Kumpulan Contoh Gambar Arsiran Lengkap dengan Tekniknya

Gambar arsiran – Jadi menggambar dengan menggunakan teknik arsir adalah salah satu cara menggambar sederhana yang paling sering digunakan untuk menggambar bunga mawar ataupun wajah manusia. Adapun kita bisa menggambar hanya dengan pensil dan kertas kosong yang kita miliki. Selain itu meskipun kedengarannya simpel, tapi ada beberapa teknik yang perlu kita ketahui supaya kita dapat menghasilkan arsiran yang sempurna, contohnya saja seperti ketajaman gambar, efek real pada gambar maupun degradasi warna.

Gambar Arsiran

Sumber : pixabay.com

Agar kalian lebih jelas berikut ini ada pembahasan mengenai teknik menggambar dengan cara arsir agar hasilnya bisa tampak seperti nyata.

Teknik Arsir Dalam Menggambar Bentuk

Jadi yang dimaksud teknik arsir dalam menggambar bentuk ini merupakan cara menggambar dengan menggoreskan pensil pada sebuah karvas dengan beberapa jenis arsiran. Nah, sebenarnya teknik ini memang harus dimiliki oleh setiap orang untuk bisa menghasilkan gambar arsiran yang maksimal. Misalnya dari hal sederhana seperti bagaimana menentukan arah arsiran yang tepat, menentukan degradasi arsiran agar gambar terlihat.

teknik dasar dalam menggambar bentuk

Sumber : ytimg.com

Jenis-jenis Arsiran dan Macam-macam Arsiran

Dalam teknik gambar arsiran, secara umum cara mengarsirnya sendiri dilakukan secara menyilang namun satu arah. Jadi teknik tersebut di ulang-ulang hingga mendapatkan goresan yang sesuai.

gambar jenis arsiran tebal tipis

Belajar mengarsir tebal tipis

Jadi jenis arsir yang pertama adalah tebal tipis. Untuk bisa menghasilkan suatu arsiran yang tebal ataupun tipis diperlukan upaya seperti memiringkan pensil dan juga harus mengatur penekanan saat mengarsir. Maka hasilnya akan terlihat seperti contoh di atas, dimana jika kita lihat hasil di samping kiri hingga kanan perbedaan kedalaman arsiran terlihat jelas.

macam-macam jenis arsiran

Macam-macam jenis arsiran lengkap

Untuk contoh jenis arsiran di atas sudah sangat lengkap, jadi ada beberapa model goresan dan juga arah datangnya goresan hingga mengatur degradasi arsiran. Umumnya penggunaan arsiran gelap untuk membuat efek 3 dimensi, selain itu untuk memilih jenis arsiran-pun harus disesuaikan dengan penggunaan.

Alat-Alat yang Dibutuhkan untuk Menggambar Arsiran

Untuk menggambar sebuah objek dengna teknik arsir, maka kita harus menyiapkan beberapa keperluan tulis seperti :

  • Kertas Gambar

Untuk menuangkan sebuah lukisan maka kita memerlukan media gambar berupa kertas gambar. Namun jika kita hendak membuat gambar arsiran kita bisa menggunakan sketchbook yang bisa kalian dapatkan di toko-toko buku.

buku sketchbook untuk menggambar arsiran

Sumber : tokogift.co.id

Adapun keuntungan menggunakan sketchbook adalah kita tidak perlu lagi membawa berlembar-lembar kertas secara terpisah karena disana sudah dikemas dalam bentuk buku sketsa. Selain itu yang tidak kalah penting agar hasil gambar arsiran kalian bagus, sebaiknya memilih sketchbook yang permukaannya halus.

  • Pensil

Karena di sini kita hendak membuat gambar arsiran maka yang menjadi alat utama adalah pensil. Ya, kalian bisa memilih pensil 2B, HB, 7B, F ataupun H. Kesemua range pensil tersebut bisa digunakan dan mampu memberikan hasil yang bagus di setiap goresanannya. Karena kita tidak menggunakan pensil warna sama sekali.

pensil untuk menggambar arsir

Sumber : faber-castell.co.id

  • Penghapus

Penghapus ini sangat diperlukan apabila kita mendapati kesalahan ataupun ada degradasi warna gelap terang yang kurang tepat.

penghapus kneaded eraser

Sumber : karisma-seni.blogspot.co.id

Sebaiknya kalian menggunakan penghapus kneaded eraser karena bentuknya lebih mirip seperti lilin dan bisa kita bentuk-bentuk. Selain itu daya hapusnya juga tinggi serta tidak akan mengotori kertas. Apabila penghapusnya habis kalian bisa membeli versi re-fill di toko-toko buku.

Belajar Menggambar dengan Teknik Arsir

Nah bagi kalian yang ingin belajar menggambar, di bawah ini ada contoh belajar menggambar benda yang ada di sekitar kita. Misalnya disini menggambar sebuah lampu, terkadang lampu sendiri bisa terbuat dari berbagai macam bahan. Ada yang dari plastik, kayu, besi, rotan, alumunium dan sebagainya. Jadi kita bisa menggambar menggunakan berbagai macam arsiran sehingga mampu menunjukkan karakter bahan material dari objek yang kita gambar.

menggambar lampu berbahan rotan dengan teknik arsir

Sumber : khanzaku.wordpress.com

Jadi teknik arsir yang digunakan pada gambar di atas menggunakan garis arisan pendek sehingga apabila kita lihat mampu menunjukkan bahwa karakteristik dari lampu yang kita gambar terbuat dari bahan rotan.

