s

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Beserta Strukturnya

Contoh teks laporan hasil observasi singkat – Jadi kemarin-kemarin banyak para pengunjung setia website bagiinfo yang menanyakan tentang contoh teks laporan observasi, Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas secara khusus mengenai contoh teks laporan hasil observasi. Jadi buat kalian yang masih bingung atau masih belum mengetahui seputar pembuatan teks laporan hasil observasi, jangan khawatir lagi. Saya akan mengupas tuntas di sini.

contoh teks laporan hasil observasi singkat

Sumber : kakakpintar.com

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Jadi yang dimaksud dengan teks laporan hasil observasi itu berisikan laporan secara umum tentang penjabaran atas sesuatu hasil dari pengamatan atau observasi. Teks laporan atau yang juga biasa disebut dengan teks klasifikasi ini juga menerangkan jenis-jenis sesuatu hal yang diamati berdasarkan kriteria tertentu.

Adapun secara umum contoh teks laporan hasil observasi menggambarkan sifat-sifat, ciri, bentuk maupun identitas dari suatu benda, tumbuhan, hewan, manusia ataupun peristiwa-peristiwa yang bisa kita amati dan laporkan.

pengertian teks hasil observasi

slidesharecdn.com

Tujuan Pembuatan Teks Laporan Hasil Observasi

Tujuan dibuatnya sebuah teks laporan hasil observasi biasanya berdasarkan atas beberapa pertimbangan, diantaranya adalah :

  • Untuk mengatasi suatu masalah. Oleh karena itu dibuat sebuah teks laporan yang diharapkan bisa memberikan solusi atas masalah tersebut.
  • Untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan. Selain itu dengan melihat teks laporan yang dibuat kita pastinya juga bisa lebih efektif dalam mengambil keputusan.
  • Untuk melihat perkembangan suatu masalah yang ada. Karena terkadang dengan semonitoring suatu masalah maka kita juga bisa mempelajarinya dan bisa menemukan solusi untuk memecahkan permasalahan yang ada.
  • Untuk mengawasi suatu hal atau perilaku yang bertujuan melakukan perbaikan menjadi lebih baik.
  • Untuk menemukan teknik-teknik baru dalam menyelesaikan suatu persoalan.

Kaidah-Kaidah Pembuatan Teks Laporan Hasil Observasi

  • Teks laporan hasil obesrvasi bersifat umum (general)
  • Teks laporan harus merupakan hasil penelitian terbaru
  • Pembuatan laporan menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan EYD
  • Objek yang diamati dalam penelitian bersifat objek tunggal
  • Pengarang tidak memberikan penutup dalam hasil laporan penelitian
  • Menjelaskan tujuan dari dilakukannya pengamatan
  • Menjelaskan dasar-dasar penyusunan laporan terkait keputusan, kebijakan maupun hasil pemecahan masalah dalam observasi.
  • Merupakan sumber informasi bagi semua orang
  • Menjadi bahan pendokumentasian atas permasalahan yang telah di amati
kaidah pembuatan teks laporan hasil observasi

Sumber : mangrol.com

Apa Perbedaan Teks Laporan Hasil Obserasi dengan Teks Deskripsi?

Jadi pada dasarnya kedua teks tersebut sama-sama memberikan atau menjelaskan informasi berdasarkan fakta di lapangan, akan tetapi ada sedikit perbedaan yang bersifat :

  •  Teks Deskripsi = Lebih bersifat individual dan unik karena di dalamnya terdapat deskripsi yang spesifik.
  • Teks Laporan Hasil Observasi = Lebih bersifat universal dan didalamnya terdapat klasifikasi dan fakta deskripsi.

Sifat-Sifat Teks Hasil Laporan Observasi

  • Bersifat Objektif – Harus sesuai dengan fakta di lapangan
  • Bersifat Informatif – Teks Laporan bisa dijadikan sebagai sumber informasi
  • Bersifat Komunikatif – Hasil Laporan harus jelas dan bisa tersampaikan dengan baik kepada pembaca
sifat teks hasil observasi

akses-ilmu.blogspot.com

Setelah mengetahui pengertian, tujuan, kaidah-kaidah pembuatan dan juga sifat-sifat yang harus dimiliki oleh sebuah laporan observatif, selanjutnya di bawah ini ada beberapa contoh teks laporan hasil observasi singkat yang bisa kalian lihat dari berbagai sumber.

Baca juga : Contoh Surat Full Block Style Lengkap !!

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Beserta Strukturnya

Saya akan menghadirkan beberapa contoh teks laporan hasil observasi singkat jelas dan padat. Untuk itu kalian bisa menarik kesimpulan sendiri mengenai cara membuat laporan observasi yang baik dan benar.

  • Belajar Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Jenis-jenis Minuman

  • Hasil Laporan

Minuman merupakan salah satu kebutuhan yang biasa kita konsumsi untuk menghilangkan rasa dahaga. Adapun bentuknya berbentuk cair dengan berbagai varian rasa. Minuman sendiri bisa kita bedakan menjadi 3 hal, yang pertama apakah minuman tersebut digunakan sebagai minuman obat, minuman yang menggunakan bahan pewarna dan juga produsen yang membuat minuman tersebut.

Jadi minuman sendiri ada yang bermanfaat untuk tubuh kita, ada pula yang hanya berfungsi sebagai penghilang haus dan bisa dibuat sendiri dai buah-buahan ataupun sayuran. Cara pembuatannya pun cukup mudah, kita hanya perlu memblender bahan utama seabgai minuman dan kemudian menunangkan dalam gelas. Jus banyak sekali mengandung vitamin terutma ivitamin C dan juga serta yang baik bagi kesehatan. Sementara itu minuman penghilang rasa haus banyak beredar seperti air putih dalam kemasan yang sama sekali tidak mengandung serat.

Minuman sendiri ada banyak warnanya, adapun pewarna yang digunakan ada yang alami dan ada yang buatan. Misalnya saja untuk pewarna alami bisa menggunakan kunyit, daun suji dan pandan. Biasanya minuman yang berwarna alami bermanfaat bagi tubuh seperi halnya jamu tradisional. Untuk pewarna buatan dalam minuman biasanya  lazimnya menggunakan bahan kimia seperti pewarna Tartrazin dengna cirinya berwarna kuning. Tapi sekarang ini kita bisa dengan mudah menemukan minuman-minumam yang warnanya dibuat menggunakan bahan kimia dan bisa kita jumpai di minimarket.

Minuman yang banyak beredar di toko-toko itu memang merupakan produk masal dari pabrik minuman khusus untuk memenuhi kebutuhan pasar. Adapun kemasannya pun harus benar-benar diperhatikan supaya tampil lebih menarik lengkap dengan informasi kode produksi. Sementara untuk minuman hasil produk rumahan, biasanya tidak terlalu mementingkan kemasan, yang terpenting ada merek dan tanggal kadaluarsa.

teks laporan hasil observasi jenis-jenis minuman

bagiinfo.com

Download berkas laporan hasil observasi : Jenis-jenis-minuman

  • Penjelasan

Teks hasil laporan observasi di atas membahas mengenai jenis-jenis minuman. Adpaun hal yang di bahas di dalamnya meliputi pengertian minuman, khasiat minuman, penggunaan pewarna dalam minuman dan juga produsen yang memproduksi minuman-minuman yang sering kita jumpai.

Dari data hasil observasi di atas penyampaiannya cukup saingkat dan jelas, kemudian diharapkan bisa memberikan gambaran kepada para pembaca semua tentang jenis-jenis minuman, sehingga untuk kedepannya kita bisa memilih minuman yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Pupuk Kandang

  • Hasil Laporan

Pupuk kandang adalah salah satu jenis pupuk yang bisa dengan mudah kita peroleh. Adapun pupuk kandang bisa kita peroleh dari kotoran hewan-hewan ternak seperti kelinci, ayam, kambing, sapi, marmut ataupun bebek. Jadi pupuk kandang ini selain bisa dengan mudah di dapatkan, juga memiliki efek yang sangat baik untuk kesuburan tanaman.

Tanamnan yang diberi pupuk kandang biasanya akan jauh lebih kuat dan tahan terhadap serangan hama. Selain itu daun tanaman yang diberi pupuk akan tumbuh banyak yang mengisyaratkan bahwa tanaman ini mampu tumbuh dengna subur. Sedangkan fakta berbeda justru terlihat pada tanaman yang tidak diberi pupuk kandang maka jumlah daun yang tumbuh akan jauh lebih sedikit.

