s

Cara Menanam Dan Merawat Buah Tin Untuk Budidaya

Cara menanam buah tin dan perawatannya – Buah tin adalah salah satu buah yang berasal dari Saudi Arabia dan juga menjadi salah satu buah yang disebutkan di dalam Al-Quran. Adapun pohon tin ini Mulai dari tanah Arab lalu menyebar ke wilayah Amerika, Eropa, Asia dan Australia hingga seperti yang bisa kita jumpai di Indonesia saat ini.

Pohon yang memiliki nama latin Ficus Carcia memiliki banyak keistimewaan yang mana juga disebutkan dalam Surah At-tin sebagai buah yang populer di jaman Rasulullah S.A.W. Kandungan nutrisi dan gizi yang terkandung dalam buah tin ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan, oleh karena itu tidak heran jika mulai ada banyak yang membudidayakan pohon tin di pekarangan rumah.

cara menanam buah tin dan perawatannya

Sumber : pohonaradankhasiatnya.blogspot.com

Pohon tin pada dasarnya bisa ditanam dengan mudah dengan menggunakan media tanam yang tepat . Akan tetapi karena bukan merupakan tanaman lokal mungkin banyak yang belum tahu bagaimana cara menanam buah tin yang paling tepat dan sepertinya bibitnya pun masih sulit untuk di dapatkan.

Mengenal Jenis-Jenis Buah Tin

Tanaman jenis ini mempunyai banyak jenis atau varietas, bahkan tercatat ada 12 jenis buah tin yang bisa kita jumpai. Adapun beberapa di antaranya seperti buah tin jenis yordan, red turki, Palestina, tin ungu, Brown turki, long yellow, falnders, panace tiger, Black ischia, libya dan lain-lain.

Namun yang paling sering dibudidayakan di Indonesia adalah buah tin jenis yordan karena lebih bersahabat dengan iklim di Indonesia dan juga lebih sering berbuah. Biasanya apabila sudah matang, buah tin akan mulai menguning hingga berwarna ungu kecokelatan dan jatuh ke tanah. Adapun rasa dari buah tin jenis yordan juga lebih manis dibanding dengan jenis yang lainnya.

menanam buah tin matang

Sumber : tokopedia.com

Cara Menanam Buah Tin Dan Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan

Ada banyak orang yang bertanya apakah pohon tin benar-benar bisa tumbuh jika ditanam di pekarangan kita? Jadi untuk menjawab pertanyaan tersebut sebenarnya bisa-bisa saja. Hanya saja kita perlu melakukan beberapa langkah yang tepat untuk menanam buah tin seperti berikut ini:

  • Memilih bibit buah tin yang berkualitas

Pemilihan bibit yang berkualitas dan unggul pastinya ada beberapa ciri-ciri yang harus di penuhi, misalnya saja bibit buah tin haruslah memiliki tinggi sekitar 50 cm, kemudian batang bibit sebaiknya sudah sebesar 2 kali batang pensi, Periksalah daunnya apakah tunas-tunas daun yang ada nampak masih segar atau sudah layu dan yang terakhir pastikan bahwa tidak ada sayatan-sayatan pada batang pohon tersebut.

cara menanam dan memilih bibit buah tin

Sumber : www.pinterest.com

  • Cara Penanaman Yang Tepat

Untuk bisa menanam pohon tin dengan hasil yang bagus, tentunya kita membutuhkan media tanam yang juga sesuai. Adapun untuk media tanam tersebut kita bisa menggunakan tanah yang telah digemburkan dan juga telah diberikan pupuk alami (bisa pupuk kompos ataupun pupuk dari sampah organik). Jadi dengan media itulah kita bisa mulai menanam bibit pohon tin yang telah dipersiapkan tadi dan melakukan beberapa perawatan agar bibit tersebut bisa tumbuh maksimal.

Baca juga : Cara Mencangkok Pohon Rambutan

Cara Merawat Buah Tin Agar Tumbuh Subur

Seperti tanaman negeri arab lainnya, pohon tin merupakan jenis tanaman yang membutuhkan banyak sinar matahari untuk pertumbuhan dan fotosintesis. Mungkin inilah yang menjadi alasan mengapa pohon tin masih jarang di Indonesia karena di Indonesia sendiri memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi. Namun bukan berarti buah tin tidak bisa tumbuh di Indonesia, hanya saja memerlukan beberapa perawatan seperti di bawah ini.

cara merawat buah tin supaya subur

Sumber : pohonaradankhasiatnya.blogspot.com

  • Tidak perlu terlalu sering disiram

Jadi tanaman ini tidak memerlukan banyak air sehingga kita tidak perlu terlalu sering menyiramnya. Adapun tips saat kita menanam bibit pohon tin sebaiknya dilakukan saat musim panas atau kemarau untuk meningkatkan persentase keberhasilan tumbuh dan lebih cepat berbuah.
Jangan Biarkan Ada Tanaman Yang Menghalangi Pertumbuhan Pohon Tin Dari Sinar Matahari.
Apabila pohon tin di tanam dan tertutupi dari sinar matahari oleh pohon lain di sekitarnya, maka pertumbuhannya akan terhambat. Oleh karena itu pastikan selalu memangkas pohon-pohon di sekitarnya yang mengalangi masuknya sinar matahari.

