s

Kumpulan Ayat Alquran Tentang Jodoh Lengkap yang Bisa Kamu Amalkan

Ayat alquran tentang jodoh – Pernikahan tentu menjadi momen yang paling di tunggu-tunggu dan di dambakan oleh seorang kekasih untuk menuju ke gerbang yang lebih serius dalam menjalani hubungan. Adapun di sebuah hubungan cinta itu menjadi energi yang luar biasa, bahkan tidak jarang pula ada seorang suami yang rela berkorban bercucuran peluh untuk anak-anak dan istrinya. Begitu juga dengan seorang ibu yang mana cinta dan kasih sayangnya juga sangat luar biasa kepada anaknya karena rasa cinta yang dimilikinya.

Ayat Alquran Tentang Jodoh

Sumber : voa-islam.com

Cinta adalah kekuatan terbesar yang menjadi alasan harmonisnya suatu hubungan rumah tangga, orang-orang yang berada di dalamnya pun rela melakukan apa saja demi yang dicintainya. Namun terkadang karena kuatnya sebuah cinta justru bisa membuat orang menjadi posesif atau cenderung membatasi pasangannya dalam beberapa hal atau bahkan cinta itu bisa menguap begitu saja tanpa adanya suatu alasan yang jelas. Demikianlah yang banyak terjadi saat ini di kalangan remaja yang mana cinta yang ada diselubungi oleh nafsu sehingga banyak yang terjebak dalam perzinaan.

Padahal Allah SWT telah mengisyaratkan pernikahan bagi mereka yang sudah mampu untuk melindungi diri dari perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh Allah seperti zina dan kemudharatan lainnya. Jadi dengan terjadinya akad nikah maka dalam islam itu sudah merupakan cara yang tepat untuk menghalalkan suatu hubungan pasangan suami istri. Bahkan saat kita sudah menikah, maka segala sesuatu yang kita lakukan akan bernilai ibadah, dengan begitu semua pengorbanan tidak akan menjadi sia-sia.

Hal-Hal Yang Bernilai Ibadah Dalam Pernikahan

Saat kita sudah berumah tangga, seorang yang mencari nafkah setiap hari untuk keluarga bernilai ibadah, begitu juga ketaatan seorang istri terhadap suami, termasuk istri yang dengan sabar melayani dan mengasuh anak-anak. Jadi hal kecil tersebut akan di hitung ibadah oleh Allah SWT.

Selain itu sebagai pasangan suami istri harus bisa saling mengisi kekurangan masing-masing, dalam agama pasangan suami istri itu di ibaratkan sebagai pakaian yang harus saling menutupi. Bahkan kita dilarang menceritakan aib keluarga kepada orang lain dan di anjurkan untuk menutup rapat-rapat.

Baca juga : Doa untuk suami yang sedang mencari nafkah

Ayat Alquran Tentang Jodoh Dan Pernikahan

ayat tentang jodoh dan pernikahan

Sumber : arinarizkia.wordpress.com

Pernikahan yang di dambakan oleh semua orang adalah pernikahan yang bisa mengantarkan kita ke gerbang ketenteraman dan kenyamanan sekaligus mendapatkan ridho dari Allah SWT. Nah, berikut ini ada beberapa ayat Alquran tentang jodoh dan pernikahan.

  • “Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir”. (Ar-Ruum: 21)
  • “…sebagian kamu telah bergaul (bercampur) dengan yang lain sebagai suami-isteri. dan mereka (isteri-isterimu) telah mengambil dari kamu Perjanjian yang kuat.”(QS. an-Nur: 21).
  • “Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu Yang menciptakan kamu dari satu jiwa dan darinya Dia menciptakan jodohnya, dan mengembang-biakan dari keduanya banyak laki-laki dan perempuan; dan bertakwalah kepada Allah swt. yang dengan nama-Nya kamu saling bertanya, terutama mengenai hubungan tali kekerabatan. Sesungguhnya Allah swt. adalah pengawas atas kamu”. (An Nisa: 1).
  •  “…maka nikahilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi, dua, tiga atau empat…”(QS. an-Nisa: 3).
  • “Dan Sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka isteri-isteri dan keturunan.”(QS. ar-Ra’du: 38).
  • “Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha mengetahui.”(QS. an-Nur: 32).
  • “Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah”. (Adz Dzariyaat: 49).

