12 Ucapan Doa Untuk Orang Sakit Supaya Cepat Sembuh

Doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh – Seperti yang kita tahu bahwa kita sebagai manusia tidak akan pernah luput dari yang namanya maut, begitu juga sebelum maut itu datang bahkan kita akan di uji oleh Allah SWT dengan berbagai macam penyakit, baik itu penyakit ringan maupun yang berat. Adapun disebutkan bahwa penyakit itu sendiri akan datang kepada seseorang untuk menggugurkan sebagian dosa yang ia lakukan.

doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh

Sumber : firami.blogspot.co.id

Jadi memang perlu di ingat bahwa datangnya penyakit itu dari Allah, jadi dalam keadaan apapun sebaiknya kita harus selalu bersyukur kepada-NYA, meskipun semua orang tentunya akan selalu berdoa kepada Allah SWT untuk selalu diberikan kesehatan.

Oleh karena itu saat penyakit itu datang pada diri kita bisa jadi Allah masih sayang dengan kita dan ingin menguji hambanya. Yang bisa kita lakukan saat sedang sakit adalah terus berikhtiar dan berusaha untuk lebih banyak istirahat serta minum obat secara teratur. Selain itu yang tidak kalah penting juga adalah berdoa, doa untuk orang sakit agar cepat sembuh.

Semoga dengan kita selalu berdoa, maka kita bisa segera di sembuhkan dan semua penyakit itu di angkat oleh Allah SWT. Nah, sudahkah kalian tahu seperti apa sih doa untuk orang sakit agar cepat sembuh dalam agama islam. Untuk lebih jelasnya bisa kalian simak informasinya berikut :

5 Bacaan Doa untuk Orang Sakit Supaya Cepat Sembuh Dalam Islam

  • Membaca AL-Fatihah

Jadi dalam salah satu firman Allah dalam surat Al-isra’ ayat 82 di sana menyebutkan bahwa Al-quran itu memang diturunkan sebagai penyembuh sekaligus sebagai rahmat untuk orang yang beriman. Nah, lantas kenapa harus surat Al-fatihah? Karena bisa dikatakan Al-fatihah adalah rangkuman dari semua isi Al-quran sehingga dalam menjalankan sholat sekalipun kita harus membaca surat Al-fatihah. Oleh karena itu salah satu doa untuk orang lain agar cepat sembuh bisa dengan membaca surat Al-fatihah.

doa untuk orang sakit membaca Al-Fatihah

Sumber : thesocialtrending.com

  • Doa Untuk Orang Sakit yang Pertama

Jadi menurut Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim.  Aisyah R.A pernah mengetahui bahwa Rosululloh SAW pernah berkata ketika di datangi oleh seseorang yang tengah mengeluh karena sakit, beliau kemudian meletakkan telunjuk jarinya ke tanah dan meludahinya sedikit, kemudian mengusapkannya ke bagian tubuh yang orang yang sakit tersebut sembari membaca doa berikut ini :

Bismillah Turbatu Ardlina Biriqoti Ba’dlina Yusyfa Saqimuna Bi’idzni Robbina.

Artinya : Dengan nama Allah tanah kami dengan ludah setengah dari kami, semoga disembuhkan orang sakit ini dengan izin Allah.

  • Doa Untuk Orang Sakit yang Kedua

doa untuk orang sakit

Sumber : youtube.com

Diriwayatkan pula dalam HR. Bukhari dan Muslim. Saat Rasulullah SAW  sedang berziarah ke salah satu rumah keluarga yang sedang sakit keras, kemudian nabi mengusapkan tangan kanannya di kepala yang sakit sambil membaca doa berikut :

Allahuma Robbannas, Adz-hibil Ba’sa Isyfi Antasy-Syafi La Syifa’a Lilla Syifa’uka Syifaan La Yughadiru Saqoman.

Artinya : Ya Allah Tuhan dari semua manusia, hilangkan semua penyakit, sembuhkanlah, hanya Engkau yang bisa menyembuhkan. Tiada kesembuhan kecuali dari-Mu. Sembuh yang tidak di hinggapi oleh penyakit lagi.

Jadi doa yang diucapkan Nabi saat berkunjung ke rumah orang yang sedang sakit di atas merupakan doa terbaik untuk mendoakan supaya yang sakit cepat sembuh. Selain itu dengan kita mengunjungi atau menjenguk seseorang yang sedang sakit maka secara tidak langsung kita juga memberikan dukungan mental agar si sakit bisa sembuh dan tidak merasa kesepian.

  • Doa Untuk Kesembuhan yang Ketiga

Apabila doa-doa di atas dianjurkan dengan merujuk pada hadits, untuk versi 4 ini Rasulullah langsung mencontohkan doa kesembuhan saat kita sedang menjenguk yang sedang sakit sebelum tiba ajalnya. Maka kita bisa membacakan doa berikut ini sebanyak 7 kali :

Asalullaha Adhi, robbal arsyil Adhim an-yasyfiyaka.

Artinya : Aku mohon kepada Allah yang maha Agung. Tuhan yang mempunyai arasy, semga Allah menyembuhkan kamu.

doa untuk kesembuhan orang sakit

Sumber : menatahidup.com

  •  Doa Minta Kesembuhan Untuk Diri Sendiri

Doa yang terakhir ini ditujukan untuk kesembuhan diri sendiri, jadi seorang yang sakit juga sebaiknya tetap berdoa kepada Alah SWT untuk kesembuhan dirinya pribadi. Adapun caranya dengan meletakkan tangan kanannya di bagian yang sakit kemudian berdoa seperti berikut :

Bismillah A’uudzu Bi’Izzatillahi Wa Qudratihi Min Syarri Ajidu Wa Uhaadziru.

Artinya : Dengan menyebut nama Allah, aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan Kekuasaan-Nya dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.

  • Doa Untuk Orang Sakit Parah

Apabila kita menjenguk seseorang yang sudah sakit parah dan mungkin sangat sedikit harapan untuk sembuh, maka kita sebaiknya mendoakan dia yang sakit dengan doa berikut :

Allahuma ahyinii ma kaanatil hayatu khoirin lii wa tawaffanii ma kaanatilwafaatu khairan lii.

Artinya : Ya Allah, hidupkanlah aku apabila itu lebih baik bagiku, dan matikanlah aku apabila kematian itu lebih baik bagiku.

Baca juga :

27 Sifat berdasarkan nama lengkap !!

Kata-kata Ucapan Doa Untuk Orang Sakit Agar Cepat Sembuh

Selain beberapa doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh seperti yang telah di sebutkan di atas dalam ajaran agama islam versi Arab, berikut ini ada beberapa ucapan doa apabila kita dikabari yang mungkin saudara, teman atau seseorang yang kita sayang sedang sakit dan kita belum bisa untuk menjenguknya.

ucapan doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh

Sumber : katakatagambar.com

Jadi selain hanya membalasnya dengan kalimat-kalimat seperti get well soon dan semoga cepat sembuh, mungkin ada kalimat lain yang lebih bagus untuk digunakan seperti berikut :

  • Doa Untuk Seorang Kekasih

“Sayangku, Semoga kamu segera lekas sembuh, aku akan selalu berada di sini menunggu kesembuhanmu.”

  • Doa Untuk Sahabat

ucapan doa untuk sahabat yang sakit

Sumber : sufimuda.wordpress.com

“Maaf ya teman, saya belum bisa menjengukmu. Saya dengar kemarin kamu jatuh sakit. Semoga menyakitmu segera di angkat dan kamu bisa sehat kembali. Amin”

“Semoga kamu segera mendapat kesembuhan dan kita bisa bermain bersama-sama lagi teman. Aku di sini selalu mendoakan kesembuhanmu.”

“Jangan takut dan jangan sedih teman, kami di sini selalu menunggu kesembuhanmu. Kami semua di sini selalu berdoa untukmu dan berharap kamu bisa hadir kembali di tengah-tengah kita.”

Jadi ucapan-ucapan doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh seperti ini pastinya secara tidak langsung bisa menyemangati dan menunjukkan kalau kita juga peduli dengan kondisi si orang yang tengah sakit tersebut. Bahkan ucapan tersebut juga bisa membantu secara psikologis untuk menumbuhkan jiwa semangat dalam menghadapi cobaan tersebut. Karena bagaimanapun kita sebagai manusia itu adalah makhluk sosial yang mana saling membutuhkan satu sama lain, oleh karena itu dengan ucapan-ucapan doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh ini bisa tetap mempererat hubungan sosial kita meskipun mungkin kita belum bisa datang secara langsung untuk menjenguknya.

  • Doa Untuk Kesembuhan Orang Tua

“Setiap hari kami semua selalu merindukanmu ayah, kami semua tidak bisa hidup tanpamu. Semoga engkau segera diberi kesembuhan oleh Allah dan bisa kembali bersama-sama lagi.”

doa kesembuhan untuk orang tua

Sumber : wartaberitatki.com

  • Doa Bermunajat Kepada Allah

“Ya Allah ya Tuhan kami… ijinkan hamba memanjatkan doa kepada-Mu…

Sembuhkanlah teman kami, sahabat kami dari penyakit yang ia derita…

Berikanlah keringanan atas sakit yang ia rasakan…..

Berilah dia kekuatan…..berilah ia ketabahan dalam menghadapi ujian ini…

Ya Allah…. tolong jauhkanlah teman kami dari mara bahaya…

Jauhkanlah ia dari segala penyakit….

Dekatkanlah ia dari kesembuhan…….

Supaya kami bisa berkumpul bersama-sama lagi…

Amin….”

 

Demikianlah ucapan dan doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh. Karena setiap manusia pasti pernah merasakan sakit, maka saat kita diberikan ujian berupa sakit pastinya kita akan jauh lebih bisa mensyukuri kondisi kita saat sehat. Allah maha berkehendak, oleh karena itu sudah sebaiknya kita selalu berbaik sangka dan percaya bahwa ada hikmah di balik ini semua.

Comments (2)

  1. Doa Anak Sakit April 27, 2017
  2. scryde.ru April 30, 2017

Leave a Reply