s

Cara Membasmi Jentik Nyamuk Di Bak Mandi Dan Selokan

Mungkin masih banyak orang yang bertanya bagaimana cara membasmi jentik nyamuk yang biasa kita jumpai di bak-bak mandi ataupun di selokan. Sebenarnya caranya sangatlah mudah, kita hanya perlu melakukan beberapa hal tentunya dengan cara alami yang sangat aman dan pastinya tidak memberikan efek samping bagi keluarga kita.

cara membasmi jentik nyamuk

Sumber : satujam.com

Apa Itu Jentik-Jentik Nyamuk ?

Jadi jentik nyamuk itu sebenarnya adalah salah satu fase larva sebelum menjadi nyamuk. Biasanya jentik nyamuk itu banyak terdapat di genangan-genangan air dengan ciri-ciri menggantung di atas permukaan agar mudah dalam mengambil nafas. Adapun nama jentik sendiri dalam bahasa lokal biasa juga disebut uget-uget.

Musim hujan merupakan waktu yang paling cepat dalam penyebaran wabah demam berdarah. Karena pada saat tersebut ada banyak genangan yang menjadi tempat bertelur nyamuk, bahkan satu nyamuk betina saja bisa bertelur sebanyak 100 hingga 160 butir.

membasmi jentik-jentik nyamuk

Sumber : rumahbettapekanbaru.blogspot.com

Itulah mengapa apabila di suatu tempat ada yang terkena penyakit DBD (Demam Berdarah Dangue), maka sebaiknya harus segera dilakukan penanganan seperti melakukan fogging secara masal, karena proses dari seekor jentik-jentik hingga menjadi nyamuk sangatlah cepat.

Adapun pencegahan dari demam berdarah sendiri harus kita mulai sejak awal. Seperti yang kita tahu bahwa seekor nyamuk sangat membutuhkan air untuk meletakkan telurnya sekaligus sebagai media hidup bagi jentik-jentik yang menetas, jadi apabila kita bisa mengantisipasi dari awal maka kita juga bisa terhindar dari wabah penyakit DBD.

proses perubahan dari jentik-jentik menjadi nyamuk

Sumber : ridgemini.blogspot.com

Cara Membasmi Jentik Nyamuk Dengan Melakukan 3M

Cara 3M ini sebenarnya telah diperkenalkan oleh pemerintah secara masal sebagai bentuk himbauan kepada warga agar selalu memperhatikan kebersihan khususnya tempat-tempat yang biasa digunakan sebagai wadah air. Karena nyamuk sendiri selalu mencari genangan air untuk menetaskan telurnya sehingga menjadi jentik-jentik. Langsung saja untuk lebih jelasnya bisa kalian simak cara 3M seperti di bawah ini.

  • Menguras Bak Mandi

Menguras bak mandi secara rutin sepertinya memang harus kita lakukan untuk membasmi jentik nyamuk yang mungkin sudah bersarang di dalamnya. Adapun setidaknya kamar mandi harus dikuras dua kali dalam seminggu meliputi bak mandi, saluran pembuangan air hingga wadah-wadah yang sekiranya biasa digunakan untuk menampung air. Jadi semuanya harus disikat hingga bersih, sebab telur dari nyamuk biasanya menempel erat pada dinding-dinding bak mandi.

membasmi jentik dengan menguras bak mandi

Sumber : kaskus.co.id

  • Menutup Tempat-Tempat Penampungan Air

Jadi tempat-tempat yang digunakan untuk menampung air harus kita perhatikan dan alangkah baiknya ditutup rapat-rapat. Demikian ini bertujuan untuk membasmi jentik-jentik nyamuk dan juga mencegah agar nyamuk tidak bisa berkembang biak. Terlebih lagi untuk daerah pedesaan, biasanya bak-bak mandi maupun tempat penyimpanan air jarang sekali dikuras ataupun ditutup, tentu ini bisa menjadi sarang nyamuk untuk bertelur.

