s

Cara Membuat Gambar Kolase Beserta Contoh-contohnya

Gambar kolase – Berbicara mengenai karya seni memang tidak akan ada habisnya, bahkan apabila kita melihat barang-barang bekas sekalipun seperti koran bekas, majalah, kardus, daun-daunan hingga biji-bijian pun sebenarnya bisa kita manfaatkan menjadi sebuah karya yang indah. Bagaimana caranya?

gambar kolase

Sumber : psredoputra.blogspot.co.id

Jadi jika kalian melihat keberadaan barang-barang bekas tersebut jangan langsung dibuang, dengan sedikit sentuhan ide kreatif maka kita bisa membuat kreasi gambar kolase yang tidak ada duanya.

Pengertian Gambar Kolase

Jadi yang dimaksud dengan kolase ialah sebuah komposisi karya seni yang terbuat atas bermacam-macam bahan seperti kaca, kain, kertas, kayu, logam dan lain sebagainya yang nanti ditempelkan pada bidang permukaan gambar. Gambar kolase sendiri termasuk dalam seni rupa 2 dimensi yang dalam pembuatannya menggunakan berbagai macam paduan bahan seperti yang sudah di jelaskan di atas. Bisa dikatakan selama ketersediaan barang-barang dapat dipadu padankan dengan baik, maka hasil gambar kolase-nya pun bisa mewakili perasaan orang yang membuatnya.

Sejarah Seni Kolase

sejarah seni kolase

Sumber : pixabay.com

Jika kita melihat sejarah, seni kolase ini telah lama berkembang di Venice-Italia sejak abad ke-17. Kemudian barulah seni gambar kolase ini tersebar ke Perancis, Jerman, Inggris dan kota-kota besar lainnya di tanah Eropa. Pada saat itu kolase memang tengah menjadi media yang paling digemari oleh kalangan seniman, karena hasil karya saseninya terlihat sangat kreatif dan unik.

Unsur-Unsur Seni Rupa Yang Terdapat Pada Gambar Kolase

  • Titik dan bintik

Titik merupakan unsur terkecil dalam gambar yang mana tidak memiliki ukuran baik panjang maupun lebar. Berbeda halnya dengan bintik, bintik memiliki ukuran yang sedikit lebih lebar  daripada titik. Dalam unsur seni kolase, titik ini bisa diterapkan dari bahan butiran pasir laut. Sementara untuk bintik bisa menggunakan bahan dari biji-bijian yang ukurannya kecil.

  • Garis

Garis ini bisa dibilang perpanjangan dari titik yang mana memiliki ukuran panjang akan tetapi tidak terlalu memiliki lebar. Apabila kita lihat dari jenisnya, garis sendiri masih dibedakan menjadi beberapa yaitu ada garis lengkung, lurus, putus-putus dan juga garis berbentuk spiral. Nah dalam penerapannya garis pada seni kolase bisa menggunakan lidi, kawat, batang korek ataupun benang.

  • Bidang

Bidang adalah salah satu unsur rupa yang dibuat dengan mempertemukan beberapa lebih dari dua garis. Untuk bidang sendiri juga dibagi menjadi 3 bagian yaitu bidang vertikal, horizontal dan melintang. Dari bentuk bidang sendiri nantinya dalam seni kolase bisa berupa bidang 2 dimensi maupun 3  dimensi.

  • Warna

Unsur warna sangatlah penting dalam seni kolase. Bagaimana tidak tanpa adanya unsur yang satu ini hasil karya juga akan terlihat kurang menarik bagi penglihatan manusia. Namun seperti yang kita tahu bahwa warna dibagi menjadi warna primer dan warna sekunder serta tersier. Adapun warna gambar kolase bisa kita aplikasikan dari kertas warna pita, kain warna-warni dan lain sebagainya.

Bahan-Bahan dan Cara Membuat Karya Seni Kolase

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat gambar kolase di antaranya adalah seperti berikut :

  • Serutan Pensil / Kayu

bahan kolaser serutan pensil

Sumber : serbukgergajisawdust.blogspot.co.id

Kita bisa membuat seni kolase menggunakan bahan serutan dari kayu yang telah dikeringkan atau menggunakan serutan pensil. Adapun tujuannya supaya warnanya tidak terlalu berubah, kemudian barulah serutan kayu atau pensil tersebut dipotong sesuai dengan kebutuhan.

  • Kaca

bahan kolase dari kaca

Sumber : khadafideath.blogspot.co.id

Bahan kaca yang digunakan di sini adalah bekas pecahan-pecahan kaca yang bisa kita dapatkan di bekas tempat orang yang memasang kaca rumah. Nah, supaya kaca bening tersebut memiliki warna, maka kita bisa mengecatnya menggunakan cat air.

Ukuran kaca bisa kita sesuaikan dengan cara memotongnya menggunakan pemotong kaca atau bisa juga dengan mengetukkan kaca langsung ke lantai yang keras. Biasanya cara ini dilakukan untuk mendapatkan ukuran kaca yang tidak beraturan dan tidak sama besar, namun kita harus tetap berhati-hati saat melakukannya.

  • Batu

Batu yang bisa dan cocok digunakan di sini adalah semacam batu akik yang memiliki berbagai macam warna, kemudian batu tersebut di asah hingga warnanya lebih keluar dan bagus untuk dipandang.

  • Logam

Sebaiknya kita memilih bahan-bahan logam yang mudah di dapatkan saja seperti alumunium, seng ataupun kuningan. Adapun plat logam tersebut bisa kita potong sesuai ukuran dan bisa di susun di bidang dasar kolase.