Doa Untuk Mendapatkan Jodoh

doa untuk mendapatkan jodoh

Sumber : zalikha-iluvislam.blogspot.co.id

Bagi kalian yang mungkin saat ini masih susah mendapatkan jodoh, maka ada baiknya harus tetap berusaha dan berikhtiar meminta kepada Allah agar segera dipertemukan dengan jodoh kita. Adapun amalan-amalan doa ayat alquran tentang jodoh yang sebaiknya di ucapkan agar dimudahkan segera dipertemukan, ialah seperti berikut :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَحَبِيْبِنَا وَرَسُولِكَ الكَرِيْمِ وَبِأَلْفِ أَلْفٍ لاَحَولَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ وَصَلَّى

اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Jadi caranya setiap hari kelahiran, kita puasa, kemudian malam setelah shalat isya membaca surat alam nasrah (al-Insyirah) 152 kali serta dilanjutkan membaca doa di atas. Apabila secara kebetulan hari kelahiran kita bertepatan jatuh di hari Jumat, sebaiknya sambunglah dengan puasa sunnah hari Kamis.

Karena sesungguhnya larangan puasa di hari Jumat itu secara otomatis akan hilang jika disambung dengan hari sebelumnya ataupun setelahnya.

Atau bisa juga dengan membaca doa yang diijazahkan oleh A- Habib Muhammad Al Baqier Ibn Sholeh Mauladawilah, yaitu dengan melafadzkan :

رَبِّ إِنِّى لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْرٌ

Ayat tersebut di baca 100x setiap hari dan tidak boleh putus setiap malam sebelum memasuki waktu subuh atau bisa juga dilakukan setelah menjalankan shalat tahajud.

Baca juga : Kumpulan doa untuk kesembuhan orang sakit

Wirid Untuk Mempermudah Jodoh

wirid untuk mempermudah jodoh

Sumber : tasbihk.wordpress.com/

Adapun selain membaca doa dari ayat alquran tentang jodoh dan bermunajat kepada sang pencipta, bisa juga dengan membaca wirid agar dimudahkan dalam jodoh. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama kita istighfar memohon ampunan kepada Allah
  • Meminta ridho orang tua, karena tanpa adanya ridho dari orang tua maka semua amal kita juga akan terhijab dan bahkan doa kitapun akan sulit untuk di ijabah oleh Allah.
  • Memohon kepada Allah agar di pilihkan jodoh yang tepat untuk kita, namun alangkah baiknya kita jangan terlalu berambisi, sebab segala sesuatu itu sudah di atur oleh Allah dan kita hanya perlu bertawakal.
  • Memperbanyak bersedekah, dan berlaku baik kepada sesama.
  • Lakukan sholat 5 waktu dengan tepat waktu, dan upayakan untuk sholat subuh secara berjamaah di masjid selama 41 hari berturut-turut, sembari membaca :
  • Istighfar 100x
  • Sholloh ala Muhammad, Shollolloh alaihi wa sallim 100x
  • Membaca surat Al-Fajr 1x
  • Membaca surat Al-Waqiah 1x
  • Dan yang terakhir upayakan setiap hari menyantuni anak yatim.

Doa Agar Dimudahkan dalam Mendapatkan Jodoh

“Rabbana hablana min azwaajina, wa dzurriyyatina qurrata a’yuniw, waj’alna lil muttaqiena imaamaa.”

Artinya :

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami jodoh [2] kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang2 yang bertakwa.” (QS 25:74)

dan

“Robbi Laa Tadzarni Fardan Wa Anta Khoirul Waaritsin”.

Artinya :

“Ya Allah janganlah engkau tinggalkan aku seorang diri dan engkau sebaik2nya dzat yang mewarisi”.

Bacaan Doa Minta Jodoh (Bagi Laki-Laki)

 “Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.
Artinya :

“Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat”.

Bacaan Doa Minta Jodoh (Bagi Perempuan)

doa untuk mempermudah jodoh

Sumber : chamidahnur.wordpress.com

 

“Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban wayakuuna shoohiban lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

Artinya :
“Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia & akhirat”.

Jadi itulah ayat Alquran tentang jodoh yang bisa kita amalkan, semoga dengan kita terus bertawakal dan berikhtiar maka Allah semakin memudahkan kita dalam menemukan jodoh yang terbaik dan mampu bersama-sama terus berada di jalan Allah.

Leave a Reply