Ajari Anak Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi Sesuai Sunnah Lengkap Arab dan Latin

Doa masuk kamar mandi – Pada artikel kali ini saya akan membagikan amalan sederhana yang sebenarnya sangat penting untuk di lakukan. Apa itu?

Seperti yang kita tahu bahwa saat kita hendak ke kamar mandi ingin membuang hajat, baik itu untuk buang air kecil maupun buang air besar, alangkah baiknya bila kita juga membaca doa seperti apa yang di ajarkan oleh Rasulullah. Sebab bagaimanapun juga kita sebagai manusia tidak akan pernah lepas dari gangguan dan godaan setan yang terkutuk.

Apalagi jika kita sudah memiliki anak, maka mengajari anak untuk membaca doa-doa ketika hendak melakukan sesuatu adalah suatu hal yang sangat berguna, terlebih lagi itu bisa mengajari anak untuk selalu mengingat Allah sebagai Sang Pencipta sedini mungkin.

Baca juga : Doa untuk orang tua yang sudah meninggal

Tujuan Membaca Doa Masuk Kamar Mandi

Mungkin banyak orang menganggap hal ini remeh, akan tetapi berdoa sebelum melakukan sesuatu adalah sesuatu yang di anjurkan. Lantas apa sih sebenarnya tujuan membaca doa masuk kamar mandi?

Doa masuk kamar mandi sesuai sunnah

Sumber : mahjubin.blogspot.com

Ya, adapun tujuan membaca doa masuk kamar mandi adalah untuk meminta perlindungan kepada Allah dari godaan syaitan laki-laki maupun perempuan. Karena kamar mandi rumah adalah salah satu tempat yang menjadi tempat huni makhluk gaib.

Jadi mereka senang berada yang lembab dan gelap, sementara karakter dari kamar mandi sendiri pada umumnya berada di bagian belakang dari rumah dengan kondisi yang lembab. Oleh karena itu kita sebagai manusia yang beriman sangat di anjurkan untuk berdoa sebelum memasuki kamar mandi untuk membuang hajat.

Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi

Doa masuk kamar mandi arab dan latin

Sumber : yahoo.com

Bagi kalian yang mungkin masih belum tahu seperti apa bacaan doa masuk kamar mandi, di bawah ini adalah bacaan doa yang bisa kalian terapkan dan coba amalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam bahasa Arab lengkap dengan terjemahannya.

Doa :

اَللهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

ALLOOHUMMA INNII A’UUDZUBIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI

Artinya : Ya Allah, aku berlindung dari godaan syetan laki-laki dan syetan perempuan.

Di atas tersebut adalah bacaan doa masuk kamar mandi sesuai yang di ajarkan oleh Rasulullah SAW. Adapun apabila kita lihat dari artinya, maka di sana kita meminta perlindungan Allah dari godaan setan laki-laki maupun setan perempuan. Jadi seperti yang telah di singgung di atas bahwa setan sangat suka bertempat tinggal di kamar mandi, itulah mengapa kita sebaiknya berdoa sebelum memasuki kamar mandi.

 

Hafalkan juga : Doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh

Bacaan Doa Keluar Kamar Mandi

Sementara itu, ada pula doa keluar kamar mandi yang biasa di ucapkan ketika kita selesai membuang hajat.

doa keluar kamar mandi

Sumber : millenniatv.com

Doa :

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

GHUFROONAKAL HAMDU LILLAAHIL LADZII ADZHABA ‘ANNIL ADZAA WA ‘AAFAANII

Artinya : Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah mensejahterakan

Apakah Ada Adab Sebelum Masuk Kamar Mandi ?

Sebelum memasuki kamar mandi, memang ada beberapa adab yang dicontohkan oleh Rasulullah. Misalnya saja seperti sebelum masuk kamar mandi kita di anjurkan untuk membaca doa masuk kamar mandi seperti di atas.

Kemudian alangkah baiknya jika masuk ke kamar mandi dengan mendahulukan kaki kiri sebelum kaki kanan. Karena saat kita memasuki tempat yang terdapat najis memang sepatutnya mendahulukan kaki kiri terlebih dahulu. Berbeda saat kita hendak keluar dari kamar mandi, maka sebaiknya kita mendahulukan kaki yang sebelah kiri.

adab sebelum ke kamar mandi

Sumber : millenniatv.com

Jadi hal sekecil itupun juga sangat diperhatikan dalam ajaran agama islam. Agama islam memang merupakan agama yang mengajarkan keselamatan, tidak ada sesuatupun yang tidak di atur dalam ajaran agama islam. Oleh karena itu semoga kita bisa terus istiqomah dalam menjalankan sunah-sunah nabi kita.

Itulah sedikit informasi mengenai bacaan doa masuk kamar mandi maupun keluar kamar mandi, semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadikan diri kita lebih bertakwa kepada Allah SWT.

Leave a Reply