Cara Mengatasi Hp Bootloop yang Tepat Untuk Semua Merk. Work 100% !

Cara mengatasi HP bootloop – Memang tidak bisa di pungkiri lagi bahwa HP android sudah menjadi barang penting yang mana selain berguna untuk sarana komunikasi juga bisa sangat memudahkan dalam aktivitas sehari-hari. Dengan berbagai macam tawaran fitur yang mumpuni ditambah harganya yang tidak lagi mahal membuat siapa saja butuh HP android tersebut.

Namun apabila kita telaah lebih dalam lagi, ada salah satu keluhan yang biasa di ungkapkan oleh pengguna android yang mana secara tiba-tiba ponsel android mereka mati dan bootloop. Umumnya bootloop sendiri terjadi karena adanya kerusakan pada file sistem operasi sehingga ponsel gagal melakukan booting. Akhirnya HP android gagal masuk ke menu utama dan hanya bisa menampilkan logo ponsel saja, demikian ini lebih akrab disebut dengan bootloop.

cara mengatasi hp bootloop

helodroid.com

Nah, bagi kalian yang mungkin saat ini sedang mengalami masalah yang sama bisa menyimak ulasan di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Bootloop Dengan Mudah Untuk Semua Merk Android

Untuk menjawab pertanyaan teman-teman yang sering di keluhkan, bagaimana cara mengatasi bootloop pada hp android? Kenapa HP android saya tidak mau masuk ke home? Mengapa hp android saya tiba-tiba sering mati sendiri? Dan kenapa saat di-restart hanya muncul logo hp saja?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kita harus mengetahui apa sih yang menjadi penyebab permasalahan pada hp android kita, apa karena kita salah melakukan custom rom atau mungkin ada penyebab lain yang juga bisa mempengaruhi. Setelah ditemukan masalahnya maka perbaikannya pun harus menyesuaikan seperti berikut ini :

mengatasi android bootloop

Android Light Bootloop

Masalah android yang satu ini biasa terjadi saat kita terlalu sering bermain game atau saat kita menginstal aplikasi / menonton video yang bisa memberatkan kinerja ponsel. Jadi secara tiba-tiba ponsel akan restart dan re-boot sendiri, namun saat re-boot ponsel tidak bisa masuk ke home sehingga yang muncul hanya logo dari ponsel itu sendiri secara terus menerus.

  • Cara mengatasinya :

Bila kalian mengalami masalah yang sama, maka cara memperbaikinya bisa dengan melepas baterai dan memasangnya kembali. Cukup simpel memang, karena android light bootloop ini termasuk dalam permasalahan yang ringan dan dengan melepaskan baterai dan memasangnya lagi biasanya ponsel akan bekerja normal kembali.

Android Medium Bootloop

android medium bootloop

klikmania.net

Untuk masalah android medium bootlopp, biasanya terjadi akibat adanya aktivitas pengguna yang kerap kali mengotak-atik berbagai macam fitur yang ada di android atau bahkan sering masuk ke system recovery.

Karena system recovery ini adalah bagian yang cukup vital di ponsel android, dan di sana pula kita bisa melakukan root. Jadi tidak heran jika menu tersebut sangat dilindungi untuk mencegah kesalahan pengguna yang mungkin tidak sengaja melakukan perubahan.

Nah, masalah android medium bootloop ini termasuk dalam tingkatan menengah, sehingga untuk memperbaikinya bisa dengan cara masuk ke dalam system recovery untuk melakukan pemback-up an ulang semua file dan data.

  • Cara mengatasinya :

Permasalahan tingkat medium ini kita bisa memperbaikinya dengan bantuan PC atau Laptop yang mana itu nanti akan jadi perantara untuk memback-up data recovery image dan file recovery CWM (file asli bawaan).

Namun bagi kalian yang belum pernah memback-up data ROM nya maka kalian bisa mencari data recovery di internet yang sesuai dengan tipe ponselmu. Sebab jika kalian tidak punya data back-up an dan tidak bisa menemukannya di internet maka data tidak bisa dikembalikan.

