s

Cara Menanam Cabe Hidroponik Sederhana Dengan Media Sekam

Cara menanam cabe hidroponik – Seiring dengan kemajuan teknologi dan pengetahuan saat ini, nampaknya dunia pertanian juga turut mengalami perkembangan yang salah satunya adalah penerapan metode penanaman dengan sistem hidroponik.

cara menanam cabe hidroponik sederhana dengan media air

Sumber : asacinta.blogspot.com

Mungkin bagi kalian yang masih awam banyak yang bertanya-tanya seperti apa sih metode penanaman hidroponik itu, apakah lebih efektif di terapkan dalam dunia pertanian? Nah, mungkin saya akan sedikit membahas metode hidroponik terlebih dahulu agar kalian memiliki gambar mengenai metode hidroponik.

Apa Sih Yang Dimaksud Metode Penanaman Hidroponik?

Jadi model penanaman hidroponik ini menggunakan air sebagai media tanam yang utama. Karena seperti yang kita tahu bahwa secara umum media tanam yang biasa digunakan adalah tanah, namun dengan sistem ini kita ternyata bisa menggantinya dengan air dan tentunya dengan memenuhi nutrisi yang diperlukan.

Kelebihan cara menanam cabe hidroponik

Sumber : hidrafarm.blogspot.com

Tapi sebenarnya dalam metode hidroponik bukan berarti tidak membutuhkan air sama sekali, hanya saja tanah tersebut di campur dengan sekam ataupun dengan pupuk dengan perbandingan yang sangat sedikit. Adapun menanam cabe dengan metode hidroponik terbilang cukup mudah dan simpel, karena kita tidak harus memerlukan lahan yang luas untuk bisa menanam cabe dan juga hasil panennya pun sama baiknya seperti kita menggunakan media tanam tanah. Mungkin ada juga beberapa kelebihan dan kekurangan menanam cabe hidroponik yang harus kamu. Antara lain :

Kelebihan Menanam Cabe Hidroponik

  • Penggunaan lahan tanam bisa lebih efisien karena tidak memerlukan banyak tempat. Berbeda jika kita menggunakan cara menanam cabe konvensional di tanah yang mana apabila kita bandingkan tentu akan jauh lebih efektif cara hidroponik.
  • Tanaman cabe bisa tumbuh subur tanpa memerlukan tanah sebagai media tanam.
  • Kualitas dan kuantitas hasil panen juga lebih tinggi karena menanam cabe secara hidroponik lebih bersih.
  • Penggunaan pupuk/nutrisi dan air terbukti lebih efisien karena air langsung terserap oleh tanaman sementara jika penanaman di tanah, maka air akan banyak yang terbuang sia-sia.
  • Cara perawatannya juga lebih mudah. Karena hidroponik bisa ditanam di lahan yang sempit namun tetap dengan kapasitas jumlah bibit yang banyak tentu pemantauannya akan jauh lebih mudah.

Kekurangan Menanam Cabe Hidroponik

  • Memerlukan modal lebih untuk menyiapkan media tanam dan nutrisinya. Karena kita perlu mempersiapkan peralatan-peralatan untuk menunjang sistem penanaman hidroponik.
  • Kemungkinan air menggenang lebih tinggi yang bisa memicu pelayuan tanaman cabe. Hal ini berbeda jika kita menggunakan tanah sebagai media tanam karena tanah lebih cepat meresap air.

Tanaman yang bisa ditanam dengan sistem hidroponik ada banyak jenisnya, namun pada artikel kali ini saya akan fokus membahas bagaimana cara menanam cabe hidroponik mengingat cabe sendiri merupakan salah satu yang paling sering digunakan di dalam masakan.

Terlebih lagi harga cabe juga sangat fluktuatif tentunya jika kita bisa menanam cabe sendiri di rumah dengan cara hidroponik bisa menekan pengeluaran untuk belanja.

Cara Menanam Cabe Hidroponik Sederhana

Untuk bisa menanam cabe dengan cara hidroponik, ada beberapa tahapan yang harus kita lakukan. Mulai dari mempersiapkan benih, hingga  pemberian nutrisi agar cabe yang kita tanam bisa tumbuh subur dan produktif dalam menghasilkan cabe. Langsung saja untuk lebih jelasnya bisa kalian simak penjelasannya di bawah ini :

  • Mempersiapkan Benih Dari Biji Cabe Yang Berkualitas

Ada banyak jenis cabe yang bisa kita tanam mulai jenis cabe impor maupun cabe lokal. Namun jenis yang saya rekomendasikan kali ini adalah jenis cabe rawit karena terbilang lebih mudah dalam penanaman dan juga tidak memerlukan waktu yang terlalu lama untuk bisa memanennya.

memepersiapkan biji cabe hidroponik

Sumber : ahlulbaitnabisaw-health.blogspot.com

Adapun seperti yang kita tahu untuk bisa menghasilkan kualitas cabe yang bagus biasanya sangat ditentukan oleh benih yang ditanam. Oleh karena itu pemilihan benih cabe yang bagus harus benar-benar kita perhatikan karena akan sangat mempengaruhi hasilnya nanti.

Jadi jika kita sudah mendapatkan benih cabe yang tepat, langkah selanjutnya biji cabe tersebut kita keringkan dengan hanya mengangin-anginkannya saja. Apabila semuanya sudah kering maka kita bisa coba merendamnya dalam air untuk menentukan mana biji cabe yang bagus dan mana yang jelek. Jadi biji cabe yang tenggelam saat direndam itu adalah biji cabe yang bagus untuk dijadikan benih cabe untuk ditanam dengan cara hidroponik.

memepersiapkan biji cabe hidroponik untuk ditanam

Sumber : psikek.wordpress.com

Akan tetapi jika kalian tidak sempat melakukan hal tersebut, bisa juga dengan cara membeli benih cabe di toko pertanian. Harganya pun tidak terlalu mahal dan biasanya dijual dalam kemasan plastik dengan berat sesuai permintaan.

Tonton Cara Penyortiran Biji Cabe Sebagai Benih

  • Melakukan Penyemaian Benih Cabe

Langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah penyemaian. Dalam tahap ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan, Adapun sebenarnya tahapan ini hampir sama seperti penanaman dengan media tanah. Mungkin untuk lebih jelasnya bisa anda ikuti langkah berikut :

cara peyemaian cabe hidroponik sebelum ditanam

Sumber : balitsa.litbang.pertanian.go.id

  1. Merendam benih cabe – tujuan daripada tahap ini untuk mempercepat penyemaian. Namun tentunya harus dipastikan bahwa biji yang disemai adalah biji pilihan yang tenggelam apabila direndam dalam air.
  2. Membungkus benih cabe dengan kain basah – Pada tahap ini kita akan membungkus benih cabe selama 24 jam agar benih cabe tumbuh menjadi kecambah. Nah setelah muncul bibit kecambah cabe barulah kita bisa melakukan penyemaian.
  3. Menabur benih ke media tanam – Kita akan menggunakan media tanam berupa sabut kelapa atau bisa juga dengan sekam padi yang disiram dengan air secukupnya. Namun perlu diperhatikan jangan sampai airnya menggenang, jadi hanya cukup media tanamnya basah saja. Kalau anda tidak sempat membuat media tanam hidroponik maka anda juga bisa membelinya di toko pertanian.

Simak Cara Penyemaian Benih Pada Tray Semai

Adapun dalam masa penyemaian sebaiknya media tanam tidak diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Selain itu juga penyiraman harus selalu dilakukan hingga bibit cabe benar-benar tumbuh.

  • Proses Pemindahan Bibit Dari Media Semai Ke Media Tanam (Transplanting)

Proses pemindahan atau dalam istilah pertanian dikenal dengan transplanting ini bisa dilakukan saat bibit cabe sudah memiliki daun sejati. Jadi bibit cabe tersebut bisa dipindah dari media semai ke media tanam dalam polybag seperti yang telah dipersiapkan di atas.

cara transplanting cabe hidroponik

Sumber : inewbiee.com

Pembuatan Media Tanam Cabe Hidroponik

Media tanam yang bisa digunakan untuk model penanaman hidroponik biasanya terdiri atas sekam yang dicampur dengan hidroton atau bisa juga dengan pecahan genting ataupun kerikil. Adapun sistem penanaman yang terkenal dan biasa diterapkan dalam model hidroponik adalah sistem Depp Water Culture, sistem Mick dan bisa juga dengan media polybag yang disiram tiap hari.

media tanam cabe hidroponik

Sumber : kampoengilmu.com

Nutrisi Hidroponik Khusus Untuk Cabe

Pemberian nutrisi merupakan hal penting dan memang sangat dibutuhkan oleh tanaman yang kita tanam dengan cara hidroponik. Adapun penggunaan dosis nutrisi juga harus tepat terutama dalam tahap-tahap pertumbuhan. Selain itu pengecekan nutrisi harus selalu diperhatikan agar kebutuhannya selalu terpenuhi.

pemberian nutrisi cabe hidroponik

Sumber : tokopedia.com

Saat masa pertumbuhan vegetatif, untuk memenuhi unsur tanah sebagai media tanam kita bisa menyemprotkan pupuk daun. Apabila tanaman cabe telah memasuki fase generatif, barulah pupuk daun tersebut bisa diganti dengan pupuk buah yang mana kita bisa menggunakan Growmore, Gansil A/B, Nasa, POC atau Supergrow. Pupuk tersebut bisa dengan mudah didapatkan karena sudah banyak tersedia di toko khusus pertanian.

Cara Perawatan Cabe Hidroponik Agar Terhindar Dari Hama

Perawatan harus dilakukan setiap hari agar cabe hidroponik yang kita tanam tidak terserang hama dan penyakit. Biasanya hama dan penyakit yang menjadi musuh tanaman cabe adalah ulat, kutu, wereng, antraknosa, pembusukan batang dan lain-lain.

cara merawat cabe hidroponik

Sumber : pixabay.com

Jadi misal cabe hidroponik yang kita tanam terkena penyakit, sebaiknya langsung saja dibuang bagian yang terinfeksi atau busuk untuk pencegah penyebaran ke bagian yang lain. Selain itu penyiraman juga harus dilakukan secara rutin, begitu juga dengan pemberian pupuk agar subur.

Tonton Juga Video Cara Menanam Cabe Hidroponik

Secara umum tanaman cabe bisa mulai berbuah atau dipanen ketika memasuki umur 3 bulan setelah masa tanam. Hasil panen cabe yang berkualitas biasanya sangat dipengaruhi oleh cara penanaman dan perawatan yang tepat. Oleh karena itu jika anda ingin mencoba cara menanam cabe hidroponik pastikan semua terawat dengan baik. Selamat mencoba!!

Leave a Reply