Gambar Silindris : Contoh Gambar dan Teknik Pembuatannya

Gambar silindris – Gambar silindris adalah sebuah gambar yang mempunyai bentuk dasar seperti tabung dengan alas seperti oval maupun lingkaran. Selain itu biasanya gambar silindris akan tampak seperti gambar 3 dimensi karena dalam teknik pembuatannya menerapkan efek gelap terang dan umumnya hasil gambar yang dibuat tidak memiliki sudut. Jadi bisa dikatakan untuk membuat gambar silindris memang diperlukan keterampilan dan keluwesan tangan.

gambar silindris bagus dan nyata

Sumber : hacimon.blogspot.com

Banyak objek di sekitar kita yang bisa gambar dan termasuk dalam gambar silindris. Misalnya saja seperti gambar kaleng, pot bunga, gelas, ember, botol, gucci dan masih banyak lainnya. Nah, dalam proses pembuatan gambar silindris sendiri tentunya kita harus benar-benar mahir dan menguasai cara membuat lingkaran dan bagaimana membuat komposisi lingkaran itu seimbang. Karena apabila kita kurang menguasai teknik membuat lingkaran maka bisa jadi objek silindris yang kita gambar bentuknya tidak akan sempurna.

Dalam praktiknya gambar lingkaran sebagai alas objek yang kita gambar itu bisa saja berubah menjadi bentuk oval tergantung dari sudut pandang pengamat, bahkan kadang bisa lebih membesar ataupun mengecil hingga nampak terlihat seperti garis lurus.

Alat Yang Diperlukan Untuk Menggambar Bentuk Silindris

alat untuk menggambar silindris

Sumber : balidanasejahtera.com

Jadi sebelum kita menggambar objek dengan bentuk silindris, maka ada beberapa alat dan media gambar yang harus kita persiapkan guna mempermudah proses gambar yang kita lakukan.

  • Pensil

Untuk menggambar sebuah objek silinder kita bisa menggunakan pensil yang berkualitas seperti pensil 2B atau bisa juga pensil fiber castle yang bisa kita dapatkan dengan mudah.

  • Penghapus

Penghapus adalah alat yang sangat penting karena berfungsi untuk menghapus jika terjadi kesalahan saat menggambar. Selain itu penghapus juga bisa digunakan untuk memberikan efek tertentu terhadap objek yang digambar seperti efek cahaya atau bisa juga memberikan efek luar pada benda.

Sebaiknya penghapus yang dipilih yang terbuat dari karet lembut agar tidak merusak kertas sebagai media gambar.

  • Penggaris

Penggaris di sini bukan hanya merupakan penggaris lurus seperti yang biasa digunakan tetapi penggaris yang memiliki bentuk dasar lengkung atau busur. Selain itu penggarisnya sebaiknya memiliki lubang di tengahnya untuk membantu membuat lingkaran-lingkaran agar lebih persisi.

penggaris busur untuk menggambar silinder

Sumber : paperclip.co.id

  • Fiksatif

Mungkin banyak yang masih belum tahu apa itu fiksatif.  Jadi fiksatif ini merupakan bahan pelapis yang biasa digunakan setelah gambar yang kita buat telah selesai. Adapun tujuannya supaya gambar yang telah selesai di buat tidak luntur  ataupun pudar akibat proses finishing. Di samping itu penggunaan fiksatif ini juga berguna untuk menjaga keawetan warna dan membuat lebih indah karena fiksatif ini warnanya bening dan transparan.

Teknik Menggambar Bentuk Silindris

Untuk menggambar bentuk silindris ada beberapa teknik yang bisa kita gunakan. Mungkin pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan beberapa teknik dalam menggambar bentuk  dan itu nanti bisa kita aplikasikan untuk membuat objek gambar silindris.

Teknik Arsir

Teknik ini merupakan pengulangan garis untuk memenuhi bidang gambar yang kosong. Adapun teknik ini berfungsi untuk :

  • Memberikan karakter pada objek yang kita gambar
  • Memberikan efek volume dan kesan bentuk sehingga objek gambar bisa terlihat 3 dimensi
  • Memberikan kesan kedalaman benda dan juga kesan jarak pada objek gambar
  • Untuk mengisi bidang gambar yang kosong
  • Untuk memberikan sentuhan akhir pada objek yang digambar

Teknik Dussel

Teknik ini bisa dilakukan dengan menggoreskan pensil pada media gambar yang telah disediakan. Adapun nanti goresan tersebut kita gosok-gosok dengan menggunakan tangan langsung atau bisa juga dengan menggunakan kertas.

