Aku, Sintesa dan Rencana Tuhan

“Aku, Sintesa dan Rencana Tuhan”. Mungkin kalian akan mengerutkan dahi sembari menerka apa maksud dari judul tersebut. Ya, terdengar aneh mugkin. Namun pada artikel kali ini aku akan sedikit menceritakan tentang aku, pengalamanku dalam dunia online dan Pesantren Sintesa.

aku sintesa dan rencana tuhan

Source Image : Pixabay.com

Semua cerita berawal saat pertengahan tahun 2013 dimana aku mulai tertarik dan mulai muncul banyak sekali pertanyaan seputar dunia online dalam pikiran.

Tidak mudah memang kala itu untuk bisa menjawab semua pertanyaan dalam benak kita, terlebih lagi aku berada di tempat yang kebanyakan orang sangat awam dalam hal tersebut. Lantas apa yang bisa dilakukan?

Mengawali Langkahku Dengan Menjadi Penulis Konten Artikel

 

Mengawali langkah kaki

Source Image : Pixabay.com

Siapa sangka di pertengahan tahun 2013 dengan bergabungnya saya di salah satu jasa penulis konten artikel sedikit demi sedikit mampu memberikan gambaran tentang apa itu seluk beluk dunia online, dan ternyata banyak hal yang bisa dilakukan di sana. Akan tetapi pada saat itu saya hanya fokus sebagai penulis saja untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Tidak terasa menjadi penulis konten artikel saya lakoni hampir 2 tahun secara intens, lumayan memang untuk membantu membiayai kuliah saya sendiri. Adapun pengalaman dari pekerjaan sampingan saya tersebut tentunya bisa dikatakan menjadi titik awal sekaligus fondasi untuk menelisik lebih jauh lagi seputar dunia online.

Menjadi Penulis Artikel

Source Image : Pixabay.com

2 tahun berselang rasa jenuh itu pasti ada, banyaknya deadline pekerjaan dan ditambah lagi tugas-tugas kuliah yang mana saat itu saya juga masih terdaftar sebagai salah satu mahasiswa di salah satu universitas swasta di Kediri yang kebetulan juga tengah memasuki semester akhir mengharuskan saya berangsur-angsur harus mengurangi pesanan arikel yang saya terima.

Alhasil pada saat itu saya memutuskan untuk hanya menerima dan mengerjakan pesanan konten artikel premium.

Belajar Dunia Blogging Otodidak, Patut dicoba!

Setelah cukup lama menggeluti jasa pembuatan artikel, nampaknya dengan banyaknya artikel yang telah saya buat dan saya baca membuat saya tertarik untuk melirik dunia blogging.

Belajar blogging otodidak

Source Image : pexels.com

Tentu belajar blogging secara otodidak menjadi jawaban rasa keingintahuan seputar blogging yang saya miliki. Mulai dengan melakukan browsing di mesin pencari Google hingga mengunjungi forum-forum IM (Internet Marketing) Indonesia seperti ads.id dan lain sebagainya.

Dari sana saya mulai belajar nge-blog otodidak dan mempraktekkan tutorial yang ada.

Berbicara mengenai hasil, tentunya saat itu saya masih belum bisa berharap banyak karena yang bisa saya lakukan hanya membuat blog dan terus menulis. Tapi saya yakin bahwa tidak akan ada hasil yang menghianati usaha.

“Apakah nge-blog nya berjalan lancar?”, tentu saja tidak. saya akui sulit memang belajar nge-blog secara otodidak. Bagaimana tidak, saat sedang semangat-semangatnya nge-blog dan menemui masalah maka biasanya saat itu juga saya bisa nge-down. Terlebih lagi saat itu tidak ada seseorang sama sekali yang bisa saya ajak untuk sharing masalah tersebut.

fokus dengan tujuan

Source Image : Pixabay.com

Selain itu permasalahan utama yang sangat elementer yang saya alami dan menjadi hambatan dalam belajar nge-blog adalah perihal fokus. Ya, menurut saya “fokus” menjadi hal yang sangat mahal apabila kita ingin mendapatkan hasil sesuai yang kita inginkan.

