3 Langkah Mudah Cara Membuat Miniatur Rumah Dari Kardus

Cara membuat miniatur rumah dari kardus ­– Membuat sebuah miniatur yang bagus dan menarik memang sepertinya tidaklah mudah, pasalnya si pembuat harus memiliki ketelitian dan kejelian yang bagus apalagi jika miniatur yang kita buat memiliki ukuran yang sangat kecil. Belum lagi kita juga harus menyiapkan bahan yang dibutuhkan dan juga memotongnya sesuai ukuran agar lebih mudah.

Tapi kira-kira barang bekas apa yang masih bisa kita manfaatkan untuk membuat sebuah kerajinan, senarnya tidak perlu berpikir terlalu jauh dan terlalu memilih barang, contohnya hanya dengan sebuah kardus bekas kita bisa menyulapnya menjadi sebuah karya dengan nilai seni yang tinggi.

Karena sekarang ini memang kita di tuntut untuk bisa selalu kreatif dalam menghasilkan karya-karya, nah bagi kalian yang penasaran bagaimana cara membuat miniatur rumah dari kardus bekas bisa menyimak tutorial di bawah ini.

Cara membuat miniatur rumah dari kardus

miniatur rumah dari kardus

Tutorial Cara Membuat Miniatur Rumah Dari Kardus

Cara membuat miniatur rumah dari kardus tentunya tidak semudah seperti apa yang kita bayangkan, karena kita harus melakukan banyak hal dengan penuh ketelitian. Tapi sebelum kita mulai membuat miniatur rumah dari kardus, kita harus mempersiapkan beberapa alat dan bahan yang hendak di gunakan untuk proses pembuatan.

Alat dan Bahan Membuat MIniatur Rumah

Alat dan Bahan Membuat MIniatur Rumah

Alat dan Bahan

Adapun beberapa alat dan bahan yang perlu kita persiapkan agar lebih memudahkan saat proses pembuatan miniatur rumah adalah :

  • Kertas Karton atau Kardus
  • Kertas HVS
  • Carter
  • Lem dan Double tip
  • Pensil dan Penggaris

Langkah-Langkah Dan Proses Pembuatan Miniatur Rumah Dari Kardus

Cara membuat miniatur rumah dari kardus, di sini nanti kita akan melewati beberapa tahapan yang harus dilakukan mulai dari membuat sketsa dalam sebuah kertas hingga tahap terakhir penggabungan sehingga membentuk sebuah miniatur rumah yang utuh.

Step 1 – Pembuatan Sketsa Miniatur Rumah Kardus

Adapun pembuatan sketsa di awal tujuannya untuk mempermudahkan tahap-tahap selanjutnya. Karena dengan adanya sketsa bisa di jadikan acuan terhadap apa yang harus kita lakukan tahap demi tahan.

Dengan sketsa pula kita nanti akan menentukan ukuran miniatur yang kita inginkan. Namun sketsa yang kita buat sebaiknya harus bisa menunjukkan dari semua sisi baik bagian kanan, kiri, depan, belakang maupun sisi atas dan bawah. Mungkin untuk lebih jelas bisa melihat contoh sketsa di bawah ini :

Membuat sketsa miniatur rumah

Sketsa Miniatur Rumah

Kalian bisa membuat sketsa di atas kertas HVS dengan menggunakan pensil supaya apabila terjadi kesalahan bisa dihapus kembali.

*Tips – Jangan tergesa-gesa dan harus penuh ketelitian dalam pembuatan sketsa. Sebab apabila kamu jenuh maka hasilnya tidak akan maksimal.

Ada baiknya untuk lebih memudahkan sketsa di buat pada sebuah kertas yang sudah terdapat garisnya atau bisa juga di kertas petak. Tapi untuk alternatif lain kalian juga bisa menggambar di HVS dengan bantuan penggaris.

Selain itu dalam pembuatan sketsa juga sangat di sarankan menggunakan skala perbandingan yang sesuai dengan keinginan apabila kita hendak membuat miniatur rumah dari kardus dengan ukuran yang lebih besar supaya lebih mudah dalam penerapannya.

Lihat juga :

Cara Membuat Miniatur Rumah Dari Stik Es Krim Beserta Gambarnya

Step 2 – Pembuatan Pola di Atas Kardus

Pertama ambil kardus yang telah kita siapkan sebelumnya dengan ukuran secukupnya untuk digambar pola langsung di atasnya. Jadi gambaran pola harus kita sesuaikan dengan sketsa yang telah kita buat tadi.

pembuatan pola miniatur rumah

Pembuatan pola miniatur rumah

 

Mengenai skala perbandingan antara gambar sketsa dan pola di atas kardus harus benar-benar cocok, karena apabila terjadi ketidaksesuaian ukuran maka miniatur rumah tidak bisa kita susun dengan tepat.

