1001 Cerita Anak Bergambar Menarik, Seru dan Imajinatif

Cerita anak bergambar – Dunia anak-anak merupakan dunia bermain dan juga belajar. Adapun disela-sela aktivitas tersebut pastinya untuk melatih kemampuan anak ada baiknya kita juga membekalinya dengan berbagai macam pelajaran salah satunya dengan memberinya cerita anak bergambar.

Sekarang ini ada banyak sekali cerita anak bergambar yang bisa di akses dengan mudah, baik melalui buku bacaan maupun cerita anak dari internet. Semuanya tentu menawarkan cerita anak bergambar yang menarik dan sangat sesuai untuk mengasah daya imajinasi anak.

Dalam sebuah riset menunjukkan bahwa anak yang gemar membaca baik itu cerita anak bergambar maupun cerita dongeng lainnya memiliki daya ingat yang lebih kuat dan juga daya imajinasi yang lebih tinggi. Adapun kemampuan anak tersebut bisa kita asah terutama jika mereka masih kecil karena ingatan anak yang masih kecil itu cenderung lebih kuat.

cerita anak bergambar

Sumber : orang-gu.com

Nah, bagi anda selaku orang tua yang ingin menceritakan anak untuk pengantar tidur berikut ini ada beberapa kumpulan 1001 cerita anak bergambar.

Cerita Anak Bergambar : Dongeng Kancil dan Tikus

Di dalam sebuah hutan belantara, hiduplah 2 ekor kancil yang cerdik bernama Kasan dan Kosin. Jadi kedua kancil tersebut bersaudara dan mereka tinggal bersama. Kosin merupakan kakak dari Kasan, tapi meskipun mereka berdua bersaudara ternyata sifat dari mereka sangat berbeda jauh. Kasan sangat baik hati dan juga rajin, sementara Kosin suka jahil dan cenderung pemalas.

cerita dongeng kancil dan tikus

Sumber : Sidongeng.com

Suatu hari Kosin tengah kelaparan namun dia malas untuk pergi keluar mencari makan. Alhasil Kosin memiliki ide buruk untuk mencuri makan milik adiknya Kasan. Nah, saat si Kasan bingung mencari makanannya yang hilang, datanglah Kosin sambil memberi tahu jika makanan si Kasan dicuri oleh tikus.

“Ah, kamu bohong ya. Mana mungkin makananku bisa di curi oleh tikus”. Kata Kasan.

“Serius, Aku tidak bohong!. Masak kamu sama kakak sendiri tidak percaya”. Jawab Kosin meyakinkan.

Pertama-tama si Kasan tidak percaya begitu saja dengan omongan kakaknya Kosin. Namun karena Kosin terus meyakinkan Kasan berkali-kali pada akhirnya Kasan mempercayainya. Kemudian Kasan mencoba memanggil-manggil tikus sembari datang kerumahnya.

“heh, Tikus. Apakah kamu yang mencuri makananku semalam”. Tanya Kasan kepada tikus.

“Mana mungkin, jangankan mencuri, berniat untuk mencuri makananmu saja aku tidak pernah”. Tegas si tikus.

“Sudahlah, ngaku saja kau tikus. Bisa-bisanya kamu terus membela diri. Dia pasti berbohong”. Kata Kosin.

“Gini saja tikus, sebagai gantinya tolong ambilkan makanan yang berada di seberang sungai sana. Karena tadi saya juga mengambil makanan dari seberang sana”. Kata Kasan.

Kemudian tikus berjalan menuju tepi sungai dan menaiki perahu kecil yang berada persis di tepian. Meskipun sebenarnya ia tahu kalau Kosin lah yang mencuri makanan si Kasan.

Sementara itu, di sebarang sungai lainnya ternyata Kosin juga bergegas menyeberangi sungai dan ingin memasang perangkap tikus agar si tikus terperangkap.

Saat tikus hampir tiba di seberang sungai, ia melihat ada perangkap yang terpasang di sana. Dia yakin bahwa perangkap tersebut di pasang oleh si Kosin. Nah, saat itu juga tikus mempunyai ide untuk berpura-pura tenggelam untuk menipu si Kosin.

“Kosin….Kosin….tolong aku, aku bisa mati tenggelam”. Teriak si tikus.

Karena mendengar teriakan minta tolong dari si tikus, akhirnya Kosin menolong tikus dan membawanya ke seberang sungai. Sesampainya di sana karena Kosin tidak hati-hati, dia lupa dan terperangkap pada ranjau yang ia pasang sendiri. Karena kejadian tersebut Kosin menyesali perbuatan dan niat buruknya serta berjanji tidak akan mengulangi lagi.

