s

Ciri-Ciri Dan Cara Memelihara Tokek Agar Cepat Besar

Ciri-ciri dan cara memelihara tokek – Seperti yang kita tahu bahwa baru-baru ini berbisnis tokek memang tengah booming di masyarakat. Adapun banyak orang berburu tokek dan memeliharanya hingga besar dengan tujuan bisa dijual dengan harga yang cukup mahal.

ciri-ciri dan cara memelihara tokek

Sumber : yafi20.blogspot.com

Pada dasarnya tokek merupakan salah satu hewan yang termasuk dalam jenis cicak besar dengan pertumbuhan yang lambat. Adapun tokek rumah yang biasa kita jumpai kebanyakan berukuran kecil, namun untuk jenis tokek hutan biasanya memiliki ukuran yang lebih besar karena ketersediaan makanan yang lebih banyak. Oleh karena itu banyak pemburu tokek yang rela berburu ke hutan demi mendapatkan tokek dengan ukuran yang lebih besar.

Sampai saat ini seekor tokek akan dihargai sangat mahal apabila memiliki ukuran yang besar, bahkan harga tokek dengan berat 500 gram saja bisa mencapai ratusan juta, tentu ini menjadi sesuatu yang sangat fenomenal.

memelihara tokek untuk dijual

Sumber : tips-ukm.com

Sebenarnya yang menjadikan harga tokek sangat mahal karena manfaat yang terkandung di dalamnya sangatlah banyak terutama sebagai obati penyakit-penyakit kronis. Nah, untuk lebih jelasnya bisa kalian simak informasi di bawah ini.

Ciri-Ciri Tokek Secara Fisik Yang Bisa Kita Kenali

ciri-ciri tokek

Sumber : themalaysianlife.blogspot.com

  • Tokek atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Tokay Gecko ini tersebar mulai timur laut India hingga kepulauan Indo-Australia. Adapun ciri-ciri fisiknya seperti berikut :
  • Badannya berbentuk silinder dengan bagian atas terlihat lebih gepeng
  • Memiliki kepala dengan ukuran yang lebih besar dari leher
  • Mempunyai Mata yang besar dan sedikit menonjol
  • Kelopak matanya terlihat menyatu berwarna transparan
  • Memiliki sisa mata ketiga yang berada tepat di bagian atas kepala, namun ukurannya sangat kecil sehingga akan sangat sulit terlihat apabila tidak di amati dengan seksama.
  • Telinganya nampak seperti lubang kecil di kedua sisi kepala dengan kemampuan jangkauan 300 – 10.000 Hz.
  • Kulitnya terasa sangat lembut jika disentuh dengan warna abu-abu dan kecokelatan
  • Tokek juga mempunyai kemampuan untuk memutuskan ekornya seperti halnya cicak atau yang lebih biasa dikenal dengan kemampuan autotomi.

Umur Tokek Dalam Bertahan Hidup

Jadi bagi kalian yang ingin memelihara atau membudidayakan tokek untuk dijual, perlu kalian ketahui bahwa umur tokek sebenarnya bisa mencapai 10 tahun jika berada di alam bebas. Akan tetapi apabila kita membudidayakan tokek sejak lahir maka biasanya hanya bisa mencapai 5-6 tahun saja. Hal ini dipengaruhi oleh makanan, lingkungan maupun aktivitas yang dilakukan di penangkaran tentunya sangat jauh berbeda apabila tokek tersebut hidup di alam bebas.

Proses Reproduksi Tokek

proses reproduksi dan cara memeliha tokek

Sumber : photobucket.com

Pada dasarnya musim kawin untuk tokek biasanya akan berlangsung selama 4-5 bulan, adapun cara sang jantan untuk menarik perhatian si betina akan mengeluarkan suara khas yakni “To-Kay”. Jadi sang jantan akan bersuara terus-menerus dan diulang-ulang sambil mendekati si betina. Proses reproduksi tersebut dimulai saat sang jantan mendekati si betina dari belakang dan kemudian menggigit leher si betina. Setelah proses reproduksi berlangsung biasanya si betina akan mencari tempat untuk bertelur dan jika sudah menemukan tempat yang dirasa cocok, dia akan mulai bertelur hingga menetaskan anaknya di tempat tersebut. Namun dalam tempat penangkaran biasanya kemungkinan tokek akan memakan telur mereka sendiri akan lebih besar jika dibandingkan dengan proses reproduksi di alam.

Berikut Cara Memelihara Tokek Untuk Di Budidayakan

Lingkungan Yang Baik Bagi Tokek

Yang perlu diperhatikan ketika kita memelihara tokek adalah jangan pernah menempatkan hewan tersebut di tempat yang terang. Karena kita tahu bahwa tokek termasuk dalam hewan nokturnal yang mana lebih aktif di malam hari. Adapun penempatan di tempat yang terang bisa menyebabkan tokek menjadi stres dan malas makan sehingga mereka tidak akan tumbuh besar. Selain itu jauhkan pula kandang tokek dari keramaian, kalau bisa tempatkan di tempat yang memang tidak ada aktivitas manusia.

Kandang Untuk Tokek

Untuk pembuatan kandang tokek sebaiknya berbahankan kayu untuk menirukan habitat aslinya. Selain itu kita juga memberikan sepotong bambu utuh dengan panjang kira-kira 25 cm dan diberi lubang untuk masuk ke dalamnya sebagai tempat persembunyian.

kandang untuk memelihara tokek

Sumber : carabeternaktokekversizulfaniskandar.blogspot.com

Makanan Tokek Agar Cepat Besar

Apabila kita memelihara tokek dengan tujuan untuk dijual, pastinya kita ingin agar tokek tersebut cepat besar dan berat, bahkan tokek yang bisa dijual rata-rata memiliki kriteria berat 4 ons dengan panjang 40 cm.

oleh karena itu pemberian makan secara rutin harus benar-benar kita perhatikan. Sebaiknya pemberian makan yang paling tepat dilakukan saat malam hari seperti jam 7 malam, kemudian jam 10 malam dan yang terakhir jam 12 malam. Adapun selain jam tersebut kita juga bisa memberinya makan pada pagi dan siang hari.

Karena tokek termasuk dalam keluarga reptil, maka kita bisa memberinya makan hewan-hewan yang lebih kecil seperti cicak atau bisa juga serangga seperti belalang, jangkrik, nyamuk dan lain-lain. Akan tetapi kebanyakan orang yang memelihara tokek memberinya makan dengan jangkrik karena dirasa lebih mudah untuk di dapatkan dan juga sudah banyak yang memelihara jangkrik untuk dijual sebagai pakan hewan.

makanan tokek untuk dipelihara

Sumber : kompasiana.com

Jika musim hujan tiba kita juga bisa memberinya makan hewan laron dan bahkan banyak orang mengatakan bahwa bayi tikus yang masih merah dipercaya bisa dijadikan makanan nutrisi terbaik bagi tokek untuk bisa tumbuh lebih cepat. Namun kombinasi pakan yang kita berikan juga sebaiknya harus di kombinasi agar tokek tidak manja dan hanya mau diberi pakan jenis hewan tertentu saja.

Tempat Yang Nyaman Untuk Tokek

Seperti yang sudah di jelaskan bahwa karakteristik dari tokek sendiri senang berada di tempat yang gelap. Jadi jangan sampai saat kita beternak tokek, kemudian menempatkannya di tempat  yang mana sinar matahari bisa masuk.

tempat yang nyaman untuk tokek

Sumber tokekhunter.blogspot.com

Beberapa Khasiat Tokek Bagi Kesehatan

Mungkin kalian bertanya-tanya mengapa harga tokek bisa sangat mahal, padahal harga hewan lainnya rata-rata masih tetap normal saja. Jadi sebenarnya seekor tokek dihargai sangat mahal karena khasiatnya yang disebut-sebut bisa digunakan sebagai obat anti kanker dan HIV AIDS.

Khasiat Tokek Bagi Kesehatan

Sumber : tokekbatu.wordpress.com

Seperti yang kita tahu bahwa kedua penyakit tersebut merupakan penyakit berat dan bahkan sampai saat ini belum ditemukan obat yang efektif. Oleh karena itu banyak orang percaya bahwa hewan tokek tersebut apabila dikonsumsi bisa mengobati penyakit tersebut meskipun belum ada penelitian ilmiahnya.

Adapun zat aktif yang terdapat pada tokek bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta bisa mereduksi sel-sel tumor dan juga bisa menekan perkembangan kanker. Bahkan dalam uji khasiat yang dilakukan menunjukkan bahwa dengan daging tokek bisa dibuat metode pengobatan baru yang di integrasikan dengan TCM atau Traditional Chinese Medicine.

Jadi itulah beberapa ciri-ciri tokek yang bisa kita amati dengan mata langsung sehingga kita bisa membedakan mana tokek dan mana cicak, karena keduanya masih satu keluarga namun berbeda jenis. Semoga artikel cara memelihara tokek kali ini bisa bermanfaat khususnya bagi kalian yang sadar akan esarnya peluang bisnis dalam hal penjualan tokek.

Leave a Reply