Macam-Macam Teknik Menggambar Bentuk Beserta Penjelasannya

Teknik menggambar bentuk – Gambar merupakan hasil karya yang dituangkan dalam sebuah bidang datar seperti kertas ataupun kanvas yang di dalamnya melibatkan titik, garis, bentuk, tekstur, bidang dan juga gelap terang yang dalam pembuatannya harus memperhatikan beberapa hal seperti perspektif, ketepatan, komposisi dan proporsi yang pas sehingga bisa menghasilkan hasil yang indah.

Teknik menggambar

Sumber : kalianbisa.blogspot.com

Macam-Macam Teknik Menggambar Bentuk

Nah, untuk bisa menggambar bentuk dari sebuah objek maka ada baiknya kita tahu terlebih dahulu apa saja sih teknik-teknik menggambar bentuk yang bisa diterapkan. Karena seperti yang kita tahu kalau kita berbicara mengenai teknik menggambar bentuk sebenarnya ada banyak sekali dan bahkan dari masing-masing teknik juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Selain itu kita juga tidak bisa menggunakan teknik tertentu secara asal tanpa mengetahui bahwa teknik tersebut benar-benar teknik yang tepat untuk kita gunakan.

macam-macam teknik menggambar

Sumber : deviantart.net

Jadi yang sudah terkenal ada 7 macam teknik menggambar bentuk yang salah satunya adalah teknik arsir, teknik siluet (blok), teknik aquarel (sapuan basah), teknik dussel (gosok), teknik pointilisme, teknik plakat dan teknik linear atau garis. Mungkin langsung saja kalian simak beberapa teknik menggambar bentuk seperti di bawah ini.

1. Cara Menggambar Teknik Pointilis

Pointilis adalah teknik menggambar bentuk yang dilakukan dengan menggunakan titik-titik secara berulang-ulang sampai membentuk suatu objek gambar. Sedangkan dalam istilah sendiri pointilisme merupakan teknik melukis yang mana lukisan yang dibuat tersebut tersusun atas titik-titik kecil dengan menggunakan berbagai macam warna hingga membentuk objek gambar. Jadi teknik ini telah dikembangkan sejak tahun 1880.

wajah dengan teknik gambar pointilis

Sumber : pbs.twimg.com

Biasanya seorang pelukis profesional akan menggunakan cat minyak ataupun drawing pen untuk menggambar objek dengan teknik ini. Nah, orang yang menggambar tersebut lebih dikenal dengan sebutan pointilisme.

Baca juga : Penjelasan gambar pointilis lengkap

2. Teknik Menggambar Arsir

Jadi teknik menggambar bentuk dengan cara arsir ini bisa dilakukan dengan menggunakan spidol, pensil, arang, bolpoin ataupun alat tulis lain. Adapun teknik ini berupa garis-garis yang berulang hingga membentuk sebuah objek gambar, akan tetapi di sini kita juga harus bisa membuat kesan gradasi gelap terang dan juga kesan 3 dimensi agar hasil lukisan menjadi lebih hidup.

gambar arsiran bunga mawar

Sumber : warnagambar.com

Teknik arsir ini sebenarnya lebih berfokus pada variasi kekuatan garis arsir atau stroke. Garis tersebut bisa dilakukan sejajar maupun saling berpotongan tergantung pada kesan gelap terang yang ingin kita buat. Karena arsiran yang terlalu rapat tentunya akan menghasilkan kesan gelap sementara arsiran yang tidak terlalu rapat akan memberikan kesan terang. Selalin itu kekuatan penekanan tangan saat menggoreskan pensil juga sangat berpengaruh.

Baca juga : Penjelasan gambar arsiran lengkap

3. Teknik Blok (Siluet)

Teknik blok atau yang juga akrab disebut teknik siluet ini sebenarnya cara menggambar yang dilakukan dengan menutup objek gambar menggunakan 1 warna sehingga kesan yang ditimbulkan hanyalah siluet dari objeknya saja, bukan sebuah detail objek. Adapun teknik menggambar blok ini dibagi menjadi 2 macam, yaitu :

  • Siluet Positif

Siluet positif ini teknik yang dilakukan dengan cara memberikan blok atau warna pada bentuk yang kita inginkan.

