Cara Membedakan Kelinci Jantan Dan Betina

Kelinci merupakan salah satu hewan ternak yang memiliki bentuk dan tingkah yang menggemaskan. Tidak heran ada banyak orang memelihara kelinci terutama bagi mereka yang memiliki anak-anak kecil. Selain tingkahnya yang lucu, bulu kelinci juga sangat halus dan juga memiliki beberapa macam warna tergantung dari jenisnya.

Namun bagi kalian yang sampai saat ini masih awam dan belum mengetahui cara membedakan kelinci jantan dan betina, maka saat membeli kelinci akan mengalami kesusahan, padahal tujuan kita ingin membeli keinci dalam jumlah sepasang. Terlebih lagi sekarang sudah ada banyak peternak kelinci yang menjual kelinci hias untuk dipelihara maupun kelinci pedaging untuk konsumsi.

cara membedakan kelinci jantan dan betina

Sumber : kelinciindonesia.com

Nah, untuk menjawab pertanyaan di atas pada artikel kali ini saya akan membahas secara khusus cara membedakan kelinci jantan dan betina. Langsung saja anda simak ulasannya di bawah ini.

Inilah Cara Membedakan Kelinci Jantan Dan Betina

Kita bisa mengetahui apakah kelinci itu jantan ataupun betina dengan melihat beberapa ciri-cirinya seperti berikut.

Ciri-Ciri Kelinci Jantan

  • Organ Reproduksi

Sebenarnya untuk bisa mengetahui jenis kelamin kelinci tidak susah, bahkan secara kasat mata pun ada perbedaan antara kelinci jantan dan betina. Namun untuk memastikan secara jelas maka kita bisa memegang kelinci tersebut dan menggendongnya dengan posisi kelinci terbalik.

cara membedakan kelinci jantan

Sumber : med.over.net

Dari sini kita perhatikan bagian pangkal ekor kelinci yang mana tepat di bawah anus untuk kelinci jantan maka kita akan mendapati 2 benda kecil seperi tabung menggantung atau dalam istilah biologi disebut dengan testikel. Jadi organ tersebut ciri utama dari kelinci jantan, karena kita tidak akan menjumpai benda tersebut pada kelinci betina.

Adapun saat cuaca sedang panas, biasanya organ reproduksi kelinci jantan akan mengembang, namun saat cuaca sedang dingin maka tonjolan testikel tersebut justru akan tersamarkan dengan bulu-bulu halus di pangkal ekornya.

  • Bentuk dan Kondisi Tubuh

Untuk kelinci jantan yang telah dewasa umumnya akan memiliki bentuk kepala yang lebih bulat lonjong dan terlihat cukup unik. Selain itu dari ukuran tubuhnya juga nampak lebih kecil karena kelinci jantan cenderung bergerak lebih aktif ketimbang betina.

bentuk kelinci jantan ramping

Sumber : okdogi.com

  • Perilaku Kelinci Pejantan

Biasanya perilaku kelinci jantan akan lebih ramah terhadap hewan-hewan lainnya karena kelinci pejantan memiliki rasa penasaran yang tinggi. Sehingga bisa dikatakan kelinci jantan bisa lebih akrab dengan pemiliknya dan tidak mudah panik.

Ciri-Ciri Kelinci Betina

Lantas bagaimana dengan ciri-ciri kelinci yang betina? Mungkin hal yang bisa kita lakukan adalah dengan melihat beberapa ciri fisik berikut :

  • Organ Reproduksi

Masih sama seperti pengecekan di atas kita bisa membalikkan kelinci dengan cara menggendongnya, kemudian melihat apakah ada semacam gundukan dengan celah di pangkal ekor atau lebih tepatnya di bawah anus. Mungkin agar terlihat lebih jelas kita bisa mengeceknya sambil meniup bulu di sekitar area tersebut.

cara membedakan kelinci betina

Sumber : plus.google.com

  • Ukuran Tubuh

Kelinci dengan jenis kelamin betina rata-rata memiliki ukuran tubuh yang lebih besar jika dibandingkan dengan pejantan. Adapun ukuran tersebut dipengaruhi oleh banyaknya lemak yang ada pada tubuh kelinci betina, selain itu kelinci betina juga lebih pasif sehingga bobot tubuhnya lebih cepat naik.

bentuk kelinci betina

Sumber : ragamorganisme.blogspot.com

  • Bentuk Kepala

Selain mengecek organ reproduksi dan melihat ukuran tubuh, kita juga bisa melihat dari bentuk kepalanya yang mana kelinci betina akan terlihat lebih bulat dengan leher yang nampak berlipat-lipat penuh bulu.

ciri bentuk kepala kelinci betina

Sumber : www.gambarbinatang.com

  • Perilaku Kelinci Betina

Ciri dari kelinci betina akan cenderung lebih pendiam jika dibandingkan dengan kelinci pejantan. Biasanya apabila sudah berusia dewasa dan siap bereproduksi maka kelinci tersebut akan lebih aktif membuat sarang untuk berkembang biak.

Kesimpulan Perbedaan Antara Kelinci Jantan Dan Betina

Jadi bisa kita simpulkan secara umum cara membedakan kelinci jantan dan betina bisa kita lihat pertama kali dari organ reproduksinya, sebenarnya itu merupakan cara yang paling akurat untuk dilakukan.

perbedaan kelinci jantan dan betina

Sumber : daysoftheyear.com

Namun apabila masih kurang yakin dengan cara yang pertama kita juga bisa mempertimbangkan beberapa ciri yang lain seperti ukuran dan bobot tubuh, bentuk kepala dan juga sifat alamiah yang dimiliki oleh kelinci tersebut apakah cenderung pendiam atau aktif.

Demikian ulasan cara membedakan kelinci jantan dan betina yang paling mudah dilakukan. Dengan begitu anda tidak lagi kebingungan saat ingin membeli kelinci dan menentukan mana yang jantan dan mana yang betina. Semoga bermanfaat !

Comments (2)

  1. Muda Berkarya October 13, 2016
    • Dekisugi October 14, 2016

Leave a Reply