Manfaat lain yang bisa kita dapatkan jika menggunakan pupuk kandang adalah unsur hara dalam tanah juga akan menjadi lebih seimbang, hal ini berbeda jika kita menggunakan pupuk-pupuk kimia yang bisa dengan mudah di dapatkan di toko pertanian.

Contoh teks laporan hasil observasi manfaat pupuk kandang

bagiinfo.com

Download berkas laporan hasil observasi : Manfaat pupuk kandang

  • Penjelasan

Permasalahan yang dibahas pada laporan hasil observasi di atas adalah berkaitan tentang pupuk kandang. Dalam isi teks laporan menjelaskan apa itu pupuk kandang, kelebihan penggunaan pupuk kandang dan efek pupuk kandang terhadap unsur hara.

Mungkin contoh teks laporan hasil observasi singkat di atas bisa kalian jadikan pedoman penyusunan laporan lainnya yang sekiranya masih sejenis atau relevan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Bahaya Narkoba

  • Hasil Laporan

Narkoba adalah salah satu bahan berbahaya yang tidak semestinya di salah gunakan karena bisa berakibat buruk bagi pemakainya sekaligus menyebabkan ketergantungan, bahkan menggunakan narkoba secara intens juga bisa menyebabkan kematian. Adapun yang melatar beakangi pengguna narkoba sendiri ada banyak sekali, namun kasus tertinggi datang dari akibat salah pergaulan.

Sekarang ini muncul fakta bahwa pengedar narkoba telah merambah ke anak remaja usia 15 – 25 tahun. Mereka masih mudah terpengaruh dan akhirnya ikut-ikutan untuk terjun ke dunia yang salah tersebut. Sebagai generasi penerus bangsa tentunya ini memprihatinkan dan menjadi permasalahan pelik untuk segera di atasi.

Berdasarkan fakta yang merupakan hasil survey dari BNN menunjukkan bahwa pengedar gelapnarkoba ialah dari kalangan mahasiswa dan pelajar. Sedangkan dari 17 provinsi yang diteliti terdapat 2,6 persen siswa SMP sudah pernah menggunakan narkoba. Sedangkan siswa SMA yang sudha pernah menggunakan narkoba senesar 4.7 Persen dan untuk mahasiswa perguruan tinggi bisa mencapai 7,7 persen. Namun untuk bisa menekan penggunakan narkoba di kalangan remaja hingga 0 persen pasti memerlukan upaya yang ekstra.

Adapun peenlitian ini bertujuan agar memberikan informasi secara global bahwa ada fakta menarik seputar narkoba yang telah menyerang generasi bangsa. Oleh arena itu diperlukan peran dari semua pihak untuk menghindarkan saudara-saudarinya terjebak dalam belenggu narkoba.

Teks Laporan Hasil Observasi tentang bahaya narkoba

bagiinfo.com

Download berkas laporan hasil observasi : Narkoba menyerang generasi bangsa

  • Penjelasan

Berkas di atas membahas mengenai narkoba menyerang generasi muda. Jadi isi dari teks laporan hasil observasi tersebut membahas tentang bahaya narkoba, target pengedar narkoba, target pengguna narkoba dan perkembangan pengedaran narkoba yang ada di Indonesia sesuai dengan fakta yang ada di lapangan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Kebersihan Lingkungan

  • Hasil Laporan

Kebersihan lingkungan adalah salah satu aspek terpenting yang tidak dapat kita pisahkan dalam kehidupan. Adpaun dengan lingkungan yang bersih kita bisa hidup sehat tanpa mudah diserang oleh penyakit.

Kondisi kebersihan di lingkungan yang menjadi objek penelitian ini yakni Perumahan Cendana memang terlihat sangat baik. Apabila kit alihat di bagian selokan juga tidak terdapat sampah yang menyumbat. Selain itu tempat pembuangan sampah yang terdapat di depan rumah juga tertutup dengan baik dan nampak terawat. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa warga yang tinggal di Perumahan Cendana sadar akan manfaat kebersihan lingkungan hidup.

Salah satu upaya wajib yang dilakukan  warga Perumahan Cendana adalah setiap satu bulan sekali melakukan kerja bakti yang meliputi pembersihan selokan, pembuangan sampah dan melakukan pengolahansampah dengan terorganisir. Budaya seperti ini memang patut untuk kita tiru agar tercipta lingkungan yang sehat, aman dan nyaman.

 

Contoh teks laporan hasil observasi kebersihan lingkungan

bagiinfo.com

Download berkas laporan hasil observasi : Kebersihan Lingkungan Komplek Perumahan

  • Penjelasan

Bagi kalian yang sedang mencari contoh teks laporan hasil observasi tentang kebersihan lingkungan, berkas di atas juga membahas hal yang sama yang mana di dalam isinya menjelaskan tentang kebersihan yang ada di perumahan cendana baik dari aspek saluran sanitasi, pembuangan sampah maupun kondisi lingkungan yang ada.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah

  • Hasil Laporan

Kemudian ada satu lagi contoh laporan hasil observasi yang membahas lengkap mengenai sampah.

Contoh teks laporan hasil observasi mengenai sampah

Download berkas laporan hasil observasi : teks laporan hasil observasi sampah

  • Penjelasan

Bahasan mengani sampah di atas sangat lengkap, meliputi pengertian sampah hingga membahas masing-masing jenis sampah yang ada secara jelas.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentng Lingkungan Sekolah

  • Hasil Laporan

SMP N 9 KEDIRI

SMPN 9 Kediri merupakan salah satu sekolah yang berada di Jalan Veteran No.27 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Di dalam kawasan lingkungan sekolah SMKN 1 Kediri ini terdapat 2 buah jenis lingkungan yakni area lingkungan abiotik dan lingkungan biotik. Jadi untuk lingkungan biotik terdiri atas tanaman-tanaman hias dan juga pepohonan yang rindang, sementara lingkungan abiotik terdiri atas benda-benda tidak hidup meliputi semua peralatan praktikum, gedung sekolah hingga hall maupun aula tempat dihelatna acara-acara besar internal.

Adapun lingkungan benda hidup berada di kawasan halaman depan kantor sekolah, di depan UKS dan Laboratorium sampai dengan taman-taman di depan kelas yang ditumbuhi oleh tanaman hias dan tumubuhan hijau lainnya. Untuk taman hias sendiri ada banyak dan tersebar di hampir seluruh ruang praktikum. Jenis tanaman yang ada juga sangat beragam, mulai dari bunga gelombang cinta, bunga bougenville, bunga kenanga, bunga melati dan bunga kamboja.

Dari jenis pepohonan ada pohon mangga, sawo, randu, cemara, pohon rambutan dan juga pohon asam jawa. Sementara itu di halaman belakang dekat dengan parkiran terdapat lahan kosong yang biasa digunakan sebagai keperluan praktikum biologi. Sedangkan di sebelah ruang kantor juga terdapat kolam kecil yang berisi dengan ikan hias seperti ikan koi dan ikan mas.Ada pula tempat berupa kandang kecil untuk memelihara burung guna mempercantik pemandangan.

Berikut lingkungan benda mati atau abiotik di SMPN 9 Kediri terdiri dari gedung utama bangungan sekolah, ruang kelas, UKS, Lapangan bola, lapangan basket, kantin, Hall pertemuan, lahar parkir, LCD proyektor, Papan tulis, meja dan kursi, almari, sound system.

Demikian contoh laporan hasil observasi singkat memngenai lingkungan sekolah SMPN 9 Kediri yang terdiri atas lingkungan biotik dan abiotik. Adapun kedua lingkungan tersebut merupakan kesatuan yang saling berhubungan untuk menjadikan sebuah sekolah yang harmoni dan asri.

Jadi itulah beberapa contoh teks laporan hasil observasi singkat beserta struktunya yang bisa kalian jadikan bahan referensi untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ada. Selain itu untuk membuat teks laporan hasil observasi kita juga harus memenuhi kaidah-kaidah yang ada sehingga laporan yang kita buat bisa bermanfaat dan diharapkan bisa menemukan solusi atas permasalahan yang ada. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply