14 Jenis-Jenis Bunga Matahari Ini Melambangkan Kesetiaan

Jenis-Jenis Bunga Matahari – Siapa yang tidak mengenal bunga matahari, bunga yang terlihat sangat menarik ini sangat banyak macamnya dan merupakan bunga nasional dari negara Ukraina serta memiliki nama latin Helianthus Annuus L. Sebenarnya bunga matahari masih termasuk dalam keluarga kenikir-kenikiran yang biasa ditanam dan dimanfaatkan minyaknya ataupun dijadikan sebagai tanaman hias.

jenis-jenis bunga matahari

Sumber : pixabay.com

Adapun keunikan dari bunga matahari ini adalah bentuknya yang besar dan melebar serta warnanya yang kuning seperti matahari pagi. Dalam satu bunga biasanya tersusun atas ribuan bunga kecil  secara rapi  atau biasa disebut dengan bunga majemuk dengan diameter rata-rata sekitar 30 cm. Jadi bunga ini mempunyai perilaku khas yang mana kelopak bunganya akan selalu menghadap ke arah matahari.

Bunga matahari memang memerlukan banyak sinar matahari untuk bisa tumbuh subur, karena bunga tersebut selalu menghadap ke matahari lantas kerap kali di sebut-sebut sebagai lambang kesetiaan. Selain itu biji bunga matahari juga biasa dijadikan kudapan dan apabila kita lihat sekilas mengenai manfaat yang terkandung dalam biji bunga matahari memang sangat banyak, salah satunya adalah kandungan vitamin E yang sangat baik untuk mencerahkan kulit.

jenis-jenis biji bunga matahari

Sumber : blog.tokopedia.com

Sejarah Singkat Mengenai Bunga Matahari

Bunga ini merupakan bunga resmi dari negara bagian Kansas, Amerika Serikat dan juga menjadi bunga nasional untuk negara Ukraina. Adapun jika kita melihat jaman dahulu sebenarnya bunga matahari ini telah dibudidayakan sejak ribuan tahun oleh suku Indian.

Kemudian lambat-laun mulai tersebar ke penjuru Amerika dan menjadi bahan pangan untuk suku Inka. Setelah itu barulah bunga yang memiliki kelopak besar ini tersebar ke seluruh dunia sejak abad ke 16. Pada saat itulah bunga matahari sudah mulai dimanfaatkan baik sebagai sumber pangan maupun untuk di ambil minyaknya.

Karakteristik Bunga Matahari

  • Tanaman ini merupakan tumbuhan tropis yang memiliki tinggi sekitar 3 – 5 meter tergantung dari jenisnya.
    Selain itu rata-rata batangnya selalu berdiri tegak dan tidak bercabang  dengan ciri khas terdapat rambut-rambut kasar pada bagian batangnya.
  • Untuk ukuran daunnya sendiri terbilang cukup lebar yang berguna untuk fotosintesis.
  • Model bunganya tersusun secara majemuk. Jadi pada bunga matahari ini sendiri terdapat dua model bunga, yang pertama disebut dengan bunga tepi karena terdapat kelopak besar yang berwarna cerah dan steril, kemudian ada pula bunga tabung yang mana bisa menghasilkan biji.
  • Bunga matahari akan selalu menghadap atau condong ke arah matahari atau dalam bidang keilmuan disebut dengan heliotropisme. Jadi dengan pergerakan mengikuti arah sinar matahari ini tanaman ini bisa memperoleh keuntungan hingga 10% untuk membantu fotosintesis.

Jenis-Jenis Bunga Matahari Yang Ada Di Dunia

Earth Walker

Bunga jenis ini memiliki bunga dengan 3 warna yang sangat mengagumkan. Adapun warna tersebut meliputi perunggu, cokelat dan kuning. Selain itu jenis Earth Walker ini juga salah satu jenis matahari raksasa dengan tinggi yang mencapai 270 cm.

jenis-jenis bunga matahari Earth Walker

Sumber : bungakelopak.blogspot.com

Big Smile

Bagi kalian yang ingin menanam bunga matahari di dalam pot, maka bisa memilih jenis yang satu ini. Bunga matahari jenis Big Smile ini memiliki tinggi sekitar 40 cm dengan dahan yang bisa bercabang. Biasanya dalam satu pohon bisa menghasilkan hingga 4 kuntum bunga yang diameternya mencapai 10 cm.

jenis-jenis bunga matahari big smile

Sumber : tokopedia.com

Giant Sungold

Bunga matahari jenis Giant Sungold ini memiliki bentuk kelopak bunga yang terlihat seperti bunga ganda. Jadi kalian akan melihat bunga matahari pada umumnya, namun di bagian belakang seperti ada kelopak bunga matahari lainnya. Untuk tinggi dari tanaman jenis ini bisa mencapai 1 meter yang bisa kalian tanam di dalam polybeg besar. Adapun diameter kelopak bunga yang dihasilkan rata-rata berukuran 15 cm dan mampu bertahan hingga 2 bulan.

