s

5 Langkah Mudah Cara Membuat Miniatur Rumah Dari Stik Es Krim Beserta Gambarnya

Cara Membuat Miniatur Rumah Dari Stik Es Krim ­– Di akhir pekas, sepertinya akan sangat menyenangkan apabila kita bisa berkreasi dengan membuat suatu kerajinan bersama teman-teman bukan. Nah, apabila saat ini mungkin kalian sedang bingung apa ya kira-kira yang bisa kita manfaatkan untuk membuat sebuah kerajinan dari barang bekas. Eits, tenang….. saya punya ide bagus untuk membuat suatu kerajinan yaitu membuat miniatur rumah dari stik es krim bekas.

Apabila kita mencari-cari mungkin sudah ada orang yang pernah membuat miniatur rumah dari stik es krim dengan hasil yang bagus, namun bukan berarti kita tidak bisa membuat miniatur sebagus seperti yang dihasilkan oleh mereka. Dengan ketelatenan dan ketelitian yang kuat saya yakin kalian pasti juga bisa membuat sebuah karya yang bagus dan layak untuk dijadikan sebagai pajangan di rumah.

Tutorial Cara Membuat Miniatur Rumah dari Stik Es Krim Bekas

Jadi langkah pertama sebelum kita membuat miniatur rumah dari stik es krim, pastinya kita harus menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan selama proses pembuatan. Adapun beberapa di antaranya adalah

cara membuat miniatur rumah dari stik es krim

Sumber : Tokopedia.net

Alat dan Bahan  

Stik es krim bekas dalam jumlah secukupnya.

  • Pisau Carter
  • Gunting
  • Lem Tembak
  • Penggaris

Adapun semua alat dan bahan di atas nantinya akan digunakan untuk membuat miniatur rumah dari stik es krim.

Langkah-Langkah Pembuatan Miniatur Rumah dari Stik Es Krim

Setelah semua alat dan bahan tersedia sekarang kita bisa mulai membuat miniaturnya dengan langkah :

Pertama kita susun berjajar terlebih dahulu stik es krim bekas seperti gambar di bawah. Jadi untuk ukurannya kita sesuaikan agar sama rata baik lebar maupun tingginya. Ukuran tersebut bisa sesuai yang kita inginkan dengan menggunakan bantuan penggaris.

Setelah di jajarkan rapat bisa kita ikat atau lem menggunakan lem tembak, dalam tahap ini usahakan ditata rapi  agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Membuat Bagian Dinding dan Atap Miniatur Rumah

miniatur rumah step 1

Miniatur Rumah Step 1

Kita buat dahulu dinding bagian belakang dengan menggunakan stik es krim bekas yang di jajarkan dan di rapatkan sedemikian untuk kemudian di lekatkan. Adapun ukurannya bisa di lihat pada gambar di atas.

Miniatur Rumah Step 2

Miniatur Rumah Step 2

Lali ini merupakan bagian atap rumah yang sisi lebarnya, di sini nanti kita akan membuat atap rumah dengan dua bagian, jadi yang pertama bagian atap yang besar dan yang kecil.

Mari Belajar : Macam-Macam Teknik Menggambar Bentuk [Panduan Lengkap]

Miniatur Rumah Step 3

Miniatur Rumah Step 3

Nah, ini adalah bagian atap rumah yang sisi kecil. Jadi mungkin di sini nanti kita hanya memerlukan 5 stik es krim yang di jajarkan secara merapat.

Miniatur Rumah Step 4

Miniatur Rumah Step 4

Di bagian dinding sebelah kiri langkah lebih bagusnya jika kita juga memberinya sebuah jendela kecil. Jadi saat membuat dinding jangan lupa untuk memberikan slot berbentuk kotak yang kemudian akan di isi dengan sebuah jendela mini.

Miniatur Rumah Step 5

Miniatur Rumah Step 5

Kurang lebih ukuran antara dinding dan jendela bisa di lihat seperti gambar di atas.

