s

Contoh Sinopsis Novel Laskar Pelangi Dan Perahu Kertas

Contoh sinopsis novel laskar pelangi dan perahu kertas – Jadi yang dimaksud dengan sinopsis bisa dikatakan sebagai rangkuman secara garis besar dari sebuah karya tulis baik berupa buku, cerpen ataupun novel yang di dalamkan menggambarkan isi cerita secara konkret maupun abstrak.

Contoh sinopsis novel laskar pelangi dan perahu kertas

Sumber : jophouse.com

Dengan adanya sebuah sinopsis, kita bisa mengetahui gambaran secara umum dari sebuah buku atau novel yang kita pegang tanpa harus membaca isinya terlebih dahulu secara keseluruhan. Namun di sisi lain ada beberapa fungsi dari sinopsis seperti di bawah ini.

Fungsi Dari Sinopsis

  • Sinopsis memiliki fungsi utama yakni untuk memberikan gambaran sebuah novel secara ringkas kepada para membaca tanpa perlu membaca keseluruhan terlebih dahulu.
  • Sinopsis dibuat untuk memberikan gambaran isi keseluruhan secara cepat agar para pembaca lebih tertarik.
  • Sinopsis kerap digunakan sebagai epilog ataupun prolog dari sebuah novel.
  • Sinopsis mampu memberikan gambaran mengenai alur atau urutan cerita.
fungsi sinopsis novel laskar pelangi

Sumber : wikihow.com

Ciri-Ciri Dari Sinopsis

Tahukah kalian apa saja sih ciri-ciri sebuah sinopsis, lalu apa bedanya dengan rangkuman atau kesimpulan sebuah cerita? Jadi untuk menjawab pertanyaan itu tadi, kalian harus mengetahui ciri-ciri sinopsis secara menyeluruh. Adapun ciri-cirinya adalah :

  • Jalan cerita atau alur yang ada disusun urut berdasarkan kronologi sesuai isi cerita di novel. Jadi bisa dikatakan alur yang ada di sinopsis itu sama persis dengan cerita aslinya sehingga akan sangat membantu para pembaca.
  • Biasanya sebuah sinopsis dibuat dengan rangkaian kalimat yang sangat persuasif. Hal ini bertujuan untuk menarik minat para pembaca. Karena apabila seorang pembaca Cuma membaca judulnya saja bisa jadi dia akan meninggalkan novel tersebut, namun dengan adanya sinopsis setidaknya mereka akan menyempatkan membaca dan bisa tertarik untuk membaca keseluruhan.
  • Sinopsis dikemas dan ditulis secara menarik, biasanya ditaruh di cover belakang atau bisa juga di halaman setelah cover judul.
  • Sinopsis selalu menampilkan permasalahan-permasalahan secara singkat dan menarik.
  • Sinopsis pasti dibuat sedemikian rupa agar membuat penasaran para pembaca.
ciri-ciri sinopsis novel laskar pelangi

Sumber : hercampus.com

Contoh Sinopsis Novel Laskar Pelangi

Sebenarnya ada beberapa contoh sinopsis dari novel-novel yang populer di Indonesia. Contoh sinopsis di bawah ini bisa dikatakan mampu memberikan gambaran kepada kita sebagai calon pembaca secara jelas dan menarik. Langsung saja ini dia contoh sinopsis novel populer di Indonesia yaitu Novel Laskar Pelangi.

  • Penulis : Andrea Hirata
  • Penerbit : Bentang Pustaka
  • Tahun Terbit : 2005
  • Jumlah halaman : 529 (xxxiv)
contoh sinopsis novel laskar pelangi terlengkap

Sumber : indahrestuanjani.blogspot.com

Perkenalan Mengenai Novel Laskar Pelangi

Novel laskar pelangi adalah salah satu novel karya Andrea Hirata yang merupakan serangkaian dari kumpulan 4 novel yang ceritanya saling berkelanjutan atau disebut tetralogi. Adapun dalam seriesnya laskar pelangi sendiri terdiri atas Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Endensor, dan Maryamah Karpov.