  • Mengubur Wadah-Wadah Yang Tidak Terpakai

Sering kita jumpai wadah-wadah yang tidak terpakai namun masih tersimpan dan akhirnya tergenang air. Sebenarnya kebiasaan seperti ini harus kita hindari, apabila kita memiliki wadah yang sekiranya bisa menampung air namun sudah tidak terpakai sebaiknya langsung dikubur saja. Langkah ini bisa menjadi salah satu cara untuk membasmi jentik-jentik.

mengubur kaleng bekas untuk membasmi jentik nyamuk

Sumber : beritajakarta.com

Cara Membasmi Jentik Nyamuk Secara Alami Yang Bisa Kita Lakukan

Jadi ada beberapa bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk mengusir atau membasmi jentik nyamuk. Adapun bahan-bahannya juga mudah untuk di dapatkan sehingga sangat mudah untuk di aplikasikan.

  • Menggunakan Air Dari Daun Jeruk Nipis Untuk Meracuni Jentik-Jentik Nyamuk

Jadi yang perlu kamu tahu bahwa air dari daun jeruk nipis sebenarnya bisa kita gunakan sebagai bahan pembasmi jentik nyamuk alami. Adapun kandungan yang ada dalam daun jeruk nipis berupa senyawa limonoid yang mana senyawa tersebut mampu meracuni nyamuk beserta jentik-jentiknya.

Jadi kalian hanya perlu menyobek-nyobek daun jeruk nipis hingga menjadi potongan yang kecil, kemudian direndam dalam air sembari di remas-remas sampai bau harum khas jeruk nipis bisa tercium. Setelah itu barulah kita bisa menuangkan air perasan daun jeruk tersebut ke bak mandi, selokan ataupun tempat-tempat yang ada genangan airannya dan di diamkan untuk beberapa lama.

membasmi jentik nyamuk dengan daun jeruk nipis

Sumber : pexels.com

Cara ini memang sudah terbukti efektif untuk membasmi jentik-jentik nyamuk dan bisa sebagai bentuk antisipasi kita agar terhindar dari penyakit demam berdarah.

  • Mencampurkan Biji Pepaya Dan Tawas Sebagai Racun Pembasmi

Selain menggunakan daun jeruk nipis, ada pula bahan alami lainnya yakni biji pepaya dan trawas yang dicampurkan hingga menjadi serbuk, kemudian serbuk tersebut ditaburkan ke tempat penampungan air maupun selokan yang ada jentik-jentik nyamuk. Namun biji pepaya yang digunakan harus yang benar-benar kering sehingga mudah untuk dihaluskan. Adapun perbandingan keduanya adalah satu banding dua, satu sendok untuk terawas dan 2 sendok biji pepaya yang telah dihaluskan.

membasmi jentik nyamuk dengan biji pepaya kering

Sumber : perutgendut.com

  • Memanfaatkan Daun Sirih Muda

Mungkin kita sudah sangat sering mendengar manfaat daun sirih bagi kesehatan, tapi sebenarnya daun sirih juga masih memiliki manfaat lain yang mana bisa digunakan untuk membasmi jentik-jentik. Jadi caranya kita hanya perlu merebus daun sirih beberapa lembar kemudian langsung saja masukkan air rebusan tersebut ke dalam bak yang terdapat banyak jentik-jentik nyamuk. Cara tersebut dipercaya mampu memusnahkan telur dan jentik-jentik secara bersamaan.

membasmi jentik nyamuk dengan daun sirih

Sumber : chanelmuslim.com

Beberapa cara membasmi jentik nyamuk yang telah dijelaskan di atas mulai sekarang bisa coba kita lakukan untuk mencegah keluarga kita dari serangan penyakit DBD. Selain itu sebenarnya ada beberapa tanaman yang tidak disukai nyamuk yang bisa kita tanam seperti bunga lavender, bunga rosemary dan lain-lain, jadi aroma yang dihasilkan dari tanaman tersebut tidak disukai oleh nyamuk.

Leave a Reply