s

Kumpulan Contoh Surat Full Block Style Terlengkap !!

Contoh surat full block style – Kebutuhan surat menyurat di era sekarang ini memang sangatlah penting, baik itu surat dalam bentuk lembaran kertas maupun surat dalam bentuk digital.

Adapun surat masih kerap digunakan sebagai alat komunikasi secara formal antar pihak yang berkepentingan, selain itu dengan dibuatnya sebuah surat pastinya memiliki tujuan tertentu dan bisa dikatakan dengan adanya surat sangat membantu kita dalam berkomunikasi.

contoh surat full block style

universitiesabroad.com

Jika kita berbicara mengenai bentuk dari surat sendiri ada berbagai macam, ada yang bentuknya lekuk (Indented Style), bentuk lurus (Block Style), setengah lurus (Semi Block Style), menggantung (Hangging Paragraph Style), hingga yang berbentuk resmi (Official Style).

Namun pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi  tentang salah satu dari bentuk surat yakni full block style atau dalam bahasa Indonesianya disebut surat dengan bentuk lurus penuh.

Mengenal Pengertian Surat Full Block Style

Jadi surat dengan model full block style memiliki bentuk atau susunan yang lurus dari atas sampai bawah. Maksudnya surat tersebut terlihat seperti balok yang tulisannya mulai dari leher surat, tubuh, hingga kaki surat terlihat rata kanan-kiri serta tidak terdapat paragraf yang masuk ataupun keluar alias semuanya rata.

Meskipun berbentuk rata, namun surat dengan model ini juga masih tetap mempunyai struktur atau susunan sesuai yang berlaku. Umumnya, surat ini dibuat mulai dari garis pinggir kiri atas dengan struktur seperti berikut.

Susunan Surat Full Block Style Secara Umum

  1. Kop Surat
  2. Tanggal Pembuatan
  3. Nomor Surat
  4. Lampiran
  5. Hal
  6. Surat Yang Di Tujukan
  7. Salam Pembuka
  8. Pendahuluan Isi Surat
  9. Penjelasan Isi Surat
  10. Penutupan Surat
  11. Salam Penutup
  12. Nama Jabatan
  13. Tanda Tangan
  14. Nama Yang Menandatangani
  15. Tembusan
  16. Halaman Lampiran
contoh surat full block style form

Sumber : bahyudinnor17.blogspot.co.id

Namun susunan di atas bersifat opsional karena dalam penerapannya juga tetap berdasarkan kebutuhan. Sehingga dalam pembuatan surat full block style.

Beberapa Contoh Surat Full Block Style

Susunan surat dengan model full block style bisa di aplikasikan dalam beberapa  kepentingan, adapun beberapa di antaranya sepeti di bawah ini.

  • Contoh Surat Pesanan Barang (Full Block Style)

    Contoh Surat Full Block Style Pesanan Barang

    Sumber : bagiinfo.com

    Di sini kita mengisikan kop surat dengan nama PT dan alamat yang kita miliki, kemudian isikan juga Nomor, Lampiran, Hal dan kemana surat tersebut akan ditujukan. Pada contoh surat full block style pesanan barang di atas ditujukan kepaa yang terhormat pimpinan PT. Sintesa yang berlamatkan di Magetan No.41 – Jawa Timur.  Mengenai isi surat seperti pada umumnya dan nanti di akhiri oleh salam penutup dan pengirim.

  • Contoh Surat Perkenalan Perusahaan (Full Block Style)

    contoh surat full block style perkenalan perusahaan

    Sumber : bagiinfo.com

    Kita juga bisa memperkenalkan perusahaan yang kita miliki kepada perusahaan-perusahaan lain yang menjadi partner kerja dengan menggunakan surat model full block style. Jadi kita hanya perlu mengisi hal dengan tujuan kita perkenalan perusahaan, kemudian isi suratnya-pun bisa sesuai dengan apa yang kita kehendaki.

    Dalam pembuatan contoh surat undangan full block style perkenalan perusahaan kita juga bisa melampirkan beberapa dokumen sebagai bukti dan bahan perundingan. Untuk itu model surat full block style ini juga sangat tepat digunakan karena terlihat cukup rapi.

  • Contoh Surat Undangan Rapat (Full Block Style)

    contoh surat full block style Undangan Rapat

    Sumber : bagiinfo.com

    Dalam sebuah undangan rapat penerapan model surat jenis full block style kerap digunakan karena dirasa lebih mudah. Selain itu kita bisa langsung ke poin intinya saja seperti mengisikan hari, tanggal, tempat dan keperluan.

    Adapun cara penulisan surat undangan rapat di atas menggunakan format rata kanan-rata kiri atau justify.

  • Contoh Surat Permintaan Penawaran (Full Block Style)

    contoh surat full block style permintaan penawaran

    Sumber : kejuruan.click

    Contoh di atas merupakan surat penawaran permintaan barang dari suatu perusahaan kepada perusahaan lain sebagai penyedia barang. Model surat full block style umumnya bisa di susun seperti surat di atas dengan penambahan tembusan di bagian bawah dan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Contoh Surat Bahasa Inggris (Full Black Style)

    contoh surat full block style bahasa inggris

    Sumber : bagiinfo.com

    di atas adalah penerapan surat model full block style dalam bahasa inggris yang bisa kita contoh dengan susunan atau struktur mulai dari kop surat, tanggal, nomor, perihal dan juga isi surat hingga salam penutup.

  • Contoh Surat Lamaran Kerja (Full Block Style)

    ———————————————————————————————————————————–

    Surabaya, 28  Oktober 2016

    Kepada Yth.
    HRD Sintesa, Inc.
    Ruko GKBI,  JI. Letjen Sutoyo No. 41
    Magetan

    Dengan Hormat,

    Berdasarkan iklan yang dimuat pada surat kabar Redaksi Sintesa Indonesia tertanggal 20 Oktober 2016 tentang dibutuhkannya Staff IT di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, maka dengan ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan tersebut. Adapun identitas saya adalah sebagai berikut :

    Adapun data mengenai diri saya sebagai berikut :

    Nama                                    : Fragil Putra Gestama

    Tempat, tanggal lahir         : Kediri, 22 Oktober 1994

    Pendidikan Terakhir           : S1 Teknik Informatika

    Alamat                                  : Jl. Merdeka No.41 Magetan, Jawa Timur

    No. HP                                  : 085735731779

    Saya merupakan pribadi yang jujur, ulet, berkemauan tinggi, suka mencoba /belajar hal-hal baru, serta tidak merokok. Adapun kemampuan yang saya miliki sesuai dengan bidang studi saya adalah menguasai instalasi jaringan, menguasai perangkat hardware dan software komputer, menguasai bahasa pemrograman pascal dan mampu mengoperasikan aplikasi perkantoran (Ms. Windows XP, Ms Word, Ms Excel, Ms Power Point, FoxPro, Internet, Ms Acces).

    Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu bersama surat lamaran ini saya lampirkan :

    1. Daftar riwayat hidup (Curriculum Vitae)
    2. Pas Photo 4×6 (2 lembar)
    3. Photo Copy KTP/SIM
    4. Photo Copy Ijazah/STTB/Transkrip Nilai
    5. Photo Copy Sertifikat
    6. SKCK

    Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

    Demikian surat lamaran ini saya ajukan, atas perhatian Bapak/Ibu di ucapkan terima kasih.

    Hormat saya,
    Dekisugi Gestama

———————————————————————————————————————————–

Untuk surat lamaran kerja di atas juga di susun secara lurus dari mulai bagian atas hingga akhir dan justru terlihat lebih rapi.

bentuk-bentuk surat full block style

Sumber : qolbunhadi.com

Jadi demikianlah kumpulan beberapa contoh surat full block style yang mana bisa digunakan dan diterapkan di hampir semua keperluan dalam surat menyurat. Selain itu jenis surat ini juga memiliki beberapa kelebihan salah satunya memiliki struktur atau susunan paling baik diantara yang lainnya. Semoga bermanfaat!

No Responses

Leave a Reply