Ayo Mengintip Pesona Keindahan Wisata Pantai Parangtritis yang Mengagumkan

Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta merupakan salah satu tempat liburan bertemakan alam yang pastinya sangat cocok di kunjungi di akhir pekan bersama keluarga tercinta. Selain itu pantai yang termasuk dalam bagian Samudra Hindia ini juga tidak kalah bagusnya dengan pantai-pantai yang lainnya. Keindahan Pantai Parangtritis memiliki keunikan tersendiri di mata para pengunjung.

Selain bisa memanjakan mata bagi siapa saja yang liburan ke sana juga cerita mistis pantai parangtritis menyimpan segudang pertanyaan yang erat kaitannya dengan ratu pantai selatan. Ya, dua hal tersebut ibarat seperti magnet yang selalu menjadi daya tarik para turis lokal untuk menghabiskan waktu dan liburan di sana.

wisata pantai parangtritis

Sumber : Zonaliburan.com

Asal-Usul Nama dan Deskripsi Wisata Pantai Parangtritis

Adapun asal-usul pemberian nama Parangtritis juga memiliki cerita tersendiri. Jadi pada saat itu ada seorang pangeran di jaman kerajaan Majapahit yang bernama Pangeran Dipokusumo. Beliau melarikan diri dan memilih untuk bersemedi di sebuah tempat yang saat ini di sebut Pantai Parangtritis.

Setelah beliau selesai bersemedi, lalu dia melihat sebuah tetasan air dari celah-celah karang. Dalam bahasa jawa parang itu berarti karang dan tritis itu maksudnya tumaritis yang artinya sesuatu yang menetes. Oleh karena kejadian itulah nama tempat yang dahulu digunakan untuk bersemedi tersebut sekarang dikenal dengan nama pantai parangtritis.

Alamat Pantai Parangtritis

pantai parangtritis

Sumber : Google.com

Ya, pantai yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta ini bisa kalian tempuh dengan jarak 28 km  di sebelah selatan dari pusat Kota Jogja, lumayan jauh memang namun semua itu akan terbayarkan dengan panorama sunset yang sangat menakjubkan ketika kalian tiba di sana pada sore hari.

Nah, Bagi kalian yang berdomisili di luar Daerah Istimewa Yogyakarta, sekedar informasi bahwasanya Pantai Parangtritis ini tepatnya berada di Kota Bantul,  Kecamatan Kretek dan akses untuk bisa ke sana juga bisa ditempuh dengan mudah.

Jadi kalian tidak perlu khawatir lagi perihal masalah rute maupun kondisi jalan karena untuk bisa sampai ke sana ada banyak sekali rambu-rambu yang tentunya akan memudahkan kita sampai tujuan.

Bahkan ada 3 rute yang bisa kalian pilih untuk bisa sampai ke Pantai Parangtritis, di antaranya adalah :

  • Ke Parangtritis Melewati Kecamatan Pundong

Jalur alternatif yang pertama ini memang sudah terkenal dan bahkan sudah sering dilewati oleh semua kendaraan baik umum maupun kendaraan pribadi.

Jadi akses pertama ini bisa kalian tempuh dengan memotong jalur Parangtritis KM 17 belok ke arah kiri, adapun jalur ini akan melewati Kecamatan Pundong yang mana di sepanjang jalur ini sudah terkenal sebagai pusat kuliner asli Jogja yang salah satunya adalah Mie Des.

kuliner Mie Des

Sumber : Google.com

Setelah beberapa menit mengikuti rambu-rambu yang ada, maka jalur alternatif Kecamatan Pundong ini akan berujung di Jembatan Kretek atau lebih tepatnya sekitar 200 meter sebelum kawasan wisata Pantai Parangtritis.

  • Ke Pantai Parangtritis Melewati Kecamatan Imogiri

Selain melewati Kecamatan Pundong, jalur alternatif kedua juga bisa melewati Kecamatan Imogiri yang mana jalur ini sangat cocok di akses setelah kita berburu sate khas daerah setempat yakni sate klatak di kawasan Kecamtan Imogiri.

sate klatak khas parangtritis

Sumber : Pegipegi.com

Adapun pemandangan di sepanjang perjalanan juga sangatlah indah, di tambah lagi kita juga akan melewati beberapa objek wisata seperti makam-makam raja, kebun teh hingga Goa Cerme selama di perjalanan.

Dengan melihat rambu-rambu yang ada, maka kalian nanti bisa dengan mudah sampai di Pantai Parangtritis melalui jalur alternatif yang satu ini dan akan berujung seperi halnya melewati Kecamatan Pundong.

  • Ke Pantai Parangtritis Melewati Jalur Lintas Selatan Gunung Kidul

Jalur alternatif yang ketiga ini mungkin masih belum banyak diketahui oleh orang, karena apabila melewati jalur ini kalian akan memakan waktu lebih untuk bisa sampai di tempat tujuan. Jadi akses jalan ini akan melewati pegunungan seribu yang nantinya juga akan sampai di kawasanan Parangtritis tanpa adanya retribusi.