Jadi novel laskar pelangi ini secara garis besar menceritakan tentang kehidupan sekelompok bocah yang tinggal di daerah Belitong. Adapun novel ini mengawali kisahnya dengan menceritakan kisah miris mengenai pendidikan di Indonesia yang mana digambarkan terdapat sekolah yang sudah hampir tutup karena kekurangan murid. Cerita prolog mengenai mirisnya dunia pendidikan tersebut dikemas secara apik dalam novel tersebut.

Sekolah SD yang diceritakan dalam novel Laskar Pelangi tersebut yaitu SD Muhammadiyah yang mana tepatnya berada di Gantung Timur. Namun karena di SD tersebut memiliki jumlah murid yang berjumlah genap 10, maka tetap mendapatkan izin untuk beroperasi walaupun pada kenyataannya sekolah tersebut dalam kondisi yang tidak layak. Jadi diceritakan 10 murid yang tersisa tersebut mendapatkan julukan Laskar Pelangi , adapun julukan tersebut diberikan oleh salah satu guru yang bersedia mengajar di tempat tersebut yang bernama Bu. Mus karena mengetahui bahwa kesemua muridnya sangat suka terhadap pelangi.

Kesepuluh tokoh laskar pelangi

Sumber : indonesianfilmcenter.com

10 murid SD yang sekaligus menjadi tokoh dalam novel tersebut adalah :

  • A Kiong
  • Borek
  • Harun
  • Ikal
  • Kucai
  • Lintang
  • Mahar
  • Sahara
  • Syahdan
  • Trapani

Jadi mereka semua memiliki hubungan persahabatan yang sangat erat, terlebih lagi kisah persahabatan mereka ditulis oleh tangan dingin sang penulis. Novel tersebut menceritakan aktivitas keseharian mereka baik saat di sekolah maupun di lingkungan sosialnya. Kalau boleh dikatakan, para laskar pelangi tersebut memiliki semangat juang yang tinggi dan memiliki tekad yang luar biasa. Apalagi seiring berjalannya cerita kita akan dijumpai dengan kejadian-kejadian yang tidak terduga dan dari sana jugalah mereka para laskar menemukan keunggulan-keunggulan yang ada pada persahabatan mereka dan juga di dalam dirinya.

gedung sekolah laskar pelangi

Sumber : youtube.com

Mungkin cerita mengenai persahabatan pada laskar pelangi tersebut yang menjadi titik fokus bagi si penulis untuk menarik perhatian para pembaca dan di sisi lain Andrea Hirata juga sangat pandai dalam menyisipkan nuansa komedi di setiap alur ceritanya.

Novel Laskar Pelangi ini menggunakan sudut pandang orang pertama yaitu “aku” . Aku sendiri menunjuk pada tokoh si Ikal. Jadi ikal ini termasuk salah satu anak yang pandai meskipun ada pada urutan kedua setelah si Lintang di kelasnya. Dia memiliki ketertarikan dalam dunia sastra dan dia juga gemar menulis puisi. Berbeda halnya dengan tokoh si Lintang, dia adalah bocah jenius yang orangtuanya bekerja sebagai nelayan dan kehidupannya sangat sederhana. Apalagi dalam satu keluarga si Lintang berjumlah 14 orang sehingga mereka setiap harinya harus berbagi tempat maupun makanan.

Lintang sangat gemar pelajaran matematika dan memiliki cita-cita menjadi seorang yang ahli di bidang tersebut. Akan tetapi keinginan Lintang tersebut nampaknya harus di urungkan karena secara kondisi dia memiliki tuntutan untuk membantu mencari nafkah terlebih ketika sang ayah Lintang meninggal dunia.

Kemudian tokoh yang bernama Sahara merupakan satu-satunya bocah perempuan dalam cerita novel laskar pelangi yang memiliki sikap keras kepala namun pendiriannya sangat kuat. Sedangkan tokoh Mahar digambarkan sebagai seorang anak yang gemar seni dengan perawakan yang kurus. Jadi Mahar ini suka bernyanyi dan juga tertarik terhadap dunia supranatural atau okultisme.

