s

7+ Panggilan Sayang Dalam Bahasa Arab Untuk Pasangan Kekasih

Panggilan sayang dalam bahasa Arab – Dalam menjalani sebuah hubungan, apabila kita amati sekarang ini sepertinya ada banyak orang yang memanggil pasangannya dengan berbagai macam sebutan. Hal tersebut biasa dilakukan semata-mata untuk menambah kesan romantis dan juga agar lebih memberi warna dalam hari-harinya.

Namun panggilan yang diberikan kepada pasangan tersebut tentunya sudah mendapatkan persetujuan oleh kedua pihak atau sudah mendapat kesepakatan bersama. Dengan begitu kedua pasangan bisa saling memahami satu sama lain.

panggilan sayang dalam bahasa arab

Sumber : wahdah.or.id

Nah, di negara timur tengah seperti Arab sendiri panggilan sayang juga banyak digunakan meskipun tidak sebanyak panggilan sayang yang ada di Indonesia. Akan tetapi sepertinya jika kita menggunakan bahasa Arab sebagai panggilan sayang untuk suami ataupun istri pasti akan nampak berbeda dengan lainnya dan unik. Untuk itu pada artikel kali ini saya akan memberikan referensi tentang panggilan sayang dalam bahasa Arab lengkap.

Panggilan Sayang Dalam Bahasa Arab Untuk Suami Istri

Meskipun hanya ada beberapa panggilan sayang yang digunakan secara umum di Arab oleh pasangan suami istri, namun bisa dikatakan kata panggilan tersebut memiliki beribu makna yang bisa meluluhkan hati pasangannya. Apa saja itu ?

panggilan sayang arab romantis

Sumber : blog.debusana.com

Panggilan sayang dalam bahasa arab untuk suami

  • Habibi
  • Sodiqi
  • Hubby
  • Abi

Panggilan sayang dalam bahasa arab untuk istri

  • Habibati
  • Humaira
  • Umi
panggilan sayang untuk istri arab

Sumber : nimbrung-yuk.blogspot.com

Kata-Kata Romantis Bahasa Arab Tentang Cinta

Untuk melengkapi panggilan sayang dalam bahasa Arab, berikut ini juga ada beberapa kata-kata romantis yang akan saya bagikan kali ini lengkap dengan cara membaca dan artinya, jadi kalian bisa lebih jelas untuk memahaminya.

الحبّ تجربة حيّة لا يعانيها إلا من يعيشها

Alhubbu tajribatun hayyatun, la yu’aniiiha illa man ya’isyuha.

Arti dari kata romantis di atas berisikan tentang deskripsi dari cinta, jadi bahwa cinta itu hanya bisa dipahami oleh sepasang kekasih yang sudah hidup bersama.

 

الحبّ سلطان ولذلك فهو فوق القانون.

Alhubbu sulthanun, wa lidzalika fa huwa fauqal qanun

Apabila kita sedang merasakan manisnya cinta, maka cinta itu akan terasa seperti raja, oleh karena itulah cinta itu memiliki kedudukan di atas segala-galanya. Mungkin kurang lebih begitulah makan dari potongan kalimat romantis di atas.

 

الحبّ كالحرب فمن السّهل أن تشعلها ولكن من الصّعب أن تخمدها.

Alhubbu kal harbi, minas sahli an tus’ilaha, walaakin minas sha’bi an tukhmidaha

Cinta itu ibaratkan sebuah perang, sangat mudah untuk dikobarkan, namun sangat sulit untuk memadamkannya. Begitulah arti untaian kata romantis tentang cinta yang terkandung dalam kalimat bahasa Arab di atas.

 

kata-kata cinta dalam bahasa arab

Sumber : kabarmuslimah.com

 

الحبّ جزء من وجود الرّجل ولكنّه وجود المرأة بأكمله

Alhubbu juz’un min wujudir rajuli, wa laakinnahu wujudul mar’ati bi akmalihi

Makna kalimat di atas bahwa cinta itu adalah merupakan salah satu bagian dari eksistensi laki-laki, akan tetapi cinta itu merupakan eksistensi dari keseluruhan seorang wanita. Jadi bisa dikatakan keberadaan seorang wanita itu akan semakin melengkapi cinta yang kita miliki sebagai seorang laki-laki.

