s

Cara Membaca Mikrometer Sekrup Beserta Gambarnya

Cara membaca mikrometer sekrup – Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara membaca mikrometer sekrup. Mungkin bagi kalian yang masih sekolah pernah kan belajar cara membaca alat ukur ini, mudah tidak? Namun sebelum masuk ke pembahasan cara membaca mikrometer sekrup sebaiknya kalian juga harus mengetahui beberapa informasi berikut ini.

cara membaca mikrometer sekrup

Sumber : rumahsains.co.id

Pengertian Mikrometer

Jadi mikrometer adalah suatu alat ukur yang mampu mengukur ketebalan, panjang ataupun diameter dari suatu benda hingga ketelitian 0.01 mm. Hal ini tentu berbeda dengan alat ukur jangka sorong yang mana hanya bisa sampai ketelitian 0,1 mm saja. Jadi bisa dibilang hasil ukur dari mikrometer sekrup ini sangatlah detail.

Fungsi Mikrometer Sekrup

fungsi mikroskop sekrup

Sumber : quantumxmia4.blogspot.co.id

Mikrometer sekrup merupakan alat ukur suatu benda yang memiliki fungsi sangat penting karena bisa menghitung panjang, diameter dan juga ketebalan dari benda-benda yang berukuran sangat kecil, bahkan dengan alat ini kita bisa melihat ketebalan benda hingga 0.01 mm.

Adapun dalam penerapannya mikrometer sekrup ini biasa digunakan untuk menghitung tebal kawat, tebal kertas, tebal kayu, dan lain sebagainya. Karena tidak mungkin bagi kita untuk mengukur ketebalan benda di bawah 1 cm dengan menggunakan penggaris, atau meteran, tentu ini bukan merupakan alat pengukur yang tepat untuk kasus tersebut.

Baca juga : Teknik Menggambar Aquarel

Jenis-Jenis Mikrometer

jenis-jenis mikrometer sekrup

Sumber : fisika.id

Seperti yang kita tahu bahwa mikrometer sendiri masih dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan beberapa hal seperti di bawah ini :

  • Mikrometer Luar

Mikrometer jenis ini biasa digunakan untuk mengukur suatu benda seperti lapisan-lapisan, kawat batng-batang dan blok-blok tertentu.

  • Mikrometer Dalam

Jenis ini digunakan untuk mengukur diameter dari sebuah lubang benda.

  • Mikrometer Kedalaman

Mikrometer yang satu ini digunakan untuk mengukur kedalaman maupun ketinggian dari sebuah benda.

Bagian-Bagian Mikrometer Sekrup

bagian bagian mikrometer sekrup

Sumber : kuya-sekadang.blogspot.com

Nah, sebelum kita belajar membaca mikrometer sekrup maka ada baiknya kita pahami terlebih dahulu bagian-bagian yang ada pada mikroskop sekrup.

  • Poros Tetap (Anvil)

Poros tetap adalah salah satu bagian mikrometer yang berfungsi untuk menahan benda yang sedang di ukur. Jadi benda tersebut ditahan agar posisinya tidak bergeser dan biasanya benda  tersebut ditempatkan di antara Poros tetap (Anvil) dan Poros gerak (spindle).

  • Pengunci (Lock)

Seperti namanya, alat ini berfungsi untuk mengunci benda saat sedang di ukur agar tidak bergeser-geser.

  • Sleeve

Bagian mikrometer sebagai tempat letak dari skala utama. Adapun satuan yang digunakan adalah milimeter.

  • Bingkai (Frame)

Bingkai atau yang juga disebut frame ini bagian dari mikrometer sekrup yang bentuknya menyerupai huruf  “C”. Biasanya bingkai ini terbuat dari bahan logam yang tahan terhadap panas dan juga di desain secara khusus lebih tebal dengan tujuan meminimalisir terjadinya peregangan yang dikhawatirkan bisa mengganggu proses pengukuran.

gambar frame mikrometer sekrup

Sumber : craig-international.com

Bingkai tersebut sebenarnya juga telah dilapisi dengan plastik untuk menghindari transfer panas dari tangan manusia terhadap baja ketika tengah dilakukan pengukuran.

  • Thimble

Ini merupakan bagian tempat skala nonius (skala putar) berada.

  • Ratchet Knob

Bagian ini digunakan untuk memutar poros gerak ketika Spindle sudah dekat dengan benda yang akan di ukur. Adapun saat memutar atau mengencangkan sampai terdengar bunyi klik. Kalian biasa memastikan apakah ujung Spindle sudah menempel sempurna terhadap benda.

Skala Mikrometer Sekrup

skala mikrometer sekrup

Sumber : rumushitung.com

  • Skala utama

Untuk skala mikrometer sekrup yang utama ini setiap satuannya mempunyai nilai 1 milimeter.  Nah di tengah-tengah angka skala tersebut terdapat angka lagi di atas dan bawah.

Angka skala atas

1 , 2 , 3 , 4 dst….

Angka Skala Bawah

0.5 , 1.5 , 2.5 dst…

  • Skala Nonius

Skala Nonius ini juga biasa disebut dengan skala geser atau putar yang mana di dalamnya terdapat angka mulai 1 dan seterusnya kelipatan 5. Adapun tiap skala ini berputar mundur 1 kali maka skala yang utamanya akan bertambah 0.5 milimeter.  Jadi bisa dikatakan 1 skala putar itu sama dengan 0.5/50=0.01 milimeter.

Cara Membaca Mikrometer Sekrup Beserta Gambarnya

Jadi untuk bisa memahami cara membaca mikrometer sekrup sebenarnya cukup gampang, asalkan kita tahu teknik-tekniknya. Mungkin untuk lebih jelasnya bisa kalian simak contoh cara membaca di bawah ini.

Saya mengambil contoh gambar berikut :

contoh gambar perhitugan mikrometer sekrup

Sumber : dokterfisika.blogspot.co.id

Nah, cara membacanya bisa kalian lihat langkah-langkahnya

  • Pertama kita perhatikan terlebih dahulu bagian skala utamanya. Berdasarkan contoh gambar di atas di sana jelas terlihat bahwa nilai yang tertera adalah 12 milimeter untuk angka skala bagian atas.
  • Berlanjut melihat skala bagian bawah, jika atas menunjukkan angka 12 mm, maka kita lihat apakah skala bawahnya ada lebihnya atau tidak, jika ada lebih langsung kita tambahkan 0.5.  Dan dari gambar di atas menunjukkan lebih sehingga langsung kita tambahkan 0.5 mm.
  • Yang terakhir kita beralih untuk melihat bagian skala nonius. Di sana menunjukkan hasil ukur di posisi 16, maka didapatkan hasil 0.16 mm.

Atau kalian masih bingung?

Mungkin gambar ilustrasi di bawah ini bisa membuat anda lebih memahami.

contoh perhitugan mikrometer sekrup

Sumber : dokterfisika.blogspot.co.id

 

Rumus Mikrometer Sekrup

Nah, Adapun setelah kita mendapatkan angka dari semua data di atas, baru kita jumlahkan kesemua tadi dan hasilnya adalah 12 + 0.5 + 0.16 = 12.66 mm. Mudah kan !

Video Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Demikian tadi cara membaca mikrometer sekrup dengan contoh kasus yang ada di atas. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat dan mungkin apabila masih bingung atau ada pertanyaan lain seputar penggunaan mikrometer sekrup bisa meninggalkan komentar di bawah. Insya Allah saya akan bantu dengan menjawabnya.

Leave a Reply