Ada salah satu tokoh yang dari namanya sudah terlihat bahwa dia masih memiliki keturunan Tionghoa, jadi dia ini digambarkan sebagai sosok yang memiliki hati baik namun tidak rupawan. Berikutnya lanjut ke tokoh Syahdan. Jadi Syahdan ini memiliki watak yang sangat ceria meskipun secara prestasi dia tidak terlalu menonjol di kelasnya. Sedangkan si Kucai adalah seorang anak yang di pilih menjadi ketua kelas meskipun dia diceritakan memiliki penyakit rabun jauh akibat kekurangan gizi.

Sementara beberapa tokoh yang lain seperti Tripani adalah anak yang pandai dan tampan, kemudian ada Borek yang sangat terobsesi terhadap otot, jadi dia bercita-cita ingin menjadi cowok yang paling macho di antara anggota Laskar Pelangi yang lain. Yang terakhir ada Harun, dia merupakan sosok bocah yang manis sehingga banyak orang yang suka kepadanya.

sinopsis novel laskar pelangi

Sumber : image.tmdb.org

Jadi Novel Laskar pelangi ini mengisahkan kesepuluh jagoan laskar pelangi yang memiliki ambisi besar dalam menggapai cita-citanya di tengah kondisi hidupnya yang penuh keterbatasan. Ada banyak sekali dinamika yang terus hadir sepanjang alur cerita yang dihadirkan oleh si penulis, meskipun manis pada akhirnya tapi proses untuk mendapatkan hal tersebut sangatlah berat.

Meskipun di klaim merupakan cerita nyata, namun ada beberapa hal yang agak berlebihan dalam beberapa hal. Akan tetapi hal tersebut tidak menjadi masalah, karena pada akhirnya berangkat dari novel tersebut mampu mengubah sedikit wajah pendidikan menjadi lebih baik dan mampu membangkitkan semangat anak-anak dalam meraih ilmu. Jadi Novel ini mampu memberikan pengalaman sastra yang dikemas dalam unsur Melayu bercita rasa seperti motivator jiwa dan diperkuat dengan kisah persahabatan yang sangat tulus.

Sinopsis Novel Laskar Pelangi

Novel ini menceritakan sebuah kisah di daerah Belitung yaitu tepatnya di SD Muhammadiyah. Jadi kondisi saat itu sangat menegangkan ketika anak-anak yang memiliki kemauan kuat untuk bersekolah harus cemas karena SD Muhammadiyah  tersebut akan ditutup apabila jumlah murid yang bersekolah di sana kurang dari 10 anak.

Saat itu murid yang ada masih berjumlah 9 anak, mereka adalah Lintang, Ikal, A Kiong, Sahara, Mahar, Borek, Kucai, Syahdan, dan Tripani. Lagi pula kalau sampai SD tersebut benar-benar ditutup maka akan sangat kasihan kepada keluarga yang kurang mampu karena tidak bisa lagi menyekolahkan anaknya.

Saat kesembilan bocah tersebut tengah gelisah, lalu datanglah tokoh Harun yang mana dia ini seorang anak yang memiliki keterbelakangan mental, namun dalam kondisi ini dia menyelamatkan kesemua teman-temannya untuk tetap mempertahankan berdirinya SD Muhammadiyah. Jadi dari sinilah kisah mereka di mulai dalam novel Laskar Pelangi. Mulai dari awal penempatan tempat duduk, awal pertemuan mereka dengan Pak Harfan, Awal mula ketika mereka saling berkenalan di depan kelas dimana pada saat itu si A Kiong malah cengar-cengir saat ditanya oleh guru kelas mereka yaitu Bu. Mus, Hingga beberapa kejadian bodoh yang dilakukan oleh Badrek, protes keras dari Kucai saat pemilihan ketua kelas, Ditemukannya bakat Mahar yang luar biasa, cerita pengalaman cinta pertama Ikal sampai dengan perjuangan Lintang untuk pulang pergi sekolah harus mengayuh sepeda setiap hari sejauh 80 Km dari rumah.

