s

Pembahasan Peraturan Dasar Dan Teknik Dasar Lompat Jauh Lengkap !!

Teknik dasar lompat jauh – Seperti yang kita tahu bahwa salah satu cabang olahraga atletik adalah lompat jauh. Jadi olahraga lompat jauh ini bisa dilakukan dengan benar apabila kita mengetahui tekniknya dengan benar.

Adapun lompat jauh sendiri bisa dilakukan dengan berbagai macam jenis gaya yang mana salah satunya adalah berjalan di udara. Teknik tersebut juga disebut sebagai gaya menendang karena gerakan kaki yang dilakukan seperti menendang ke depan dan ke belakang seperti berjalan secara melayang di udara. Namun gaya tersebut justru akan memudahkan pelakunya untuk mempersiapkan pendaratan yang tepat dan seimbang.

Untuk melakukan gaya menendang ini, pertama bagian tungkai kita ayunkan dengan kuat ke arah depan. Nah, saat kita melakukan lompatan luruskan tungkai ke bawah dan dibawa ke belakang badan sambil menekuk lutut. Sementara gerak tungkai masih di ayun terangkat hingga posisinya horizontal.

teknik dasar lompat jauh

Sumber : pikiran-rakyat.com

Dengan cara tersebut maka posisi tungkai kita akan nampak seperti berjalan atau berlari di udara. Kemudian saat proses pendaratan ayunkan tangan ke depan dengan kuat sedangkan kaki benar-benar disiapkan untuk pendaratan.

Teknik dasar Lompat Jauh

Oke pada artikel kali ini kita akan membahas teknik dasar lompat jauh. Secara umum teknik dasar lompat jauh dibagi menjadi 4 yaitu awalan, lompatan, melayang di udara dan teknik pendaratan. Jadi kesemua teknik asar tersebut harus benar-benar kita kuasai dengan baik supaya terjadi koordinasi gerakan yang bagus dan menghasilkan lompatan yang jauh.

Teknik Awalan

Pada permulaan lari yang harus dilakukan adalah meningkatkan kecepatan lari itu sendiri. Akan tetapi jangan sampai kita lepas kontrol karena pada akhirnya nanti kita akan melakukan lompatan di garis yang telah di sediakan. Nah, pada saat kita sudah mendekati papan lompatan mungkin sekitar 3 sampai 5 langkah terakhir kita harus segera mengalihkan kecepatan dari gerak horizontal (lari) kepada kecepatan vertikal (melompat) dengan langkah pendek di akhir.

Teknik Lompatan

teknik lompatan pada lompat jauh

Sumber : youtube.com

Jadi lompatan ini dilakukan sebagai tahapan dimana telapak kaki kita mulai lepas landas dan melompat. Adapun tujuannya untuk mengangkat tubuh kita ke atas dan melayang di udara. Saat kita mulai melompat, maka posisi kaki kita harus sedikit di bengkokkan, kemudian menapakkan kaki dan mulai meluruskan tungkai kita untuk siap-siap lepas landas. Namun gerakan melompat ini tentu memerlukan sebuah kecepatan dan kekuatan, juga koordinasi gerakan yang tepat agar hasilnya lebih efektif.

Teknik Melayang di Udara

Saat posisi kita melayang di udara, gerakan kaki kita harus seperti berjalan di udara untuk memudahkan kita ketika pendaratan. Selain itu gaya tersebut juga akan membuat posisi kita mendarat dengan sempurna. Namun ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat melayang di udara antara lain adalah :

  • Menjaga keseimbangan badan kita ketika melayang
  • Usahakan menahan udara sekecil mungkin untuk mempercepat gerakan
  • Usahakan mampu melayang di udara selama mungkin dengan cara melakukan gerakan seperti berjalan di udara
  • Persiapkan tungguan yang kuat untuk pendaratan

Teknik Pendaratan

teknik pendaratan lompat jauh

Sumber : korpusipb.com

Untuk teknik pendaratan bisa kita lakukan dengan menundukkan kepala dan mengayunkan lengan tangan serta mengusahakan posisi pinggang ke depan. Jadi dengan teknik tersebut ketika kita melakukan pendaratan badan kita tidak akan menyentuh pasir ke belakang. Karena bagaimanapun juga tubuh kita harus lebih condong ke depan untuk meningkatkan jauhnya lompatan.

