5 Cara Efektif Meningkatkan Kemampuan Speaking Bahasa Inggris

Kemampuan speaking atau berbicara menjadi salah satu keahlian tersulit dalam kemampuan berbahasa asing seperti bahasa Inggris. Dibutuhkan proses yang panjang untuk membuat kemampuan berbicara bahasa asing seseorang dikatakan mumpuni. Tidak urung butuh waktu tahunan. Namun, semua itu harus dilakukan dengan tidak mudah. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara meningkatkan kemampuan speaking, bisa mencoba cara-cara berikut ini.

Cara Mudah Meningkatkan Kemampuan Speaking

Dari keempat skill, speaking sering kali menjadi tolak ukur apakah seseorang bisa berbahasa asing atau tidak. Karena itu banyak orang yang rela menempuh banyak cara supaya kemampuan speakingnya bisa diakui orang lain. Adapun cara meningkatkan kemampuan speaking adalah:

1. Dengarkan musik dan film berbahasa Inggris

Dengarkan musik dan film berbahasa Inggris

Dengarkan musik dan film berbahasa Inggris

Salah satu cara meningkatkan kemampuan speaking yaitu dengan mendengarkan musik dan menonton film berbahasa Inggris. Dari sana, Anda bisa mengetahui bagaimana orang asing berbicara mulai dari intonasi, nada, dan penekanannya.

Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana suara dihasilkan. Intonasi dan nada mempunyai peranan penting dalam berbahasa karena akan mempengaruhi arti sebuah kata atau kalimat. Jangan sampai salah mengucapkan sehingga apa yang diucapkan mempunyai arti yang jauh berbeda. Kalau hal tersebut sampai terjadi pasti akan memalukan.

2. Mencari native speaker

Cara yang paling efektif untuk meningkatkan kemampuan speaking adalah carilah native speaker atau penutur asli. Tujuan belajar berbicara bahasa Inggris adalah mampu melakukan percakapan dengan orang asing bukan? Jadi cara terbaik adalah cari native speaker di tempat-tempat wisata atau di event-event internasional yang sering diadakan di kampus-kampus.

Ajaklah native speaker tersebut untuk mengobrol tentang hal-hal yang ringan. Dengan cara iniĀ  secara otomatis juga akan menguji seberapa besar nyali untuk berkenalan dan berbicara dengan orang yang baru saja ditemui. Kalau sudah melakukan percakapan dengan bertatap muka, bisa mulai untuk meminta media sosial si native speaker. Jadi suatu saat bisa diajak lagi melakukan percakapan melalui chatting atau video call.

3. Rekam suara

merekam suara sendiri untuk latihan dan mengevaluasi

merekam suara sendiri untuk latihan dan mengevaluasi

Merekam suara merupakan cara meningkatkan kemampuan speaking yang terdengar remeh. Bagaimana tidak karena hanya akan mendengar suara sendiri. Dengan mendengar suara sendiri saat berbicara bahasa Inggris maka bisa mengevaluasi kekurangan sehingga bisa fokus diperbaiki kesalahan. Mulailah dengan merekam suara saat membaca buku-buku berbahasa Inggris. Lakukan hal ini secara rutin maka akan bisa memperbaiki kesalahan yang dilakukan dengan lebih efektif.

4. Mencari tempat kursus yang tepat

Jadi pada dasarnya ada banyak tempat kursus yang menawarkan paket-paket tertentu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, salah satunya adalah paket kursus speaking. Jadi dengan kita kursus, otomatis kita akan di ajari bagaimana cara berani untuk berbicara dengan orang lain menggunakan bahasa inggris meskipun kita masih dalam tahap belajar.

Selain itu dengan kita kursus speaking di tempat yang tepat seperti misalnya di kampung inggris pare, maka kita juga akan mendapatkan banyak pengalaman baru serta kita juga akan di ajari pengucapan vocab yang benar dan juga special expression agar kita bisa terdengar seperti native speaker.

5. Cari rekan untuk latihan

Cari rekan untuk latihan

Cari rekan untuk latihan

Mempunyai teman untuk latihan merupakan cara mudah selanjutnya untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Rekan latihan tidak harus sesama orang yang mempunyai kemampuan yang mumpuni dalam bahasa Inggris. Bisa melakukan cara ini dengan orang terdekat atau saudara.

Dengan dipilihnya teman dekat atau saudara akan membuat suasana lebih nyaman sekalipun akan menggunakan grammar yang hancur, gagap, hingga memakai vocab seadanya. Tetapi yang terpenting adalah Anda bisa terus praktik sehingga kemampuan speaking terus terasah karena yang terpenting adalah orang yang menjadi lawan bicara memahami apa yang diomongkan.

Dengan mempraktikkan cara meningkatkan kemampuan speaking tadi, diharapkan kemampuan Anda akan meningkat. Lakukan secara rutin. Yang terpenting adalah jangan pernah ragu dan malu untuk mencoba. Tidak mungkin akan meningkat kemampuan kalau tidak mau mengasahnya. Jangan terpaku pada grammar yang harus 100 persen benar karena kemampuan speaking berbeda dengan keahlian grammar. Tanamkan dalam diri untuk selalu percaya diri dan teruslah maju.

Leave a Reply

WhatsApp chat Chat