9 Macam-Macam Alat Musik Petik Yang Wajib Kamu Tahu

Macam-Macam Alat Musik Petik – Apabila kita berbicara mengenai alat musik, sebenarnya alat musik sendiri itu memiliki pengertian yang mengarah pada suatu instrumen yang dibuat dan dimodifikasi sedemikian rupa untuk bisa menghasilkan sebuah suara.

Adapun untuk bisa menghasilkan suara tersebut bisa dilakukan dengan berbagai macam, ada yang dipetik, dipukul, ditiup, digesek ataupun ditekan. Sementara bidang ilmu yang mempelajari tentang alat-alat musik biasa disebut dengan organologi.

macam-macam alat musik petik

Sumber : simanja.info

Ya, jadi alat musik sendiri bisa kita kelompokkan menjadi beberapa bagian termasuk salah satunya pengelompokan berdasarkan bagaimana cara memainkannya. Pada artikel kali ini saya akan membahas macam-macam alat musik petik yang mungkin sudah biasa kita dengar namun belum pernah kita mainkan. Nah, apa saja alat-alat musik tersebut bisa kalian simak informasinya di bawah ini.

Macam-Macam Alat Musik Petik

Jadi pada dasarnya alat musik petik dapat menghasilkan nada dengan cara menggetarkan dawai atau senar melalui sebuah petikan tangan. Adapun pengaturan tinggi rendahnya nada biasanya dipengaruhi oleh panjang pendeknya senar maupun tingkat kekencangannya. Langsung saja untuk lebih jelasnya berikut beberapa alat musik petik yang bisa kalian mainkan.

Gitar

Alat musik yang satu ini pastinya sudah lebih sering kita jumpai mengingat ada banyak sekali yang memilikinya. Namun tahukah kamu jika gitar ini termasuk dalam kelompok alat musik petik dengan  6 buah dawai yang terbuat dari nilon.

macam-macam alat musik gitar

Sumber : google.com

Pada umumnya gitar terbuat dari kayu dan terdiri atas bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang memanjang. Jadi bagian leher tersebut yang nantinya akan menjadi tempat senar disematkan dan di dempetkan.

Secara umum, gitar bisa kita bagi menjadi 2 jenis yakni elektrik dan akustik. Apa bedanya? Mungkin perbedaan yang sangat terlihat adalah untuk gitar elektrik menggunakan senar baja, sementara gitar akustik menggunakan senar nilon.

Harpa

Alat musik Harpa juga merupakan salah satu alat musik petik yang kerap kali di ilustrasikan dan disandingkan dengan para malaikat. Adapun bentuk fisik dari alat musik ini biasanya tinggi, bentuk dasarnya adalah segitiga, memiliki senar dalam jumlah yang banyak serta kebanyakan berwarna emas. Untuk jenisnya sendiri ada beberapa ukuran, bentuk dan berat, namun kesemua jenis tersebut sama-sama terdiri atas senar, leher (Neck) dan papan suara (Sound Board).

alat musik petik harpa

Sumber : pexels.com

Harpa atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai harp ini biasa dimainkan bersamaan dengan sebuah orkestra. Selain itu harpa bisa dimainkan dengan cara dipetik baik menggunakan tangan ataupun atau dengan menggunakan kaki seperti yang kita temui dalam sebuah tone harp.

Jadi harpa ini bisa dimainkan secara solo maupun dimainkan bersama dengan musik ensambel lainnya. Bahkan terlepas daripada itu sebenarnya alat musik ini bisa menghasilkan sebuah dentingan nada yang menakjubkan.

Kecapi

Kecapi merupakan alam musik dari daerah Sunda yang cukup populer keberadaannya. Ya, alat musik yang bisa dimainkan dengan cara di petik menggunakan jari ini hampir mirip dengan siter yang ada di Jawa Tengah.

alat musik petik kecapi

Sumber : alatmusikkecapi.blogspot.com

Pembuatan alat musik kecapi memang terbilang sulit, pasalnya jika kita lihat dari bahan bakunya saja haruslah berasal dari pohon kenanga yang telah direndam dalam kurun waktu 3 bulan di dalam air. Jika tidak demikian, maka bisa dipastikan kualitas dari alat musik tersebut tidaklah bagus.

Sementara itu untuk bisa menghasilkan nada yang bagus maka sebenarnya pemilihan senarnya haruslah dari kawat berbahankan logam dengan campuran tembaga dan emas. Akan tetapi seiring berjalannya karena harga emas yang semakin mahal kini beralih menjadi kawat baja.

Nada yang dihasilkan kecapi meliputi Da, Mi, Na, Ti dan La. Jadi nada tersebut biasanya apabila dikombinasikan dengan nada suling sunda akan menghasilkan perpaduan serta kombinasi alat musik yang terkemas apik.

