s

Apa itu “Om Telolet om” ? | Fenomena Klakson Telolet yang Tengah Viral

Apa itu om telolet om, telolet ! Sepertinya kata-kata itu sedang viral akhir-akhir ini. Bagaimana tidak. Terobosan baru dalam hal mencari hiburan yang murah kemudian klakson telolet hadir seperti membawa kegembiraan tersendiri. Eits….tapi sebelumnya kalian sudah tahu belum apa itu telolet?

apa itu om telolet om

Sumber : ytimg.com

Apa itu telolet ?

Oke, karena fenomena telolet sedang menjadi bahan perbincangan maka saya juga tertarik ingin membahas hal tersebut. Jadi yang dimaksud telolet itu adalah semacam bunyi klakson bus atau bisa juga truk.

klakson telolet

Sumber : ytimg.com

Nah, kebetulan juga sudah tahu belum kalau di berbagai media juga tengah ramai membahas anak-anak yang di pinggir jalan ramai-ramai sambil meneriaki “om telolet om, telolet om !” saat ada kendaraan besar seperti bus dan truk sedang melintas. Biasanya bus atau truk yang diteriaki anak-anak tersebut akan dengan sengaja membunyikan klakson telolet-nya beberapa kali sebagai isyarat telolet, telolet, telolet. Maka anak-anak tersebut akan girang saat mendengar klakson yang dibunyikan tersebut sambil merekam di ponsel mereka.

Tapi mungkin di sini kalian akan berpikir dan bertanya-tanya apa itu telolet dan apa fungsinya? Karena tidak sedikit pula yang kontra dengan adanya klakson unik tersebut. Mereka merasa bahwa klakson telolet itu berisik dan cenderung mengganggu.

Padahal kalau kita amati, keberadaan klakson telolet di kota-kota besar justru bisa mengganggu kelancaran lalu lintas. Mengapa? Karena ada banyak anak kecil yang lari-lari demi mendapatkan rekaman klakson telolet dari bus yang melintas, begitu juga para pemburu klakson telolet sendiri ada yang sudah membentuk komunitas. Bahkan mencuatkan fenomena klakson telolet juga ramai di jadikan bahan lelucon dan kemudian di upload di berbagai media video seharing.

para pemburu klakson telolet

Sumber : ytimg.com

Jadi bisa kita simpulkan bahwa fenomena yang tengah viral “om telolet om” ini memiliki sisi positif dan negatif. Di satu sisi bisa menghibur orang banyak namun di sisi lain justru bisa mengganggu kelancaran dalam berkendara akibat banyaknya pemburu klakson telolet yang turun ke jalan untuk merekam videonya.

Pro Kontra Perekam Klakson Bus Telolet

pro kontra klakson telolet

Sumber : ytimg.com

Adapun suara klakson telolet yang ada pada bus tertentu memang tengah fenomenal dan mampu memancing animo masyarakat khususnya anak-anak untuk merekam videonya di ponsel mereka. Seperti yang di kabarkan pada koran harian Solo Pos yang mana aksi anak-anak yang berada di daerah Karanganyar mendapatkan respons baik dari pihak Dishubkominfo karena dinilai bisa meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap transportasi umum. Walaupun berdasarkan data, anak-anak tersebut bukan termasuk dalam bismania Community dan lebih cenderung ikut-ikutan.

Kabar buruk serupa juga terjadi di ruas tol Jakarta yang mana sudah meminta korban karena ada seorang yang hendak merekam klakson telolet justru tertabrak bus, sungguh ironi memang.

Fenomena Om Telolet Om Di Mata Netizen

Di kalangan para netizen pun juga tidak kalah menarik, mereka juga berburu video dari berbagai media yang ada seperti youtube, facebook, instagram, twitter dan berbagai media lainnya untuk dilihat dan dikoleksi. Tidak jarang dari hasil video-video tersebut dijadikan sebagai hiburan tersendiri karena di anggap lucu dan unik.

pm telolet om di mata netizen

Sumber : ytimg.com

Misalnya saja seperti salah satu video om telolet om yang di upload oleh salah satu netizen di akun pribadi faceboknya. Riyadh As’ari pada tanggal 26 november 2016. Jadi di akun tersebut dia mengunggah sebuah video yang berdurasi 2 menit 48 detik yang samai detik ini sudah di lihat lebih dari 300 ribu kali dan juga sudah dibagikan lebih dari 13 ribu kali. Bahkan interaksi netizen di sana juga sangat aktif terbukti komen yang ada sudah menembus angka 1.300 komentar.

Penampakan Para Pemburu Klakson Telolet

pemburu klakson om telolet om

Sumber : ytimg.com

Dari foto di atas nampak animo masyarakat terhadap bus yang mempunyai klakson telolet. Bahkan tidak jarang para pemburu klakson telolet ini menunggu di beberapa spot yang di lalui bus umum sambil berteriak “om telolet om”.

anak-anak sedang menanti bus klakson telolet

Sumber : ytimg.com

Nampak beberapa kerumunan anak sedang menanti bus telolet lewat dan hendak merekam dengan kamera ponsel yang ia miliki untuk koleksi.

keriyuhan pemburu telolet

Sumber : iambuspacker.com

Penuh sesak masyarakat ingin menyaksikan klakson bus telolet. Om telolet om………………………..

 

Video Om Telolet Om [Viral]


Jadi bagaimana? Apakah kamu juga termasuk salah satu pemburu klakson telolet sambil berteriak “om telolet om” atau hanya memburu video yang di upload di berbagai media ? oke deh… yang pasti klakson telolet dengan jargon om telolet om memang tengah viral akhir-akhir ini.

One Response

  1. Ahmad December 27, 2016

Leave a Reply