Ayo Belajar Cara Membuat Miniatur Truk dari Kardus yang Keren dan Unik

Membuat miniatur truk – Bagi kalian yang senang berkreasi dan membuat kerajinan-kerajinan dari barang bekas, sepertinya tidak ada salahnya jika ikut mencoba cara membuat miniatur truk. Karena sesuai dengan judul di atas, pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial bagi kalian pecinta truk mania yang ingin membuat miniatur truk yang mudah dengan menggunakan barang berupa kardus bekas.

Memangnya bisa ? tentu saja bisa. Jadi sebenarnya kalau kita ingin membuat kerajinan asalkan ada kemauan maka kita akan bisa berpikir kreatif dengan memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita. Misalnya saja seperti kardus bekas atau yang lainnya.

Alat dan Bahan yang Diperlukan Cara Membuat Miniatur Truk

Untuk bisa membuat miniatur truk, maka ada beberapa alat dan bahan yang akan kita perlukan untuk memudahkan pekerjaan kita. Adapun di antaranya yang harus kita persiapkan adalah :

  • Kertas HVS
  • Kardus Bekas
  • Guting
  • Lem Tembak
  • Alat Tulis
  • Cutter
  • Ban Truk Miniatur
  • Penggaris
peralatan cara membuat miniatur truk

Sumber : merdeka.com

Membuat Sketsa Truk yang Akan Dibuat

Jadi sebelum kita mulai pembuatan miniatur truk, alangkah lebih baik jika kita sudah membuat sketsanya terlebih dahulu. Jadi kita pastikan, truk yang mau kita buat kira-kira bentuknya seperti apa, apakah memiliki detail yang rumit atau tidak dan lain-lain.

cara membuat truk dari kardus

Sumber : u-aqyuni.blogspot.co.id

Adapun pembuatan sketsanya sendiri tidak perlu bagus-bagus, asalkan kita paham dan mengerti dari apa yang ingin kita lakukan maka itu saja sudah cukup. Berdasarkan pengalaman biasanya miniatur truk akan selesai tahap pengerjaannya dalam waktu 1 Minggu.

Membuat Bayang-Bayang Truk

Bayang-bayang di sini maksudnya membuat bagian utama dari truk. Jadi semua bagian tersebut nanti di rangkai sedemikian rupa tentunya ukuran harus tetap sesuai dengan apa yang sudah di rancang pada sketsa. Jadi tahap ini merupakan tahap awal kita merangkai rangkaian truk secara keseluruhan.

Tahap Perangkaian

Setelah kita buat keseluruhan bagian dari truk secara terpisah, sekarang ini mulai masuk tahap perangkaian yang mana ketelitian sangat di butuhkan di sini.

tahap perangkaian truk

Sumber : u-aqyuni.blogspot.co.id

Selain itu untuk merangkainya kita bisa menggunakan lem tembak yang kuat agar tidak mudah lepas saat dipasang. Jangan lupa untuk memperhatikan setiap detail truk yang ada, biasanya kita kerap melupakan detail yang menjadi ciri khas dari truk. Ini bisa mengurangi keindahan dan keunikan dari truk itu sendiri.

Lihat Tutorial : Cara membuat miniatur rumah dari kardus bekas – Do it Yourself

Tahap Akhir

Pada tahap akhir kita mulai bisa berkreasi untuk membuat hiasan-hiasan agar lebih mirip seperti truk sungguhan. Caranya bagaimana? Dengan menggunakan alat tulis dan spidol warna kita bisa menggambar detail truk, memberikan gambar lampu dan lain sebagainya.

Tapi jika kamu merasa susah, bisa juga dengan cara lain yaitu dengan menyiapkan hiasan truk yang telah di print pada kertas HVS. Jadi kita tinggal memotong kertas dan menempelkannya sesuai dengan tempatnya. Biasanya cara ini lebih sering saya gunakan karena hasil miniatur truk yang kita buat juga akan terlihat lebih bagus dengan balutan detail yang pas.

Mungkin itu dulu tutorial yang bisa saya bagian mengenai bagaimana cara membuat miniatur truk dari kardus bekas, Semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi bagi kalian yang mungkin saat ini kepikiran ingin membuat miniatur truk sebagai salah satu hiasan rumah. Selamat mencoba ya !

One Response

  1. Ashel March 22, 2017

Leave a Reply