  • Keramik

Bahan keramik di sini mempunyai banyak pilihan warna. Jadi untuk keperluan seni gambar kolase ini kita bisa menggunakan bekas-bekas potongan keramik rumah yang sudah tidak terpakai dan bisa kita potong-potong untuk dimanfaatkan.

  • Batok (Tempurung) Kelapa

Untuk tempurung kelapa ini yang bagus untuk digunakan adalah tempurung yang sudah tua atau bisa juga yang muda sesuai kebutuhan. Pertama-tama kita bersihkan tempurung dari semua sisa serat yang ada, kemudian kita haluskan menggunakan ampelas. Jika dirasakan sudah halus, barulah kita bisa memotong dan menyusunnya pada bidang gambar.

  • Biji-bijian

biji-bijian untuk gambar kolase

Sumber : nikekristi1c.blogspot.co.id

Bahan biji-bijian ini bisa kita dapatkan banyak dari tumbuh-tumbuhan. Kita bisa memilih ukuran, warna hingga bentuk dari biji-bijian sesuai yang kita inginkan. Adapun biji tersebut harus dikeringkan terlebih dahulu supaya warnanya nanti ketika digunakan tidak berubah dan juga agar tidak terjadi penyusutan lagi. Alternatif lainnya sebelum digunakan kita bisa menggoreng biji tersebut tanpa minyak (sangrai).

  • Dedaunan

Bahan yang satu ini yang paling sering digunakan karena bisa didapatkan dengan sangat mudah. Selain itu apabila kita menggunakan daun, maka otomatis akan ada banyak pilihan bagi kita mulai dari warna, tekstur, bentuk dan juga kekuatan daun itu sendiri.

  • Kulit-kulitan

Kulit di sini bisa jadi kulit buah ataupun kulit tumbuhan. Namun tentunya tidak semua kulit buah ataupun kulit tumbuhan semuanya bisa digunakan, karena yang bisa digunakan contohnya seperti kulit salak, kulit jeruk, kulit kacang tanah dll. Sementara untuk kulit batang contohnya seperti kulit pohon pisang dan kulit bambu. Akan tetapi sebelum digunakan harus dikeringkan terlebih dahulu untuk mendapatkan bentuk aslinya.

  • Kertas Bekas

bahan gambar kolase kertas bekas

Sumber : pad2.whstatic.com

Bahan bekas seperti kertas bekas bisa kita manfaatkan terutama untuk kertas bekas yang sudah memiliki warna. Hampir semua jenis kertas bisa digunakan untuk membuat seni gambar kolase, misalnya saja seperti kardus, kertas poster, kemasan rokok atau kertas-kertas bekas kemasan produk yang sudah tidak terpakai.

Teknik Pembuatan Kolase

  • Pertama kita siapkan semua bahan yang akan kita gunakan, misalnya seperti kertas, majalah atau bisa juga koran.
  • Kemudian siapkan juga perangkat dan media yang digunakan seperti kertas karton, pewarna, gunting, lem dan pensil.
  • Langkah selanjutnya kita buat gambar pola di kertas karton yang telah disiapkan tadi menggunakan pensil.
  • Kita siapkan secara matang mengenai warna, bentuk, hingga besar kecil potongan-potongan bahan bekas yang akan digunakan.
  • Lalu kita gunting semua bahan sesuai kebutuhan.
  • Nah, untuk bisa melekat kita gunakan lem. Jadi satu per satu kita beri lem pada bahan yang hendak kita tempel ke bidang gambar.
  • Tempelkan semua bahan dan susun secara rapi agar terlihat indah dan menarik.
  • Beri bingkai gambar agar hasil seni yang kita buat nampak lebih enak untuk di pandang.

Lihat juga :

Contoh Kolase dari Biji-Bijian

gambar kolase biji-bijian bentuk kupu-kupu

Sumber : mediapembelajaran-smb.blogspot.co.id

 

gambar kolase kupu dari biji-bijian

Sumber : baitululyabuha.blogspot.co.id

 

gambar kolase kaligrafi dari biji-bijian

Sumber : bengkelsb.blogspot.co.id

 

gambar kolase biji-bijian bentuk gajah

Sumber : youtube.com

 

Contoh Kolase dari Kertas

gambar kolase ikan dari kertas

Sumber : ummualiyyah.wordpress.com

 

Contoh Kolase dari Serutan Pensil

 

gambar kolase serutan pensil bagus

Sumber : Berguna.co

gambar kolase burger dari serutan pensil

Sumber : cdns.klimg.com

gambar kolase ayam dari serutan pensil

Sumber : cdns.klimg.com

 

 

 

gambar kolase dari serutan pensil bentuk kartun

Sumber : cdns.klimg.com

 

kolase ikan dari serutan pensil

Sumber : wompee.com

 

seni kolase kucing dari serutan pensil

Sumber : liputan6.static6.com

Contoh Kolase dari Daun Kering

 

 

 

gambar kolase burung dari daun

Sumber : humaniora.uniknya.com

 

gambar kolase binatang dari daun

Sumber : humaniora.uniknya.com

 

gambar kolase kupu-kupu dari daun

Sumber : humaniora.uniknya.com

 

gambar kolase dari daun

Sumber : diaryofourlive.blogspot.co.id

 

seni kolase hewan dari daun kering

Sumber : diaryofourlive.blogspot.co.id

Contoh Kolase dari Kaca

gambar kolase ikan dari kaca

Sumber : tinypic.com

 

gambar kolase dari kaca

Sumber : payload.cargocollective.com

Jadi di atas tadi adalah ulasan mengenai pengertian kolase lengkap dengan sejarah awal mula seni kolase ini dikenal di Italia. Adapun contoh gambar kolase sendiri ada banyak sekali yang terbuat dari daun-daun, kulit buah, biji-bijian maupun kaca dan pernak-pernik.

Leave a Reply