  • Memupuk pohon tin dengan pupuk kompos daun

Di awal penanaman dan pertumbuhan, sebaiknya pohon tin di pupuk dengan pupuk kompos organik. Barulah saat sudah berumur 2 tahun bisa diganti dengan pupuk kandang. Adapun demikian ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan dan juga supaya daunnya tidak mudah rontok.

  • Menggunting daun yang menguning

Jadi apabila kita mendapati daun yang menguning ataupun mengering sebaiknya langsung saja digunting karena bisa jadi daun yang menguning tersebut disebabkan oleh virus yang bisa menyebar ke daun-daun yang lainnya.

  • Waspadai hama tanaman wereng

Biasanya batang pohon tin bisa mengering dan keropos akibat dimakan oleh wereng, terlebih lagi jika pohon tersebut masih muda. Jadi kita bisa mencegahnya dengan cara menyemprotkan obat tanaman penangkal hama yang bisa dibeli di toko pertanian. Selain itu sebaiknya pohon juga diberi nutrisi berupa cairan untuk merangsang akar dan batang.

media tanam pohon tin dengan pupuk kompos

Sumber : kebuncantik.com

Apabila kita menanam bibit tin dalam pot, maka jika pohon tersebut telah berumur 2 atau 2.5 tahun sebaiknya bisa mulai dipindah ke lahan tanah agar pertumbuhannya bisa lebih maksimal. Selain itu pada umumnya pohon tin akan mulai produktif menghasilkan buah ketika sudah berumur 4-5 bulan. Kita bisa mulai memanen buah tin setiap kali masa panen tiba dan bisa memanfaatkan buah tersebut untuk berbagai macam kebutuhan baik untuk obat ataupun dikonsumsi.

Baca juga : Cara Mencangkok Pohon Kelengkeng Agar Cepat Berbuah

Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan

Karena buahnya yang masih jarang untuk ditemui, namun tidak sedikit pula yang rela berburu buah tin karena mengetahui manfaat yang bisa didapatkan jika mengonsumsi buah tersebut. Nah, bagi kalian yang belum mengetahui apa  saja sih manfaat dari buah tin, untuk lebih jelasnya bisa menyimak informasi di bawah ini.

manfaat buah tin bagi kesehatan

Sumber : kendaripos.fajar.co.id

  • Menurunkan kolesterol

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan yang disebabkan oleh menumpuknya kolesterol jahat dalam darah. Nah, jadi tumpukan kolesterol yang telah mengendap itu nanti akan menyumbat sirkulasi darah sehingga darah tidak bisa berjalan dengan lancar dari jantung ke seluruh tubuh.

Adapun dalam buah tin ini mengandung serat pektin yang mana bisa bermanfaat dan berfungsi untuk membersihkan tumpukan kolesterol jahat di dalam dalam darah. Jadi apabila kita mengonsumsi buah tin otomatis kita juga bisa menekan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh kita.

  • Menurunkan hipertensi

Kandungan buah tin yang terbilang lengkap seperti kalium, magnesium, fenol dan juga omega 3 dan 6 tentunya bisa membantu menekan penyakit darah tinggi jika dikonsumsi secara wajar. Selain itu buah ini juga terbukti efektif untuk menjaga kesehatan kinerja jantung.

  • Mencegah diabetes

Umumnya penyakit diabetes bisa muncul akibat tingginya kadar gula dalam darah. Apabila kita mengonsumsi buah tin ini secara teratur, terutama bagi penderita diabetes maka lambat laun penyakit diabetes tersebut bisa sembuh karena kandungan gula yang ada pada buah tin bukan merupakan glukosa melainkan fruktosa dan sangat baik untuk kesehatan.

cara menanam buah tin dan cara merawatnya

Sumber : figs-hunter.blogspot.com

Selain buahnya, daun dari buah tin ini sebenarnya juga bisa kita manfaatkan baik diolah untuk dikonsumsi maupun dijadikan sebagai obat. Jadi bisa dikatakan bahwa tanaman ini memang sangat bermanfaat mulai dari daun hingga buahnya bagi kesehatan tubuh manusia.

Itulah bahasan artikel kali ini mengenai cara menanam buah tin dan perawatannya lengkap. Apabila kalian tertarik untuk budidaya tanaman asal negara Arab ini maka bisa menerapkan informasi yang telah saya sampaikan di atas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply