beternak bebek pedaging bisa kalian dapatkan.

Cara Beternak Bebek Pedaging Yang Benar

Mungkin pertanyaan besar yang ada di benak kita terutama jika kita masih awam ataupun masih pemula adalah apa saja sih yang harus kita persiapkan sebelum beternak bebek pedaging? Jadi apabila kita telah menjatuhkan pilihan untuk beternak bebek pedaging maka kita ada beberapa faktor yang harus kita persiapkan sejak awal, terlebih lagi hewan bebek cenderung lebih memerlukan perawatan ekstra jika dibandingkan dengan bebek petelur.

Memiliki Tempat Pemasaran

Mempunyai tempat pemasaran hasil panen merupakan salah satu faktor penting yang harus dimiliki oleh para peternak bebek pedaging. Oleh karena itu sejak awal kita harus melakukan riset pasar untuk mencari tempat yang mau menerima hasil panen kita, selain itu kita harus mengetahui harga bebek pedaging terbaru setiap harinya sehingga kita bisa tahu kapan waktu terbaik untuk menjual bebek yang kita miliki.

Dalam konteks beternak bebek pedaging pastinya kita tidak hanya memelihara 10 atau 15 ekor bebek saja melainkan tentunya kita memelihara bebek dalam jumlah yang sangat banyak dan di lain sisi ini juga merupakan masalah tersendiri, pasalnya tidak banyak orang yang mau menampung hasil panen kita dalam jumlah yang sangat banyak sehingga sangat disarankan untuk mencari tempat pemasaran yang banyak pula. Jadi pada poin inilah yang menjadikan memiliki tempat pemasaran itu sangatlah penting bagi seorang peternak bebek pedaging.

Pemilihan Bibit Bebek Pedaging Unggulan

Hal terpenting sebelum kita mulai beternak bebek adalah memilih bibit bebek pedaging unggulan. Karena seperti yang kita tahu bahwa tidak semua bibit bebek mampu berkembang dengan baik, bahkan tidak jarang pula apabila kita membeli bibit bebek yang masih kecil sekitar 1 -2 hari terjadi kesalahpahaman mengenai jenisnya. Alhasil pada kasus tersebut apabila kita membeli dalam jumlah yang banyak bisa mendapati kerugian sekitar 2-5 % atas kesalahan jenis bebek yang dipilih sebagai bibit tersebut.

memilih bibit unggul bebek peking

Sumber : bibitternak.com

Sebenarnya tidak ada salahnya jika kita memilih beberapa jenis bibit bebek dalam satu peternakan, akan tetapi masing-masing jenis bebek itu mempunyai kekurangan dan kelebihan yang mana apabila kita menyamaratakan model perawatan dan pembesaran atau bahkan pemberian pakan, maka bisa saja hasil yang kita dapat saat melakukan panen menjadi kurang maksimal.

Sebatas informasi buat kalian yang hendak beternak bebek pedaging, berikut ini saya akan menjelaskan beberapa jenis bebek pedaging yang bisa dijadikan alternatif pilihan lengkap dengan kelebihannya masing-masing :

Bebek Peking

Jenis bebek yang paling sering di budi dayakan salah satunya adalah bebek peking, jadi bebek tersebut kerap di ternakkan untuk di ambil dagingnya. Adapun bebek jenis ini berasal dari China dan sudah mulai terkenal sejak didatangkan ke Amerika tahun 1870, kemudian penyebarannya berlanjut ke negara Eropa, Australia hingga ke Indonesia. Adapun bagi kalian yang belum mengetahui seperti apa sih ciri-ciri bebek peking itu?

cara beternak bebek peking pedaging

Sumber : bebekternak.wordpress.com

Ciri-Ciri Bebek Peking
  • Bebek ini hampir sama seperti entok karena bulu-bulunya berwarna putih dan untuk bulu di bagian leher terlihat lebih panjang seperti bulu suri
  • Bentuk kepalanya cenderung bundar besar, memiliki kening yang tinggi serta biasanya terdapat jambul di atasnya.
  • Paruhnya lebih tebal, pendek dan warnanya agak oranye cerah sementara di ujungnya agak putih.
    Mempunyai punggung yang panjang, namun bebek peking terlihat pendek karena di bagian ekornya terangkat ke atas.
  • Matanya nampak selalu siaga dengan warna kebiruan.
  • Bulu ekor terasa lembut seperti kapas dan ekor tersebut sedikit terangkat ke atas.
  • Mempunyai kaki yang kuat dan pendek serta berwarna kuning.

