20+ Motif Batik Yang Sederhana dan Mudah Digambar Untuk Anak SMP

Motif  batik yang mudah digambar untuk anak SMP– Batik adalah salah satu warisan dunia dan sudah di akui oleh UNESCO dan sekaligus menjadi ciri khas pakaian nasional Indonesia yang sudah tersohor ke mancanegara.

Para perajin batik tradisional yang ada di daerah-daerah pun turut mengembangkan motif batik seperti dedaunan, akar-akar dan juga bunga. Biasanya mereka akan mengambil warna dari buah dan kulit kayu untuk menghasilkan warna alami yang aman untuk kain dan tidak mudah luntur.

Membuat dan menggambar Motif  batik yang mudah digambar untuk anak SMP sebenarnya ada banyak sekali, kalau kamu yang mungkin saat ini masih bingung. Kebetulan sekali pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa referensi motif batik yang bisa di bilang motifnya tidak terlalu rumit dan juga bisa digambar tanpa membutuhkan banyak perlengkapan gambar.

Berbicara mengenai batik sendiri sebenarnya dalam proses pembuatannya di bedakan menjadi batik cap, batik tulis dan juga batik monokrom. Nah, untuk batik monokrom ini mulai dari membuat pola, memberi warna, peletakan lilin sampai pelorotan lilin.

Adapun motif-motif batik yang ada di Indonesia dan mudah untuk digambar anak sekolah adalah seperti berikut.

Motif  Batik yang Mudah Digambar Anak SMP

Motif Batik Kawung

Jadi kawung ini adalah salah satu motif batik yang berasal dari tanah Sunda dan dari namanya sendiri memiliki arti yakni buah aren atau kolang-kaling. Apabila kita perhatian dengan seksama, memang motif yang ada di dalamnya terlihat seperti susunan buah kolang-kaling yang di potong melintang sehingga nampak 4 bijinya.

motif batik kawung

Sumber : fimela.com

Motif Batik Tumpal

Berbeda dengan motif batik kawung, motif yang satu ini lebih cenderung memiliki bentuk segitiga sama kaki. Mungkin kalian juga sudah tidak asing dengan motif ini karena biasanya motif ini kerap berada di pinggiran-pinggiran kain yang biasa orang tua kenakan.

Motif Batik Tumpal

Sumber : batikantique.blogspot.co.id

Motif Batik yang Mudah Ditiru

Motif Batik Liris

Apabila kalian bertanya motif batik yang unik dan bagus untuk dilihat, mungkin salah satu jawabannya adalah batik liris. Jadi motif batik ini juga bisa disebut dengan motif batik lereng yang mana berupa garis-garis sejajar dengan hiasan-hiasan bunga di sela-sela garis tersebut.

Untuk menggambar motif batik ini juga tidak terlalu rumit, kalian hanya perlu mengulang-ulang motif yang ada secara terus menerus hingga memenuhi seluruh bagian kertas gambar.

Motif Batik Liris

Sumber : ardikaryautama.wordpress.com

Motif Batik Ceplokan

Motif ceplokan adalah model ragam hias pengulangan bentuk seperti persegi panjang, segi empat, bintang ataupun bulat telur. Adapun bentuk-bentuk lain dari motif ini seperti motif ceplok (ceplok keci dan ceplok sriwedari).

Motif Batik Ceplokan

Sumber : bajumodelbaru.biz

Batik yang Mudah Digambar Di Kertas

Motif Batik Gurda

Nama batik ini berasal dari kata garuda yang mana adalah salah satu burung besar yang mempunyai kedudukan tinggi di negara ini. Bentuk dari motif ini seperti burung dengan dua sayap termasuk ada badan dan juga ekornya.

Motif Batik Gurda

Sumber : bajubatiksolo.net

Lihat Juga : Kumpulan Gambar Lukisan Pointilis Mengesankan !

Motif Batik Meru

Kata meru pada motif batik ini berasal dari nama gunung di Indonesia yaitu gunung Mahameru. Menurut kepercayaan, gunung tersebut menjadi tempat singgasana Tri Murti yang melambangkan sumber kemakmuran, kehidupan dan kebahagiaan. Filosofi tersebut di ambil dan digunakan sebagai nama salah satu motif batik supaya si pengguna bisa mendapatkan kebahagiaan dan kemakmuran.

Motif Batik Meru

Sumber : kampoengbatikpalbatu.com

Motif Batik Termudah yang Bisa Digambar

Motif Batik Truntum

Batik ini di ciptakan oleh Ratu Kencana yang merupakan permaisuri dari Sunan Paku Buwana III dan memiliki makna cinta yang tumbuh kembali. Jadi beliau membuat motif batik tersebut untuk simbol rasa cinta yang ia miliki tulus dari dalam hati.

Dalam penggunaannya biasa batik ini digunakan oleh orang tua pengantin saat acara pernikahan, tujuannya agar cinta kasih selalu menghinggapi kedua mempelai yang tengah berbahagia. Motifnyapun terbilang simpel dan termasuk motif batik yang mudah digambar untuk anak smp.

Motif Batik Truntum

Sumber : batik.club

Motif Batik Udan Liris

Motif batik udan liris mempunyai makna tentang ketabahan dalam menjalani hidup meskipun ada banyak sekali rintangan. Seperti dalam menjalani kehidupan rumah tangga, kita harus tahan terhadap segala ujian yang datang. Jadi filosofi yang ada pada batik ini memang sangat luar biasa.

Motif Batik Udan Liris

Sumber : etalaseindonesia.co.id

Motif Batik Mudah dan Bagus

Motif Batik Parang Kusuma

Motif parang adalah motif yang sangat identik dengan kebudayaan jawa. Adapun motif ini memiliki makna perjuangan dalam mencari kebahagiaan lahir dan batin. Bentuk motifnya cukup unik, namun tetap terlihat simpel dan sederhana. Biasanya di acara-acara pernikahan batik parang kusuma adalah motif favorit yang banyak di pilih oleh calon pengantin karena mengandung unsur warna putih dan cokelat yang sangat pas.

Motif Batik Parang Kusuma

Sumber : fimela.com

Lihat : Kumpulan Lukisan Artistik Kolase

Motif Batik Sido Drajad

Motif batik ini secara makna berarti bebas moral. Maksudnya seperti anak-anak yang mana bebas untuk berekspresi dan belum memiliki tanggung jawab secara moral. Adapun motif batik ini dalam penggunaannya berbeda antara lelaki dan perempuan.

Jadi apabila digunakan oleh laki-laki maka wiru yang ada di letakkan di sebelah kiri, sementara jika penggunanya adalah perempuan maka wiru tersebut diletakkan di bagian kanan.

Motif Batik Sido Drajat

Sumber : tjokrosuharto.com

Motif Batik Sederhana dan Mudah Digambar

Jadi itulah beberapa motif batik yang mudah digambar untuk anak SMP ataupun jenjang sekolah lainnya. Pada dasarnya untuk menggambar motif batik yang harus di lakukan adalah pengulangan motif hingga memenuhi media gambar. Karena ciri khas dari batik sendiri adalah pengulangan motif dengan berbagai macam hiasan untuk mempercantik tampilan.

Leave a Reply