Jadi karakter dari hasil teknik ini memang terlihat tipis namun merata ke semua bagian. Selain itu teknik ini juga biasa digunakan untuk mengarsir objek gambar yang terbuat dari plastik, logam seperti teko ataupun gelas. Nah, berikut ini ada teknik menggambar bentuk silindris menggunakan teknik dussel :

  • Pertama kita buat sketsa gambar terlebih dahulu pada media gambar, kemudian kita arsir tipis menggunakan pensil berkualitas.
  • Lalu gosoklah hasil arsiran tadi menggunakan kertas atau tisu agar arsirannya lebih rata dan terlihat halus.
  • Hapuslah goresan pensil di bagian benda yang terkena cahaya untuk memberikan efek gelap terang dengan menggunakan bantuan penghapus.
  • Tahap arsir kita bisa menggosok secara pelan arsiran tadi hingga hasil gambar sesuai dengan yang kita inginkan.

Teknik Pointilis

Teknik ini diterapkan dengan memberikan titik-titik pada objek gambar baik itu gambar silindris maupun gambar kubistis menggunakan pensil. Jadi teknik ini juga disebut sebagai teknik raster yang mana efek gelap dan terang bisa dilakukan dengan pengaturan frekuensi titik-titik yang kita berikan pada objek gambar.

Baca juga : Kumpulan gambar-gambar pointilis

Teknik Aquarel

Teknik aquarel adalah teknik menggambar objek silindris dengan menggunakan cat air. Jadi dengan melakukan sapuan warna secara tipis pada objek gambar nantinya akan menghasilkan gambar yang indah namun transparan.

Baca juga : Menggambar bentuk dengan teknik aquarel

Teknik Plakat

Apabila teknik aquarel dilakukan dengan menyapukan cat warna secara tipis-tipis, berbeda dengan teknik plakat ini. Jadi teknik plakat dilakukan dengan menyapukan cat air atau cat poster dengan lebih tepat sehingga hasilnya akan lebih jelas dan indah.

Contoh-contoh Gambar Silindris

Gambar silindris tabung

Sumber : kukuhard.wordpress.com

Gambar silindris tidak akan jauh-jauh dari bentuk silinder, misalnya saja seperti gambar di atas yang mana terdapat beberapa tabung silinder yang berjejer sedemikian rupa dan digambar dengan menggunakan teknik arsir.

gambar silindris berupa kaleng minum

Sumber : pixabay.com

Mungkin terlhat sangat simple, namun gambar di atas dilakukan dengan perhitungan dan juga kompisisi yang tepat. Selain itu contoh gambar silindris berupa kaleng minuman di atas juga terlihat sangat persisi.

gambar gelas dan kendi jawa

Sumber : gurukesenian.blogpsot.com

Gambar kendi jawa lengkap dengan gelas seperti contoh di atas bisa dijadikan panduan bagi para pemula untuk mencoba menggambar objek-objek silindris.

gambar silindris bentuk gucci

Sumber : deviantart.net

Karya di atas memang terlihat sangat menarik, meskipun termasuk dalam gambar silindris namun kesan yang dihasilkan sangat halus sehingga orang akan tertarik untuk melihatnya.

gambar gucci silindris

Sumber : bizisartstudio.wordpress.com

Untuk menggambar seperti di atas memang diperlukan kemampuan tersendiri khususnya bagiamana membuat efek gelap terang benda dengan komposisi yang pas.

gambar silindris gelas

Sumber : kukuhard.files.wordpress.com

Gambar silindris di atas adalah sebuah gelas dan juga cangkir yang mana digambar dengan menggunakan teknik dussel.

 

Tutorial Cara Menggambar Objek Berbentuk Silindris

 

Itu tadi beberapa contoh gambar silindris lengkap dengan teknik pemuatanya dan juga video tutorial membuat sebuah gelas yang hasilnya terlihat sangat bagus dan juga nyata. Mungkin bagi kalian yang ingin belajar menggambar bentuk-bentuk silindris mulai sekarang harus banyak-banyak berlatih dan jangan mudah menyerah. Semangat !

Leave a Reply