s

Hal-hal Yang Harus Di Miliki Oleh Santri Sintesa (Self-Reminder)

Hal-hal yang harus di miliki oleh santri – Pada artikel kali ini saya akan sedikit sharing mengenai sikap-sikap yang harus di miliki oleh para santri di Sintesa. Mungkin kita datang dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda, begitu pula dengan kebiasaan-kebiasaan yang dibawa oleh masing-masing diri para santri dari rumah.

Jadi memang merupakan hal yang wajar jika kita sulit apabila harus menyamaratakan masing-masing santri dalam suatu hal. Baik itu dari sikap, perilaku, kebiasaan hingga komitmen-komitmen dalam diri santri untuk mencapai tujuannya.

Hal-hal Yang Harus Di Miliki Oleh Santri

Sumber : Sintesa.com

Dari segala perbedaan yang ada tersebut namun saya yakin kami semua memiliki tujuan yang sama. Nah, kira-kira apa saja sih sikap-sikap yang harus di miliki oleh masing-masing santri agar bisa mencapai apa yang sudah menjadi tujuan saat belajar di Sintesa?

Santri Harus memiliki Komitmen

Ya, komitmen ini memang sengaja saya tempatkan di posisi pertama karena yang namanya komitmen itu sangatlah penting. Apabila seorang santri datang ke pesantren Sintesa dengan komitmen yang kuat maka dari komitmen tersebut bisa mempengaruhi kinerja dari santri tersebut dalam proses belajar.

harus memiliki komitmen yang kuat

Sumber : Pexels.com

Saya ambil contoh saja saat para santri mendapatkan tugas dengan deadline waktu tertentu, apabila seorang santri memiliki komitmen yang kuat dan tidak ingin merusak komitmennya dari awal, maka dia akan mengerjakan tugas dengan tepat waktu. Jadi dia tidak akan merusak komitmen yang telah dia buat, meskipun itu dalam hal-hal yang sepele sekalipun.

Santri Harus Fokus Atas Apa Yang Dia Lakukan

Selain komitmen, para santri juga harus selalu fokus atas apa yang dia lakukan. Ini juga menjadi pengalaman berharga bagi saya dalam dunia blogging, mengapa saya dari dulu ibarat kata masih belum bisa berdiri di kaki sendiri ya karena belum bisa fokus. Berharap bisa melakukan berbagai macam bidang sekaligus, mudah tergiur dengan sesuatu yang baru hingga mudah terpengaruh menjadi hal-hal yang harus kita hindari.

santri harus fokus

Sumber : Pexels.com

Jadi saya berpesan untuk seluruh santri di Sintesa, kita harus belajar fokus atas apa yang kita kerjakan atau tekuni. Sebab apabila kita tidak bisa fokus terhadap suatu bidang, maka tujuan yang ingin kita capai tersebut juga akan sulit untuk kita dapatkan.

Membuang Sifat Malas Dari Dalam Diri Santri

Ini merupakan salah satu hal yang berat. Rasa malas memang bisa datang ke siapa saja dan kapan saja. Justru iniah yang menurut saya sangat berbahaya. Di saat para santri sudah semangat mengerjakan tugas, tiba-tiba rasa malas itu datang akhirnya kita menunda pekerjaan yang seharusnya kita kerjakan pada waktu tersebut. Selain itu karena rasa malas juga bisa membuat kita mudah menunda-nunda sesuatu.

santri tidak boleh malas

Sumber : Google.com

Adapun indikasi rasa malas itu bisa kita lihat secara jelas. Misalnya saat mendapatkan tugas dalam kurun waktu seminggu, biasanya seseorang yang dilanda rasa malas akan bersantai-santai terlebih dahulu di awal-awal, barulah menjelang hari akhir pengumpulan semua tugas dikebut dalam satu malam. Saya yakin semua orang pernah melakukan hal tersebut, namun ya kembali lagi ke diri kita masing-masing bahwasanya kita pasti bisa berubah menjadi lebih baik.

Santri Harus Memiliki Tujuan Yang Jelas

Melakukan sesuatu tanpa tujuan yang jelas tentu akan menjadi hal yang sia-sia, begitu juga dengan adanya para santri di Sintesa ini pasti memiliki tujuan masing-masing. Jadi mengapa sebuah tujuan itu juga menjadi hal yang penting? Karena di saat kita down ataupun saya rasa malas itu tiba, maka kita harus kembali lagi mengingat apa tujuan kita berada di pesantren Sintesa ini.

tentukan tujuan yang jelas

Sumber : Media.licdn.com

Mungkin terbilang sederhana, namun saya yakin dengan mengingat kembali tujuan kita berada di sini maka rasa semangat itu akan muncul lagi. Dengan begitu para santri bisa terus ingat dan tentunya selalu berupaya untuk mencapai tujuan yang telah kita inginkan tersebut.

Santri Harus Bekerja Keras Untuk Mendapatkan Apa Yang Di Inginkan

Seperti yang kita tahu bahwa mana mungkin tujuan kita bisa tercapai tanpa adanya usaha dan kerjakeras. Jadi sikap mau bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan harus dimiliki oleh masing-masing santri.

Kerja keras sebagai modal utama

Sumber : Pexels.com

Selain itu pepatah juga mengatakan bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil, jadi sepertinya kerja keras di sini bisa menjadi cambuk bagi kita untuk berjalan lebih cepat sehingga kita juga akan semakin dekat dengan tangga keberhasilan.

Jadi itulah tadi beberapa hal yang harus dimiliki oleh para santri sintesa menurut versi saya pribadi. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi artikel yang bisa selalu mengingatkan kita untuk menjadi lebih baik lagi. Terimakasih.

Leave a Reply