Contoh Tanda Selaput Dara Robek Pasca Menikah

Contoh Tanda Selaput Dara Robek – Berbicara mengenai selaput dara, tentu mungkin ada banyak orang yang masih menganggap ini merupakan yang tabu untuk di bahas atau diketahui. Akan tetapi di dunia kesehatan sendiri ada banyak sekali pertanyaan yang masuk terkait permasalahan seputar selaput dara itu sendiri.

Jadi selaput dara dalam istilah kedokteran disebut dengan himen. Adapun himen tersebut berupa selembar selaput tipis yang berada 0.5 cm – 1 cm dari luar miss V. Sementara bentuknya akan melingkar menutup dinding miss v namun tetap ada lubang kecil di tengahnya dan ukuran lubang tersebut bervariasi.

Pada dasarnya selaput dara ini adalah pertemuan antara sinus uroginetalis dan duktus wolffi sehingga memiliki struktur sel ada yang disemailah luar dan ada di sebelah dalam. Ukuran dari selaput dara ini sangatlah tipis dan juga rapuh layaknya kertas. Akan tetapi ada juga yang tebal dan kaku sehingga cukup sulit untuk ditembus ketika melakukan penetrasi.

tanda selaput dara robek pada wanita

Sumber: palingyess.com

Di samping itu ada juga selaput dara yang elastis serta tidak mudah robek sehingga dia hanya sedikit melonggar saja secara sekuler. Untuk kasus selaput dara yang demikian ini biasanya bisa tetap bertahan utuh meskipun sering melakukan hubungan dan umumnya akan robek ketika melahirkan.

Kelainan Pada Selaput Dara

Selaput dara yang robek disebabkan karena persalinan biasanya bentuknya “compang-camping” dan disebut dengan Carunculae Myrtiforms. Namun karena bentuk dari lubang selaput dara berbeda-beda tapi ada juga yang tidak berlubang yang disebut dengan hymen imperforata. Jadi kelainan seperti ini bisa menghambat keluarnya darah haid dan bisa membuatnya menumpuk-numpuk di dalam.

Rasa yang ditimbulkan jika mengalami kelainan seperti ini adalah rasa nyeri yang amat sangat di bagian perut bawah dan bahkan juga bisa memicu tumor ataupun benjolan akibat kelam!n yang meregang disebabkan terisi penuh oleh darah menstruasi.

kelainan pada selaput dara

Sumber : okezone.com

Adapun pengobatan yang bisa dilakukan untuk menormalkan selaput dara tersebut biasanya akan di pasangi suatu benda yang nanti akan menghalangi supaya selaput tersebut tidak melekat dan menutup kembali. Jika seorang yang bersangkutan belum menikah, maka sangat disarankan untuk segera menikah supaya selaput tersebut bisa membuka dengan intensitas berhubungan suami istri yang cukup sering.

Baca juga : Contoh tanda janin sudah masuk ke panggul

Contoh Tanda Selaput Dara Robek

contoh tanda selaput dara robek

Sumber : salyaku.blogspot.co.id

Bagi kalian yang telah bersuami, mungkin masih ingat mengenai saat pertama kali selaput dara anda robek?

Jadi robeknya selaput dara ini secara normal terjadi karena adanya aktivitas seksual atau bisa juga karena aktivitas berat yang dilakukan oleh wanita. Namun semua orang wanita tentu memiliki pengalaman yang berbeda-beda terkait robeknya selaput dara.

Berbicara mengenai contoh tanda selaput dara yang robek umumnya akan di iringi dengan rasa sakit dan sedikit perih di bagian miss v. Selain itu robeknya selaput dara dalam beberapa kasus juga akan di iringi dengan keluarnya darah dari organ kewanitaan, tapi ada pula yang tidak. Hal ini disebabkan oleh elastisitas dari selaput dara itu sendiri. Karena ada selaput dara yang sangat tipis namun ada pula yang sangat elastis.

Gambaran Mengenai Selaput Dara yang Robek

Adapun gambaran selaput dara itu seperti halnya tirai atau gorden yang melingkari dinding miss v sekitar 1 – 1.5 cm. Ah, untuk mengetahui mengenai selaput dara itu sendiri apakah masih utuh ataukah sudah robek ialah bisa dengan cara memasukkan telunjuk ke dalam dubur, sementara untuk tangan yang lain membuka bibir miss v. Sampai sini coba kita rasakan apakah lebarnya sama atau tidak.

Jika terdapat daerah yang mungkin lebarnya tidak sama dan berkurang 0.5 cm saja, itu sudah berindikasi terjadi robekan yang sifatnya tidak total. Tapi bisa juga robekan terjadi hingga ke bagian dalam miss v.

Sementara bekas luka robekan juga bisa kita identifikasi apakah masih baru ataukah sudah lama dengan melihat apakah terdapat lebam dan ada sedikit bekuan darah (robekan baru) ataukah sudah tidak bekas dan tidak ada luka (robekan lama).

tanda selaput dara robek

Sumber : radarriaunet.com

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya contoh tanda selaput dara robek adalah pada saat malam pertama perkawinan kelak, selaput dara bisa saja robek dan mengeluarkan darah, tapi bisa juga tidak karena ditentukan oleh tingkat kekenyalannya. Sementara untuk banyak tidaknya pendarahan yang terjadi biasanya dipengaruhi oleh besar kecilnya robekan yang terjadi. Apabila robekan terjadi di daerah yang tidak terdapat pembuluh darah maka bisa saja tidak terjadi pendarahan atau paling tidak darah yang keluar minim sekali.

Sebaliknya, jika robekan terjadi tepat di daerah pembuluh darah maka pendarahan bisa terjadi hebat sehingga diperlukan penanganan secepat mungkin berupa jahitan yang dilakukan oleh ahlinya. Oleh karena itu saat kelak malam pertama dan ternyata istri kita tidak mengelami pendarahan, maka itu bukan berarti istri kita sudah tidak perawan. Itulah sedikit bahasan kita kali ini mengenai contoh tanda selaput dara robek dan juga beberapa kelainan yang bisa terjadi terkait hal tersebut.

Leave a Reply