Jadi itulah ciri-ciri yang bisa kita amati sekilas mengenai bebek peking, Kemudian untuk menjawab kenapa banyak peternak memilih bebek peking untuk di budi dayakan di antaranya karena memiliki kelebihan-kelebihan seperti di bawah ini.

Kelebihan Bebek Peking
  • Bebek jenis ini memiliki daya tahan terhadap lingkungan lebih baik ketimbang jenis bebek lainnya.
  • Hanya membutuhkan air untuk minum saja, karena bebek ini  tidak terlalu memerlukan air dalam hidupnya.
  • Bebek peking cenderung lebih jinak serta memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih signifikan.
  • Rata-rata sudah bisa dipanen ketika usianya telah menginjak 50 hari.
  • Apabila dipelihara dengan baik dalam waktu satu bulan beratnya sudah bisa mencapai 1.5 kilogram.
  • Dagingnya terlihat lebih bersih karena bebek peking memiliki bulu berwarna putih
  • Memiliki tekstur daging yang disukai banyak orang.
Bebek Hibrida

Selain bebek peking, ada pula bebek jenis lain yaitu bebek hibrida yang juga tidak kalah pamor dalam dunia peternakan. Jadi bebek  ini juga memiliki masa pertumbuhan yang terbilang cepat sehingga banyak para peternak yang menjatuhkan pilihannya pada jenis bebek hibrida ini.

cara beternak bebek hibdrida pedaging

Sumber : omkicau.com

Ciri-Ciri Bebek Hibrida
  • Bebek hibdrida memiliki warna bulu kecoklaan dan cenderung agak hitam, namun untuk bagian perut dan bawah dada justru berkombinasi dengan warna putih.
  • Bentuk kepalanya agak besar dengan warna paruh hitam.
  • Di bagian leher bebek hibrida terdapat bintik-bintik putih, terutama di bawah paruh sampai ke perut.
    Kakinya cenderung lebih kecil namun panjang
  • Terdapat bulu suri di bagian sayap dengan warna biru agak kehitaman. Sedangkan sayapnya sendiri juga lebih panjang dan di bagian kedua ujungnya seperti menyilang.
Kelebihan Bebek Hibrida
  • Tahan terhadap pergantian cuaca yang tidak menentu.
  • Memiliki kemampuan yang cukup baik dalam menyerap nutrisi dari makanan yang kita berikan sehingga bebek hibrida bisa lebih cepat tumbuh besar.
  • Memiliki jarak masa panen yang cukup singkat yaitu sekitar 40-50 hari untuk di ambi dagingnya.
  • Daging dari bebek hibrida juga terkenal lebih gurih seperti ayam kampung dengan tekstur yang lembut serta rendah kolesterol.

Jadi itulah secara garis besar ciri-ciri bebek hibrida yang jika kita amati memang memiliki berbedaan-perbedaan dengan ciri-ciri bebek peking. Akan tetapi keduanya merupakan jenis bebek yang bisa diternakkan untuk di ambil dagingnya

Mempersiapkan Kandang Bebek Pedaging

kandang beternak bebek pedaging

Sumber : rm-sarinikmat.blogspot.com

  • Langkah selanjutnya yang harus kita persiapkan adalah kandang untuk bebek pedaging, jadi pemeliharaan bebek pedaging dan bebek petelur jelas berbeda begitu juga dengan kandangnya baik dalam segi ukuran, desain maupun tempat pakannya. Padahal idealnya apabila kita beternak bebek pedaging, setidaknya model kandang yang digunakan tidak membiarkan bebek banyak bergerak sehingga nutrisi dari makanan bisa terserap sempurna dan bebek bisa lebih cepat besar.
  • Biasanya jenis kandang yang biasa di pakai adalah jenis kandang umbaran, akan tetapi alangkah lebih baik saat bebek masih kecil umur 0 – 2 minggu kandang tersebut bisa di sekat-sekat menjadi beberapa bagian dengan ukuran 2 x 2 meter untuk menampung 90 ekor anakan.
  • Apabila anakan bebek telah menginjak 15 hari barulah dibuat kandang yang ideal dengan ukuran 1 x 1 meter untuk menampung 6 bebek. Yang menjadi poin penting di sini adalah sebaiknya alasi kandang dengan serbuk gergaji dengan tujuan agar tumpahan air minum bisa terserap sempurna serta bisa berguna untuk memperhangat suhu dalam kandang.
lampu kandang pembesaran

