s

Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan (Tropisme, Nasti, Taksis), Lengkap Dengan Contohnya

Macam-macam gerak pada tumbuhan – Semua makhluk hidup di dunia ini pasti bergerak, begitu juga dengan tanaman yang biasa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi banyak yang tidak menyadari bahwasanya tanaman itu memiliki gerak berbeda-beda tergantung ada atau tidaknya rangsangan.

macam-macam gerak pada tumbuhan lengkap dengan contohnya

Sumber : yuniati28.blogspot.com

Adapun rangsangan yang dapat mempengaruhi gerak tumbuhan meliputi sentuhan, cahaya matahari, suhu, dan gravitasi. Mungkin banyak yang bertanya seperti apa gerak dari tumbuhan itu? Nah, secara umum gerak tumbuhan dibedakan menjadi 3 jenis yaitu gerak endonom, gerak esionom dan gerak higroskopis. Jadi ketiga jenis gerak ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Untuk lebih jelasnya bisa kalian simak penjelasannya berikut.

Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan Yang Perlu Kalian Ketahui

Gerak Endonom

Jadi gerak endonom ini bukan disebabkan oleh faktor-faktor seperti pada umumnya, akan tetapi lebih karena ke proses alaminya, Misalnya saja seperti pergerakan mengalirnya protoplasma yang bisa kita lihat pada sel Elodia dan juga gerak yang terjadi saat pecahnya kulit kacang polong kering. Gerak ini sejatinya terjadi secara spontan dan masih belum diketahui penyebabnya.

contoh macam-macam gerak endonom

Sumber : flickr.com

Gerak Esionom

Jika gerak Endonom pergerakannya tidak dipengaruhi oleh rangsangan, maka untuk gerak esionom ini dipengaruhi oleh adanya rangsangan. Rangsangan tersebut bisa berupa rangsangan fisik, mekanik ataupun rangsangan kimiawi.

Misalnya saja untuk contoh rangsangan fisik seperti cahaya, suhu dan juga gravitasi. Namun contoh untuk rangsangan mekanik meliputi tiupan angin ataupun sentuhan tangan manusia. Nah, sementara itu untuk rangsangan kimiawi umumnya bisa dipengaruhi oleh pupuk dan racun yang menyerang tanaman.

Adapun gerak esionom sendiri masih dibagi menjadi 3 jenis gerak yang mana pengelompokannya dilakukan menjadi gerak tropisme, gerak nasti dan gerak taksis. Mungkin untuk lebih jelasnya akan saya bahas satu per satu di bawah ini.

1. Gerak Tropisme

Jadi untuk gerak tropisme ini dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Meskipun demikian untuk gerak tropisme ini sendiri ada yang dinamakan tropisme positif dan tropisme negatif. Secara pengertian tropisme negatif itu merupakan pergerakan tanaman yang arahnya mendekati rangsangan, sementara tropisme negatif pergerakannya menjauhi rangsangan.
Apabila kita mengacu pada pergerakan tropisme sendiri bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya adalah :

  • Fototropisme (Cahaya)

Seperti namanya, gerak tumbuhan yang pertama ini dipengaruhi oleh rangsangan cahaya yang diterima oleh tanaman. Mungkin pergerakan ini merupakan yang paling sering kita jumpai karena banyak diantara tanaman yang tumbuh di atas tanah cenderung bersifat fototropisme.

contoh macam-macam gerak pada tumbuhan fototropisme

Sumber : dewandadari.wordpress.com

Sebenarnya gerak ini dihasilkan karena adanya interaksi antara hormon pada tumbuhan dan sinar matahari. Jadi sel tumbuhan yang berada di sisi gelap akan memanjang lebih cepat dibanding dengan sel-sel yang terkena sinar matahari langsung, hal ini disebabkan oleh distribusi auksin yang tidak bisa merata. Oleh karena itulah mengapa kita sering menjumpai tanaman yang condong ke arah datangnya sinar matahari.

  • Geotropisme (Gravitasi)

Gerak geotropisme adalah gerak tanaman yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi. Rata-rata pengaruh dari rangsangan gravitasi ini mempengaruhi gerak tumbuhan, baik bersifat positif ataupun negatif. Adapun contoh gerak geotropisme negatif seperti perkembangan akar ke dalam tanah yang mana searah dengan gravitasi, Sedangkan geotropisme negatif yakni gerak berlawanan dengan gravitasi seperti halnya pertumbuhan batang tanaman.

contoh macam-macam gerak pada tumbuhan geotropisme

Sumber : intannirmala.blogspot.com

  • Kemotropisme (Kimia)

Pergerakan kemotropisme ini biasanya terjadi karena adanya rangsangan kimia. Misalnya saja seperti pergerakan akar tanaman menuju pupuk yang kita berikan. Atau bisa juga pergerakan serbuk sari menuju bakal buah saat terjadi pembuahan tumbuhan. Jadi kedua contoh tersebut bisa terjadi karena adanya rangsangan kimiawi.

contoh macam-macam gerak kemotropisme

Sumber : pelangiannisa.blogspot.com

  • Trigmotropisme (Sentuhan)

Gerak tumbuhan yang dipicu oleh rangsangan berupa sentuhan ini umumnya terjadi pada tanaman pemanjat seperti ubi, anggur, mentimun, melon dan lain-lain yang memiliki bagian penyokong berupa sulur. Jadi sulur inilah yang nantinya akan membelit benda yang disentuhnya. Demikian ini bisa terjadi akibat melambatnya sel-sel yang menyentuh benda lain sehingga pertumbuhannya cenderung akan melengkung dan membelit benda tersebut.

contoh macam-macam gerak pada tumbuhan trigmotropisme

Sumber : findyou1431.blogspot.com

  • Hidrotropisme (Air)

Pergerakan yang satu ini di dipengaruhi oleh adanya rangsangan dari air. Misalnya seperti pergerakan akar tanaman yang mendekati atau menuju tempat yang terdapat ketersediaan air lebih banyak.