Meskipun begitu sebenarnya jalur ini nantinya akan diproyeksikan oleh pihak pemerintah sebagai jalur lintas selatan yang akan menghubungkan provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur.

Panorama Pantai Parangtritis Yang Mempesona

Berbicara mengenai panorama dan keindahan alam tentu Pantai Parangtritis ini tidak bisa diragukan. Di sana udaranya sangat sejuk, ditambah lagi pemandangan ombak pantai yang indah jelas akan menyegarkan pikiran kita, apalagi jika kita sudah terlalu penat di sibukkan dengan berbagai macam deadline tugas kantor, tentu pilihan berlibur ke wisata Pantai Parangtritis adalah keputusan yang tepat.

liburan ke parangtritis

Sumber : Google.com

Namun mengingat Pantai Parangtritis termasuk dalam jajaran pantai di Samudra Hindia maka ombaknya terbilang cukup besar, oleh karena itu kalian harus berhati-hati ketika bermain ombak di pinggir pantai. Selain itu jika kalian ingin mengelilingi sekitar pesisir pantai, maka kalian akan menjumpai banyak sekali gunungan pasir yang terbentuk secara alami yang untuk bahasa lokalnya disebut dengan istilah “gumuk”.

gumuk pasir

Sumber : Google.com

Saat-saat terbaik untuk datang ke sana yaitu pada sore hari. Ya, lebih tepatnya saat cuaca sedang cerah dan saat matahari mulai condong ke arah barat maka saat itulah para wisatawan akan terlihat ramai berdatangan.

Tapi apabila matahari sudah tenggelam dan kalian masih enggan untuk pulang, jangan khawatir karena tidak berselang lama akan ada banyak sekali penjual jagung bakar yang menggelar tikar di sepanjang pesisir pantai yang siap membuat malam kalian lebih menenangkan.

Bahkan apabila anda masih belum mau pulang juga, maka di sekitar tempat wisata Pantai Parangtritis juga banyak menyediakan penginapan dengan harga yang sangat terjangkau.

penginapan parangtritis

Sumber : Plesiryuk.com

Fasilitas Wisata Pantai Parangtritis Juga Tidak Kalah Lengkap!!

Ya, untuk masalah fasilitas di tempat wisata pantai tersebut juga sangat lengkap. Kalian bisa melakukan banyak hal saat berwisata ke pantai yang satu ini dan pastinya bisa memanjakan para wisatawan seperti halnya :

  • Melihat Sunset Saat Senja

Keindahan senja di Pantai Parangtritis memang tidak ada tandingannya. Ya, suasana yang romantis akan semakin tercipta saat matahari mulai bersolek dengan warna jingga dan menjadikan sore di pantai parangtritis akan sangat sulit untuk dilupakan.

senja di parangtritis

Sumber : Telusuriindonesia.com

Kita bisa duduk-duduk santai di tepian pantai sambil menikmati jagung bakar dan bercengkerama bersama keluarga tercinta hingga sang mega berubah warna menjadi gelap. Untuk informasi kepada kalian semua bahwa keindahan senja di Parangtritis akan tampak sempurna apabila di nikmati di antara bulan juni sampai dengan agustus.

  • Bermain Layang-Layang

bermain layangan di parangtritis

Sumber : Yogya-backpaker.com

Sepertinya yang namanya panai selalu identik dengan layang-layang. Begitu juga dengan pantai yang sangat ramai dikunjungi di Yogyakarta ini. Ada banyak sekali penjual layang-layang dengan ukuran dan berbagai bentuk. Untuk kalian yang berkunjung ke Pantai Parangtritis bersama seorang anak kecil, maka tidak ada salahnya jika membelikannya sebuah layang-layang untuk dimainkan di bibir pantai. Pasti itu akan sangat menyenangkan.

  • Menyewa Bendi atau Kuda

menyewa kuda di parangtiritis

Sumber : Wisataku.com

Apabila kalian ingin mengitari pesisir Pantai Parangtritis dengan lebih seru dan menyenangkan, sepertinya dengan menyewa bendi atau kuda bisa menjadi pilihan yang tepat. Jadi kalian tinggal duduk manis sembari menikmati keindahan alam di sekitar Pantai Parangtritis tanpa merasa lelah. Namun kalian tidak perlu khawatir karena untuk harga sewanya juga tidak terlalu mahal.

  • Menaiki ATV

menaiki atv di pantai parangtritis

Sumber : Initempatwisata.com

Bagi kalian yang suka menantang adrenalin, maka menaiki ATV merupakan sesuatu yang wajib kalian coba. Ya, motor beroda 4 ini memang sengaja di desain untuk mampu melintasi semua medan pastinya akan sangat menyenangkan untuk menambah keseruan liburanmu selama di Pantai Parangtritis.