Sumber : google.com

 

  • Untuk memperhangat suhu kandang selain memberinya sekam, kita juga harus menambahkan bola lampu dengan penempatan yang dibagi-bagi dengan tujuan agar kehangatannya merata. Sebenarnya kita bisa melihat apakah suhu udara di dalam kandang masih dingin atau sudah hangat dengan melihat aktivitas dari anakan bebek tersebut. Jadi biasanya saat suhu ruangan masih dingin maka bebek akan cenderung untuk tidur saling berhimpitan, sementara jika suhu udara dalam kandang sudah hangat biasanya anakan bebek tersebut tidurnya akan berpencar.
  • Kemudian untuk menentukan tempat makan maupun tempat minum juga harus kita perhatikan, pasalnya kebersihan dari kandang pun juga harus kita perhatikan agar kelembabannya tetap terjaga. Untuk tempat minum bebek pedaging sebaiknya digantung dalam wadah khusus supaya tidak digunakan untuk mandi, apabila air tersebut banyak yang tumpah tentu bisa menyebabkan tumbuhnya jamur yang bisa menjadi bibit penyakit.
  • Sedangkan untuk penempatan tempat pakan sendiri sebaiknya jauh dari air minum agar tempat pakannya tetap kering dan jauh dari percikan air. Bahkan tempat pakan yang basah pun juga bisa menjadi awal mula timbulnya penyakit yang bisa mengganggu kesehatan bebek pedaging. Hal ini bisa menjadi salah satu tindak pencegahan agar bebek yang kita ternakkan tidak banyak yang mati.

 

pemberian minum bebek pedaging

Sumber : Google.com

Cara Memelihara Dan Beternak Bebek Pedaging

Apabila kita telah menyiapkan kandang sedemikian rupa, maka langkah selanjutnya yaitu memelihara bebek pedaging agar cepat besar. Adapun caranya bisa kalian lihat di bawah ini :

  • Jadi sebelum bibit anakan bebek pedaging itu datang, maka sebaiknya kadang sudah harus di sanitasi menggunakan cairan desinfektan secara menyeluruh. Untuk cairannya sendiri bisa kita dapatkan dengan mudah di toko-toko peternakan.
  • Apabila kita sudah membeli bibit bebek pedaging anakan, lalu kita turunkan dan letakkan di kandang yang telah di sekat-sekat tadi. Namun jangan langsung memberinya minum ataupun makan terlebih dahulu selama 13-15 menit dengan tujuan supaya mereka sedikit beradaptasi terlebih dahulu dengan kandang yang baru. Barulah setelah 15 menit lebih kita bisa mulai memberinya minum dengan gula jawa pada wadah yang telah dipersiapkan, tapi mengapa harus dengan gula jawa karena untuk mengembalikan energi dan menenangkan si anakan bebek pedaging. Sementara untuk pakannya bisa kita beri BR 511 yang bisa kalian dapatkan di toko pakan hewan ternak.
  • Saat bebek masih berumur 0 – 2 minggu harus diberi pakan BR 511 dan jangan memberinya makan dengan pakan lainnya. Selain itu jangan sampai kita telat dalam memberinya pakan, karena bebek dengan umur tersebut masih dalam masa starter yang mana cukup berperan dalam menentukan perkembangan bebek untuk kedepannya. Tidak lupa pemberian vitamin harus kita lakukan setidaknya seminggu sekali menggunakan vitamin dengan merek vitachick yang bisa langsung kita campurkan ke dalam wadah minumnya.
  • Pemberian antibiotik untuk bebek yang kita budi daya juga merupakan kebutuhan wajib yang harus kita berikan khususnya 3 hari saat anakan bebek pedaging itu datang. Untuk selanjutnya bisa kita berikan seperlunya untuk tetap menjaga kesehatan hewan ternak yang kita pelihara.
  • Apabila bebek sudah mulai agak besar, kita bisa merawatnya dengan memberikan pakan dedak sedit demi sedikit agar terbiasa. Sebenarnya saat bebek sudah berumur 20 hari kita juga bisa mengganti pakan dengan BR 144 yang di giling bersama jagung, nasi aking dan juga dedak. Adapun perbandingannya adalah dedak 40 kg, BR 144 20 Kg, nasi aking 20 Kg dan jagung giling 20 Kg.
komposisi pakan untuk beternak bebek pedaging