  • Termotropisme (Temperatur)

Gerak termotropisme umumnya dipengaruhi oleh suhu atau perubahan panas. Jadi salah satu contoh macam gerak yang satu ini adalah pertumbuhan daun yang bisa menjadi keriting dan akan menunduk ke tanah akibat suhu lingkungan yang tidak sesuai.

2. Gerak Nasti

Gerak nasti adalah pergerakan tumbuhan yang sama sekali tidak dipengaruhi oleh adanya rangsangan. Jadi biasanya pergerakannya dipicu oleh perubahan turgor pada jaringan tulang daun. Akan tetapi dalam nasti sendiri macam-macam gerak pada tumbuhan  juga dibagi menjadi beberapa bagian antara lain :

  • Gerak Seismonasti (Tigmonasti)

Pergerakan yang satu ini hanya akan terjadi jika tumbuhan mendapat rangsangan berupa sentuhan. Kita bisa mendapati pergerakan seismonasti pada tumbuhan putri malu. Jadi seperti yang kita tahu bahwa daun putri malu akan langsung menutup jika disentuh dan apabila dibiarkan untuk beberapa lama akan membuka kembali.

contoh macam-macam gerak pada tumbuhan seismonasti

  • Gerak Fotonasti

Gerak yang satu ini sangat dipengaruhi oleh rangsangan cahaya yang diterima tumbuhan. Misalnya saja seperti daun tanaman polong-polongan yang mana akan menutup jika hari mulai gelap, kemudian mekarnya bunga ashar dan beberapa jenis tumbuhan lainnya.

contoh macam-macam gerak fotonasti bunga pukul empat

Sumber : tanaman–herbal.blogspot.co.id

 

macam-macam gerak fotonasti daun tanaman polong-polongan

Sumber : flickriver.com

  • Gerak Niktinasi

Niktinasi adalah gerak tanaman yang dipengaruhi oleh datangnya gelap. Adapun tanaman yang memiliki pergerakan niktinasi seperti tumbuhan dari keluarga Leguminocaeae saat sore hari yang akan merundukkan daun-daunnya.

macam-macam gerak pada tumbuhan niktinasi

Sumber : bptuhpt.siborongborong.info

  • Gerak Termonasti

Untuk gerak termonasti biasanya terjadi akibat pengaruh daripada suhu udara. Jadi contoh nyatanya bisa kita temui pada bunga tulip yang mana akan mekar saat musim semi tiba.

contoh macam-macam gerak termonasti bunga tulip

Sumber : tanaman–herbal.blogspot.my

  • Gerak Nasti Kompleks

Jadi pergerakan nasti kompleks merupakan gabungan antara gerak fotonasti, hidronasti dan kemonasti. Adapun contohnya seperti pergerakan stomata pada tumbuhan yang bisa membuka dan menutup.

contoh macam-macam gerak nasti kompleks

Sumber : biologigonz.blogspot.com

3. Gerak Taksis

Gerak taksis merupakan pergerakan keseluruhan tumbuhan ke arah rangsangan. Untuk lebih jelasnya gerak taksis juga masih dibagi menjadi 3 macam yaitu kemotaksis, fototaksis dan galvanotaksis.

  • Gerak Fototaksis

Pergerakan fototaksis dipengaruhi oleh rangsangan cahaya, adapun contohnya bisa kita jumpai pada Engulena yang mana akan bergerak dengan bulu cambuk ke arah datangnya cahaya.

  • Gerak Kemotaksis

Gerak kemotaksis terjadi karena adanya ransangan zat kimia. Misalnya saja seperti sel gamet tumbuhan lumut jantan akan menuju sel gamet betina.

  • Gerak Galvanotaksis

Gerak taksis yang terakhir ini terjadi akibat adanya pengaruh arus listrik. Misalnya pergerakan bakteri tumbuhan ke arah kutub negatif atau positif.

Gerak Higroskopis

Gerak higroskopis adalah pergerakan dari bagian tumbuhan yang terjadi akibat pengaruh dari ketersediaan kadar air dalam sel tanaman sehingga memicu pengerutan yang tidak merata. Adapun contoh dari gerak higroskopis seperti membukanya sel anulus pada spongarium tumbuhan paku. Ada pula contoh lain pergerakan membukanya gigi peristom pada spongarium tumbuhan lumut.

Jadi demikian ulasan mengenai macam-macam gerak pada tumbuhan, adapun pergerakan tersebut sangat bervariasi tergantung dari jenis rangsangan yang diterimanya. Selain itu karena salah satu ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak maka begitu juga dengan tumbuhan, tumbuhan juga melakukan pergerakan-pergerakan yang bertujuan untuk pertumbuhan maupun cara dia untuk bertahan hidup.

No Responses

Leave a Reply