perkenalan para laskar pelangi

Sumber : benzano.com

Bu. Muslimah atau yang akrab di panggil dengan Bu. Mus merupakan guru wali kelas dari kesepuluh murid-murid tersebut. Bu. Mus memberikan julukan kepada mereka  pada Laskar Pelangi karena bu. Mus tahu kalau para muridnya sangat menyukai pelangi. Mereka semua sangat semangat dalam belajar hingga mereka sepakat untuk bisa mengharumkan sekolahan dengan berbagai cara. Jadi seperti pembalasan dendam mahar karena kesenangannya terhadap okultisme sehingga diolok-olok oleh teman-temannya namun berbuah kemenangan manis saat karnaval 17 Agustus, kemudian ada pula karena kejeniusan si Lintang yang berani menantang dan mengalahkan seorang guru pegawai negeri kaya yang mempunyai ijazah terkenal bernama Drs. Zulkarnain saat lomba cerdas cermat.

Diceritakan para anggota Laskar Pelangi mengarungi hari-hari dengan menyenangkan, termasuk menangis dan tertawa bersama-sama. Adapun puncak berakhirnya kebersamaan mereka saat ayah Lintang sang Einstein Cilik itu terpaksa harus berhenti sekolah karena kematian ayahnya yang sangat mengharukan. Kemudian dilanjutkan ketika kejadian 12 tahun kemudian yang mana pada saat itu Ikal yang telah beruang di luar pulau Belitong akhirnya kembali pulang ke kampung halamannya.

Kesulitan demi kesulitan terus membayangi sekolah yang mereka gunakan. Sekolah yang dibangun atas jiwa-jiwa yang ikhlas tersebut rela dan berupaya keras untuk tetap mempertahankan sekolahan tersebut dengan terseok-seok.  Jadi sekolah yang nyaris saja di bubarkan oleh pihak terkait itu justru bisa terselamatkan oleh anak idiot yang selama dia belajar di sekolah tidak pernah mendapatkan rapor. Bahkan pada malam hari sekolah yang sudah terlihat seperti gubung bobrok tersebut digunakan untuk menyimpan hewan ternak dan bahkan kapur tulis pun terasa begitu mahal karena biaya operasional dari para donatur marjinal itu hanya bisa digunakan untuk menggaji guru yang ada dengan sekian kilo beras. Jadi guru maupun kepala sekolah yang rela mengajar terpaksa harus mencari penghidupan lain selepas mengajar.

Seiring berjalannya waktu mereka berdua, Bu. Mus dan sang kepala sekolah saling bahu-membahu untuk membesarkan para Laskar Pelangi agar menjadi anak yang percaya diri dan berani dalam berkompetisi serta mau menghargai pentingnya pendidikan dalam hidup ini. Jadi mereka mengajari kesepuluh muridnya untuk tetap tekun dan harus tetap gagah berani dalam menghadapi kesulitan sebesar apapun itu.

Sinopsis laskar pelangi pejuang mimpi

Sumber : asianfilmawards.asia

Bu Mus dan Pak Harfan juga mengajarkan kepada mereka untuk saling menjaga dan saling menyayangi satu sama lain. Namun pada akhir cerita kedua guru tersebut patut bangga karena salah satu dari murid-murid mereka yang dijulukinya sebagai Laskar Pelangi tersebut ada yang berhasil  menjadi wakil rakyat, ada pula yang menjadi seorang peneliti hingga ada yang mendapatkan beasiswa ke luar negeri dan melakukan penelitian di Universitas Paris. Semua itu merupakan buah dari pendidikan mengenai akhlak  yang sengaja ditanamkan ketika mereka masih kecil saat bersekolah di SD Muhammadiyah oleh Pak Harfan dan Bu Mus.

Kesimpulan Dari Sinopsis Novel Laskar Pelangi

Novel yang laris manis karya Andrea Hirata ini menyiratkan pesan kepada para pembaca bahwa kita harus benar-benar menghargai hidup karena semua yang ada pada diri kita hanya milik Allah. Kemudian untuk bisa mendapatkan sesuatu jangan mudah menyerah dan tetap berusaha. Kesimpulan yang terakhir adalah kepintaran seseorang tidak akan menjamin seorang tersebut untuk bisa sukses seperti yang diceritakan sebagai tokoh Lintang, meskipun dia pintar namun di akhir cerita dia justru menjadi seorang supir truk.

Trailer Film Laskar Pelangi

Jadi itulah contoh sinopsis novel laskar pelangi yang merupakan novel terlaris karya Andrea Hirata yang mengisahkan para pejuang cilik yang diberi julukan laskar pelangi dalam menggapai mimpi-mimpinya.

Contoh Sinopsis Novel Perahu Kertas

sinopsis novel perahu kertas

Sumber : noestyle.wordpress.com

  • Penulis : Dewi Lestari (Dee)
  • Penerbit : Truedee / Bentang Pustaka
  • Tahun Terbit : 2005
  • Jumlah Halaman : 444

Sinopsis Novel Perahu Kertas

Novel ini mengawali cerita mengenai seorang pemuda yang dikenal dengan nama Keenan. Jadi dia adalah sosok remaja yang baru saja lulus SMA di Amsterdam, Belanda. Pemuda yang memiliki kemampuan lebih dalam bidang akademik ini menetap di negara tersebut sudah hampir 6 tahun bersama nenek.

Keenan ini memiliki cita-cita sebagai pelukis terkenal, akan tetapi sang ayah memaksa Keenan untuk pulang kembali ke Indonesia karena suatu hal. Di satu sisi dari pihak keluarga sepertinya juga tidak terlalu mendukung jika Keenan menjadi seorang pelukis. Akhirnya Keenan memutuskan untuk melanjutkan kuliah di Bandung dan mengambil jurusan fakultas ekonomi. Jadi bisa diaktakan dia mengesampingkan keinginan dirinya sendiri untuk menjadi seorang pelukis.

sinopsis novel perahu kertas

Sumber : wardhinaayuw.wordpress.com

Tokoh penting lainnya yang juga sering muncul dalam novel perahu kertas ini adalah Kugy. Dia ini sosok wanita yang memiliki tubuh mungil namun memiliki kepribadian yang ceria. Hal ini tentu sangat berbeda degan tokoh Keenan karena dia lebih cenderung pendiam dan kaku.

Kugy ini sosoknya sangat nyentrik dan asik, jadi tidak heran jika dia dikenali banyak orang karena sifat-sifat yang dimilikinya itu. Sejak dari kecil si Kugy ini bercita-cita ingin menjadi seorang penulis dongeng, bahkan sampai sekarang dia telah mengoleksi banyak sekali buku dongeng. Akan tetapi di tengah keinginannya menjadi seorang penulis dongeng, dia mulai sadar jika cita-citanya itu tidak akan mengantarkan dia mendapat kesuksesan materi. Meski demikian, sosok Kugy ini tidak mudah menyerah, dia tetap cinta terhadap dunia tulis menulis dan juga memilih untuk melanjutkan kuliah mengambil jurusan sastra di kampus yang sama dengan tokoh Keenan.

Hingga suatu saat terjadi momen pertemuan antara dua tokoh tersebut, namun pertemuan tersebut sepertinya sudah direncanakan dan tidak terlepas dari upaya tokoh lain yakni Eko dan Noni. Dijelaskan pada novel perahu kertas jika Noni dan Eko ini tokoh pendukung yang mana Noni itu sahabat dari Kugy, sementara Eko adalah sepupu dari Keenan. Jadi pertemuan keduanya tersebut terjadi saat Keenan baru tiba di Indonesia, dimana Eko dan Noni mengajak Kugy untuk turut serta.

Setelah kejadian tersebut, seiring berjalannya waktu Kugy dan Keenan saling menjalin persahabatan hingga suatu ketika kedua tokoh tersebut ternyata saling mengagumi. Bahkan mereka juga ternyata jatuh cinta dalam diam. Jadi Kugy ini gemar bercerita melalui dongeng yang dibuatnya sementara Keenan menjadi seorang yang mampu bercerita melalui gambar.

persahabatan Keenan dan Kugy dalam novel perahu kertas

SUmber : movfreak.blogspot.com

Namun karena mereka hanya saling memendam rasa, maka rasa menebak-nebak itupun selalu menghantui kedua tokoh tersebut. Akan tetapi akhirnya ke-Diam-an justu berakir pedih karena si Kugy mempunyai pacar bernama Joshua. Sedangkan si Keenan yang sampai saat ini belum punya pasangan sengaja dijodohkan dengan tokoh bernama Wanda yang background-nya seorang kurator.

Persahabatan ke-4 kawan itu tokoh tersebut tetap berjalan seperti biasa, tapi karena kesibukan masing-masing yang semakin padat , hal tersebut berpengaruh terhadap persahabatan mereka yang semakin renggang.

Kugy sendiri saat ini sudah sibuk dengan aktivitas barunya yang menjadi seorang guru relawan di sekolah darurat. Jadi Kugy ini mengajar murid-muridnya dengan cara berdongeng. Semua murid suka terhadap Kugy meskipun di awal-awal banyak yang usil kepadanya. Mereka sangat menyukai salah satu dongeng yang diceritakan Kugy dengan judul “Jenderal Pilik dan Pasukan Atlit”. Bahkan Dongeng tersebut juga sudah dibukukan oleh Kugy karena dia berencana suatu saat ingin memberikannya kepada Keenan.

Begitu juga tokoh Keenan yang mana saat ini dia juga sangat sibuk dengan kehidupannya terlebih kedekatan hubungannya bersama Wanda. Awalnya hubungan yang terjalin di antara mereka baik-baik saja, namun semakin kesini hubungan tersebut semakin pelik dan sukar untuk menemukan solusi. Hubungan mereka sepertinya sudah tidak bisa diperbaiki dan Keenan memutuskan untuk meninggalkan Bandung dan pindah tinggal di Bali bersama dengan sahabat ibunya bernama Pak Wayan.

Sebelum kepergian Keenan ke Bali, Kugy sempat memberikan buku “Jenderal Pilik dan Pasukan Atlit” yang dibuatnya kepada Keenan. Selama di Bali, sejak saat itu Keenan berkeinginan untuk mencoba mengembalikan mimpinya menjadi seorang pelukis, bahkan selang beberapa waktu, tokoh Keenan akhirnya mampu menjadi pelukis profesional yang karya-karyanya banyak diburu oleh para kolektor.

kisah percintaan yang terpendan novel perahu kertas

movfreak.blogspot.com

Hingga suatu ketika ayah dari Keenan terkena sroke dan memaksa Keenan untuk kembali ke Bandung untuk meneruskan perusahaan milik ayahnya. Pertemuan Keenan dan Kugy kembali terjadi, namun kali ini kedua tokoh tersebut sudah tidak bisa menyembunyikan perasaan masing-masing. Dari sinilah konflik itu dimulai.

Kesimpulan dari Sinopsis Novel Perahu Kertas

Jadi Dee atau si penulis secara umum mampu mengemas cerita dalam sebuah novel bernuansa cinta yang sederhana namun sarat akan makna. Novel tersebut berkisah tentang pencarian cinta yang digambarkan seperti perahu kertas. Karena mereka membiarkan cinta tersebut mengalir terlebih dahulu hingga cinta tersebut bermuara kembali ke asalnya. Melalui tokoh Keenan dan Kugy, penulis mampu menyajikan suatu cerita sederhana namun mampu memikat para pembaca.

Trailer FIlm Perahu Kertas

Itulah beberapa contoh sinopsis novel laskar pelangi dan perahu kertas yang mana kedua novel tersebut mempunyai banyak pembaca dan bahkan sudah dijadikan sebuah film yang ditonton oleh banyak orang. Dengan membaca pembahasan di atas semoga kalian sudah mengetahui seluk beluk dunia sinopsis baik dari sebuah novel maupun buku ataupun cerpen.

Comments (3)

  1. damai November 2, 2016
    • Dekisugi November 5, 2016
  2. Sinopsis Indonesia February 5, 2017

Leave a Reply