s

Cara Mudah Membuat Miniatur Bus Dari Triplek Bekas – Do It Yourself

Cara membuat miniatur bus – Bus adalah salah satu alat transportasi umum yang belum lama ini tenar karena bunyi klaksonnya yang di anggap unik. Adapun kendaraan yang memiliki ukuran dan kapasitas penumpang besar ini juga kerap kita jumpai sebagai alat transportasi antara kota dan bahkan tidak jarang pula kita menjumpai bus-bus mulai dari kelas ekonomi hingga eksekutif.

Di beberapa tempat di Indonesia ternyata ada para pencinta atau istilahnya busmania yang mana mereka mengikuti perkembangan dan hal-hal terbaru terkait bus. Baik itu dari model, bentuk, fasilitas hingga mengoleksi foto-foto bus yang ada di Indonesia maupun di luar negeri. Mereka kerap menjadikan itu semua sebagai topik bahasan di forum-forum dan menariknya ada pula para busmania yang juga membuat miniatur-miniatur bus untuk dikoleksi.

Ada banyak para pengrajin yang bisa membuat model miniatur bus dari bahan-bahan pilihan, akan tetapi bagi kalian yang ingin mengasah kreativitas terutama untuk anak-anak sepertinya bisa mengikuti cara membuat miniatur bus dari bahan triplek seperti apa yang akan saya bahas pada artikel kali ini.

cara membuat miniatur bus dari triplek

Sumber : Tufiknet.blogspot.com

Alat dan Bahan yang Harus di Persiapkan

Untuk bisa membuat miniatur bus, maka kita memerlukan beberapa alat dan bahan yang nanti akan kita gunakan dalam tahap pembuatan miniatur. Di antaranya adalah :

  • Lembaran Triplek
  • Stearoform atau Tropleks untuk membuat interior
  • Lem G
  • Dempul
  • Kawat (engsel pintu)
  • Cat (cat kayu atau pilox)
  • Cutter dan Gergaji pipa
  • Lampu LED

Oke, jika semua bahan sudah kita persiapkan. Langsung saja bisa kita mulai tahap-tahap pembuatannya.

Tutorial Cara Membuat Miniatur Bus dari Triplek Bekas Layak Pakai

Berkut ini adalah tahapan-tahapan yang harus di lakukan untuk membuat sebuah miniatur bus yang bagus, unik dan menarik sesuai dengan kreativitas.

Pembuatan Sketsa Bus

Kita awali dengan membuat sketsa bus pada sebuah kertas HVS, kita buat perbandingan ukuran sehingga ukuran antara gambar sketsa bus di HVS nanti bisa dengan mudah di buat di atas triplek. Dalam tahap ini kita harus berhati-hati karena desain awal sebuah miniatur bus yang akan kita buat akan mengacu pada sketsa ini.

sketsa miniatur bus dari triplek

Sketsa Miniatur Bus

Potong Triplek Sesuai Pola

Jadi jika di awal kita menggambarkan pola bus pada triplek, langkah selanjut kita harus memotong pola dengan bantuan gergaji besi atau bisa dengan cutter yang tajam. Akan tetapi karena sifat daripada triplek sendiri mudah retak alangkah baiknya jika dilakukan secara hati-hati.

Memotong Pola Bus

Memotong Pola Bus

Menyambungkan Potongan Pola Triplek dengan Lem

Penyambungan pola bisa kita lakukan dengan bantuan lem G atau biasa dikenal dengan sebutan lem Korea. Jadi setelah pola di buat maka kita susun pola tersebut menjadi sebuah miniatur bus seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Menyambungkan potongan pola

Menyambungkan potongan pola

Apabila keseluruhan bagian pola sudah di susun dan direkatkan, sampai sini setidaknya kita sudah bisa membuat miniatur bus yang unik dan menarik. Tapi tentu saja tahapannya tidak sampai di sini, kita masih harus membuat aksesoris maupun menghias bus agar nampak lebih bagus.

Tutorial : Cara Membuat Miniatur Rumah dari Stik Es Krim

Pemberian Dempul Agar Sambungan Terlihat Halus

Biasanya apabila kita hanya merekatkannya dengan lem, maka hasilnya kurang terlihat halus. Nah, peran dempul di sini untuk membuat tepian-tepian bus nampak rapi dan juga untuk membuat tekstur dari tripleks yang kita gunakan menjadi rata dan halus.

Pemberian dempul pada bagian yang tidak rata

Pemberian dempul pada bagian yang tidak rata

Tahap Pengecatan Body Bus

Untuk warna, kita sebaiknya memberikan warna dasar bus dengan warna putih. Kalian bisa menggunakan cat biasa yang disemprotkan ataupun cat pilox agar tripleksnya tertutup dengan cat secara merata.

Membuat Interior Bus

Untuk semakin mempercantik tampilan miniatur bus, maka kita juga bisa membuat macam-macam interior seperti dashbor kursi dan lain-lain.

Pembuatan Interior Bus

Pembuatan Interior Bus

Pemberian warna interior bisa dilakukan jika diperlukan, Misalnya memberi warna cokelat untuk interior kursi bagian dalam.

Pemasangan Kursi pada Bus

Pemasangan Kursi pada Bus

Pemasangan Lampu LED Miniatur Bus

Tahap ini diperlukan bantuan oleh orang yang ahli dalam kelistrikan karena komponen yang dipasang memerlukan daya listrik meskipun itu kecil.

Nah, pemasangan lampu LED di bagian depan BUS bisa dimulai jika sudah tersambung dengan kabel dan juga baterai.

Namun pastikan pemasangan lampu LED miniatur BUS tidak terlihat semrawut.

Pemasangan Kaca Miniatur Bus

Untuk kaca bus, kita bisa menggantinya dengan mika atau dari akrilik bening baik untuk kaca samping kanan-kiri maupun depan-belakang.

Pilihlah mika yang bening dan bersih sehingga tidak terlihat kotor.

Pembuatan Engsel Pintu Bus

Engsel ini memang perlu kita buat untuk pintu, kap mesin maupun untuk bagasi bus. Jadi meskipun ini sebuah miniatur tapi harus terlihat natural dan seperti sungguhkan.

Pemasangan Engsel Bus

Pemasangan Engsel Bus

Tutorial : Cara Membuat Miniatur Rumah dari Kardus Bekas

Pembuatan Roda

Agar lebih mudah, roda bus bisa kita buat dengan menggunakan sisa triplek yang di potong bulat seperti roda. Namun jangan hanya satu lapis triplek, melainkan buat beberapa lapis sehingga memang terlihat seperti roda yang bervolume.

Pemasangan ban bus

Pemasangan ban bus

Jika anda ingin yang lebih bagus maka kalian juga bisa membeli ban di toko khusus miniatur yang kemudian di tambahkan as roda.

Tahap Akhir

Jika semua tahapan telah kita lalui, maka tahap terakhir adalah pengecekan untuk memastikan apakah ada komponen yang kurang ataupun masih perlu perbaikan. Kita bisa menambah atau mengurangi sesuatu yang kurang tepat.

Jadi itulah cara membuat miniatur bus dari bahan triplek. Sebenarnya kalian juga bisa membuat miniatur yang lebih simpel lagi dari bahan kardus, namun hal yang harus diperhatikan adalah detail dan ketelitian sehingga miniatur yang kita buat tetap terlihat bagus dan unik. Selamat mencoba ya !.

Leave a Reply