Ukulele

Alat musik ukulele ini berasal dari Hawai. Untuk bentuknya sendiri sekilas memang terlihat sangat mirip dengan gitar, hanya saja ukurannya sekitar 20 inci dan hanya memiliki 4 buah senar.

macam-macam alat musik ukulele

Sumber : ebay.com

Adapun Hawaii sendiri dalam bahasa lokal memiliki arti “kutu loncat”, bahkan alat musik ini setelah dikenal di Indonesia menjadi alat musik utama yang turut menambah variasi nada dalam memainkan lagu-lagu keroncong.

Sasando

Sasando adalah salah satu alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari daerah timur khas Pulau Rote, Nusa Tenggara timur. Adapun istilah dari kata Sasando sendiri berarti alat yang berbunyi atau bergetar dan dimainkan dengan cara dipetik.

alat musik petik sasando

Sumber : www.wacana.co

Sebenarnya alat musik sasando ini memiliki keunikan tersendiri, karena alat ini dibuat dari daun lontar dan juga bambu, sementara senar yang digunakan terbuat dari jenis kawat yang halus. Bahkan alat musik yang satu ini juga hanya bertahan selama 5 tahun, karena apabila lebih dari itu daun lontar yang digunakan sebagai bahan utama akan mudah berjamur dan lambat-laun menjadi rusak.

Untuk bisa memainkan sasando dengan nada yang merdu memang diperlukan harmonisasi perasaan yang kuat, sebab tidak semua orang bisa memainkan alat musik ini. Selain itu untuk memainkannya pun menggunakan kedua tangan dengan cara berlawanan, jadi inilah yang membuat alat musik ini unik ketimbang alat musik yang lainnya.

Jentreng

Mungkin alat musik yang satu ini masih sangat asing di telinga kita karena memang sudah jarang kita temui maupun digunakan. Jadi jetreng ini memiliki kesamaan bentuk dengan kecapi hanya saja ukurannya sedikit lebih kecil. Selain itu dawainya berjumlah tujuh buah yang bisa dimainkan dengan cara dipetik.

alat musik petik jentreng

Sumber : www.disparbud.jabarprov.go.id

Adapun teknik untuk memainkan alat musik ini menggunakan jari tengah, telunjuk dan ibu jari untuk memetik nada tinggi, semenara sisanya untuk memetik nada rendah. Bahan yang digunakan untuk membuat alat musik ini adalah kayu nangka atau bisa juga menggunakan kayu kenanga.  Keduanya di pilih karena sama-sama memiliki kekuatan serta keawetan tersendiri sehingga bisa membuat alat musik bertahan lama.

Banjo

Banjo merupakan salah satu instrumen yang memiliki senar berjumlah 4, 5 dan bahkan ada pula yang bersenar 6 dengan bentuk menyerupai gitar. Sementara bagian rongganya ditutupi dengan selaput tipis yang membentang dan biasanya terbuat dari potongan kulit hewan ataupun plastik melingkar.

alat musik petik banjo

Sumber : denverfolklore.com

Jadi alat musik ini sebenarnya sering di mainkan dalam berbagai pertunjukan acara tradisional. Namun belum terlalu terkenal di Indonesia mengingat instrumen ini berasar dari benua Afrika dan Amerika.

Baca juga : Macam-macam Gamelan Jawa dan Sejarahnya

Mandolin

Mandolin adalah salah satu alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik menggunakan tangan. Pada awal mulanya instrumen mandolin ini mempunyai 6 senar dari usus binatang, akan tetapi seiring dengan perkembangan jaman usus binatang tersebut sudah digantikan dengan senar berbahankan logam.

macam-macam alat musik petik mandolin

Sumber : cara.pro

Siter

Siter ini pada dasarnya mempunyai 11 pasang senar yang mana bisa dimainkan dengan cara dipetik menggunakan tangan. Untuk bisa memainkan alat musik ini memang diperlukan kemampuan khusus karena sedikit lebih sulit jika dibandingkan dengan alat musik lainnya.

macam-macam alat musik siter

Sumber : alatmusiksiter.wordpress.com

Cara memainkan siter sendiri menggunakan ibu jari untuk memetik senar sementara tangan yang lainnya digunakan untuk menahan getaran-getaran yang dihasilkan dan untuk mengontrol nada. Biasanya siter dimainkan dalam tempo sedang dan sangat cocok dimainkan bersamaan dengan alat musik gamelan yang lainnya.

Sebenarnya masih ada beberapa macam-macam alat musik petik lainnya bisa dimainkan. Namun ke sepuluh alat musik yang telah saya jelaskan di atas merupakan instrumen musik yang sudah sering digunakan sehingga kita tidak terlalu asing ketika mendengarnya.

One Response

  1. แหวนพลอย November 10, 2016

Leave a Reply