Lihat juga : Gambar Pemandangan Alam Mengagumkan

Cerita Dongeng Putri Duyung

Pada zaman dahulu, hiduplah raja lautan yang perkasa bernama Raja Triton. Raja tersebut memiliki anak perempuan nan cantik jelita. Mereka mencintai tempat di mana ia tinggal yaitu dunia bawah laut. Namun Ariel sebagai anak bungsu mendambakan kehidupan di permukaan, dunianya para manusia. Ayahnya sang raja laut telah memperingatkan kedua anaknya untuk tidak pergi ke dunia manusia, namun dia tetap saja sering berenang kepermukaan laut untuk melihat keindahan dunia di atas air.

putri duyung

Sumber : youtube.com

Ariel bersama dengan sahabatnya Flaounder yang bernama Flounder gemar sekali mengunjungi burung camar yang bernama Skatel. Jadi skatel itulah yang menjelaskan semua barang-barang manusia yang ditemukan oleh Ariel di dasar lautan.

Tapi suatu ketika Raja Triton tahu jika anaknya yang bernama Ariel kerap naik ke atas permukaan laut. Karena mengetahui perilaku terlarang yang dilakukan anaknya, sang Raja sangat marah. Dia sangat mencemaskan nasib anak perempuannya yang bernama Ariel. Bahkan Raja Triton meminta bantuan kepada sahabatnya seekor kepiting bernama Sebastian untuk selalu mengawasi gerak-gerik putrinya.

Selang beberapa hari kemudian, ada sebuah kapal melintas di permukaan laut dan hal tersebut diketahui oleh Ariel.

“Ada Manusiaaaaa…….!!!!”. Teriak Ariel sembari bergegas mendekati kapal tersebut.

“Ariel….Jangan Mendekat”. Teriak Flounder dan Sebastian sambil mengejar Ariel.

Sebastian : Kepiting sabahat raja laut

Sumber : awesomeocean.com

Saat Ariel tiba di permukaan air, dia melihat ada sebuah kapal yang sangat besar yang mana di dalamnya penuh dengan orang yang menari dan bernyanyi-nyanyi. Mata Ariel pun bercahaya saat melihat pemuda nan gagah, dan setelah diketahui pemuda tersebut bernama Erick dan Ariel pun jatuh cinta kepada pemuda tersebut saat pandangan pertama. Seketika itu langit berubah menjadi gelap dan petir pun menyambar-nyambar. Adapun kapal yang ditumbangi oleh manusia tadi terombang-ambing karena badai yang sangat dahsyat. Kapal tersebut pun terombang-ambing dan akhirnya semua penumpangnya terlempar ke dalam lautan tidak terkecuali Erick, pemuda gagah yang di sukai oleh Ariel.

“Aku harus menyelamatkan Erick, dia tenggelam”. Teriak Ariel.

Ariel langsung berenang dengan cepat untuk menyelamatkan pangeran Erick yang terlempar ke dalam lautan. Setelah ia berhasil menggapai pangeran Erick, lalu Ariel membawanya ke tepian pantai. Ariel mencoba membangunkan pangeran Erick dan mengusap wajahnya dengan penuh kelembutan. Dia juga menyanyikan sebuah lagu cinta dengan suaranya yang merdu.

putri duyung menyelamatkan pangeran

Sumber : dongengadalahcerita.blogspot.com

Setelah menanti sekian lama, akhirnya Ariel mendengar anak buah pangeran Erick berteriak-teriak mencarinya. Karena keberadaan Ariel tidak ingin diketahui oleh manusia, ia langsung bergegas pergi untuk bersembunyi ke dalam laut. Tidak lupa ia mengecup kening pangeran Erick sebelum ia pergi.

Pangeran pun tersadar dan menjumpai pelayan setianya sudah berada di sampingnya.

“Apa..apa yang terjadi?”. Tanya pelayan kepada pangeran Erick.

“Saya sangat senang melihat pangeran masih hidup”. Imbuhnya.

“Tadi ada seorang gadis….”. Kata pengeran yang masih dalam keadaan bingung.

“Tadi ada seorang gadis yang menyelamatkanku kemudian bernyanyi dan suaranya begitu merdu. Selama ini aku belum pernah suara merdu seperti itu. Sekarang aku ingin menemuinya…..mana dia? Aku ingin menikahinya”.  Ternyata pangeran Erick juga jatuh cinta kepada Ariel yang mana seekor putri duyung.

Perasaan yang disembunyikan Ariel, rasa jatuh cinta kepada seorang manusia itu akhirnya sampai di telinga ayahnya. Raja Triton mendengar hal tersebut tentu sangat marah. Langsung saja Raja Triton berenang ke sebuah gua tempat dimana Ariel menyembunyikan koleksi barang-barang miliknya.

“Ayah, tapi aku mencintainya”.

“Aku ingin bersamanya”. Kata Ariel.

“Tapi dia itu manusia, mereka pemakan ikan”.

“Jadi kamu tidak boleh mendekati dia”. Tegas Raja Triton sambil mengangkat tongkat saktinya.

Sambaran-sambaran kilat dari tongkat saktinya itu langsung menghancurkan seluruh harta benda kesayangan Ariel di dalam gua. Ayahnya langsung pergi begitu saja dan Ariel pun sangat terpukul karena kejadian tersebut.

Sedangkan tidak jauh dari situ. Ada seorang penyihir jahat di kerajaan bawah laut. Penyihir tersebut dikenal dengan sebutan Ursula. Jadi penyihir tersebut pernah memerintah kerajaan bawah laut sebelum Raja Triton ada. Sementara itu ia sangat tidak terima dengan kehadiran Raja Triton dalam memimpin kerajaan bawah laut. Ia ingin berjaya menjadi Raja seperti dahulu kala. Dengan bola kristal yang dimiliki Ursula, ia bisa melihat kesedihan yang di alami Ariel. Akhirnya muncullah ide jahat di pikirannya.

“Aku pasti bisa mengalahkan Raja Triton melalui putrinya”. Kata penyihir.

Kemudian penyihir jahat tersebut mengirimkan pelayannya yang bernama Jetsam dan Flotsam untuk datang mengunjungi Ariel di dalam gua. Mereka memiliki tugas untuk meyakinkan Ariel bahwa Ursula bisa membantunya untuk menikah bersama pangeran Erick yang sangat dicintainya.

Karena pada saat itu Ariel sedang sedih sekali, maka ia mengabaikan wejangan yang diberikan Sebastian dan lebih memilih ikut bersama dengan dua pelayan suruhan penyihir ursula tersebut.

“Hei cantik, aku punya tawaran menarik untukmua”. Kata Ursula.

“Tawaran apa?”.Tanya Ariel dengan lugu.

“Aku bisa membantumu untuk menjadi manusia, tapi hanya 3 hari untuk menemui pangeran hatimu. Jadi jika kau berhasil membuat pangeran Erick menciummu sebelum matahari terbenam, maka kau bisa menjadi manusia selamanya. Tapi jika tidak, kamu akan berubah menjadi putri duyung dan menjadi tawananku“. Jelas si penyihir.

cerita dongeng putri duyung

Sumber : dongengadalahcerita.blogspot.com

“Tapi yang akan menjadi imbalan untuk tawaran ini adalah suaramu”. Tambah nya.

“Hah. Suaraku?. “ Ariel terkejut.

”Jika suaraku kamu ambil bagaimana aku bisa berbicara dan bernyanyi untuk pangeran, pasti dia tidak akan jatuh cinta kepadaku.”.

“Kamu masih memiliki wajah yang cantik yang bisa membuat pangeran jatuh hati padamu.” Jawab penyihir.

Lantas Ariel setuju dengan penawaran tersebut dan si penyihir jahat langsung menggunakan kekuatan sihirnya untuk melenyapkan ekor Ariel dan menggantinya dengan sepasang kaki seperti manusia. Di saat yang sama suara Ariel turut meninggalkan tubuhnya, lalu suara tersebut ditangkap dalam sebuah kerang oleh penyihir.

Dengan segera Ariel langsung mencari pangeran yang dibantu oleh sahabat-sahabatnya pergi ke tepi pantai. Ariel pun mencoba berbicara kepada sahabatnya namun tetap tidak ada suara yang keluar dari mulut kecilnya. Suaranya benar-benar hilang dari dalam tubuhnya.

istana bawah laut putri duyung

Sumber : hdlandscapewallpaper.com

Tidak lama kemudian akhirnya Ariel bisa bertemu dengan pangeran Erick yang juga jatuh cinta kepadanya. Pertama-tama pangeran mengira jika ia sudah bertemu dengan gadis yang sudah berjasa menyelamatkan nyawanya. Namun karena Ariel tidak bisa berbicara, sang pangeran mengira kalau ia telah keliru menduga. Pangeran sangat kasihan kepada Ariel, karena Ariel perlu pakaian, makan dan mandi, maka dibawalah Ariel ke dalam sebuah istana yang megah.

Ke esokan harinya, pangeran Erick menyukai Ariel apa adanya. Tapi ia tetap merindukan sosok yang telah menolongnya dengan suara merdu yang dimilikinya. Saat sedang mengendarai perahu berdua, sebenarnya pangeran Erick hampir mencium Ariel. Akan tetapi 2 pelayan penyihir tersebut berupaya untuk menggagalkan ciuman tersebut dengan membalikkan perahu yang ditumpangi keduanya.

“Huh….hampir saja!” Seru Ursula yang memata-matai aktivitas Ariel dalam bola kristalnya.

“Sepertinya sekarang aku harus turun tangan”. Ujar Ursula.