Membuat Miniatur Jendela Rumah

Apabila semua dinding rumah kita buat seperti langkah di atas, selanjutnya kita buat bagian jendelanya supaya terlihat seperti rumah sungguhkan. Adapun jendela yang kita buat di sini berbentuk segi empat dengan 4 lubang. Untuk lebih jelasnya bisa kalian lihat gambar berikut :

Miniatur Rumah Step 6

Miniatur Rumah Step 6

Apabila semua dinding rumah kita buat seperti langkah di atas, selanjutnya kita buat bagian jendelanya supaya terlihat seperti rumah sungguhkan. Adapun jendela yang kita buat di sini berbentuk segi empat dengan 4 lubang. Untuk lebih jelasnya bisa kalian lihat gambar berikut :

Miniatur Rumah Step 7

Miniatur Rumah Step 7

Jika jendela sudah jadi, maka kita bisa mulai memasang atau menyatukannya ke dinding. Jadi langkah-langkahnya bisa kalian lihat seperti di gambar dan agar terlihat rapi di bagian atas, bawah, samping kiri dan kanan bisa kita beri stik es krim dan yang terakhir di lem agar melekat sempurna.

Kesemua bagian rumah yang telah selesai dibuat bisa kita gabungkan menjadi satu sehingga menjadi satu kesatuan dan menyerupai desain konstruksi sebuah rumah.

Penyatuan Dinding dan Atap Miniatur Rumah

Lalu kita berganti untuk menyatukan dinding dan atap miniatur rumah yang kurang lebih cara sama dengan menggunakan lem. Jadi kita jajarkan stik es krim dan kita lem sampai rapat lalu kita susun dan bentuk seperti atap seperti yang kita inginkan.

Miniatur Rumah Step 8

Miniatur Rumah Step 8

Pertama kita satukan dinding antara sisi kanan, kiri dan samping hingga membentuk sebuah kubus dari stik es krim bekas yang telah kita buat sebelumnya.

Miniatur Rumah Step 9

Miniatur Rumah Step 9

Rapatkan semua bagian dengan menggunakan lem tembak, lakukan tahap ini secara hati-hati agar hasilnya bisa lebih bagus dan rapi.

Miniatur Rumah Step 10

Miniatur Rumah Step 10

Lekatkan bagian atap rumah dengan dinding, ini membutuhkan kejelian ekstra karena apabila tidak kita tahan maka bisa mudah jatuh.

Miniatur Rumah Step 11

Miniatur Rumah Step 11

Penyatuan antara sisi atap yang lebar dengan yang kecil sehingga menjadi satu membentuk atap rumah yang sempurna, jangan lupa di lem dengan kuat agar tidak mudah copot ketika di angkat.

Miniatur Rumah Step 12

Miniatur Rumah Step 12

Hasil dari penyatuan atap apabila dilakkan secara benar dan rapat.

Lihat Juga : Tutorial Cara Membuat Squishy Simpel dan Mudah – Do It Yourself

Miniatur Rumah Step 13

Miniatur Rumah Step 13

Ini merupakan tampilan rumah setengah jadi yang telah kita lekatkan dengan lem.

Membuat Perabotan Untuk Miniatur Rumah

Nah, selain cara Membuat Miniatur Rumah dari Stik Es Krim. Kita juga bisa membuat miniatur perlengkapan rumah seperti membuat kursi dan juga meja. Adapun contohnya seperti gambar berikut :

Miniatur Rumah Step 14

Miniatur Rumah Step 14

 

Miniatur Rumah Step 15

Miniatur Rumah Step 15

 

Miniatur Rumah Step 16

Miniatur Rumah Step 16

 

Miniatur Rumah Step 17

Miniatur Rumah Step 17

 

Miniatur Rumah Step 18

Miniatur Rumah Step 18

 

Miniatur Rumah Step 19

Miniatur Rumah Step 19

Bagaimana? dengan melihat tutorial gambar di atas bisa dipastikan kalian sudah punya gambaran bagaimana cara membuat miniatur rumah dari stik es krim. Sebab kegiatan ini bisa melatih kreativitas dan juga ketelitian kita, sehingga sangat bagus untuk melatih kreativitas anak.

Tutorial Video Membuat Miniatur Rumah dari Stik Es Krim

 

Semoga tutorial cara membuat miniatur rumah dari stik es krim bekas di atas bisa bermanfaat dan nantikan tutorial-tutorial cara membuat miniatur benda dari barang bekas lainnya juga ya.

Leave a Reply