Cara Mencangkok Pohon Kelengkeng Agar Cepat Berbuah

Cara Mencangkok Pohon Kelengkeng – Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan buah kelengkeng. Ya, buah yang sangat populer ini mempunyai rasa manis yang khas, bentuknya bulat-bulat kecil serta memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Adapun buah yang termasuk dalam keluarga Sapindacaeae ini mempunyai nama latin Dimocarpus Logan.

Tanaman ini pada mulanya banyak tumbuh subur di daerah pedalaman Kalimantan dan Sumatra, namun semakin ke sini sudah mulai banyak dibudidayakan oleh para petani untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat.

cara mencangkok pohon kelengkeng

Nah, apabila kita tidak ingin membeli buah kelengkeng terus-terusan maka tidak ada salahnya jika kita menanam sendiri pohon kelengkeng di rumah. Sebenarnya cara penanaman pohon kelengkeng bisa dilakukan secara generatif melalui biji atau bisa juga dengan melakukan teknik mencangkok.

Tapi cara yang lebih sering di pakai untuk mengembangbiakkan pohon kelengkeng adalah dengan cara mencangkok, karena selain bisa lebih cepat berbuah juga tanaman hasil cangkokan akan mewarisi sifat-sifat dari induknya. Jadi alternatifnya kita bisa memilih indukan pohon kelengkeng dengan kualitas bagus untuk dicangkok.

Bagaimana Cara Mencangkok Pohon Kelengkeng Yang Paling Mudah?

Sebenarnya teknik mencangkok pohon kelengkeng tidak jauh berbeda dengan cara mencangkok pohon-pohon lain seperti rambutan, mangga, kedondong, ataupun jambu air.

cara mencangkok kelengkeng

Sumber : vanarista.com

Tapi sebelum kita melakukan pencangkokan, sebaiknya kita juga mengetahui beberapa hal seputar pohon kelengkeng. Adapun beberapa di antaranya seperti berikut.

Karakteristik Lahan Yang Bagus Untuk Pohon Kelengkeng

  • Pohon kelengkeng pada dasarnya bisa tumbuh subur di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Akan tetapi jika ingin mendapatkan hasil yang bagus maka pohon kelengkeng sangat dianjurkan di tanam di daerah dengan ketinggian 400-1200 mdpl.
  • Selain itu pohon kelengkeng juga sangat cocok ditanam di tanah andosol, laktosol, grumosl atau tanah lempung yang sedikit berpasir. Sedangkan untuk kelembaban dan suhu udara  yang ideal sekitar 50-70% dan 27-32 derajat celcius.

    lahan untuk pohon kelengkeng

    Sumber : wonolopo.weebly.com

  • Adapun pasokan sinar matahari harus cukup karena ini merupakan kebutuhan penting bagi pohon kelengkeng untuk melakukan fotosintesis dan merangsang agar bisa berbuah lebat.
  • Faktor yang tidak kalah penting sebagai kriteria media tanam yang baik bagi pohon kelengkeng adalah kadar pH dalam tanah haruslah berada dalam kisaran 5.0 – 6.6.

Cara Memilih Pohon Kelengkeng Unggulan Untuk Dicangkok

Setelah mengetahui media tanam yang sangat cocok bagi pohon kelengkeng, langkah selanjutnya kita bisa mulai memilih pohon indukan kelengkeng dengan kriteria seperti berikut ini :

pemilihan bibit unggul

Sumber : kabartani.com

  • Pastikan bahwa pohon indukan yang dipilih memiliki riwayat  bisa berbuah sepanjang musim dengan kualitas buah yang bagus.
  • Pastikan usia pohon yang hendak di cangkok sudah lebih dari 1.5 tahun.
  • Dahan yang dipilih sebaiknya dalam kondisi bagus dan tidak cacat, memar atau terluka.
  • Perhatikan daun pada dahan yang hendak dicangkok haruslah rimbun.
  • Pilihlah batang atau dahan yang kokoh dan kuat.

Nah, apabila semua syarat di atas terpenuh maka kalian bisa langsung masuk dalam tahap pencangkokan.

Baca juga : Cara Mencangkok Pohon Rambutan Dengan Mudah

Proses Mencangkok Pohon Kelengkeng

Pembibitan secara generatif maupaun dengan cara mencangkok tentunya memiliki cara dan teknik perawatan yang berbeda. Nah, begitu pula saat kita sudah mencangkok pohon kelengkeng maka selanjutnya kita bisa menanam hasil cangkokan tersebut di lahan yang telah kita sediakan.

proses pencangkokan kelengkeng

Sumber : www.youtube.com

Akan tetapi tidak berhenti sampai di situ saja, ternyata masih diperlukan perawatan-perawatan khusus pasca ditanam agar bibit pohon kelengkeng cangkokan bisa cepat tumbuh dan bisa berbuah. Untuk lebih lengkapnya bisa kalian simak teknik perawatannya seperti berikut ini :