 

المرأة لغز مفتاحه كلمة واحدة و هي الحب

Almar’atu luqzun, miftahuhu kalimah wahidah hia alhubbu

“Wanita itu adalah teka-teki, kuncinya hanya satu yaitu cinta”. Jadi kata-kata tentang cinta ini memang benar bahwa wanita itu seperti teka-teki yang mana kunci untuk bisa membukanya adalah dengan sentuhan cinta.

 

الحب الحقيقي كالأشباح , كثيرون يتكلمون عنه وقليلون منهم رأوه

Alhubbu alhaqiqi qalasybaah, katsirun man yatakallamun anhu wa qalilun man ro’awhu.

Ada ungkapan tentang cinta bahwa cinta itu seperti bayangan, jadi memang begitu banyak orang yang membicarakannya, tapi hanya sedikit orang yang pernah melihatnya.

 

يقول الرجل في المرأة ما يريد, لكن المرأة تفعل في الرجل ما تريد

Yaqulur rajul fil mar’ati ma yurid, lakinna almar’atu tafalu firrajuli ma turiid.

Arti dari kalimat di atas adalah “Laki-laki berkomentar tentang wanita sekehendaknya, namun wanita bisa mengendalikan laki-laki semaunya.”

 

ليس الحب أن نبقى دائما بجانب من نحب, ولكن الحب أن نبقى في قلب من نحب

Laisal hubbub an tabqa da’iman bi janibi man nuhibbu, walaakinnal hubbub an nabqa fi qolbi man nuhibbu.

Yang dimaksud dengan cinta sejati itu bukan selalu berada di samping orang yang kita cintai, akan tetapi yang dimakankan cinta sejati itu justru berada di dalam hati orang yang kita cintai.

 

لا أريد شيئا من الدنيا, فأنا أشعر انني أخذت نصيبي من الفرح حين أحببتك

La uridu syai’an min addunya, fa anaa asy’uru inna nii akhaztu nashibi minal farahi hina ahbabtuki

Kata cinta di atas ini sangatlah romantis. Adapun artinya dalam bahasa Indonesia seperti berikut : “Saat ini aku tak menginginkan sesuatu-pun di dunia ini, karena aku merasa telah mendapatkan bagianku dari kebahagiaan tatkala aku berhasil mencintaimu.”

 

من يحبك لن يتركك , و لو كنت شوكا بين يديه

Man yuhibbuka lan yatrukaka walaw kunta syauqan baina yadaihi

Ibarat dalam bahasa cinta, orang yang mencintaimu itu tak bakal meninggalkanmu walaupun engkau adalah duri di depannya. Jadi cinta memang bisa mengubah manusia menjadi sosok yang setia.

 

تتحدث الفتاة للشاب قبل الزواج بقلبها, وبعده بلسانها

Tatahaddatsul fatatu lis syaaab qabla azzawaj bi qolbiha, wa ba’dahu bi lisaniha

Adapun maksud dari kata di atas ialah “ Wanita itu berbicara dengan seorang pemuda sebelum menikah dengan hatinya, namun setelah menikah ia bicara dengan lisannya.”

Baca juga : Kumpulan panggilan sayang yang romantis

 

لا تختار زوجتك بعينيك بل اخترها بأذنيك

La taktar zawjataka bi ainaika, bal ikhtarha bi uzunaika

“Jangan kau pilih pasangan hidupmu dengan kedua matamu, namun pilihlah dengan kedua telingamu.” Jadi untuk mencari pasangan hidup itu ada baiknya menanyakan tentang si calon kepada orang yang sudah mengetahui keseharian.

عند ما الحب يكون في البيت .. يكون الدفء في القلب

Indama alhubbu yakunu fil baiti, yakunu addif’u fil qolbi

“Saat keberadaan cinta sudah ada di suatu rumah, maka kehangatannya akan sampai ke dalam hati.” Tentu rasa cinta ini sangat di dambakan oleh semua orang untuk mengisi kekosongan hati.