  • Siluet Negatif

Menggambar sebuah objek dengan memberikan warna atau blok pada daerah sekeliling objek.

teknik menggambar siluet positif dan negatif

Sumber : tokopedia.net

Jadi kedua macam teknik tersebut memiliki perbedaan, jika siluet positif objek utamanya-lah yang diberikan blok atau warna, sementara siluet negatif di sekeliling objeklah yang diberikan blok atau warna.

 4. Teknik Menggambar Aquarel (Sapuan Basah)

Ada pula teknik aquarel yang bisa kita gunakan untuk menggambar suatu objek. Adapun teknik aquarel atau sapuan basah ini menggunakan campuran cat poster, cat air atau tinta sebagai alat gambar. Jadi dalam teknik ini memang sengaja menggunakan media yang basah agar hasil gambarnya bisa transparan dan catnya bisa cepat menyebar. Sedangkan alat yang paling tepat dan biasa digunakan adalah kuas berukuran sedang atau kecil.

contoh teknik menggambar aquarel

Sumber : pinimg.com

Teknik aquarel ini termasuk dalam teknik menggambar bentuk yang terbilang sulit, bahkan tidak semua orang bisa melakukan atau menerapkan teknik ini. Karena dalam penerapannya pun diperlukan kemampuan khusus terutama dalam menggoreskan kuas ke media gambar. Tapi untuk hasil gambarnya bisa dibilang sangat bagus dan memiliki nilai seni yang tinggi.

5. Teknik Dussel (Gosok)

Teknik Dussel atau yang juga dikenal sebagai teknik gosok merupakan salah satu teknik menggambar menggosok hingga muncul efek gelap terang. Biasanya teknik ini diterapkan saat menggambar wajah manusia ataupun benda-benda lainnya. Adapun alat bantu yang biasa digunakan oleh sang pelukis adalah konte, krayon ataupun bisa juga pensil.

contoh gambar dengan teknik dussel

Sumber : panduanmenggambar.com

Untuk bisa menerapkan teknik ini kita membutuhkan bantuan kapas ataupun kertas dan bahkan kita juga bisa menggunakan jari jemari kita langsung untuk menggosoknya. Dalam teknik dussel ini penekanan garis atau stroke akan sama rata dengan cara di gosok tersebut.

6. Teknik Plakat

Plakat adalah teknik menggambar bentuk atau teknik lukis yang mengandalkan sapuan cat yang lebih tebal. Jadi bisa dikatakan hasil dari lukisan yang menggunakan teknik menggambar plakat ini terlihat lebih tebal dan kental, selain itu lukisan juga akan terlihat lebih menarik. Namun jika kita yang masih pemula menerapkan teknik ini maka kita akan sedikit kesulitan untuk menguaskan cat yang benar ke dalam media kanvas.

contoh gambar teknik plakat

Sumber : rifqirasyad.blogspot.co.id

Namun bagi mereka yang sudah profesional dan sudah mahir dengan teknik ini gambar yang dihasilkan akan memiliki nilai seni yang tinggi. Bahkan di beberapa pameran lukisan ada banyak yang memamerkan hasil karya lukisannya dengan menggunakan teknik plakat ini dan mampu menarik perhatian para pengunjung.

7. Teknlik Linear atau Garis

Yang terakhir adalah teknik garis (Linear). Jadi teknik ini bisa dilakukan dengan menggambar suatu objek, bisa benda ataupun pemandangan dengan mengandalkan garis lurus dan lengkung. Apakah bisa? Tentu saja bisa. Bisa dikatakan garis lurus yang dihasilkan nanti akan terlihat seperti rusuk-rusuk yang tertata sedemikian rupa hingga membentuk gambaran objek yang di inginkan.

contoh gambar teknik linear

Sumber : sandiprima.blogspot.co.id

Jadi gambar linear ini nanti merupakan ragam hias yang bermotif asimetris dan geometris. Nah, bagi kalian yang masih pemula untuk menerapkan cara ini bisa lebih mudah dengan menggunakan penggaris.

Jadi itu tadi ada 7 teknik menggambar bentuk yang bisa kalian pilih dan kalian sesuaikan sendiri sesuai kebutuhan sekiranya teknik mana yang paling tepat untuk digunakan. Adapun keseluruhan teknik di atas merupakan teknik konvensional yang sudah sering digunakan oleh para pelukis dunia dalam menghadirkan lukisan dengan nilai seni yang menakjubkan.

Leave a Reply