Sumber : bebeklampung.blogspot.com

 

  • Pembersihan kandang harus dilakukan setiap hari, terkhusus pada saat pagi dan sore hari. Demikian ini bertujuan agar kandang tidak becek dan kalau kondisi sekam sudah sangat basah maka bisa langsung menggantinya dengan sekam yang baru.
  • Pemberian bola lampu sebaiknya harus tetap ada meskipun bebek telah berumur dewasa, selain itu penempatan bola lampu sebaiknya jangan hanya di satu titik saja melainkan harus di atur sedemikian rupa agar merata.Saat bebek telah berumur 40-50 hari maka pada saat itu kita sudah bisa mulai memanen dan menjual kepada tengkulak yang telah bekerja sama dengan kita. Adapun salah satu indikasi bahwa bebek pedaging tersebut sudah siap untuk di panen adalah apabila beratnya telah mencapai 1.5 Kg.

Demikian cara beternak bebek pedaging yang bisa kalian lakukan dengan mudah untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun di samping itu semua untuk bisa sukses dalam beternak bebek pedaging sebaiknya jangan melakukan beberapa hal seperti berikut ini.

Kesalahan-Kesalahan Dalam Beternak Bebek Pedaging

Melakukan Sistem Angon

angon bebek pedaging

Sumber : cauchymurtopo.wordpress.com

Seperti yang kita tahu bahwa untuk beternak bebek pedaging memang sebaiknya tidak terlalu bayak bergerak, sementara aktivitas angon jelas-jelas akan meningkatkan aktivitas dari bebek itu sendiri sehingga demikian ini akan menghambat proses pembentukan daging dan bebek tidak cepat gemuk.

Memberinya Kolam Kubangan

Meskipun bebek sangat suka dengan kubangan air, namun jika kita hendak beternak bebek pedaging sebaiknya jangan memberinya kolam kubangan. Karena itu juga bisa meningkatkan aktivitas dari bebek dan bahkan itu juga bisa berpotensi menjadi tempat sarangnya kuman sehingga bebek rentan akan serangan penyakit.

Membiarkannya Terkena Paparan Sinar Matahari Langsung

Apabila kita buat perbandingan, sebaiknya kandang yang terkena sinar matahari hanya 30% saja sementara sisanya alangkah baiknya tetap ternaungi oleh atap yang kita buat.

Pemberian Pakan Yang Berlebihan Saat Sudah Dewasa

Pemberian pakan memang sebaiknya dijadwal misalnya saat pagi, siang dan malam. Jangan sampai karena kita ingin melihat bebek cepat besar lantas kita terus-terusan memberinya makan sepanjang waktu. Demikian ini justru bisa mengakibatkan gangguan metabolisme pada bebek dan juga pastinya kita akan lebih boros apabila melakukannya terus menerus.

Jarang membersihkan lantai kandang

lantai kandang ternak bebek pedaging

Sumber : www.gambar-kandang.com

Pembersihan lantai kandang memang harus sangat kita perhatikan, berilah lantai kandang dengan sekam yang kering untuk menyerap air yang berceceran. Terlebih lagi saat kita selesai melakukan panen sebaiknya kita membersihkan dan mengganti sekam lantai kandang dengan yang baru.

Jarang Melakukan Sortir

Seperti yang kita tahu bahwa perkembangan dari masing-masing bebek pedaging memang berbeda, oleh karena itu kita sebagai peternak harus rajin-rajin melakukan sortir bebek baik dari segi ukuran bebek maupun kondisi bebek yang mungkin sekiranya sedang sakit untuk segera dipisahkan.

Jadi beberapa kesalahan-kesalahan di atas memang sepatutnya kita hindari khususnya jika kita ingin mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Demikian bahasan mengenai cara beternak bebek pedaging agar cepat besar dan bisa dipanen dalam waktu yang relatif singkat. Jangan lupa untuk tetap menanti artikel cara beternak hewan lainnya pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat !.

Comments (2)

  1. Hadi Yanuar September 23, 2016
    • Dekisugi September 26, 2016

Leave a Reply