Namun kita bisa juga menerapkan teknik jenis arsiran lain, sehingga dengan objek yang sama kita bisa membuat karakteristik yang berbeda.

gambar arsiran lampu dengan teknik silang

Sumber : khanzaku.wordpress.com

Teknik yang digunakan di atas adalah arsiran menyerupai padi. Biasanya teknik ini di aplikasi untuk mendapatkan kesan etnik dan juga tradisional.

gambar arsiran lampu dengan teknik menyilang

Sumber : khanzaku.wordpress.com

Teknik arsir di atas biasa disebut dengan teknik Cross-Hatching atau garis silang. Jadi arah arisiran dilakukan dengan cara menyilang sehingga hasilnya akan membentuk karakter tersendiri pada objek yang digambar.

gambar arsiran lampu melingkar

Sumber : khanzaku.wordpress.com

Cara mengarsir objek di atas menggunakan teknik scribbling dengan model seperti melingkar-lingkar. Adapun teknik ini mampu memberikan keunikan tersendiri.

gambar lampu dengan arsiran gelap terang

Sumber : khanzaku.wordpress.com

Sementara teknik yang digunakan di atas adalah teknik hatching yang mana cara arsirannya dilakukan searah dan tidak menyilang.

Lihat juga : Kumpulan Gambar Pointilis Sederhana

Contoh Gambar Arsiran Pensil Wajah Manusia

teknik arsir untuk menggambar wajah

Sumber : tokopedia.net

Sebenarnya pembuatal lukisan dengan teknik arsir di atas terlihat sangat simpel dan juga seedrhana. Bahkan arsiran yang digoreskan juga tidak penuh pada keseluruhan objek, namun secara estetika teknik arsiran di atas diaplikasikan secara tepat dan mampu membuat objek terlihat seperti nyata.

gambar wajah dengan teknik arsiran

Sumber : photobucket.com

Begitu juga dengan lukisan wajah gadis di atas, gambar tersebut juga menerapkan teknik arsiran yang lebih detail menyesuaikan dengan apa yang sedang dilukis. Misalnya seperti rambut, maka arah arsiran untuk bisa menghasilkan helaian rambut yang jelas maka arsiran juga harus dilakukan secara detail. Hal ini juga berluka ketika kita hendak membuat hidung, mulut dan mata maka teknik yang digunakan haruslah sesuai.

gambar arsiran wajah seseorang dengan pensil

Sumber : gambarterbaru.com

Gambar di atas merupakan kumpulan dari tiga gambar wajah manusia yang sama-sama dilukis dengan menggunakan teknik arsiran. Hasilnya-pun tidak mengecewakan, bahkan ketiga gambar wajah di atas nampak hidup dengan pengaturan gradasi yang tepat.

contoh arsiran pensil wajah manusia

Sumber : wildagger.blogspot.com

Untuk bisa menggambar yang bagus, maka proses dari awal harus kita jalani. Kita bisa membuat rangka gambar dahulu seperti contoh gambar di atas hingga gambar tersebut bisa jadi sempurna dengan teknik arsir.

Contoh Gambar Arsiran Bunga Mawar

contoh arsiran bunga mawar

Sumber : modifikasisepedamotor.com

Untuk menggarsir gambar bunga mawar tentu dibutuhkan keahlian karena baik dari segi detail dan juga gradasi arsiran harus benar-benar diperhatikan. Sebab apabila kita tidak bisa melakukan hal tersebut, kita tidak akan mendapatkan hasil gambar arsiran seperti 3 dimensi.

 

gambar arsiran bunga mawar

Sumber : warnagambar.com

Gambar arsiran bunga di atas terlihat sangat hidup karena si pelukis mampu mengaplikasikan jenis arsiran yang tepat dan sesuai. Selain itu degradasi gelap terang arsiran memiki andil yang cukup besar untuk medapatkah hasil yang sesuai dengan keinginan.

 

gambar arsiran sekuntum mawar

Sumber : warnagambar.com

Untaian bunga mawar yang digambar dengan teknik arsiran seperti di atas mampu menunjukkan bahwa dengan teknik yang sederhana sekalipun objek gambar yang dihasilkan tidak kalah dengan teknik gambar yang lainnya.

Menggambar Bunga Mawar dengan Cepat Menggunakan Teknik Arsir

Demikian tadi beberapa kumpulan gambar arsiran lengkap beserta teknik-teknik menggambarnya yang bisa kalian contoh dan terapkan untuk menggambar objek-obejek lainnya. Namun yang perlu kalian ingat bahwa kemampuan menggambar yang bagus itu akan ada jika kita terus mengasahnya, bahkan bukan tidak mungkin jika kalian mulai dari sekarang terus berlatih menggambar atau melukis kelak bisa menjadi pelukis profesional.

Leave a Reply