Step 3 – Pemotongan Pola Miniatur Rumah

Cara membuat miniatur rumah dari kardus  selanjutnya jika keseluruhan pola setiap bagian-bagian miniatur rumah sudah kita buat sesuai dengan sketsa, maka kita bisa mulai memotongnya dengan gunting tiap masing-masing bagian.

pemotongan pola miniatur rumah

Pemotongan pola miniatur rumah

Adapun proses pemotongan apabila kalian ingin lebih cepat maka bisa menggunakan cutter yang tajam dengan alas keramik atau kaca khusus. Tapi harus di ingat jangan memotong pola dengan Cutter di atas karpet atau semacamnya karena bisa merobeknya.

Step 4 – Merakit Pola

Setelah semua pola kita potong sesuai bentuknya, langkah selanjutnya kita coba untuk merakitnya menjadi satu kesatuan. Tapi pastikan terlebih dahulu jika potongan pola yang dihasilkan sudah benar-benar rapi dan juga bagus.

Untuk merakit dan melekatkan antar pola kita bisa menggunakan lem tebak. Apabila kalian menemukan coretan-coretan pensil bekas gambar pola di pinggiran kardus sebaiknya biarkan saja dan jangan di hapus, takutnya membuat kardus menjadi tidak kokoh lagi ataupun rusak.

merakit pola miniatur rumah

Merakit pola miniatur rumah

Lakukan tahap perakitan ini dengan hati-hati dan juga pastikan semua bagian terekat dengan baik.

Step 5 – Menghias Miniatur Rumah dari Kardus

Bagaimana, apakah pola miniatur rumah sudah berhasil dengan sempurna? Jika sudah barulah kita bisa mulai menghiasnya. Bagaimana caranya?

Jadi dengan menggunakan kertas HVS tadi, kita bisa mengeprint hiasan dinding miniatur rumah yang sesuai agar terlihat lebih bagus dan menarik seperti halnya jendela, pintu dan lain-lain.

membuat desain untuk hiasan rumah

Membuat desain untuk hiasan rumah

 

Menghias bagian sisi samping rumah

Menghias bagian sisi samping rumah

 

 

Merekatkan hiasan pada dinding rumah

Merekatkan hiasan pada dinding rumah

Lekatkan kertas HVS tersebut dengan cara mengelemnya dengan double tip.

Step 6 – Membuat Atap Miniatur Rumah

Bagian atap miniatur rumah adalah bagian yang sulit untuk dilekatkan. Jadi dalam tahap ini kita harus teliti dan benar-benar tepat dalam meletakkan atap sesuai dengan posisi.

Jika tidak, maka atap dari rumah yang kita buat tidak akan persisi. Tentu apabila di lihat kurang bagus dan tidak rapi.

Untuk membuat atap sendiri cukup dengan memotong pola yang sudah ada dan melekatkannya dengan lem.

Step 7 – Membuat Hiasan Atap

Hiasan yang kita buat untuk atap tentu harus menyesuaikan dengan bentuk atapnya itu sendiri. Jadi baik warna maupun desain hiasan bisa kita sesuaikan sesuai dengan keinginan dan kreativitas kita.

Misalnya untuk bentuk atap miniatur rumah minimalis seperti gambar di bawah ini :

Pembuatan atap rumah

Pembuatan atap rumah

Step 8 – Membuat Lantai Untuk Miniatur Rumah

Apabila bagian dinding dan juga atap sudah selesai, maka selanjutnya kita giliran membuat hiasan untuk lantai miniatur rumah. Lantai di sini adalah lantai depan rumah dan juga taman. Kita bisa membuat desain tertentu pada kertas HVS tadi dan kemudian di lekatkan di tempat yang sesuai untuk mempercantik tampilan.

Membuat hiasan lantai miniatur rumah

Membuat hiasan lantai miniatur rumah

Step 9 – Membuat Pagar Rumah

Saat kita ingin menyertakan pagar rumah, maka kita harus membuat pagar dengan ukuran dan juga bentuk serta warna yang sesuai.

Apabila memungkinkan gunakan 2 buah kardus untuk dasar miniatur rumah sehingga bisa membuat rumah terlihat kokoh dan tidak mudah goyang.

Step 10 – Tahap Akhir dan Finishing

Untuk tahap akhir, kita perlu melakukan finishing dengan cara mengamati keseluruhan sisi miniatur rumah secara detail. Mencari kekurangan-kekurangan yang masih bisa untuk diperbaiki. Sehingga dengan begitu kekurangan yang ada bisa disempurnakan dan hasil dari miniatur rumah yang kita buat bisa terlihat bagus dan mirip dengan aslinya.

Tahap akhir membuat miniatur rumah dari kardus

Tahap akhir membuat miniatur rumah dari kardus

Mungkin cara membuat miniatur rumah dari kardus ini masih tergolong sederhana, karena ada pula cara lain untuk membuat miniatur rumah yang lebih sulit tentunya dengan detail yang sangat banyak. Selain itu di sini sangat diperlukan sebuah kreativitas yang tinggi untuk membuat dan menciptakan hasil miniatur yang mengesankan. Oya, untuk aksen lain kita juga bisa menggunakan alumunium foil untuk menambah kesan tertentu.

Demikian bahasan artikel pada kali ini mengenai bagaimana cara membuat miniatur rumah dari kardus bekas yang memiliki nilai seni tinggi. Selamat mencoba ya, semoga berhasil.

Leave a Reply