Kemudian Ursula meminum ramuan sihirnya sendiri untuk menyamar menjadi gadis yang cantik jelita. Bergegas ia menemui pangeran Erick dan dengan menggunakan suara Ariel ia mencoba mengelabuhi pangeran agar tertarik dengannya.

Dengan kehadiran penyihir Ursula tersebut, pangeran merasa seperti telah menemukan gadis yang dicarinya. Pada hari ketiga, kondisi istana terlihat sangat sibuk karena ternyata pangeran memutuskan untuk menikahi gadis yang baru dijumpainya tersebut yang tidak lain adalah jelmaan dari penyihir Ursula.

Seketika itu Ariel pun sangat patah hati………….

Putri Ariel mencintai pangeran Erick

Sumber : freehdcartoonwallpapers.blogspot.co.id

Adapun upacara pernikahan akan diselenggarakan di kapal baru milik pangeran Erick. Secara kebetulan tongkat sakti milik ayahnya terbang melintasi kapal tersebut, dan kebetulan juga tepat saat si pengantin putri melewati cermin. Jadi bayangan yang dihasilkan cermin itu adalah wujud dari penyihir jahat tersebut. Dan saat itu juga banyak orang menyadari jika pangeran Erick telah ditipu.

Kemudian ia langsung memberitahu akan hal ini kepada Ariel dan teman-temannya. Akhirnya dengan sigap Sebastian mulai menyusun ide. Flounder turut membantu Ariel untuk naik ke perahu yang digunakan pangeran Erick. Sedangkan teman lainnya berencana untuk menunda-nunda pernikahan.
“Oke, aku akan memberitahu Raja Triton akan hal ini”. Kata Sebastian.

Sementara itu pernikahan gadis dan pangeran Erick hampir saja dilakukan, namun sekawanan burung camar meluncur sembari menyerangi pengantin putri. Si gadis jelmaan penyihir jahat itu berteriak kesakitan, namun suara yang keluar bukan lagi suara milik Ariel melainkan suara asli dari penyihir jahat tersebut, sontak semuanya kaget. Hal itu disebabkan karena kerang miliki penyihir tersebut yang dikalungkan di lehernya jatuh dan pecah. Sehingga suara itu pun kembali ke pemilik aslinya yakni si Ariel.

“Pangeran Erick, Akulah gadis yang kamu cari sebenarnya”. Kata Ariel.

“Rupanya benar-benar engkau kah?”. Tanya pangeran Erick.

Saat itu matahari mulai menghilang di ufuk barat, dan tepat pula ketika mereka berdua berciuman. Nah, karena waktu 3 hari yang diberikan telah habis, maka Ariel pun tidak punya kuasa dan kembali menjadi putri duyung. Sedangkan sang gadis tadi berubah wujud menjadi penyihir laut yang jahat. Langsung saja penyihir tersebut menyambar Ariel terjun ke laut.

Karena pada sebelumnya Sebastian sudah memberi tahu Raja Tritor. Mereka sudah sigap menunggu di dasar laut saat mereka tiba.

“Akan kulepaskan anakmu apabila kamu mau menggantikannya”. Gertak ursula.

Raja Triton pun menyetujui permintaan tersebut dan menjadi tawanan Ursula. Namun tiba-tiba saja sebuah pedang menusuk tubuh penyihir jahat dan ternyata itu dilakukan oleh pangeran Erick. Pangeran Erick datang untuk menyelamatkan Ariel dan mereka berdua kembali ke permukaan laut. Tapi Ursula tidak tinggal diam, dia mengikuti Erick dan Ariel dari belakang.

Pangeran Erick segera naik ke atas perahu dan mengemudikan untuk menabrak tubuh si penyihir jahat yang semakin membesar karena rasa marah yang dimilikinya. Akhirnya tubuh penyihir dan si penyihir laut jahat tersebut binasa.
Kematian penyihir laut tersebut merupakan kabar gembira bagi semua. Kini Raja Triton bisa kembali bebas untuk memimpin kerajaan laut. Sementara itu Raja Triton melihat putrinya memandang wajah pangeran Erick dengan penuh cinta.

putri duyung hidup bahagia

Sumber : Suwall.com

“Ternyata putriku benar-benar mencintai pangeran Erick”. Kata Raja Triton kepada sahabatnya Sebastian. Sebastianpun mengangguk.

“Aku akan merindukan putriku”. Raja Triton menambahkan dan kemudian mengangkat tongkat saktinya ke arah ekor putrinya.

Langsung saja ekor Ariel berubah menjadi kaki, dan putrinya Ariel kini benar-benar menjadi manusia sungguhkan. Akhirnya Ariel dan pangeran Erick menikah dan hidup bersama.

Itulah dua dongeng cerita anak bergambar yang menarik, seru dan bisa melatik daya imajinasi anak dengan suguhan dongeng kancil dan tikus serta dongeng putri duyung. Selamat membaca !!

Leave a Reply