s

Pengertian Dan Unsur-Unsur Lingkungan Hidup, Lengkap Beserta Contohnya

Pengertian dan unsur-unsur lingkungan hidup – Seperti yang kita tahu bahwa makhluk yang ada di dunia ini terdiri atas hewan, tumbuhan, dan manusia. Adapun dari semua makhluk hidup tersebut pasti membutuhkan sebuah lingkungan untuk saling dapat berinteraksi dan saling membutuhkan.

pengertian dan unsur-unsur lingkungan hidup

Sumber : ppesumatera.mnlh.go.id

Jadi dari pemikiran sederhana tersebut bisa kita simpulkan bahwa lingkungan merupakan suatu tempat yang mencakup keseluruhan makhluk, baik benda hidup maupun benda tidak hidup. Namun untuk lebih jelasnya bisa kita lihat pengertiannya di bawah ini.

Pengertian dan Unsur-unsur Lingkungan Hidup

Apabila kita melihat Undang-Undang No.23 Tahun 1997, di sana tertulis :

Pengertian lingkungan hidup secara jelas

Sumber : wikipedia.org

Jadi dalam undang-undang tersebut menerangkan bahwa lingkungan hidup merupakan sebuah kesatuan ruang dengan semua makhluk termasuk perilaku-perilaku di dalamnya. Dengan kata lain lingkungan hidup bisa kita artikan sebagai tempat akumulasi dari berbagai faktor yang ada dalam lingkungan biotik dan abiotik.

Nah, yang dimaksud dari lingkungan biotik adalah kondisi lingkungan dari makhluk hidup seperti hewan, manusia, tumbuhan dan mikroorganisme. Sementara lingkungan abiotik adalah kondisi lingkungan dari benda-benda mati seperti tanah, udara, air dan batuan.

Sementara itu di bawah ini ada beberapa pengertian lingkungan hidup menurut para ahli :

Menurut Otto Soemarwoto

Lingkungan hidup menurut Otto Soemarwoto

Menurut Munadjat Danusaputro

Lingkungan hidup menurut Munadjat

Menurut Soedjono

Lingkungan hidup menurut Soedjono

Menurut Emil Salim

Lingkungan hidup menurut Emil Salim

Beberapa Macam Unsur-unsur Lingkungan Hidup

Unsur lingkungan biotik

SUmber : bioabid.wordpress.com

Seperti yang sudah di singgung di atas, unsur-unsur lingkungan hidup terdiri atas beberapa hal termasuk unsur biotik dam unsur budaya. Adapun untuk lebih jelas simak ulasannya berikut :

Unsur Biotik

Jadi unsur biotik ini adalah suatu komponen lingkungan yang terdiri dari semua jenis makhluk hidup seperti manusia, tumbuhan, hewan maupun mikroorganisme. Sedangkan makhluk hidup yang memiliki peran dan pengaruh paling besar di muka bumi ini adalah manusia. Nah berdasarkan fungsinya, makhluk hidup  terbagi menjadi 3 macam, yakni :

  • Produsen

Produsen merupakan makhluk hidup yang memiliki kemampuan untuk mengubah zat anorganik menjadi zat organik atau biasa disebut sebagai organisme autotrof. Biasanya makhluk hidup yang termasuk sebagai produsen ini adalah dari jenis-jenis tumbuhan yang berklorofil yang mampu memasak makanannya sendiri dengan cara fotosintesis dengan bantuan sinar matahari.

tumbuhan yang termasuk dalam produsen

Sumber : pixabay.com

Adapun contoh makhluk hidup yang juga berperan sebagai produsen adalah tumbuhan hijau, alga dan lumut.

  • Konsumen

Jadi konsumer itu adalah makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri atau dikenal dengan sebutan heterotof. Jadi karena tidak mampu membuat makanannya sendiri disini nanti akan tercipta suatu rantai makanan dimana manusia berada di puncak.

Konsumer yang paling rendah dan masih memakan rumput itu merupakan konsumer I, Sementara makhluk hidup yang memakan konsumer tingkat I dinamakan konsumer II dan seterusnya.

rantai makanan pada lingkungan hidup

Sumber : sainsde2ermaya.blogspot.com

  • Dekomposer

Dekomposer adalah makhluk hidup yang mampu menguraikan bahan organik menjadi anorganik atau biasa disebut detrivor  Adapun bahan yang telah diuraikan tadi nantinya akan dimanfaatkan oleh produsen. Makhluk hidup yang termasuk dalam dekomposer adalah jamur dan bakteri pengurai.

gambar bakteri pengurai

Sumber : haskoroarifin

Jadi dalam lingkungan hidup ada istilah yang disebut dengan habitat yang mana merupakan tempa yang cocok bagi suatu makhluk hidup untuk ditempati. Misalnya saja seperti hutan, hutan juga termasuk lingkungan hidup biotik.

Unsur Abiotik

Abiotik merupakan sebuah istilah yang menerangkan kepada suatu benda yang tidak hidup. Adapun komponen abiotik sendiri merupakan penyusun dari sebuah ekosistem yang ada dan terdiri atas benda tidak hidup seperti air, udara, batu, tanah, iklim sinar matahari dan lain sebagainya.

lingkungan hidup untuk unsur abiotik

Sumber : pixabay.com

Jadi keberadaan komponen unsur abiotik ini tentunya juga sangat mempengaruhi keberlangsungan hidup dari makhluk hidup. Karena tanpa adanya unsur-unsur abiotik kita juga tidak akan bisa hidup.

Unsur Sosial Budaya

Jadi unsur lingkungan hidup yang terakhir yang juga memiliki peran penting terutama dalam kehidupan manusia adalah unsur lingkungan sosial dan budaya. Adapun lingkungan sosial budaya ini umumnya digagas oleh manusia yang berisi tentang norma-norma keyakinan, dan nilai dalam berperilaku.

unsur sosial budaya

Sumber : menara-fm.com

Unsur sosial budaya jugalah yang berperan besar dalam mengubah lingkungan sesuai dengan kebutuhan manusia atau makhluk hidup lainnya, namun unsur ini hanya bersifat non-material saja.

Jadi unsur lingkungan hidup yang terakhir yang juga memiliki peran penting terutama dalam kehidupan manusia adalah unsur lingkungan sosial dan budaya. Adapun lingkungan sosial budaya ini umumnya digagas oleh manusia yang berisi tentang norma-norma keyakinan, dan nilai dalam berperilaku.

Unsur sosial budaya jugalah yang berperan besar dalam mengubah lingkungan sesuai dengan kebutuhan manusia atau makhluk hidup lainnya, namun unsur ini hanya bersifat non-material.

Manfaat Unsur Lingkungan Hidup Bagi Manusia

manfaat lingkungan hidup bagi manusia

Sumber : aufalcenekiawan.blogspot.com

Sebagai makhluk yang paling memiliki peran dan paling berpengaruh di muka bumi, manusia bisa memanfaatkan unsur-unsur lingkungan hidup untuk berbagai macam kebutuhan. Adapun di antaranya adalah :

  • Manusia menjadikan bumi sebagai tempat tinggal sekaligus tempat beraktivitas sehari-hari.
  • Unsur tanah bisa dijadikan lahan perkebunan, pertanian, peternakan maupun berbagai macam kegiatan lainnya untuk kegiatan ekonomi manusia.
  • Unsur udara digunakan manusia untuk bernafas, karena manusia memerlukan oksigen untuk bertahan hidup.
  • Komponen tanaman-tanaman dan hewan menjadi sumber makanan utama bagi manusia.
  • Manusia juga memanfaatkan sumber daya alam yang di lingkungan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.
  • Unsur air juga menjadi hal penting yang dibutuhkan manusia untuk berbagai macam keperluan termasuk memenuhi cairan dalam tubuh. Selain itu unsur air juga dibutuhkan oleh semua makhluk hidup tidak hanya manusia saja. Oleh karena itu tanpa adanya air mustahil semua makhluk hidup bisa bertahan hidup.

Jadi itulah pengertian dan unsur-unsur lingkungan hidup yang mungkin belum kalian pahami sebelumnya. Adapun kita sebagai manusia memang memiliki peran yang sangat penting dalam mengelola lingkungan hidup, oleh karena itu ada baiknya kita tidah hanya memanfaatkan hasil dari lingkungan hidup saja melainkan juga ikut melestarikan dan menjaga keberadaan lingkungan hidup agar tetap terjaga.

Leave a Reply