Android Hard Bootloop

Untuk permasalahan tingkat berat yang satu ini umumnya terjadi karena adanya aktivitas penggantian stock ROM yang tidak sama, bisa juga karena melakukan update sistem operasi yang gagal dan bisa pula adanya kegagalan dalam peng-compile-an APK.

Hal-hal tersebut kerap menjadi penyebab utama sekaligus masalah berat yang memerlukan perbaikan khusus. Adapun cirinya seperti ponsel tidak bisa masuk ke menu utama dan kondisi HP macet total.

  • Cara mengatasinya :

Karena terbilang cukup parah, maka untuk mengatasi kerusakan android yang satu ini kita memerlukan bantuan PC atau komputer. Kemudian kita memerlukan aplikasi khususuntuk menginstal ulang Sistem Operasi android untuk melakukan Flasing Rom. Namun cara penginstalannya sendiri tiap merk ponsel berbeda-beda sesuai tipe.

Baca juga : Cara Menghilangkan Iklan di Android

Software yang Harus Di Instal Untuk Membantu Cara Mengatasi HP Bootloop Android

software untuk mengatasi hp bootloop

kreasitekno.com

  • Untuk jenis HP android yang mempunyai fitur Voice Call dan prosesor MTK seperti Samsung, Acer, Axioo, Mito, Advan dan HTC kalian bisa menggunakan software bantu bernama SP Flash Tool. Jadi software ini bisa membantu mengatasi kerusakan bootloop tingkat berat.
  • Sedangkan ntuk HP android yang terkenal umumnya telah disediakan software khusus untuk mengatasi bootloop yang bisa di cari di internet. Adapun misalnya HP LG dengan KDZ Tool, ZTE Tab Light dengan Sales MultiDL dan Samsung Galaxy dengan ODIN.
  • Untuk tablet yang menggunakan chipset Allwinner seperti IMO Z5, Speed UP, CyprusPad, Websong dan Treq Basic bisa menggunakan software LiveSuit.
  • Khusus untuk tablet Allwineer yang menggunakan MicroSD bisa menggunakan Phoenix Card Tools untuk mengatasi bootloop dengan cara flashing ROM.
  • Sementara untuk melakukan flasing firmware pada HP Trou, Cube, dan tablet yang menggunakan CPU Rock Chip dapat menggunakan software RK BatchTool.

Mengatasi HP Bootloop Ringan Dengan Cara Reset Pabrik

Selain cara di atas, cara mengatasi HP bootloop bisa juga dengan masuk ke CWM Recovery untuk mengembalikan android ke setingan pabrik. Jadi bisa dikatakan semua sistem yang ada akan di reset seperti awal mula. Namun sebaiknya cara tersebut dilakukan jika kita sudah melakukan back-up data yang kita miliki. Adpaun caranya seperti berikut.

mengatasi hp bootloop dengan reset pabrik

cusromos.com

Pilih 1 dari 3 cara berikut ini, mana yang bisa berjalan di HP androidmu

  • Tekan tombol volume (+) dan Tombol power bersamaan
  • Tekan tombol volume (-) dan tombol power secara bersamaan.
  • Tekan tombol volume (-/+) dan Toambol Menu serta Tombol Power Bersamaan

Lalu masuk ke menu recovery mode

  • Pilih Wipe Data / Factory Reset dengan menggunakan tombol volume (+) atau (-)
  • Lalu pilih yes atau confirm dengan menggunakan tombol power

Kemudian lanjutkan dengan memilih Yes – Delete All User Data

Yang terakhir pilih opsi reboot

Tapi jika sudah melakukan langkah di atas dan ternyata belum bisa berhasil. Maka cara yang bisa kalian lakukan adalah dengan melakukan flashing dan menyiapkan firmware khusus untuk tipe dan merek tertentu.

Mungkin sampai di sini pembahasan cara mengatasi HP bootloop yang bisa saya bagikan, semoga cara di atas bisa membantu dan bisa mengembalikan ponselmu seperti sedia kala.

Leave a Reply