 

إذا بـكت الـمـرأة فــإعـلم أنـها تـريـد شيء ولكن إذا بـكى الـرجــل فـإعـلـم أنه فـقـد كـــل شــيئ

Idzaa bakatil mar’atu fa’lam annaha turidu syai’an, wa lakin idza baka arrajul fa’lam annahu faqada kulla syai’in

Jika kamu melihat seorang wanita yang sedang menangis, ketahuilah bahwa dia sebenarnya sedang menginginkan sesuatu. Tapi apabila kamu melihat seorang pria sedang menangis, ketahuilah bahwa sebenarnya dia sedang kehilangan segala-galanya.

 

لا ينزع الحب من قلب المرأة إلا حب جديد

La yanza’ul hubba min qolbil mar’ati illa hubbun jadiid

Arti kalimat di atas adalah “Cinta itu tak bakal tercabut dari hati seorang wanita kecuali oleh cinta yang baru.” Jadi cinta itu bisa tergantikan apabila datang cinta yang baru.

 

الحب كالمركب، إذا حمل أكثر من واحد… . غرق

Alhubbu kal markab, idza hama aktsar min wahid ghariqo

Kalau di ibaratkan, makna kalimat bahasa Arab di atas adalah cinta itu seperti sampan kecil, jika dikendarai oleh satu orang lebih maka sampan tersebut akan karam. Oleh karena itu setia dalam cinta itu sangatlah penting.

 

دموع الحب يكون أجمل إذا هي وجدت من يمسحها

Dumu’ul hubbi ajmal idza hia wajadat man yamsahuha

“Air mata itu akan jauh lebih indah tatkala ada orang di sisinya yang mengusapnya”. Saat kita memiliki cinta, maka saat kita menangis-pun akan ada seseorang untuk mengusap air mata kita.

kata romantis bahasa arab tentang cinta

Sumber : fastabiq.com

 

الحب كالأنف الأحمر، لا يستطيع صاحبه أن يحجبه عن أنظار الناس

Alhubbu kal anfi alahmar, la yastati’u sohibuhu an yahjibahu anil anzaar

Saat kita merasakan cinta, maka kita pun tidak akan bisa menyembunyikan rasa cinta itu sendiri. Seperti kata-kata bahasa Arab di atas, “Cinta itu laksana hidung yang merah, tidak ada orang yang bisa menyembunyikannya dari pandangan”.

 

للحب رائحة لا تشم بالأنوف . . . و لكن تحس بالقلوب

Lilhubbi ra’ihah la tusyammu bil unuuf, walakin tuhassu bil quluub.

Makna dari kata di atas adalah bahwa cinta itu memiliki bau harum yang tak tercium oleh hidung, tapi dapat dirasakan oleh hati kita.

Baca juga : Panggilan sayang dalam bahasa Jepang romantis

 

حب بلا إخلاص كبناء بلا أساس

Hubbun bila ikhlasin, bina’un bila asaa

Banyak pepatah mengatakan bahwa cinta tanpa adanya ketulusan di dalamnya itu  laksana bangunan tanpa pondasi yang mudah runtuh dan mudah hancur.

 

أنت لا تعرف قلبك حتى تفشل في الحب

Anta la ta’rif qalbaka hatta tafsyal fil hubbi

Apabila kita ingin mengetahui hati kita, maka kita harus sampai terlebih dahulu dalam kegagalan cinta itu sendiri. Barulah kita bisa mengetahui dan merasakannya.

panggilan sayang bahasa arab

Sumber : muslim.or.id

 

الحب كبئر عميق اشرب منها فقط واحترس من أن تقع بها

Alhubbu bi’run amiq, isyrab minha faqat, wah taris min an taqa’a biha.

Kalau di ibaratkan “Cinta itu seperti sumur yang dalam, hanya cukup kamu minum darinya, dan harus berhati-hati jangan sampai anda terjatuh ke dalamnya.”

 

Jadi itulah beberapa panggilan sayang dalam bahasa Arab sekaligus lengkap dengan contoh kata-kata tentang cinta yang romantis. Dengan begitu hubungan anda dengan suami / istri bisa menjadi lebih baik.

Leave a Reply