  • Sand Boarding

sand boarding parangtritis

Sumber : Misteraladin.com

Meskipun masih menjadi olahraga yang baru, namun sand boarding ini sudah cukup populer di Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di sekitar Pantai Parangtritis. Jadi sand boarding ini merupakan aktivitas meluncur menggunakan papan dari atas bukit berpasir. Mungkin sekilas akan terlihat mudah untuk dilakukan, namun meski demikian ternyata sand boarding ini tidak segampang yang kalian bayangkan. Bagaimana, mau mencoba juga?

  • Surfing

surfing di parangtritis

Sumber : Jelajahkota2.wordpress.com

Meskipun Pantai Parangtritis memiliki karakter ombak yang berbeda dengan pantai di Bali, akan tetapi kegiatan menyenangkan bermain surfing di pantai itu tetap bisa kalian lakukan di sini. Bahkan di sana juga terdapat komunitas sufing yang bernama Dolphin Parangritis Surf Community (DPSC) yang siap mengajarimu dan menerimamu dengan senang hati untuk bergabung bersama komunitasnya.

Tidak lupa juga di sana terdapat warung-warung yang menjajakan makanan khas pantai turut ambil serta turut melengkapi fasilitas yang ada sehingga para wisatawan akan merasa nyaman saat berada di sana.

Lihat juga : Gambar Pemandangan Alam Indah di Dunia

Misteri Dan Sejarah Pantai Parangtritis

Salah satu tujuan para wisatawan datang berlibur ke sana selain karena memang keindahan pantainya juga tidak lepas dari misteri atau legenda yang ada di balik wisata Pantai Parangtritis. Pantai yang satu ini memang dikenal sebagai tempat Ratu Pantai Selatan berada, bahkan mitos yang beredar di sana bahwa para wisatawan tidak dianjurkan menggunakan pakaian warna hijau karena warna tersebut identik dengan warna yang disukai Ratu Pantai Selatan.

Di Pantai Parangtritis-pun hingga saat ini juga masih digunakan sebagai salah satu tempat upacara adat tepatnya saat bulan Sura dan ini telah menjadi kebiasaan yang sudah dilakukan turun-menurun.

upacara parangtritis

Sumber : Google.com

Sebenarnya apabila kita menjelajah lebih jauh lagi sisi lain dari Pantai Parangtritis ini kalian bisa menemukan reruntuhan candi yang tepatnya berada di sisi timur pantai, adapun candi tersebut dikenal dengan nama Candi Gembirawati yang lokasinya dekat dengan bibir pantai. Hal ini jelas menimbulkan pertanyaan tersendiri, karena seperti yang kita tahu bahwa kebanyakan candi berada di lokasi pegunungan.

Tips Berwisata Di Pantai Parangtritis

Nah, bagi kalian yang ingin berwisata ke Pantai Parangtritis maka ada baiknya perhatikan beberapa tips yang telah tim bagi info rangkum untuk kalian semua agar agenda berliburmu menjadi lebih maksimal.

  • Apabila kalian datang ke Pantai Parangritis pada siang hari, sebaiknya jangan lupa membawa sun-block atau tabir surya untuk menjaga kulit agar tidak terbakar oleh sinar matahari yang terik.
  • Seperti yang kita tahu bahwa Pantai Parangtritis memiliki ombak yang cukup besar, oleh sebab itu apabila ingin berenang di pantai jangan terlalu ke tengah. Jadi untuk lebih menjaga keamanan ada baiknya hanya bermain air di bibir pantai saja dan pastinya itu tetap menyenangkan.
  • Selain bisa menambah keren penampilan, jika kalian ke Pantai Parangtritis dengan membawa kacamata maka itu akan sangat membantu pandangan anda saat di siang hari. Karena pasir pantai yang terkena paparan sinar matahari bisa membuat pandangan kita menjadi silau dan akan mengganggu kenyamanan kita saat menikmati panorama indah Pantai Parangtritis.
  • Bagi kalian yang ingin meng-eksplore kawasan wisata Pantai Parangtritis, maka jangan lupa untuk mencoba permainan seperti ATV, menyewa bendi untuk berkeliling dan juga menikmati keindahan Pantai Parangtritis dari atas dengan bermain paralayang.
  • Waktu terbaik berkunjung ke pantai ini adalah pada sore hari. Selain itu apabila kalian ingin berlibur sekaligus ingin menyaksikan kearifan lokal maka tidak ada salahnya jika kalian datang ke Parangtritis saat Ritual Labuhan ataupun Upacara Melasti.
ritual labuhan

Sumber : Kaskus.id

Video Misteri Pantai Parangtritis

Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Untuk harga tiket masuk ke Pantai Parangtritis terbilang cukup murah. Hanya dengan uang Rp. 5000 kita sudah bisa masuk dan menikmati keindahan pantai yang ada. Sementara itu untuk harga tiket parkir motor Rp. 2000 dan tiket parkir motor Rp. 5000.

Jadi bagi kalian yang masih bingung menentukan lokasi tempat liburan alam bertemakan pantai, sepertinya wisata Pantai Parangtritis bisa menjadi bahan rekomendasi yang pas. Bagaimana? Kalian tertarik?

One Response

  1. jempolkaki November 1, 2016

Leave a Reply