s

Panduan Cek Saldo Jamsostek Via Online, SMS dan Bank BNI, No Ribet !!

Cek saldo jamsostek – Sekarang ini pentingnya akan jaminan kesehatan baik untuk diri kita pribadi maupun untuk keluarga memang sangatlah penting. Karena kita sebagai manusia pastinya tidak akan tahu bagaimana dan apa yang akan terjadi di kemudian hari apabila terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.

Adapun untuk mengatasi kekhawatiran tersebut, kita sebenarnya bisa mengikuti berbagai macam jenis asuransi kesehatan yang ada namun dengan tetap memperhatikan kualitas pelayanan dan hak-hak yang bisa kita dapatkan jika kita mengikuti asuransi tersebut. Jadi dengan upaya mengikuti asuransi tersebut, secara tidak langsung kita memiliki jaminan di masa tua terlebih lagi jika sewaktu-waktu ada anggota keluarga yang sakit dan harus memerlukan biaya pengobatan.

cek saldo jamsostek

Sumber : logo-situs.blogspot.co.id

Dengan mendaftarkan diri kita di sebuah jasa asuransi maka kita hanya perlu merogoh atau menginvestasikan sebagian uang kita untuk jaminan kesehatan jika sewaktu-waktu di butuhkan setiap bulannya secara rutin. Karena sekarang ini telah ada nama jamsostek yang siap membantu anda untuk meringankan beban yang sewaktu-waktu anda alami. Akan tetapi, sayangnya masih banyak orang yang mungkin sampai saat ini belum sadar akan pentingnya jaminan kesehatan berupa asuransi untuk bekal kita di hari tua.

Apakah Asuransi Jamsostek Itu Benar-benar Dibutuhkan?

Tentu saja iya. Jadi perlu untuk kalian ketahui bahwa jamsostek atau jaminan sosial tenaga kerja sendiri bukan hanya untuk sakit saja akan tetapi juga bisa digunakan untuk berjaga-jaga jika terjadi permasalahan ekonomi dan juga yang lainnya di dalam keluarga. Terlebih lagi jika sekarang ini sudah banyak perusahaan ataupun pabrik-pabrik yang mewajibkan para karyawannya untuk mendaftarkan diri beserta anggota keluarganya untuk bergabung di jamsostek.

asuransi jamsostek

Sumber : 7plusdesign.blogspot.co.id

Itulah mengapa keluarga yang sudah mendaftarkan seluruh anggotanya ke jamsostek maka kehidupannya kelak akan lebih terjamin, karena sudah ada bentuk asuransi tertulis jika suatu saat terjadi apa-apa maka semua masalah itu akan dipermudahkan.

Bagaimana Cara Cek Saldo Jamsostek ?

Nah, bagi kalian nih yang sudah memiliki jaminan asuransi jamsostek dan kebetulan masih bingung bagaimana cara cek saldo jamsostek, sebenarnya caranya sangat mudah dan ada beberapa pilihan cara yang bisa kalian pilih. Jadi kita sudah tidak perlu repot-repot untuk datang dan antre di kantor jamsostek hanya untuk mengecek saldo saja, melainkan sekarang ini kita bisa melihat jumlah saldo yang tersisa dengan menggunakan internet maupun SMS secara langsung.

rincian saldo JHT

Sumber : juraancara.com

Demikian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki pelayanan agar lebih efisien. Untuk lebih jelasnya bisa kamu simak tahapan cara cek saldo jamsostek berikut ini.

Cek Saldo Jamsostek Secara Online

Untuk mengecek saldo jamsostek memang tidak harus selalu mengantre langsung di kantornya, kita juga bisa melakukan cek saldo jamsostek secara online dengan tahapan seperti di bawah ini :

cek saldo jamsostek secara online

Sumber : vh18revolution.wordpress.com

  • Pertama kita siapkan terlebih dahulu nomor KPJ yang tertera pada kartu jamsostek
  • Kemudian kita masuk ke situs resmi jamsostek (jamsostek.co.id)
  • Selanjutnya untuk pengguna baru, maka bisa daftar terlebih dahulu untuk mendapatkan akses login. Sementara untuk pengguna yang sudah memiliki akses masuk bisa langsung mengisikan User ID dan passwordnya dan pilih Sign.
  • Saat mendaftar, jangan lupa untuk memilih jenis keanggotaan Tenaga Kerja.
  • Lalu isikan form yang ada di website secara lengkap dan pastikan semua data terisi dengan benar.
  • Kita tunggu beberapa saat agar user-id dan password di aktifkan
  • Kemudian buka email anda, maka nanti akan ada validasi hak akses ke website resmi jamsostek.
  • Nah, bagi pengguna baru sekarang bisa langsung login dengan mengisikan user dan password yang telah berhasil di buat.
  • Setelah login, untuk melakukan pengecekan kita bisa masuk ke menu Buku JHT, lalu pilih saldo jamsostek dan nanti di sana akan terlihat berapa saldo jamsostek yang kita miliki.

