Inilah 11 Tugas Moderator Dalam Diskusi Seminar !!

Tugas moderator dalam diskusi – Dalam sebuah acara seminar maupun diskusi, pastinya peran daripada moderator acara sangatlah dibutuhkan untuk memandu jalannya diskusi. Bahkan untuk acara seminar yang besar jumlah moderator bisa lebih dari 1 orang. Hal ini menunjukkan bahwa tugas moderator sangatlah vital termasuk yang menentukan sukses tidaknya sebuah acara seminar.

tugas moderator dalam diskusi dan seminar

Sumber : ronapresentasi.com

Pada umumnya seorang yang ditunjuk atau dipilih menjadi moderator harus seorang yang pintar serta pandai dalam berkomunikasi. Selain itu seorang moderator juga harus energik dalam memandu acara supaya seminar diskusi yang dijalankan tidak terasa membosankan.

Tugas Moderator Dalam Diskusi Beserta Tanggung Jawabnya

Seorang moderator memang diberikan kepercayaan untuk memandu jalannya seminar dari awal pembukaan hingga akhir dan penutup. Oleh karena itu jika ingin mampu bekerja secara profesional maka kalian harus mengetahui 27 hal wajib yang harus dilakukan sekaligus menjadi tugas moderator dalam seminar.

  • Membuka Acara Diskusi atau Seminar

Seorang moderator memiliki tugas untuk membuka acara diskusi ataupun seminar dengan sebaik mungkin. Jangan sampai kita terlihat nervous saat membawakan sebuah acara terlebih lagi jika itu sudah menjadi tanggung jawab kita.

tugas moderator dalam diskusi saat membuka acara

Sumber : Seminarmurah.com

  • Memperkenalkan Pembicara Kepada Para Peserta

Jadi setelah membuka acara diskusi, seorang moderator biasanya akan memperkenalkan masing-masing narasumber yang nantinya akan menjadi pembicara dengan jelas termasuk prestasi-prestasi yang dimiliki oleh narasumber. Dengan begitu para peserta setidaknya bisa mengenal lebih jauh tentang profil si pemateri.

  • Menyampaikan Informasi Tentang Bahasan Dan Tujuan Diadakannya Diskusi

Sebelum memasuki acara inti yakni materi diskusi, seorang moderator sebaiknya memberikan gambaran mengenai materi yang akan di bahas di awal-awal acara. Selain itu alangkah lebih baik jika kita juga menyampaikan tujuan dari diadakannya diskusi.

  • Mempersilahkan Narasumber Untuk Menyampaikan Materi

Setelah kita memperkenalkan narasumber, kita bisa mulai mempersilahkan narasumber untuk menyampaikan materi di depan peserta.

mempersilahkan narasumber untuk menyampaikan materi seminar

Sumber : maztudios.com

  • Memperingatkan Narasumber Apabila Waktu Sudah Habis

Terkadang karena terlalu bersemangat dalam menyampaikan materi, seorang pembicara biasanya akan lupa dengan waktu. Nah, demikian ini tentu akan menjadi tugas dari seorang moderator untuk mengingatkan pembicara apabila waktu yang dimilikinya dalam menyampaikan materi sudah habis. Komunikasi tersebut bisa kita lakukan sesuai dengan kesepakatan di awal, misalnya saja berkomunikasi melalu media kertas dan lain sebagainya.

moderator memastiakn tidak ada kegaduhan

Sumber : mcgovern.mit.edu

  • Memastikan Tidak Ada Kegaduhan Saat Narasumber Menyampaikan Materi

Agar suasana tetap kondusif, moderator harus bisa mengatur dan mengondisikan agar saat berlangsungnya materi tidak terjadi kegaduhan. Begitu juga saat memasuki sesi tanya jawab, kita harus bisa menjalankan tugas sebagai moderator dengan baik.

  • Mempersilahkan Peserta Untuk Mengajukan Pertanyaan

Dalam sebuah rangkaian diskusi, kita akan memasuki sesi tanya jawab setelah pemateri selesai menyampaikan bahasannya. Adapun peran moderator dalam sesi ini yaitu mempersilahkan para peserta jika ada yang ingin bertanya ataupun ingin memberikan pendapatnya terkait materi yang telah disampaikan.

moderator memimpin sesi tanya jawab dalam diskusi

Sumber : fortunecdn.com

Apabila cara bertanya yang disepakati dengan menuliskan pertanyaan di form khusus pengajuan pertanyaan, maka kita juga harus menyiapkan form pertanyaan tersebut. Akan tetapi jika model pertanyaannya dilakukan secara langsung maka seorang moderator harus bisa mengatur agar kondisi sesi tanya jawab bisa berjalan lancar.

  • Berlaku Adil Dalam Memberikan Kesempatan Menyampaikan Informasi Baik Dari Sisi Peserta Maupun Narasumber

Untuk bisa berlaku adil dan objektif dalam menjalankan tugas sebagai moderator, maka kita harus bisa menempatkan diri dengan baik. Selain itu kita juga tidak boleh memihak salah satu pihak sehingga akan merugikan pihak yang lainnya.

  • Membuat Suasa Tetap Cair Dan Tidak Terlalu Tegang

Terkadang saat sudah memasuki sesi tanya jawab, kondisi acara yang awalnya tenang dan kondusif bisa mulai berubah menjadi sedikit menegangkan. Apalagi jika terjadi kontra antra si peserta dengan narasumber saat menyampaikan tanggapan-tanggapannya.

moderator memuat suasana disuki tetap cair

Sumber : cwfgroup.com

Nah, saat seperti inilah kita sebagai moderator harus bisa mencairkan suasana yang sudah mulai tegang agar bisa cair kembali dan acara bisa berlangsung normal.

  • Memotong Atau Menyanggah Pertanyaan Peserta Yang Telah Menyimpang

Dalam sebuah acara seminar diskusi pastinya memiliki aturan-aturan yang tidak boleh dilanggar oleh para peserta.  Jadi seorang moderator berhak untuk memotong ataupun menyanggah pernyataan-pernyataan dari peserta apabila dianggap sudah keluar dari batasan yang ada. Namun cara tersebut harus tetap dilakukan dengan sopan dan tidak menyakiti hari peserta.

  • Menyampaikan Kesimpulan Dari Hasil Seminar Diskusi

Sebelum penutupan acara, seorang moderator bertugas menyampaikan kesimpulan-kesimpulan dari hasil diskusi maupun kesimpulan dari jawaban peserta. Demikian ini penting untuk dilakukan mengingat dalam sebuah diskusi harus ada kesimpulan yang dibacakan di akhir acara sebelum penutupan.

Menyampaikan kesimpulan di akhir diskusi

Sumber : colorcoat-online.com

  • Menutup Jalannya Diskusi

Tugas moderator yang terakhir adalah menutup jalannya diskusi seminar yang dipandu sejak awal. Biasanya acara penutup di kemas sedemikian rupa agar memberikan kesan tersendiri bagi mereka yang hadir. Adapun sebuah penutupan biasa di akhiri dengan sesi foto bersama sebagai kenang-kenangan antara para peserta dengan narasumber.

Baca juga : Cara Menjadi Moderator Yang Baik dan Benar

Mengingat tugas moderator dalam diskusi seminar sangat berat, maka tidak heran jika biasanya orang yang dipercaya untuk menjadi seorang moderator harus memiliki kriteria seperti pintar dan berwawasan luas. Selain itu moderator juga harus menguasai topik yang akan dibahas pada acara diskusi seminar, dengan begitu seorang moderator bisa terlihat sangat profesional dalam menjalankan tugasnya.

Leave a Reply