Ayo Belajar Cara Membaca dan Membuat Sandi kotak 1, 2 dan 3 Lengkap dengan Contohnya

Sandi kotak – Sandi merupakan sebuah alat atau aksara yang digunakan untuk berkomunikasi yang biasanya hanya diketahui oleh kelompok tertentu saja. Namun menurut bahasa Sansekerta, sandi mempunyai arti menyembunyikan atau rahasia. Sementara dalam kamus besar bahasa Indonesia sandi memiliki arti rahasia atau kode.

Apabila kita berbicara secara umum mengenai sandi dalam perkembangan teknologi informasi saat ini, sandi bisa di artikan sebagai semua hal yang berhubungan dengan pengamanan informasi yang sifatnya rahasia dan dijalankan secara terkonsep. Jadi sandi di buat tidak serta merta tanpa alasan melainkan memang dengan tujuan tertentu.

Sandi Kotak dalam Pramuka

Dalam dunia kepramukaan, mungkin kita sudah tidak asing lagi mendengar apa itu sandi. Karena dalam pelajaran pramuka ada banyak sekali sandi-sandi yang ada dan biasa digunakan untuk berkomunikasi dalam kondisi tertentu. Selain sandi yang terkenal seperti sandi morse, ternyata ada juga sandi kotak yang biasa digunakan.

Sandi kotak Pramuka

Sumber : mah-taj.blogspot.co.id

Nah, cara membaca dan membuat sandi kotak ini tidak susah bahkan karena saking mudahnya sandi kotak biasa di ajarkan dan diujikan kepada anggota pramuka siaga. Jadi bagi kalian yang mungkin saat ini masih belum mengetahui apa itu sandi kotak dan seperti apa bentuk sandinya, maka kalian bisa membeli buku sandi yang banyak tersedia di setiap toko buku sekolah.

Akan tetapi meskipun terbilang mudah, sandi apapun apabila kita tidak mengetahui teknik dan cara bacanya akan terasa sulit. Begitu juga dengan sandi kotak ini, untuk itu pada artikel kali ini saya akan secara khusus membahasnya dengan jelas lengkap dengan contoh-contohnya.

Sandi Kotak 1

Untuk sandi kotak 1, sebenarnya sandi ini dibuat berdasarkan bentuk dan juga isi dari huruf yang terdapat di dalam kotak sehingga di isyaratkan menjadi sandi tertentu. Pada sandi kotak 1 atau yang pertama ini memiliki bentuk seperti gambar berikut :

Sandi kotak 1

Sumber : fajarpramuka22.wordpress.com

 

Dari gambar di atas menunjukkan bahwa ada dua kelompok  huruf, yang bertama di isi oleh huruf mulai dari “A” sampai dengan ”R” dengan bentuk vertikal dan horizontal sementara yang kedua di isi huruf mulai dari “S” sampai dengan “Z” dengan bentuk menyilang.

Jadi masing-masing bidang di isi oleh 2 buah huruf, misalnya pada kotak kiri atas di isi oleh huruf “A” dan “B”, begitu juga dengan kotak lainnya. Adapun pemberian simbol antara A dan B bisa di bilang sama, hanya saja perbedaannya terletak pada pemberian titik di dalamnya. Sehingga kuncinya untuk bisa membaca sandi kotak maka harus di uraikan satu persatu seperti berikut :

sandi kotak pertama

Sumber : pramukaria.blogspot.co.id

Setelah mengetahui uraian di atas, pastinya sekarang kita sudah bisa membaca maupun membuat sandi kotak dengan lebih mudah bukan. Jadi seperti yang sudah saya bilang sebelumnya asalkan tau dan mengerti tekniknya maka cara membacanya pun bisa lebih mudah.

Dalam penggunaannya kita hanya perlu mengambil sandi masing-masing huruf dan menyusunnya secara normal seperti kita sedang menulis dengan huruf latin biasa.

Baca Juga : Ayo Belajar Aksara Murda Lan Pasangane Lengkap dengan Contohnya

Sandi Kotak 2

Untuk sandi kotak 2 ini juga sebenarnya tidak jauh berbeda dengan apa yang telah dijelaskan pada sandi kotak 1.  Bedanya dalam satu kota di isi oleh 3 huruf alfabet, jadi untuk membedakannya bisa kita lihat dari model titik yang ada. Adapun untuk memperjelas bisa kalian lihat contohnya seperti gambar berikut :

sandi kotak 2

Sumber : pramukasmpn2klangenan.wordpress.com

Dari tabel inti di atas, bisa kita dapatkan sandi kotak 2 dengan menguraikan seperti contoh di bawah ini :

contoh sandi kotak 2

Lihat : Cara Penulisan Gelar yang Baik dan Benar

Sandi Kotak 3

Sandi kotak 3 adalah salah satu sandi kotak yang memiliki bentuk unik jika dibandingkan dengan sandi kotak 1 dan 2. Pasalnya sandi ini terbilang sedikit lebih sulit ketimbang sandi yang lainnya karena harus benar-benar hafal dimana letak  hurufnya untuk kemudian dijadikan sebagai simbol.

Apabila ditanya siapa yang membuat sandi kotak 3 ini, bahkan hingga saat inipun belum ada yang mengetahuinya. Semoga dengan kalian memahami dan mengerti sandi kotak 3 ini bisa menambah pembendaharaan sandi-sandi pramuka.

Untuk lebih detailnya simak gambar sandi 3 seperti berikut ini :

 

sandi kotak 3

Sumber : scoutgrafika.wordpress.com

 

Nah, jika kalian mengamati maka sedikit lebih susah jika di bandingkan dengan yang lain. Adapun jika di uraikan maka akan mendapati simbol alfabet seperti berikut :

contoh sandi kotak 3

Belajar Sandi Kotak Melalui Video

 

Jadi itulah ulasan mengenai sandi kotak pramuka yang patut kalian tahu terutama jika kalian aktif dalam kegiatan kepramukaan di sekolah. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian semua.

Leave a Reply