Cara tersebut tentu lebih simpel untuk dilakukan ketimbang kita cek saldo jamsostek dengan cara lama yang membutuhkan waktu untuk mengantre terlebih dahulu di kantornya.

Cara Cek Saldo Jamsostek Via Sms 08111009696

Kita juga bisa mengecek saldo jamsostek via sms. Tentu ini menjadi cara alternatif bagi mereka yang tidak memiliki akses internet dan juga cara ini juga cukup mudah untuk dilakukan. Karena kita hanya perlu mengetikkan tulisan dengan format tertentu dan di kirim ke nomor tertentu maka kita nanti akan langsung mendapatkan balasan sms berupa hasil saldo jamsostek yang tersisa. Langsung saja berikut ini caranya :

  • Pertama kita harus melakukan pendaftaran dahulu untuk memperoleh nomor-id dengan cara mengirimkan SMS dengan format REG#NoJamsostek#Tgl_lahir#Nama_ibu dan kirimkan format tersebut ke nomor 08111009696.
  • Kita tunggu beberapa saat dan nanti kita akan memperoleh balasan SMS berisi Nomor-id.
  • Kemudian kita bisa langsung mengecek saldo dengan format Saldo#No_id lalu kirim ke 08111009696.

Nah, dari cara di atas kita nanti akan mendapatkan balasan berupa hasil saldo jamsostek yang kita miliki.

Cara Cek Saldo Jamsostek Via Sms 2757

Selain ke nomor 08111009696, kita juga bisa cek saldo jamsostek ke nomor 2757 dengan format seperti berikut :

  • Ketikkan Saldo#No.KTP#Nama peserta#Tgl lahir#No.peserta#
  • Lalu kirim format di atas melalui SMS ke nomor 2757.

Maka hasil saldo akan muncul di balasan SMS yang kita terima.

cek saldo jamsostek via sms

Sumber : abahujang.blogspot.co.id

Cara Cek Saldo Via Bank BNI

Untuk pengecekan saldo jamsostek via bank BNI ini memang sengaja di upayakan atas hasil kerja sama pihak terkait guna memberikan pelayanan tambahan sehingga bisa semakin mempermudah pengguna yang ingin mengecek saldo jamsostek melalui bank khususnya pengguna ATM BNI. Adapun cara ini bisa dilakukan setiap saat, namun perlu di ingat bahwa cara ini bisa dilakukan untuk pengecekan saja, jadi tidak bisa untuk mengambil uang atau sisa saldo yang ada.

Sekarang ini memang bisa dibilang ada banyak sekali kemudahan yang bisa dilakukan untuk mengecek saldo jamsostek  yang kita miliki. Jadi kita tidak usah repot-repot datang ke kantor jamsostek hanya untuk mengecek saldo di dalamnya. Kesimpulannya kita bisa dimudahkan dengan pengecekan melalui internet, SMS maupun via Bank BNI.

Tanya Jawab Seputar Pencairan Saldo Jamsostek

pencairan saldo jamsostek

Sumber : vh18revolution.wordpress.com

Berikut ini ada beberapa tanya jawab seputar jamsostek yang mungkin bisa menjawab pertanyaan yang belum kalian ketahui. Adapun tanya jawab di atas merupakan hasil dari pengalaman penulis.

Apakah saya bisa mencairkan uang JHT, meskipun saya baru bekerja selama 2 tahun?

Bisa. Jadi sejak awal September 2015 sudah tidak ada lagi syarat pencairan harus sekian tahun usia kepesertaan. Bisa dikatakan kita bisa mencairkan uang JHT 100% terserah baru 2 atau 3 tahun sekalipun bisa di ambil secara penuh.

Bagaimana cara mengetahui jamsostek kita apakah masih aktif?

Secara normal, saat kita berhenti bekerja dan saat kita menghentikan iuran jamsostek tiap bulan maka otomatis kartu kita sudah non-aktif. Namun ada beberapa kasus yang mana saat kita sudah menghentikan iuran tiap bulan tapi kartu masih saja aktif. Nah, untuk memastikannya ada baiknya langsung datang ke kantor BPJS agar lebih jelas dan transparan.

Saya punya 2 kartu Jamsostek, apa bisa dicarikan secara bersamaan ?

Selama kedua kartu dalam kondisi non-aktif serta masing-masing dari kartu tersebut juga masih dilengkapi dengan paklaring, maka uang JHT tersebut tetap bisa dicarikan secara bersamaan.

Apakah bisa mencairkan uang JHT tanpa Paklaring?

Tentu saja tidak bisa. Karena seperti yang kita tahu bahwa paklaring atau surat pemberhentian kerja adalah sebagai bukti kuat bahwa kita pernah kerja di perusahaan tersebut.

Mungkin itu dulu yang bisa saya bagikan mengenai cara cek saldo jamsostek yang bisa kalian lakukan dengan mudah dan beberapa tanya jawab seputar pencairan uang JHT. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply