Gambaran Bidadari Surga Menurut Islam dan Al-Quran

Gambaran bidadari surga – Semua insan manusia pasti ketika mendengar kata surga maka mereka akan membayangkan hal-hal yang serba indah dan penuh dengan kenikmatan. Ada sungai-sungai mengalir yang airnya bisa langsung di minum, tersedia semua makanan, ada bidadari surga dan kita akan kekal hidup di dalamnya.

Jadi memang kenikmatan terbesar yang di janjikan oleh Allah SWT adalah surga, di sana terdapat bejana-bejana yang terbuat dari emas, terdapat istana yang sangat megah dengan hiasan beragam permata serta berbagai macam keindahan yang mungkin selama ini belum pernah terlintas dalam benak pikiran kira, belum pernah terdengar oleh telinga dan juga belum pernah terbesit dalam hati.

Firman Allah Tentang Kenikmatan Surga dan Bidadari Surga

Di dalam kitab AL-Quran sendiri ada banyak sekali ayat yang menyebutkan serta menggambarkan keindahan dan juga kenikmatan yang ada di surga. Adapun di antaranya adalah :

gambaran bidadari surga

Sumber : ibu-zahraa.blogspot.co.id

  • Kandungan dalam QS. Muhammad : 15

Yang mana kandungan isinya menggambarkan bahwa surga yang dijanjikan Allah terdapat sungai-sungai yang rasa dan baunya tidak pernah berubah, sungai tersebut akan mengalirkan air susu yang rasanya tidak akan berubah, sungai khamar yang lezat namun tidak memabukkan, Sungai yang mengalirkan madu dan semua macam buah yang di inginkan sementara orang yang kekal di dalam neraka nanti akan mendapat minuman dari air mendidih yang bisa memotong-motong ususnya.

  • Kandungan dalam QS. Al-Waqiah : 10-21

Yang mana dalam surat Al-Waqiah digambarkan bahwa orang yang paling dulu masuk surga ialah orang yang beriman, karena mereka akan di dekatkan dan berada di dalam surga kenikmatan. Digambarkan pula orang yang masuk surga akan berada di atas dipan-dipan yang bertahtakan emas permata, mereka juga akan di kelilingi oleh anak muda yang akan tetap muda selamanya sambil membawakan gelas berisikan minuman dari sungai yang mengalir dan mereka tidak akan pusing ataupun mabuk karenanya, serta mereka bisa memilih semua daging burung dan buah-buahan yang mereka kehendaki.

  • Kandungan dalam QS. Ar Rahman : 56

Jadi di jelaskan di ayat tersebut jika di sana (surga) terdapat bidadari yang sopan dan selalu menundukkan pandangan. Tidak pernah disentuh oleh manusia pada sebelumnya dan tidak pula disentuh oleh jin.

  • Kandungan dalam QS. Ar-Rahman : 58

“Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan.”

  • Kandungan dalam QS. Al-Waqiah : 54-57

Dalam ayat tersebut dijelaskan pula jika Allah menciptakan bidadari-bidadari secara langsung dan menjadikan bidadari tersebut perawan penuh cinta lagi sebaya umurnya.

Ciri-Ciri Wanita Penghuni Surga

Lantas apakah hanya kaum mukmin dari kalangan laki-laki dan bidadari saja yang akan menjadi penghuni surga? Lalu bagaimana dengan para wanita yang menjadi istri-istri setia kaum mukmin ketika di dunia?

wanita penghuni surga

Sumber : ibu-zahraa.blogspot.co.id

Jadi para wanita yang saat di dunia berbakti kepada suami dan beriman kepada Allah kelak akan tetap menjadi pendamping suaminya di surga dan pastinya juga akan memperoleh kenikmatan yang sama seperti kaum mukmin laki-laki sesuai dengan amal ibadah.

Adapun ciri wanita yang akan mendapatkan surganya Allah SWY adalah :

  • Bertakwa kepada Allah dan menjalankan semua perintahnya.
  • Beriman Kepada Allah, Beriman kepada Malaikat, Kitab, Rasul, Hari kiamat dan juga beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk.
  • Bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan-NYA.
  • Mendirikan Sholat dan menunaikan zakat.
  • Gemar membaca AL-Quran serta belajar untuk memahami artinya.
  • Selalu bertawakal kepada Allah dan menjauhi segala larangan-NYA.
  • Mampu menjaga lisan dari perkataan-perkataan dusta dan ghibah.
  • Wanita yang selalu berbakti kepada orang tua dan suaminya.
  • Selalu beramal saleh.

Baca juga : Doa Mujarab Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Jadi itulah ciri-ciri wanita yang dikatakan sebagai seorang yang ahli surga. Dengan memiliki ciri seperti di atas InsyaAllah wanita tersebut akan dijamin masuk surga dan memperoleh semua kenikmatan-kenikmatan di dalamnya.

Gambaran Bidadari Surga Menurut Islam dan Al-Quran

Oke kita kembali ke bahasan utama seperti apa sih gambaran bidadari surga itu, adapun Allah telah menyiapkan baginya bidadari surga yang nanti akan menemaninya di surga. Memang, Allah sudah menyiapkan bidadari sebagai bentuk kenikmatan yang diberikan kepada hambanya yang beriman dan bertaqwa.

Bidadari Surga Menurut Islam

Sumber : Sufera.com

Surga juga merupakan tempat terindah yang dipersiapkan oleh Allah kepada setiap hambanya yang berhasil lulus dalam ujian ketika hidup di dunia. Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW dan juga Al-Quran dijelaskan gambaran bidadari surga seperti berikut :

Harumnya Semerbak

DI riwayatkan dalam sebuah hadist Bukhari dan Muslim bahwa bidadari penghuni surga itu mempunyai harum yang amat semerbak serta apabila dimisalkan ada bidadari yang turun ke bumi, niscaya keharumannya mampu memenuhi antara langit dan bumi.

“jika salah seorang bidadari menampakan wajahnya, niscaya akan menerangi antara langit dan bumi.” (HR. Bukhari)

Kecantikannya Tidak Ada Yang Bisa Menyamai Di Dunia

Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW menggambarkan tentang kecantikan fisik bidadari yang ada di surga yang mana wajahnya terlihat bercahaya layaknya bintang dan rembulan. Begitu juga tertulis dalam surat Ad-Dukhan ayat ke 54 yaitu :

كَذَٰلِكَ وَزَوَّجْنَاهُمْ بِحُورٍ عِينٍ

“Demikianlah. Dan Kami berikan kepada mereka bidadari.” (QS. Ad-Dukhan ayat 54)

bidadari surga menurut Rasulullah

Sumber : catatan.fajar.co.id

Pemalu dan Sopan

Dalam firman Allah SWT yang terkandung dalam Surat Ar-Rahman : 56-58 disebutkan :

فِيهِنَّ قَاصِرَاتُ الطَّرْفِ لَمْ يَطْمِثْهُنَّ إِنْسٌ قَبْلَهُمْ وَلَا جَانٌّ

“Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin.”

فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

“Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?”

كَأَنَّهُنَّ الْيَاقُوتُ وَالْمَرْجَانُ

“Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan.”

Memiliki Umur Sebaya

Jadi penjelasan yang menerangkan bahwa gambaran bidadari surga kelak akan mempunyai umur yang sebaya ada dalam surat Al-Waqiah : 35-37.

إِنَّا أَنْشَأْنَاهُنَّ إِنْشَاءً فَجَعَلْنَاهُنَّ أَبْكَارًاعُرُبًا أَتْرَابًا

“Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) secara langsung, dan kami jadikan mereka gadis-gadis perawan, penuh cinta dan sebaya umurnya.”

bidadari surga

Sumber : markasislam.blogspot.co.id

Yang dimaksud umur sebaya di sini yaitu usia-usia puncak kematangan atau lebih tepatnya 30 tahun. Adapun bidadari surga diciptakan oleh Allah SWT selalu perawan dan tidak akan pernah tua. Jadi semua pasangannya akan selalu kagum dengan kecantikannya, rindu dengan sopan satunnya dan kasih sayang yang dimilikinya.

Sungguh sangat beruntuh bagi semua orang mukmin yang kelak menjadi penghuni surga. Mereka tidak akan pernah jenuh memandangi bidadari pasangannya dan bahkan justru ingin selalu menatap wajah dan mendengar suaranya yang merdu.

Demikian itu adalah gambaran bidadari surga yang tertulis dalam hadist dan ada dalam ayat Al-Quran. Namun tentunya akal manusia tidak akan mampu membayangkan gambaran bidadari surga itu seperti apa. Akan tetapi semua gambaran bidadari surga tadi diharapkan bisa semakin memotivasi diri kita untuk terus berbuat baik, menjalankan semua perintah dan menjauhi semua larangan Allah SWT untuk mendapatkan ganjaran surga yang penuh dengan kenikmatan.

Leave a Reply