Adapun untuk menguasai teknik ini dengan tepat maka ada beberapa faktor yang harus kita perhatikan yaitu :

  • Tentukan secara tepat jarak awal lompatan
  • Tentukan irama lari di awal
  • Pastikan menguasai teknik lompatan dan pendaratan dengan benar
  • Kuasai teknik saat melayang di udara
  • Lakukan gerakan pendaratan dengan tepat

Nah, jadi itu tadi merupakan teknik dasar lompat jauh yang perlu kamu ketahui. Dengan demikian saat kita melakukan olahraga lompat jauh maka hasil yang kita dapatkan akan jauh lebih maksimal. Setelah mengetahui teknik dasar lompat jauh, ada baiknya juga sedikit mengetahui peraturan dasar lompat jauh seperti berikut ini.

Peraturan Dasar Lompat Jauh

Meskipun mungkin di pikiran lompat jauh adalah olahraga yang biasa saja, namun ternyata ada beberapa peraturan dasar yang biasa digunakan dalam olahraga lompat jauh khususnya dalam acara besar seperti Pekan Olahraga Nasional maupun Olimpiade.

Lintasan Lari Awalan

Berbicara mengenai lintasan lari yang digunakan untuk lompat jauh setidaknya harus mencapai 40 meter. Sedangkan untuk lebarnya sendiri minimal 1.22 meter sampai 1.25 meter. Biasanya garis lintasan tersebut di samping kiri kanannya diberi garis putih selebar 5 cm.

lintasan lompat jauh

lintasan lompat jauh

Jalur tersebut sengaja di buat khusus terutama dalam lomba resmi yang diselenggarakan sebagai peraturan dasar lompat jauh.

Garis Lompatan

Setelah kita berlari di jalur awal maka selanjutnya kita akan melakukan lompatan yang mana kita diharuskan melompat sebelum atau tepat di atas garis lompat yang telah disediakan. Adapun garis lompatan tersebut biasanya diletakkan 1 meter sebelum tempat pendaratan dan minimal garis lompatan dengan sisi terjauh tempat pendaratan harus sekitar 10 meter.

garis lompatan

Sumber : primayakuza.blogspot.co.id

Adapun kotak pasir tempat pendaratan sendiri minimal dibuat 10 meter untuk mendarat para atlet sehingga saat mereka terjatuh ke depan masih berada di kotak pasir tersebut dan untuk menghindari cedera. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah ukuran garis lompat :

  • Panjang garis (kanan-kiri) = 1.21 meter- 1.22 meter
  • Lebar garis = 19.8 cm – 20.2 cm
  • Tebal garis = 10 cm

Jadi garis tersebut harus dibuat rata dengan tanah yang datar. Sedangkan di belakang garis tersebut biasanya disediakan papan plastisin atau bisa juga bahan lainnya yang sesuai untuk pencatat jarak pijakan kaki saat melompat dan diutamakan dari bahan yang bisa membekas.

Kotak Pendaratan

kotak pendaratan lompat jauh

Sumber : jurnalasia.com

Ukuran untuk lebar kotak pendaratan seminimal-minimalnya harus 2.75 meter. Adapun kotak pendaratan nanti di isi dengan pasir yang lembut dan kering/basah. Sementara pada permukaannya harus ditata rata agar bisa membekas ketika ada pijakan untuk di ukur hasil jarak lompatan.

Peraturan Perlombaan Lompat Jauh

Pada penyelenggaraan lomba lompat jauh, ada beberapa aturan yang dibuat secara khusus di dalamnya seperti berikut ini :

Apabila jumlah yang ikut lomba lompat jauh lebih dari 8 peserta, maka masing-masing peserta akan diberikan 3kali lompatan dan untuk hasilnya akan diambil yang terbaik dari ketiga hasil tersebut. Jika hasil lompatan ada yang sama, maka akan diberikan kesempatan melompat lagi sebanyak 3 kali. Tapi jika peserta yang ikut kurang dari 8 maka masing-masing peserta akan mendapat 6 kali lompatan.

peraturan dalam lompat jauh

Sumber : ikhtisarmateri.blogspot.co.id

Seorang peserta dikatakan gagal melakukan lompatan apabila :

  • Menyentuh tanah di bagian depan garis batas lompatan.
  • Mendarat di luar kota pendaratan.
  • Setelah melompat dan mendarat, kemudian berjalan ke belakang.
  • Melakukan lompatan dengan gerakan salto.
  • Melompat jauh di belakang garis pembatas.

Dari semua lompatan yang dilakukan harus tetap dilakukan pengukuran di tempat bekas pendaratan dari garis lompatan. Adapun cara pengukuran tersebut harus dilakukan dengan alat ukur yang lurus.

Nah, jadi itulah pembahasan kita pada artikel kali ini mengenai teknik dasar lompat jauh, peraturan dasar lompat jauh dan peraturan dalam perlombaan resmi lompat jauh. Semoga dengan artikel di atas bisa menambah pengetahuan kita terkait olahraga lompat jauh itu sendiri.

Leave a Reply