  • Pertama kita persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang nanti akan digunakan dalam proses pencangkokan. Adapun alat dan bahannya meliputi tali rafia, pisau, plastik tebal dan air serta tanah humus yang telah dicampur dengan pupuk kandang.
  • Kemudian kita pilih-pilih sekiranya dahan atau ranting mana yang kuat dan lurus serta memiliki daun yang lebat.
  • Jika sudah menemukan dahan yang tepat, kita hilangkan kulit atau kambium dari dahan kelengkeng dengan panjang sekitar 10 cm. Sedangkan jarak antara keratan sampai dengan ujung daun setidaknya lebih dari 50 cm.
  • Lalu kita biarkan kambium yang terbuka tersebut selama 1 hari supaya lendir yang masih menempel benar-benar kering.
  • Sebelum membungkus dahan yang sudah di kupas kambiumnya, sebaiknya di basahi dengan air bersih terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran sisa yang menempel.
  • Barulah kita pasang plastik untuk pembungkus pada kambium yang dikelupas dan kita isi dalamnya dengan tanah humus yang sudah dicampur dengan pupuk kandang.
  • Setelah di isi dengan tanah, barulah bisa kita ikat dengan tali rafia secara kencang agar tidak ada air yang bisa masuk. Sebab apabila tidak diikat dengan kencang bisa membuat air hujan masuk yang bisa menyebabkan pembusukan.
  • Hal terakhir yang harus dilakukan adalah selalu menjaga tingkat kelembabannya jangan sampai tanahnya mengering hingga keras.
akar dari cangkokan kelengkeng

Sumber : balitjestro.litbang.pertanian.go.id

Adapun keberhasilan proses pencangkokan ditengarai dengan terlihatnya akar yang keluar dari dahan yang dibungkus tadi. Jadi apabila akar-akar tersebut sudah mulai nampak dari luar dan banyak maka pada saat itulah dahan bisa mulai kita potong dan ditanam.

Simak Video Cara Mencangkok Kelengkeng

Cara Merawat Bibit Cangkok Kelengkeng Yang Telah Di Tanam

  • Penyiangan

    Adapun perawatan yang pertama ini berguna bagi tanaman yang kita tanam agar terbebas dari tanaman parasit seperti rumput liar dan lain sebagainya. Selain itu apabila menjumpai rumput liar di sekitar tanaman maka sebaiknya segera kita cabut agar tidak bisa tumbuh lagi.
    Karena apabila terdapat tanaman parasit di sekitar pohon kelengkeng, itu bisa mengurangi unsur hara dalam tanah dan bisa menghambat pertumbuhan bibit yang kita tanam. Misalnya saja batangnya akan menjadi kurus, daunnya berwarna pucat hingga lama-kelamaan bisa mati.

  • Penggemburan Tanah

    Adapun penggemburan tanah bisa dilakukan dengan cara mencangkul ataupun bisa juga menggunakan alat lain seperti cetok dan lain-lain. Tujuannya agar air hujan maupun air dari penyiraman bisa masuk ke dalam tanah sehingga bisa mempercepat proses pembentukan daun, batang, bunga dan buah.

    penggemburan lahan kelengkeng

    Sumber : balitjestro.litbang.pertanian.go.id

  • Perampelan atau Pemangkasan

    Jadi kita bisa meningkatkan produktivitas pohon dengan cara prampelan atau pemangkasan. Tujuan dari perampelan itu sendiri yakni untuk membuka kanopi sehingga bisa mempercepat pertumbuhan dan pembuahan. Pemangkasan pertama bisa dilakukan saat tanaman berumur 4 bulan. Adapun pemangkasan ini bisa terus dilakukan hingga jarak 1 tahun sekali.

  • Meningkatkan kualitas dan kualitas kelengkeng

    Untuk meningkatkan kualitas pohon kelengkeng yang kita tanam, maka kita bisa memberinya hormon giberelin agar proses pembentukan bunga dan buah bisa terus meningkat. Selain itu pemberian hormon tersebut dalam jumlah yang cukup juga bisa meningkatkan produktivitas buah hingga dua kali lipat.

  • Pemupukan

    Selain beberapa perawatan di atas, ada satu lagi yang tidak kalah penting yaitu pemberian pupuk organik supaya pertumbuhan tanaman tetap terjaga. Adapun pemberian pupuk sebaiknya dari bahan yang alami saja seperti pupuk kandang ataupun pupuk kompos. Idealnya untuk satu tanaman pohon kelengkeng yang telah dewasa memerlukan 2.5 kilogram dan itu dilakukan tiap 2 bulan sekali.

    pemupukan pohon kelengkeng

    Sumber : tipspetani.blogspot.com

Buah Kelengkeng Sebagai Antioksidan Alami

Buah kelengkeng sendiri apabila kita lihat dari kandungan vitamin di dalamnya juga sangat banyak, salah satunya adalah vitamin C yang bisa berfungsi sebagai antioksidan.

buah kelengkeng sebagai antioksidan

Sumber : www.sentrashop.com

Bahkan apabila kita mengonsumsi 5 buah kelengkeng saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda.  Jadi buah kelengkeng memang sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang mengalami obesitas untuk membantu menurunkan berat badan.

Jadi itulah sedikit ulasan mengenai cara mencangkok pohon kelengkeng agar bisa cepat berbuah serta tentang manfaat buah kelengkeng yang sangat baik sebagai antioksidan alami. Dengan menerapkan cara-cara di atas kalian bisa menanam sendiri pohon kelengkeng hasil dari teknik mencangkok di pekarangan ataupun di halaman rumah. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply