s

27 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Bunda Persiapkan !!

Daftar perlengkapan bayi baru lahir – Kehamilan adalah momen yang paling di tunggu-tunggu bagi pasangan suami istri, apalagi jika usia kehamilan itu sudah memasuki bulan-bulan akhir yang mana sebagai calon orang tua kita perlu mempersiapkan banyak hal. Dalam kondisi seperti ini mungkin bagi orang tua yang baru pertama kali akan melahirkan akan merasa gelisah sendiri, mereka menginginkan calon anaknya bisa lahir dengan selamat. Biasanya segala sesuatu akan di lakukan mulai rutin memeriksakan kandungan ke dokter, melakukan USG, mempersiapkan calon nama untuk bayi dan yang tidak kalah penting menyiapkan berbagai peralatan bayi.

Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas khusus apa saja sih daftar perlengkapan bayi baru yang perlu kita persiapkan. Karena untuk membuat anak kita nyaman tentunya memerlukan beberapa peralatan bayi yang nantinya akan digunakan. Untuk itu mungkin lebih jelasnya bisa anda simak ulasannya seperti di bawah ini.

daftar perlengkapan bayi baru lahir

sumber : bisnisborneo.com

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Di Beli

Jadi untuk keperluan daftar perlengkapan bayi baru lahir juga harus kita kelompokkan sesuai yang paling penting, kemudian yang cukup penting, sampai dengan yang bisa dikatakan keperluan biasa-biasa saja. Tentunya pengelompokan ini akan lebih memudahkan kita untuk mengetahui mana yang prioritas mana yang tidak.

Secara umum, bayi yang baru lahir itu membutuhkan dot, kemudian ada bantal tambahan yang akan kita letakkan di tempat tidur bayi, beberapa perlengkapan mandi, pakaian bayi serta peralatan untuk bepergian. Ini penting !! karena saat kita mengajak bayi bepergian maka kita juga harus tetap bisa membuat si kecil tetap aman dan nyaman.

Saran dari saya berbelanjalah keperluan bayi dengan bijak, karena seperti yang kita tahu bahwa bayi akan cepat tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu ada kemungkinan peralatan-peralatan yang akan kita beli akan cepat tidak terpakai. Jadilah orang tua yang bijak dan tidak berlebihan dalam berbelanja keperluan si kecil.

  • Baju Bayi

baju bayi baru lahir

Sumber : tokopedia.com

Walaupun saat masih kecil bayi biasanya dibedung, namun bayi juga harus tetap mengenakan baju. Jadi jangan sampai para ibu hanya memakaikan gurita saja tanpa menutupnya dengan baju bayi yang hangat.

Untuk membeli keperluan baju sendiri sebaiknya pilih yang lengan pendek dan panjang, meskipun sebenarnya lengan pendek saja sudah cukup karena saat masih kecil si bayi akan dibedong. Selain itu pilih juga model baju yang berkancing di depan, ini bertujuan agar lebih mudah saat memakaikannya. Dan yang tidak kalah penting adalah jenis baju bayi yang di pilih haruslah yang berbahankan kain lembut dan mudah menyerap keringat.

  • Popok dan Celana Bayi

popok dan celana bayi baru lahir

Sumber : cosmomom.net

Seorang bayi biasanya akan memerlukan celana pendek yang lebih banyak di bandingkan celana panjang. Karena saat masih baru lahir seorang bayi belum akan di kenakan celana melainkan hanya menggunakan seperti popok dari bahan kain panjang yang kemudian di ikat dengan tali di pangkalnya.

Nah, pemilihan popok sendiri juga sebaiknya dari kain yang bisa di cuci pakai. Karena di awal-awal sebagai orang tua sebaiknya menghindari penggunaan pampers untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi. Tapi anda tidak perlu khawatir, sekarang ini sudah banyak popok kain yang bisa di cuci pakai sehingga lebih praktis dan lebih efisien.

  • Kaos Kaki Bayi

kaos kaki bayi baru lahir

Sumber : kaskus.id

Karena kondisi bayi yang masih rentan, maka kita juga memerlukan kaos kaki bayi untuk tetap menjaga kehangatan bayi. Pilihlah kaos kaki yang tidak terlalu ketat ketika di pakai dan berasal dari bahan yang lembut.

  • Topi Bayi

topi bayi baru lahir

aliexpress.com

Daftar perlengkapan bayi baru lahir selanjutnya adalah Topi. Mungkin kalian juga pernah melihat topi rajut khusus untuk bayi. Nah, mungkin seperti itulah topi yang sebaiknya dikenakan bayi ketika di ajak bepergian atau keluar rumah. Jadi bahan yang di pilih harus lembut, hindari dari bahan kain kaku atau karet. Karena itu tidak nyaman ketika digunakan.

  • Bedong Bayi

bedong bayi baru lahir

sumber : frizbaby.blogspot.com

Daftar perlengkapan bayi yang satu ini wajib untuk dibeli, karena bedong sendiri sejak jaman dahulu di gunakan untuk memperkuat bayi saat baru lahir yang mana kondisi fisiknya sangat rentan. Selain itu bedong juga memiliki fungsi untuk membentuk tubuh bayi agar tetap tumbuh sebagaimana mestinya. Misalnya saja agar kaki si bayi tidak membentuk huruf “O” ataupun agar badannya tetap tegap dll.

  • Gurita Bayi

gurita bayi baru lahir

Jika membeli gurita, sebaiknya pilih yang bentuknya agak lebar dan terbuat dari bahan yang lembut. Karena pada masih bayi sang bayi akan selalu menggunakan gurita, sehingga pastikan jika gurita tersebut nyaman untuk dikenakan.

  • Jaket Bayi

jaket bayi baru lahir

Mungkin yang satu ini bukan merupakan perlengkapan yang mendasar ketika bayi baru lahir, tapi tidak ada salahnya juga jika kita sudah mempersiapkannya mulai sekarang. Adapun jaket yang di piih harus dari bahan yang lembut.

Peralatan Mandi Bayi yang Harus Di Persiapkan

Berikut ini ada beberapa peralatan mandi yang juga harus anda persiapan agar si kecil tetap merasa nyaman .

  • Bak Mandi Bayi

Bak Mandi Bayi

sumber : aliexpress.com

Bak yang sebaiknya digunakan untuk bayi yang ukurannya tidak terlalu lebar dan terdapat dudukan di bagian atas. Jadi dengan ada dudukan itu ada sedikit penyangga agar tubuh si bayi tidak telentang secara menyeluruh dikhawatirkan bisa kemasukan air.

  • Perlak Bayi

perlak bayi baru lahir

sumber : dhanisbabyshop.com

Daftar perlengkapan bayi baru lahir yang satu ini biasanya digunakan agar saat si kecil ngompol tidak langsung membasahi tempat tidur. Selain itu dengan adanya perlak juga lebih memudahkan kita saat bayi ngompol ataupun buang air besar karena lebih mudah untuk dibersihkan.

  • Sabun Mandi Khusus

sabun mandi bayi

sumber : wanista.com

Jadi sabun mandi yang digunakan tidak sembarangan, ada beberapa produk sabun yang memang secara khusus diperuntukkan bayi karena tidak akan pedih ketika terkena mata dan biasanya juga terasa lebih lembut.

  • Shampo Bayi

shampoo bayi

Begitu juga dengan shampo bayi, untuk tetap menjaga kebersihan kepala bayi maka shampo khusus untuk bayi memang diperlukan.

  • Gunting Kuku

gunting kuku bayi

Sumber : lexingtonfamily.com

Bayi akan sering menggaruk-garukkan tangannya ke tubuhnya, jadi jangan sampai karena kuku si kecil mulai panjang bisa melukai kulitnya sendiri ya. Oleh karena itu jaga selalu kebersihan kuku dan pangkas jika sudah mulai panjang menggunakan gunting kuku untuk bayi.

  • Handuk Bayi

handuk bayi

dhanisbabyshop.com

Setelah mandi, untuk mengeringkan badan si kecil dia memerlukan handuk yang lembut dan juga mudah menyerap air. Jadi perlengkapan handuk ini harus dipilih dari bahan dan kualitas yang bagus.

  • Minyak Telon

minyak telon untuk bayi

sumber : hellosehat.com

Dari dulu minyak telon adalah hal yang wajib di miliki. Karena selain bisa menghangatkan tubuh, minyak telon juga bisa membuat bayi merasa lebih nyaman terutama setelah di mandikan. Oleh karena itu minyak telon yang merupakan minyak alami ini sangatlah berguna dan wajib untuk dipersiapkan.

Perlengkapan Tidur Bayi yang tidak Boleh di Lupakan

Untuk perlengkapan tempat tidur yang wajib kita persiapkan untuk si kecil adalah :

  •  Tempat tidur atau kasur bayi

tempat tidur bayi

Mungkin para orang tua rasanya tidak ingin lama-lama jauh dari si kecil apalagi jika kelahiran anak pertama. Nah, untuk tetap menjaga biar tetap aman dan nyaman. Bunda bisa menyiapkan tempat tidur kecil untuk si buah hati. Jadi tempat tidur tersebut bisa kita sanding saat tidur malam sehingga kita bisa tetap bersama dengan bayi tanpa ada rasa khawatir.

  • Bantal dan guling

bantal dan guling bayi

Untuk bantal guling ini sebenarnya sudah satu set dengan tempat tidur apabila kita beli di sebuah toko bayi. Namun sebaiknya untuk ukurannya sendiri sesuai dengan ukuran bayi kita.

  • Kelambu

kelambu bayi

adorababyshop.co

Mungkin bunda sering melihatkan seperti tudung saji yang terbuat dari kelambu. Ya jadi sepertinya itu bisa di masukkan ke dalam daftar perlengkapan bayi baru lahir agar si kecil tidak di gigit nyamuk.

Perlengkapan Makan Bayi

Yang tidak kalah penting dari semua adalah mempersiapkan segala sesuatu untuk makan si kecil, apa saja itu ?

  • Botol Bayi

botol bayi

Selain di berikan ASI, terkadang kita juga memberikan susu formula yang diletakkan pada botol. Nah, untuk botol bayi sendiri sebaiknya membeli yang ada label BPA free.

  • Gendongan Bayi

gendongan bayi

Mungkin menggendong bayi menggunakan jarik sudah mulai di tinggalkan, sekarang ini ada gendongan bayi yang di desain secara khusus sehingga sangat memudahkan kita saat mengajak bayi keluar rumah ataupun bepergian.

  • Termos Botol

termos bayi

Bayi membutuhkan susu setiap saat. Jadi kita harus sedia air panas selalu agar tidak repot saat membuatkan anak susu formula.

Mungkin itu dulu daftar perlengkapan bayi baru lahir yang perlu untuk anda persiapkan, jangan lupa bahwa anak adalah titipan dari sang kuasa sehingga kita harus benar-benar merawat dan mendidiknya menjadi anak yang baik.

Leave a Reply