jenis-jenis bunga matahari giant sungold

Sumber : fiorenzasunflower.blogspot.com

Fiesta Del Sol

Bunga matahari dengan jenis Fiesta Del Sol ini memiliki warna yang berbeda dengan bunga matahari pada umumnya, karena bunga yang dihasilkan pada tanaman jenis ini berwarna kemerahan dengan diameter mencapai 5-10 cm. Sementara itu bunga matahari ini bisa tumbuh hingga mencapai 80 cm dan sangat cocok ditanam sebagai tanaman hias.

jenis-jenis bunga matahari fiesta del sol

Sumber : google.com

Teddy Bear

Jenis bunga matahari yang pertama adalah Teddy Bear. Jadi Bunga ini cukup pendek di antara jenis lainnya karena hanya memiliki tinggi antara 60 sampai dengan 90 cm. Adapun diameter kelopak bunganya berukuran 17 cm.

jenis-jenis bunga matahari teddy bear

Sumber : bukalapak.com

Music Box

Jenis bunga matahari dwarf ini rata-rata hanya memiliki tinggi sekitar 50 cm. Sementara bunganya bisa mencapai diameter 10 cm dan mampu bertahan hingga 75 hari lamanya. Jenis bunga matahari music box ini perawatannya juga cukup mudah, kita hanya perlu menyiraminya dan menempatkannya di tempat yang bisa terkena sinar matahari secara langsung.

jenis-jenis bunga matahari music box

Sumber : www.bukalapak.com

Autumn Beauty

Jenis Autumn Beauty ini memiliki banyak warna mulai dari oranye sampai cokelat kemerahan. Di samping itu tanaman ini bisa tumbuh lebih tinggi daripada yang lain hingga mencapai 170 cm dengan diameter bunga mencapai 15 cm. Jadi bunga yang dihasilkan dari tanaman jenis ini umumnya mampu bertahan mekar hingga 75 hari.

jenis-jenis bunga matahari autumn beauty

Sumber : bibitbunga.com

Moonwalker

Bunga ini memiliki warna yang hampr sama dengan jenis lainnya, hanya saja warnanya lebih pucat. Selain itu Jenis Moonwalker ini bisa tumbuh hingga mencapai 170 cm dengan diameter bunga 15 cm.

jenis-jenis bunga matahari moonwalker

Sumber : bungakelopak.blogspot.com

Red Sun

Untuk bunga matahari jenis Red Sun biasanya mampu tumbuh hingga 150 cm. Adapun kelopak bunga yang dihasilkan diameternya bisa mencapai 15 cm dengan waktu bertahan sekitar 75 hari. Untuk warnanya sendiri cenderung kemerahan. Namun pesona dari bunga matahari jenis ini memang memiliki keunikan tersediri.

jenis-jenis bunga matahari red sun

Sumber : fiorenzasunflower.blogspot.com

Pacino Gold

Jenis Pacino Gold ini memiliki warna kekuning-kuningan dengan diameter bunga sekitar 13 cm. Sementara itu tinggi dari jenis tanaman ini hanya sebatas 60 cm. Jadi sangat cocok untuk di tanam di dalam pot, apalagi bunganya bisa bertahan antara 50 sampai 60 hari.

jenis-jenis bunga matahari pacino gold

Sumber : blog.tokomojo.com

Early Russian

Jenis bunga matahari Early Russian termasuk dalam matahari raksasa yang mana tingginya bisa mencapai 2 hingga 3 meter. Bunga yang dihasilkannya juga cukup besar berdiameter 30 cm. Namun untuk bisa berbunga sepertinya butuh waktu sekitar 90 hari.

jenis-jenis bunga matahari early russian

Sumber : bungakelopak.blogspot.com

Velvet Queen

Bunga matahari jenis Velvet Queen rata-rata berwarna agak cokelat kemerah-merahan. Tinggi dari tanaman ini bisa mencapai 150 cm dengan kelopak bunga berdiameter 15 cm. Dalam satu tanaman biasanya bisa menghasilkan 5-8 kelopak bunga yang mana bisa bertahan hingga 70 hari.

jenis-jenis-bunga-matahari-velvet-queen

Sumber : Sumber : www.tokopedia.com

Valentine

Bunga matahari jenis Valentine biasa di budi dayakan dan ditanam di kebun karena bisa mencapai tinggi 170 cm. Adapun diameter bunganya mencapai 15 cm dengan waktu berbunga sekitar 75 hari.

jenis-jenis bunga matahari valentine

Sumber : www.tokopedia.com

Cherry Rose

Jenis bunga matahari Cherry Rose merupakan jenis dengan tingkat pertumbuhan yang paling cepat. Adapun warna dari bunga jenis ini nampak berbeda dengan lainnya. Selain itu yang menjadi ciri khas dari jenis ini adalah degradasi warna yang membentuk lingkaran.

jenis-jenis bunga matahari cherry rose

Sumber : archive.kaskus.co.id

Jadi apabila kita membahas macam-macam bunga matahari memang ada banyak sekali bahkan bisa lebih dari 20 jenis yang ada di dunia. Beberapa di antaranya bisa kalian lihat pada pembahasan di atas, dengan demikian kita bisa sedikit mengetahui sehingga kita bisa turut menjaga maupun membudidayakan untuk keperluan yang bermanfaat.

Leave a Reply