Vakum Nge-blog, Fokus Kuliah

Di tahun 2015 sepertinya saat dimana saya harus memilih, mau nge-blog? atau kuliah?. Sulit memang untuk bisa menjalankan kedua, akhirnya saya memilih untuk fokus kuliah terlebih dahulu dan menyelesaikan tugas akhir.

vakum ngeblog - fokus kuliah

Source Image : Pexels.com

Pastinya segala aktivitas saya di dunia online bisa dikatakan vakum untuk sementara waktu. Karena menurut saya dalam konteks tertentu dengan saya bisa menyelesaikan dan lulus kuliah itu akan menjadi kebanggaan tersendiri untuk kedua orang tua saya.

Sebab bagaimanapun juga orang tua saya juga ikut membiayai kuliah dan pastinya output yang harus bisa saya berikan yaitu bisa lulus kuliah.

PO Pertama dari Hasil Nge-blog, Pengalaman berharga!

Siapa sangka kalau dari hasil nge-blog yang saya lakukan ala kadarnya ternyata bisa menghasilkan untuk pertama kali. Bahagia, sudah pasti!. Padahal saat itu saya sudah cenderung vakum untuk merawat blog maupun menulis artikel.

payout pertama dari ngeblog

Source Image : Pixabay.com

Namun ternyata hasilnya nge-blog justru berjalan di saat saya mulai vakum dari aktivitas tersebut. Yang saya ingat saat itu tepat hari jumat, mungkin itu termasuk salah satu berkah hari jumat nyata yang saya alami.

Namun lagi-lagi saat itu posisi saya sudah mulai vakum dari dunia online, meskipun semangat nge-blog masih ada akan tetapi entah mengapa saat itu saya lebih berpikir untuk mencoba mencari pekerjaan di dunia nyata terlebih dahulu dan sejak saat itu saya mulai benar-benar vakum karena ada beberapa faktor tertentu.

Sintesa Buka Pendaftaran Angkatan 4, Rencana Tuhan-kah?

“Pendaftaran Sintesa angkatan 4 dibuka”, mungkin itu potongan kalimat yang saya baca pada pagi hari saat saya membuka salah satu media sosial yang saya miliki.

Dari situ mulailah saya telusuri apa sih itu Sintesa?

Bagaimana sistem yang diterapkan di Sintesa?

Bagaimana output dari para alumni yang telah terlebih dahulu lulus dari salah satu pesantren bisnis yang berlokasi di Magetan tersebut?

Harapan di sintesa

Source Image : Pixabay.com

Nah, dari sanalah saya mulai tertarik dan bertekan untuk mencoba daftar dengan harapan penuh bisa diterima dan menjadi bagian dari santri yang menuntut ilmu seputar bisnis online.

Saat hari pengumuman penerimaan calon santri Sintesa di umumkan, ternyata nama saya terdaftar di sana dan dengan kata lain saya diterima di pesantren Sintesa sebagai salah satu santri angkatan 4.

Sampai sini saya lalu berpikir, apakah ini memang rencana tuhan untuk hidup saya?. Karena untuk bisa sampai di titik ini saya telah menjalani banyak sekali pengalaman di dunia online, mulai dari jadi penulis konten, belajar menjadi blogger sampai suatu waktu yang mana mengharuskan saya untuk benar-benar vakum dari dunia online.

Akan tetapi selang waktu 5 bulan kesempatan ini hadir lagi dan tentunya tuhan punya rencana terbaik untuk saya melalui adanya kesempatan belajar di pesantren Sintesa yang InsyaAllah tidak hanya mendapatkan manfaat ilmu di dunia melainkan juga di akhirat.

God’s Plan Is More Beautifull than our desire

No Responses

  1. Pingback: SMA atau SMK August 26, 2016

Leave a Reply