s

Teknik Aquarel Dalam Melukis Beserta Contoh Gambarnya

Teknik aquarel merupakan salah satu teknik dalam menggambar atau melukis yang cukup konvensional yang bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan cat air. Adapun teknik ini akan menghasilkan gambar yang transparan karena sapuan cat air pada media gambar dilakukan dengan sangat tipis menggunakan kuas.

teknik aquarel

Sumber : danpencilproxy.blogspot.co.id

Namun tujuan dari teknik ini guna mendapatkan hasil lukisan dengan pewarnaan yang tipis dan bahkan seolah terlihat seperti transparan. Nah, bagi untuk mendapatkan hasil lukisan yang bagus maka kalian bisa menggunakan cat yang sedikit encer. Selain itu berikut ini ada beberapa tips yang bisa kalian perhatikan.

Tips Menggambar dengan Teknik Aquarel

Tips yang pertama pilihlah cat air yang berkualitas, jadi apabila kita lihat di luar sana ada banyak jenis cat yang bisa digunakan untuk melukis dengan teknik aquarel, akan tetapi tidak semuanya bisa memberikan hasil yang baik terutama jika kita hendak membuat lukisan untuk pameran tentu kualitas dari materi yang digunakan harus benar-benar kita perhatikan. Biasanya cat air dengan kualitas yang bagus dijual dengan harga yang lebih mahal, tapi kita masih bisa menyesuaikan dengan budget yang kita miliki.

Pilihlah media gambar atau lukis yang tepat, karena untuk bisa memperoleh hasil gambar yang maksimal, penggunaan kanvas harus benar-benar yang bagus terlebih lagi kita akan menggunakan cat air yang mudah sekali luntur. Tapi untuk tahap belajar kita juga bisa menggunakan kertas gambar biasa yang agak tebal.

Pemilihan kuas juga tidak kalah penting, ada banyak sekali jenis kuas yang bisa digunakan. Jadi pilihlah kuas dengan serabut yang halus dan tidak terlalu kaku.

Lihat juga : Contoh-contoh gambar arsiran yang memukau

Langkah-Langkah Melukis Dengan Teknik Aquarel Menggunakan Cat Air

cara melukis dengan teknik aquarel

Sumber : deviantart.net/

  • Mempersiapkan Alat Dan Media Lukis

Jadi alat dan media lukis di sini meliputi cari air, kertas gambar, kuas cat, palet cat air, air dan kain lap.

  • Menemukan Gagasan

Poin ini menjadi hal yang paling penting, karena menemukan gagasan ini tidaklah mudah. Namun ini harus terus dilatih sebab saat kita hendak menggambar maka objek gambar harus sudah ada di pikiran sehingga akan jauh lebih memudahkan.

  • Membuat sketsa gambar

Tahap awal kita harus membuat sketsa gambar menggunakan pensil tipis-tipis untuk menghindari ketidaktepatan objek gambar, dengan begitu sebelum masuk tahap pengecatan sketsa sudah sesuai dengan apa yang kita inginkan.

  • Membasahi Kertas Dengan Air

Jadi pada teknik aquarel ini kita terlebih dahulu harus membasahi media gambar bisa kertas ataupun kanvas dengan air secukupnya saja menggunakan kuas cat, namun sampai jangan terlalu basah.

  • Mewarnai

Untuk mulai masuk ke tahap mewarnai, pertama kita bubuhkan cat air pada media kertas yang telah disiapkan, adapun arah sapuan cat bisa dimulai dari kiri ke kanan, atau bisa juga dari atas ke bawah tinggal menyesuaikan saja dengan objek yang lukis.

Usahakan jangan menyapukan kuas secara menyilang maupun menggulung-gulung kertas gambar karena ini bisa menyebabkan rusaknya media gambar, selain itu kita juga tidak akan bisa mendapati intensitas warna seperti yang kita inginkan. Oleh karena itu yang harus benar-benar kita perhatikan adalah pemberian air pada cat jangan terlalu banyak agar warnanya tetap bisa keluar.

  • Sentuhan akhir

Apabila kita sudah yakin mewarnai keseluruhan bidang gambar, maka sentuhan akhir yang bisa kita lakukan adalah mengangin-anginkan media gambar agar catnya kering secara sempurna. Selain itu jika cat gambar telah mengering sempurna maka hasil lukisan bisa terlihat lebih ekspresif.

Lihat juga : Kumpulan gambar pointilis yang mengesankan

Contoh Lukisan Aquarel

gambar cat air menggunakan teknik aquarel

Sumber : blognyadodoth.blogspot.co.id

Gambar di atas adalah contoh lukisan aquarel dengan objek gambar cat air yang dilukis sedemikian hingga terlihat sangat artistik dan memiliki nilai seni tinggi.

gambar suasana pasar dengan teknik aquarel

Sumber : ilustrasiceritasurosenarobotik.wordpress.com

Selain menggambar objek, teknik aquarel juga bisa digunakan untuk menggambar suasana seperti contoh gambar di atas yakni menggambarkan suasana di pasar pada pagi hari.

Lukisan Aquarel Pemandangan

gambar romantis dengan teknik aquarel

Sumber : sule-epol.blogspot.co.id

Teknik aquarel juga bisa meberikan kesan romantis terhadap lukisan yang dihasilkannya. Jadi dengan menerapkan gradasi warna dan efek kilauan semakin memeprtegas bahwa hasil gambar dari teknik ini sangat indah untuk dilihat.

gambar pemandangan kota dari jembatan

Sumber : kantinilmu.com

Di atas adalah hasil lukisan dari sebuah kota dengan sudut pemandangan sebuah jembatan sungai. Simpel memang namun dengan mengkombinasikan warna dan teknik yang benar, hasilnya pun tidak mengecewakan.

pemandangan gunung teknik aquarel

Sumber : rifqirasyad.blogspot.co.id

Pemandangan adalah salah satu objek gambar favorit yang dilukis oleh para pelukis amatir maupun profesional, padahal menggambar dengan teknik aquarel ini tidaklah mudah. Kita harus mampu memadu padankan warna di setiap goresan kuas dengan sangat detail.

Lukisan Bunga Dengan Teknik Aquarel

gambar bunga dengan teknik aquarel

Sumber : blog-senirupa.blogspot.co.id

Mungkin satu kata untuk lukisan aquarel di atas adalah mengesankan. Ya, jadi apabila kita lihat secara detail lukisan tersebut memang sangat indah dan tentunya dilukis oleh mereka yang telah ahli dalam teknik ini.

lukisan aquarel dengan objek bunga cantik

Sumber : alicdn.com

Kita bisa memajang hasil gambar aquarel dengan objek bunga di beberapa dinding ruangan untuk menambah keindahan ruangan. Apalagi teknik aquarel ini terbilang unik dengan kombinasi warna dari cat air yang sangat sempurna.

lukisan bungan teknik aquarel

Sumber : novitasechan.files.wordpress.com

Tonton Menggambar Bunga dengan Teknik Aquarel

Itulah sedikit ulasan mengenai teknik aquarel yang biasa diterapkan untuk menggambar pemandangan, bunga ataupun objek lainnya. Adapun teknik ini menggunakan cat air atau bisa juga cat minyak yang nantinya akan dikuaskan pada media gambar berupa kertas maupun kanvas putih.

Leave a Reply