Cara Membuat Filter Kolam Ikan, Panduan Lengkap !!

Cara membuat filter kolam ikan – Dunia budidaya sepertinya tengah menjadi lahan bisnis yang paling banyak digeluti oleh masyarakat pedesaan, baik itu budidaya hewan ternak, budidaya jenis-jenis ikan hingga pembudidayaan tanaman yang memiliki nilai jual tinggi bisa dengan mudah kita temui.

cara membuat filter kolam ikan koi

Sumber : ideaonline.co.id

Adapun pada artikel sebelumnya saya juga telah membahas bagaimana cara budidaya belut di air jernih, tentunya untuk bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal dibutuhkan kolam dengan air yang selalu terjaga kebersihannya. Sebenarnya untuk membuat agar air kolam nampak selalu jernih bisa dilakukan dengan beberapa cara manual, bisa dengan mengganti air setiap hari, menguras kolam 2 hari sekali dan lain sebagainya.

Tapi mungkin semua itu akan terasa sangat melelahkan, belum lagi jika kita memiliki banyak kolam yang dihuni oleh berbagai macam jenis ikan, pastinya akan ada banyak sekali waktu yang terbuang.

Kendala Kolam Tanpa Filter

Apabila kita membudidayakan jenis ikan yang memang membutuhkan air jernih untuk berkembang, maka mau tidak mau kita harus selalu menjaga agar airnya bisa tetap jernih dan tidak kotor. Akan tetapi jika kita membudidayakan ikan tersebut di kolam air yang tidak ada filternya, maka kendala yang bisa kita rasakan adalah :

  • Air yang masuk ke dalam kolam bisa saja berwarna keruh
  • Budidaya yang dilakukan tidak akan maksimal
  • Dinding-dinding kolam akan lebih cepat berlumut
  • Harus sering mengganti air kolam dengan yang baru
  • Harus sering menguras kolam karena kolam cepat kotor
kolam ikan keruh tanpa adanya filter

Sumber : biosend.blogspot.com

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut sebenarnya ada beberapa alternatif yang bisa kita lakukan yang salah satunya adalah dengan membuat filter kolam ikan. Jadi cara ini terbilang lebih efektif jika kita bandingkan dengan cara manual seperti di atas untuk tetap menjaga kejernihan air dalam waktu yang cukup lama.

Berikut Cara Membuat Filter Kolam Ikan Mudah dan Sederhana

Bahan Yang Diperlukan :

  • Pompa Air

Pompa air ini nantinya akan digunakan sebagai pengisi air untuk mengisi kolam yang akan di isi dengan ikan, seperti ikan koi, ikan mas dan ikan yang memerlukan air jernih lainnya.

  • Wadah Kosong

Untuk wadah kosong sendiri bisa berupa jirigen besar, ataupun wadah besar bentuknya memanjang yang nantinya sebagai tempat filter yang akan kita susun.

jirigen besar wadah filter air kolam

Sumber : rumahjerigen.com

  • Batu Zeolit

Jadi batu zeolit ini tersusun atas zat kimia alumindo-silikat yang telah berhidrat dengan kation Natrium, kalium dan barium sehingga secara umum  zeolit memiliki struktur yang unik dan teratur.

batu zeolituntuk filter air kolam

Sumber : 4shared.com

  • Arang Aktif

Arang aktif atau yang juga biasa disebut dengan karbon aktif ini mempunyai luas permukaan yang sangat besar serta merupakan salah satu jenis dari karbon yang ada. Bahkan hanya dengan 1 gram karbon aktif saja mampu didapatkan sebuah material yang kurang lebih luasnya bisa mencapai 500 m2.

arang aktif untuk filter kolam ikan

Sumber : matafajar.wordpress.com

  • Kapas Filter

Alat yang terakhir ini bisa dengan mudah kita dapatkan di toko-toko yang menjual kebutuhan budidaya ikan. Adapun fungsinya nanti akan digunakan sebagai penyaring kotoran-kotoran yang bisa membuat keruh kolam.

kapas filter untuk menyaring air kolam

Sumber : id.aliexpress.com

Cara Membuat Filter Kolam

Proses Pembersihan

  • Langkah awal kita bersihkan terlebih dahulu wadah yang telah kita persiapkan tadi hingga benar-benar bersih.
    Kemudian bersihkan batu zeolit sampai bersih karena biasanya kondisi batu tersebut saat kita beli sangat kotor.
  • Sedangkan untuk arangnya tidak perlu dibersihkan sampai bersih karena arang tersebut akan tetap mengeluarkan warna hitam sehingga airnya akan tetap keruh, namun demikian ini wajar akibat dari debu arang itu sendiri.

Proses Pengisian Wadah

  • Yang akan kita letakkan di bagian paling dasar adalah kapas filter. Jadi kapas filter ini yang akan menyaring air sebelum keluar ke dalam kolam. Pemberian kapas bisa dikira-kira seperlunya saja yang terpenting bisa memfilter bagian sisi keluarnya air dari wadah.
  • Selanjutnya kita letakkan batu zeolit disusun sedemikian rupa dan pilihlah batu zeolit berukuran besar untuk di tata. Adapun penataannya sebaiknya tidak terlalu rapat agar air tetap bisa turun ke bawah wadah.
  • Kemudian kita beri lagi lapisan tipis, di sini kita bisa menggunakan kapas filter lagi tapi jangan terlalu tebal yang gunanya hanya untuk memberi sekat pembatas supaya antara batu zeolit dengan susunan di atasnya agar tidak langsung bercampur.
  • Lalu kita susun arang aktif di atas kapas filter pembatas, kita ratakan arang tersebut hingga menutupi seluruh permukaan wadah.
  • Yang terakhir kita tambahkan lagi batu zeolit yang berukuran kecil di atas lapisan arang aktif tersebut untuk penyaringan air di bagian atas.  Kemudian kita berikan kapas filter lagi di bagian atas batu zeolit berukuran kecil tersebut.

Jadi apabila bisa digambarkan urutan susunan mulai dari yang paling atas hingga bagian yang paling atas seperti berikut :

  • Kapas
  • Batu zeolit kecil
  • Arang aktif
  • Kapas filter pembatas
  • Batu zeolit berukuran besar
  • Kapas filter di bagian paling bawah

Tujuan Membuat Filter Kolam Ikan

Sebenarnya tujuan utama dibuat sebuah sistem untuk memfilter kolam agar air yang ada di kolam tersebut bisa tetap jernih dalam waktu yang lama, terutama kolam untuk budidaya ikan koi yang mana membutuhkan kualitas air yang bagus sebagai tempat pembesaran.

kolam ikan koi bersih dengan filter air

Sumber : kreasirumah.net

Selain itu seperti yang kita tahu bahwa apabila kolam ikan yang di isi air tanpa adanya penyaringan maka bisa jadi air tersebut akan mudah keruh, alhasil lumut-lumut bisa cepat tumbuh menyelimuti dinding kolam sehingga kita harus sering-sering mengurasnya.

Jadi itulah tadi panduan cara membuat filter kolam ikan sederhana dengan menggunakan bahan dan peralatan yang mudah untuk di dapatkan. Selain memiliki manfaat tersendiri untuk menjaga kualitas kebersihan air kolam pastinya juga untuk memaksimalkan hasil budidaya ikan yang kita lakukan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply