s

Keuntungan Letak Geografis Dan Astronomis Indonesia Dari Berbagai Sektor

Keuntungan letak geografis dan astronomis Indonesia pastinya ada banyak sekali kalau kita bahas satu per satu. Bahkan bisa dikatakan negara Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya alam dan juga merupakan tempat huni paling ideal di muka bumi.

Jadi apabila kita tinjau dari segi geografis, Indonesia terletak di antara dua benua yaitu Australia dan Asia. Selain itu Indonesia juga berada di tempat strategis yang mana dilintasi oleh jalur perdagangan dunia antara Australia dan Asia.

keuntungan letak geografis dan astronomis indonesia

Sumber : klimg.com

Sementara itu apabila kita lihat dari letak astronomis Indonesia berada di jalur khatulistiwa sehingga memiliki iklim tropis yang menjadikannya negara dengan tingkat kesuburan tanah paling tinggi. Jadi itu tadi sedikit ulasan mengenai letak Indonesia yang ditinjau dari geografis dan astronomis.

Inilah Keuntungan Letak Geografis dan Astronomis Indonesia

Untuk lebih jelasnya saya akan mengulas keuntungan letak geografis dan astronomis Indonesia lengkap dengan penjabarannya seperti di bawah ini.

Posisi Indonesia Ditinjau Dari Letak Geografis

letak geografis peta indonesia

gambarcantik.blogspot.com

  • Apabila kita menengok peta Indonesia seperti pada gambar peta di atas, maka kita bisa melihat secara jelas jika Indonesia berada di antara 2 benua besar yakni Australia dan Asia. Selain itu Indonesia juga berbatasan langsung dengan 2 samudra yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.
  • Indonesia sendiri tepatnya berada di Asia tenggara bersama 10 negara ASEAN lainnya seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Brunei Darusalam, Myanmar, Vietnam, Thailand, Laos, Kamboja dan Timor Leste.
  • Indonesia memiliki iklim tropis dengan dua musim yakni musim hujan dan musim kemarau. Adapun curah hujan di Indonesia cukup tinggi sehingga membuat tanahnya terkenal sangat subur.
  • Indonesia berada di perempatan lalu lintas perdagangan dunia. Hal ini tentu membuat letak Indonesia terbilang sangat strategis serta bisa menunjang pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Keuntungan Letak Geografis Indonesia

Karena letak geografis Indonesia yang terbilang sangat strategis, maka tentunya negara Indonesia memiliki beberapa keuntungan yang mungkin tidak di miliki oleh negara lain jika kita mengacu pada letak geografisnya. Adapun beberapa keuntungan tersebut adalah :

  • Keuntungan Dalam Sektor Transportasi
keuntungan geografis indonesia dalam sektor transportasi

wikipedia.org

Karena Indonesia di lewati oleh jalur perdagangan dunia, maka secara tidak langsung ada banyak sekali kapal laut perdagangan maupun pesawat yang transit di Indonesia. Demikian ini tentu bisa mempengaruhi semakin pesatnya perkembangan transportasi di Indonesia. Hal ini terbukti bahwa negara Indonesia terus berbenah dalam bidang transportasi guna mempermudah masyarakat lokal maupun luar saat melintasi Indonesia.

Selain itu penambahan angkutan massal baik transportasi darat, laut dan udara juga turut dilakukan. Hal ini bisa kita liat dari banyak dilakukannya perbaikan bandara-bandara bertaraf Internasional yang ada, begitu juga dengan dermaga maupun pelabuhan lautnya.

  • Keuntungan Dalam Sektor Ekonomi
keuntungan geografis indonesia dalam sektor ekonomi

ozturkhakan.com

Karena berada di jalur transit perdagangan dunia, tentu perputaran uang yang ada di Indonesia juga begitu besar. Selain itu banyaknya aktivitas lalu lalang transportasi dunia yang terkena pajak juga bisa membantu devisa negara.
Indonesia juga dikenal sebagai pusat perekonomian Asia Tenggara, maka tidak heran jika pertumbuhan ekonomi Indonesia termasuk yang paling cepat di antara negara-negara tetangga.

Belum lagi karena alamnya yang indah dan lokasinya yang strategis, Indonesia juga kerap dijadikan tempat destinasi wisata oleh para wisatawan mancanegara. Sehingga setiap tahunnya Indonesia mampu menarik jutaan turis untuk berwisata di negara kita.

  • Keuntungan Dalam Sektor Komunikasi
keuntungan geografis indonesia dalam komunikasi

Sumber : csdnews.com

Sektor komunikasi merupakan hal terpenting dalam menjalin sebuah hubungan, begitu pula dengan apa yang tengah kita rasakan saat ini. Karena Indonesia berada di jalur strategis yang merupakan jalur perdagangan dunia, maka secara tidak langsung kita harus menguasai berbagai macam bahasa dari negara lain. Kita bisa belajar banyak bahasa dari para pedagang yang singgah.

Ditambah lagi dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung, tentu akulturasi bahasa yang ada bisa terjadi lebih cepat dan masyarakat pun juga bisa beradaptasi  untuk mau belajar bahasa asing guna meningkatkan kemampuan diri dalam hal berkomunikasi.

  • Keuntungan Dalam Sektor Kelautan
keuntungan geografis indonesia dalam bidang kelautan

Sumber : benyaminlakitan.wordpress.com

Indonesia juga terkenal sebagai negara maritim yang mempunyai hasil laut sangat melimpah, tentu karena kita berada di jalur yang strategis untuk memasarkan hasil laut juga sangat mudah. Selain itu juga ada banyak kapal laut yang memasuki perairan Indonesia untuk berbagai macam kebutuhan yang akan menambah hasil pajak negara.

Selain itu permintaan pasar-pasar internasional akan hasil kekayaan laut Indonesia juga cukup tinggi sehingga pendapatan dari sektor kelautan juga semakin meningkat.

  • Keuntungan Dalam Sektor Pertanian
keuntungan geografis indonesia dalam bidang pertanian

Sumber : beritadaerah.co.id

Indonesia mempunyai banyak sekali pulau yang hampir dari semua pulau tersebut memiliki tanah yang sangat subur. Semua ini ditengarai oleh iklim Indonesia yang mempunyai curah hujan tinggi. Hal ini tentu sangat berkaitan dengan perkembangan sektor pertanian di Indonesia yang mana bisa berjalan dengan baik karena Indonesia juga mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun.

Bahkan kesuburan tanah Indonesia sudah terkenal sejak jaman dahulu terbukti ada banyak penjajah yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk mendapatkan tanaman rempah-rempah.

Posisi Indonesia Ditinjau Dari Letak Astronomis

Berdasarkan letak astronomis, Negara Indonesia berada pada 6 LU – 11 LS sampai dengan 95 BT – 141 BT. Oleh sebab itulah Indonesia memiliki iklim tropis dan menjadi negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa.

Selain itu karena letak astronomi tersebut, Indonesia juga memiliki 3 bagian zona waktu. Yang pertama GMT +7 (WIB), GMT +8 (WITA) dan GMT + 9 (WIT).  Nah dari letak astronomi ini juga membuat negara Indonesia mempunyai keuntungan yang tidak dimiliki oleh negara lainnya.

Keuntungan Letak Astronomis Indonesia

  • Tidak Mempunyai Musim Dingin
Indonesia memiliki iklim tropis

Sumber : restlessimaginations.blogspot.com

Musim dingin di sebagian negara lain akan terasa sangat merepotkan. Karena saat musim dingin tiba tentunya memerlukan persiapan ekstra tidak hanya dari pakaian saja melainkan juga dari persediaan makanan. Kebetulan Indonesia berada di iklim tropis yang mana hanya ada 2 musim yakni hujan dan kemarau. Berada di iklim tropis tentu merupakan tempat yang sangat cocok untuk di huni.

  • Memiliki Suhu Yang Relatif Hangat
Indonesia memiliki suhu yang hangat

pendoasion.wordpress.com

Karena berada di dekat dengan garis khatulistiwa, Indonesia memiliki suhu yang cenderung hangat hingga panas. Tapi meski demikian Indonesia memiliki hutan hujan tropis yang lebat sehingga hawa panas tidak akan terlalu terasa.

  • Mempunyai Curah Hujan Tinggi
indonesia memiliki curah hujan yang tinggi

Sumber : spectrumkoicenter.com

Dengan tingkat curah hujan yang tinggi, maka hampir semua tumbuhan yang ada bisa ditanam di Indonesia. Ditambah lagi Indonesia memiliki banyak vulkanik yang mana hasil dari letusan gunung tersebut di masa lampu mampu menyuburkan semua tanah yang ada.

  • Memiliki Banyak Hutan Tropis
indonesia memiliki hutan hujan tropis

Sumber : novita-azizah.blogspot.com

Karena berada di iklim tropis, Indonesia mempunyai banyak sekali hutan hujan tropis. Bahkan hutan yang ada di Indonesia menjadi hutan yang sangat berpengaruh kedua setelah hutan Amazon dalam menyuplai gas O2 di bumi.

Baca juga : Macam-macam gerak pada tumbuhan

  • Mempunyai Keragaman Flora dan Fauna
indonesia kaya akan flora dan fauna

benyaminlakitan.wordpress.com

Keuntungan berada di Indonesia dengan letak astronomis yang strategis adalah membuat Indonesia menjadi tempat atau habitat banyak sekali hewan maupun tumbuhan. Tentu ini membuat Indonesia memiliki keragaman flora dan fauna. Selain itu iklim tropis juga menjadi tempat yang paling nyaman bagi hewan untuk menetap dan bertahan hidup.

  • Menjadi Tujuan Tempat Wisata Para Turis Asing
indonesia kaya akan tempat wisata menarik

Sumber : anekatempatwisata.com

Bagi mereka yang berada di negara subtropis, terkadang mereka ingin merasakan berada di negara yang memiliki iklim tropis. Nah, kebetulan Indonesia memiliki iklim tropis dan juga mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang mampu memanjakan para wisatawan asing. Misalnya saja Pulau Bali, pulau ini sudah sangat populer dan menjadi tujuan wisata negara tropis.

Jadi itu tadi beberapa keuntungan letak geografis dan astronomis Indonesia yang patut kita banggakan. Sebenarnya masih banyak keuntungan lainnya yang masih berkaitan tentang letak negara Indonesia baik ditinjau dari geografis maupun astronomis, hanya saja ulasan di atas sudah cukup mewakili betapa beruntungnya kita bisa tinggal di negara yang mendapat julukan negeri surga ini. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply