s

Curhatan Pengalaman Blogger Pemula

Curhatan pengalaman blogger pemula kali ini akan menceritakan pengalaman saya pribadi, termasuk pengalaman pahit manis yang pernah saya alami dalam dunia blogging.

Curhatan Pengalaman Blogger Pemula

pixabay.com

Mungkin pada saat itu ketertarikan untuk menelisik dunia blogging mulai muncul pada diri saya dan akhirnya saya mencoba mencari tahu apa sih itu blogging? Apa yang dilakukan oleh seorang blogger? Apa yang bisa dihasilkan dari nge-blog?

Nah, sejak saat itu saya mulai belajar secara otodidak dengan membaca-baca e-book maupun artikel-artikel seputar dunia blogging.

Cerita Awal Mula Belajar Blogging

Setelah beberapa hari mencari tahu seputar dunia blogging di internet, maka saya pun mencoba membuat blog untuk pertama kalinya dengan menggunakan domain gratisan yakni Blogspot. Ya, kenapa saya memilih Blogspot karena saya merasa lebih familiar meskipun di luar sana ada banyak sekali layanan domain gratis seperti WordPress, Tumblr dan lain sebagainya.

awalmula belajar nge-blog

pexels.com

Dengan pengetahuan terbatas sebagai seorang pemula, saat itu saya pun langsung membuat 3 buah blog sekaligus dengan tema yang berbeda-beda. Adapun tujuan saya agar semua blog yang saya buat tersebut bisa di indeks oleh mesin pencari terlebih dahulu meskipun belum ada rencana mengisi artikel secara intens untuk keseluruhan blog.

Namun seperti yang bisa ditebak, setelah blog berhasil saya buat maka permasalahan selanjutnya justru mulai muncul perihal bagaimana melakukan pengaturan-pengaturan dasar di WordPress. Jelas untuk bisa melakukan penyetingan di sebuah situs, saya harus membaca banyak tutorial lagi dan itu cukup membuat niat saya kendur, terlebih lagi saat itu saya harus mencari tahu sendiri.

Tetap Menulis dan Terus Menulis

Apabila kita berbicara mengenai optimasi situs, tentu bahasan tersebut menjadi sangat awam bagi pemula khususnya seperti saya. Lalu apa yang dilakukan? Ya harus tetap menulis dan terus menulis untuk mengisi artikel di Blog yang sudah saya buat tadi, walaupun pada saat itu hampir tidak ada optimasi yang bisa saya lakukan untuk bersaing dengan website lainnya.

Baca juga : Suka Duka Menjadi Penulis Artikel

tetap menulis

pexels.com

Ternyata di tengah perjalanan awal-awal nge-blog, karena tidak adanya pencerahan alhasil pengunjung blog yang telah saya buat tadi masih saja sepi. Dari sini saya mulai mempelajari lebih lanjut sedikit demi sedikit dan akhirnya saya menjadi tahu bahwasanya ada sisi lain yang harus dilakukan yakni melakukan optimasi on-page maupun off-page.

Belajar S.E.O Bukan Perkara Mudah

Selain belajar membuat artikel dengan baik dan benar, dalam dunia blogging dikenal pula sebuah istilah yang menjadi poin terpeting dan harus dipahami oleh seorang blogger yaitu teknik optimasi.

teknik SEO

pixabay.com

Apa itu optimasi? Setahu saya itu merupakan sebuah proses yang harus kita lakukan agar artikel yang kita buat bisa bersaing dengan artikel serupa di blog lain untuk merebutkan posisi teratas di mesin pencari.

Nah, sepertinya di poin inilah saya sebagai seorang pemula merasa gagal dalam memahaminya meskipun saya telah membaca beberapa panduan yang ada.

Sebenarnya saya sudah menerapkan beberapa tips dan trik seputar optimasi, namun hasilnya tetap saja nihil. Ranking artikel di mesin pencari jauh dari halaman depan pencarian, dan saya pun menyerah.

Trafik Blog Mulai Membaik

Mungkin ini menjadi hal yang paling tidak bisa saya prediksi. Saat saya mulai menyerah ternyata pengunjung blog mulai berdatangan. Meskipun mendapat unique visitor 100, 200, 300 namun untuk ukuran seorang pemula itu merupakan hal yang besar. Karena titik cerah itu mulai terlihat dan akhirnya saya mulai semangat lagi untuk menulis artikel.

Trafik blog meningkat

pixabay.com

Hingga suatu ketika pada saat itu trafik tertinggi yang bisa saya dapatkan adalah 700 unique visitor dan itu masih merupakan trafik tertinggi yang bisa saya capai hingga detik ini.

Apakah sudah mulai menerapkan optimasi? Belum, karena saya juga masih belum memahami sebenarnya teknik S.E.O ataupun optimasi sesuai dengan update google terbaru. Jadi yang bisa saya lakukan hanyalah terus menulis artikel dengan lebih baik.

Mencoba Peruntungan Mendaftar Google Adsense

Sebagai blogger pemula yang ingin mencoba berbagai hal, selain ingin memiliki trafik pengunjung yang banyak pastinya saya juga tertarik untuk mendaftarkan salah satu blog yang saya miliki untuk mendapatkan akun Google Adsense.

daftar google adsense

tipsjitungeblog.info

Saat itu tanpa pikir panjang dengan persiapan yang sangat minim saya mencoba mendaftarkan blog untuk persetujuan memiliki akun Google Adsense. Tapi hasilnya tentu saja cukup membuat saya kecewa. Ya, berkali-kali coba medaftar ternyata blog saya masih juga belum di setujui untuk hal tersebut.

Hingga pada percobaan yang terakhir dengan membaca banyak panduan bagaimana cara mendaftar Google Adsense agar bisa diterima, maka saya-pun menerapkan semua saran-saran yang ada dan hasil manis itu akhirnya bisa saya dapatkan. Sebuah akun Google Non-hosted berhasil saya miliki.

sukses

pixabay.com

Mungkin itulah sedikit curhatan pengalaman blogger pemula sejak awal mencoba belajar nge-blog. Meskipun terasa sulit namun saya yakin jika kita bisa fokus maka kita bisa menjadi seorang blogger yang sukses. Namun perlu kalian tahu bahwa sampai sekarang ini pun saya masih dalam proses belajar, karena saya masih merasa belum tahu banyak seputar dunia blogging.

No Responses

Leave a Reply