Contoh Tanda Janin Sudah Masuk Panggul Pertanda Persalinan Sudah Dekat

Contoh tanda janin sudah masuk panggul – Masa kehamilan adalah masa yang paling ditunggu-tunggu oleh kedua mempelai terutama bagi mereka yang baru saja melangsungkan pernikahan.

Adapun kehamilan itu sendiri umumnya bisa langsung terjadi apabila hubungan suami istri dilakukan saat si wanita dalam kondisi masa suburnya. Apalagi jika kedua pasangan sama-sama tidak memiliki masalah dalam hal reproduksi .

Tentu kehamilan akan sangat menjadi kabar membahagiakan sekaligus menjadi kado terindah dari pernikahan yang mereka lakukan dari Tuhan.

Selama proses kehamilan dari awal hingga mencapai trisemester akhir sang ibu akan merasakan banyak sekali hal seperti perut yang semakin membesar, sesekali akan merasakan pergerakan bayi dan juga akan merasakan contoh tanda janin sudah masuk panggul yang mana itu menjadi contoh pertanda jika waktu persalinannya sudah mulai dekat.

Contoh Tanda Janin Sudah Masuk Panggul

Salah satu pertanda apabila persalinan sudah mulai dekat adalah contoh janin sudah masuk ke dalam panggul. Jadi jika itu terjadi biasanya proses persalinannya akan lancar dan tidak terjadi sungsang. Namun tanda janin sudah masuk panggul itu biasa terjadi dalam hitungan 2-3 Minggu sebelum persalinan dan ada pula beberapa kasus yang mana janin baru akan masuk panggul tinggal hitungan saja sebelum persalinan.

contoh tanda janin sudah masuk panggul

Sumber : netmedis.net

Namun semua itu masih merupakan hal yang wajar dan tidak perlu untuk anda risaukan, karena nanti akan ada pula beberapa tips bagaimana supaya posisi bayi bisa segera masuk ke panggul dengan posisi yang tepat.

Jadi memang sudah sepantasnya seorang ibu mengetahui contoh tanda janin sudah masuk panggul dan juga mengenali jika persalinan sudah dekat. Untuk itu di bawah ini ada beberapa pertanda yang bisa menunjukkan apabila proses persalinan sudah mulai dekat, antara lain :

Terjadinya Pembukaan

Jadi proses persalinan sudah semakin dekat apabila para ibu sudah mengalami yang namanya pembukaan. Biasanya pembukaan itu sendiri akan di awali atau ditandai dengan keluarnya lendir pada bagian kewanitaan dan pada umumnya akan berwarna kecokelatan hingga kemerahan. Adapun tekstur dari lendir tersebut nampak seperti ingus yang kental.

Tapi demikian itu merupakan sesuatu yang wajar akibat proses pelunakan dan pelebaran, serta proses semakin menipisnya mulut rahim.

Biasanya pembukaan tersebut akan di iringi dengan rasa nyeri pada bagian bawah perut apalagi jika masih merupakan kehamilan pertama. Rasa nyeri tersebut terjadi akibat adanya tekanan pada panggul. Jadi saat kepala janin mulai turun itu akan membantu melunakkan rahim dan biasanya yang dirasakan ibu seperti ingin buang air besar.

Terjadinya Kontraksi

Selain mengalami pembukaan, ibu hamil menjelang persalinan juga akan merasakan kontraksi dengan ritme yang teratur. Adapun kontraksi ini akan terjadi akibat pengaruh peningkatan produksi hormon oksitosin pada sejumlah otot di bagian rahim. Kontraksi ini sebenarnya merupakan proses dimana untuk mendorong janin agar bisa keluar secara perlahan-lahan.

Apabila rasa kontraksi itu dirasakan semakin sering dan semakin lama serta kuat, maka itu merupakan titik puncak di mana seorang ibu sudah siap untuk menjalani proses persalinan. Bahkan dalam masa ini biasanya keadaan perut si ibu akan terasa sangat kencang apabila dipegang.

Pecah Ketuban

Tanda yang terakhir adalah pecahnya ketuban. Yang dimaksud dengan ketuban di sini adalah pecahnya membran. Jadi seperti yang kita ketahui bahwa janin itu dibungkus oleh selaput ketuban di dalam kandungan ibu. Sementara cairan di dalamnya disebut dengan cairan ketuban. Adapun cairan tersebut berguna untuk bantalan janin supaya dia terlindungi saat mereka bergerak secara bebas di dalam rahim.

Secara umum, cairan itu berwarna agak kekuning-kuningan dan tidak mempunyai bau. Akan tetapi cairan tersebut akan terus keluar hingga si ibu melahirkan melalui jalan lahir.

Tips Agar Bayi Cepat Masuk Panggul

Setelah mengetahui beberapa hal seputar contoh tanda janin sudah masuk panggul, berikut ini saya juga akan berbagi tips-tips agar janin bisa cepat masuk ke dalam panggul dengan melakukan beberapa hal berikut ini :

ibu hamil olahraga lari pagi

Sumber : perawatkulit.blogspot.co.id

  • Rutin melakukan jalan-jalan pagi selama 20-30 menit setiap hari.
  • Melakukan duduk seperti bersila dengan kedua telapak kaki menyatu ala yoga. Ada yang berpendapat jika posisi duduk bersila demikian itu dapat membantu mengarahkan kepala bayi ke bawah seperti contoh tanda janin sudah masuk panggul.
melakukan yoga ibu hamil

Sumber : jurnalasia.com

  • Ketika sedang melakukan sholat wajib upayakan melamakan sujud, begitu juga saat melakukan sholat sunnah lainnya.
  • Mandi menggunakan air panas untuk merangsang bayi supaya posisinya turun ke panggul.
  • Saat tidur upayakan untuk menghadap atau miring ke kiri.
  • Apabila tidak memiliki waktu untuk melakukan jalan pada pagi hari, olahraga ringan di dalam rumah seperti naik turun tangga juga bisa membantu.
olahraga ibu hamil

Sumber : prosehat.com

  • Yang terakhir nungging ala senam hamil. Jadi caranya dengan menempelkan dada ke lantai, kemudian miringkan wajah sehingga pipi juga menempel lantai, sementara untuk kakinya dilebarkan.

Jadi tips di atas sebenarnya bisa kita lakukan dengan mudah dan rutin setiap hari agar kelak proses melahirkan yang dijalani bisa normal.

Baca juga : Panggilan Sayang untuk Kekasih Halal yang Unik

Faktor Yang Membuat Janin Tidak Bisa Masuk Ke Panggul

Namun meski demikian kemungkinan janin tidak mau masuk panggul juga tetap ada dan hal tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti di bawah ini :

tips janin tidak bisa masuk ke panggul

Sumber : tipshamilmudah.com

  • Tali ari-ari janin yang terlalu pendek
  • Janin terlilit oleh ari-ari.
  • Panggul ibu yang sempit.
  • Berat janin yang lebih dari 3.5 Kg

Baca juga : Tips ASI banyak dan lancar

Apabila pada kehamilan pertama, janin tidak bisa masuk ke panggul itu masih wajar. Akan tetapi biasanya jika sudah menuju hari H persalinan, si janin akan mulai turun ke panggul dengan sendirinya.

Mungkin sekian dulu pembahasan mengenai contoh tanda janin sudah masuk panggul dan juga beberapa tips yang bisa bumils terapkan. Semoga persalinannya lancar dan memiliki bayi yang sehat. Amin !

Leave a Reply